- Beranda
- Sejarah & Xenology
MISTERI ISLAM AWAL [M.I.A] | Reconstruct Early Islamic History out of Tradition
...
TS
tyrodinthor
MISTERI ISLAM AWAL [M.I.A] | Reconstruct Early Islamic History out of Tradition
أتاني بإسناده مخبر، وقد بان لي كذب الناقل
"Dia datang kepadaku mengabarkan isnad-nya, dan aku menukilkan sebuah dusta"
(Abul-'Ala Al-Ma'arri- Diwan No. 23265)
TEMPORARY INDEX
"Dia datang kepadaku mengabarkan isnad-nya, dan aku menukilkan sebuah dusta"
(Abul-'Ala Al-Ma'arri- Diwan No. 23265)
TEMPORARY INDEX
Selamat Datang di MIA
Pengantar Umum
HISTORIOGRAFI
- Sumber-sumber Tertulis Non-Muslim s.d. 690
- Sumber-sumber Tertulis "Muslim" s.d. 690
- Literatur Apokaliptika
- Sumber-sumber Tertulis Non-Muslim s.d. 900 : (coming soon)
- Pandangan Saksi Hidup Tentang Muslim Awal
KRITIK ASAL-USUL HADITS
- Pengantar Singkat Tentang Hadits
- "Keunikan" Al-Muwaththa'
- Pembuktian Awa'il
- Misteri Hadits Abu Bakar-'Umar-'Utsman-'Ali
- Asal-Usul Konsep Sunnah
- Pengembangan Hadits di Kota-kota Besar dan Karakter Isnad
- Isnad Hijazi
KRITIK-HISTORIS HADITS
- Peranan Qadhi Perawi dan "Terduga" Perawi
- Daftar Qadhi Perawi (s.d. 850an)
- Kejanggalan Hadits-hadits Mutawatir
- Kritik Sumber Rijal Sanad
- Teori Sintesis Kontemporer:
- Teori Common Link Juynboll
- Teori Projecting Back Schacht-Juynboll
- Teori Isnād cum Matn Motzki
ASAL-USUL FIQH
1. Madzahib Kuno Pra-Syafi'i
2. Ikonoklasme Leo III dan Yazid II
3. Rivalitas Muhaddits Bashrah vs Kufah
4. Asal-Usul Sunnah
5. Abu Hanifah dan Murid-muridnya
6. Rivalitas Ahlur-Ra'yi vs Ahlul-Hadits
7. Mu'tazilah dan Kebijakan Mihnah
8. Kebangkitan Asy'ari dan Penyeragaman 'Aqidah
9. Persekusi Ekstrimis Hanabilah
AL-QUR'AN TERTULIS
1. Masalah Dalam Tradisi
2. Tradisi Sab'atu Ahruf
3. Scriptio Defectiva dan Scriptio Plena
4. Manuskrip-Manuskrip Tertua
5. Evolusi Rasm Al-Qur'an
AL-QUR'AN ORAL
1. Al-Qur'an Pada Periode Primitif
2. Markers of Orality
- Karakteristik & Proporsi
- Abraham & Pengumuman Tentang Anaknya
- Clausula & Contoh Exegesis Alkitabiah
3. Contoh: Polemik Al-Ma'idah: 41-87
4. Konten Al-Qur'an
KRITIK-HISTORIS SIRAH
1. Kepenulisan Sirah
2. Konten Sirah
3. Karakteristik Sirah Ibnu Ishaq
4. Maghazi dan Asal-Usul Hudud
- Kritik Kisah Penghukuman Bani 'Urainah
- Kritik Kisah Perjanjian Hudaibiyyah
- Kritik Kisah Perang Badar dan Uhud
- Kritik Kisah Pengusiran Bani Quraizhah
- Kritik Kisah Fat'hu Makkah
- Kritik Kisah Pengepungan Khaibar
- Kritik Kisah Fadak
- Kritik Kisah Peristiwa Tsaqifah dan Bani Sa'idah
5. Muhammad mitologis VS Muhammad historis
MUHAMMAD
- Masalah Dalam Tradisi
- Salvation History
- Biografi Tradisional
- Misteri Kehidupan Muhammad
- Hanifisme
- Pengasingan Terhadap Karakter Muhammad
- Hilangnya "Putra" Muhammad
YAHUDI, MUHAMMAD, DAN ISLAM KLASIK
- Yahudi Mosaik vs Yahudi Hellenistik
- Yahudi dan Militansinya
- Beta Israel
- Gerakan Penafsiran Torah di Iraq
- Yahudi di Jazirah Arab
- Umma Document (1)
- Umma Document (2)
- Umma Document (3)
- Kronologi Evolusi Islam (1)
- Kronologi Evolusi Islam (2)
- Kronologi Evolusi Islam (3)
BAHASA ARAB DAN AL-QUR'AN
- Manuskrip-Manuskrip Al-Qur'an s.d. 900
- Bahasa Arab Kuno s.d. Bahasa Arab Klasik
- Pengaruh Bahasa-bahasa Asing
- Konten Dalam Al-Qur'an
- Al-Qur'an Hari Ini
- Corpus Coranicum
- Prophetic Logia
KESARJANAAN
- Tradisionalisme dan Orientalisme Lama
- Revisionisme dan Orientalisme Baru
- Neo-Revisionisme / Neo-Tradisionalisme
MISCELLANEOUS
- Geografi Arab Pra Muhammad
- Prasasti Yudeo-Arab Pra Muhammad
- Literatur Arab dan Evolusi Arab Klasik
- Ortografi Arab Kuno
- Kekeliruan Cara Berpikir Anti-Islam
FAQ
Diubah oleh tyrodinthor 15-05-2021 05:53
Bathara semar dan 87 lainnya memberi reputasi
72
130.2K
1.9K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
6.5KThread•11KAnggota
Tampilkan semua post
dispenserr
#666
nanya puh @tyrodinthor soal ini :
Adanya ayat Alquran yang dihapus memang sudah disepakati kebenarannya oleh para ulama. Namun, kelompok ulama pro nasakh (jumhur) tidak semuanya bersepakat mengenai jumlah ayat yang menasakh dan dinasakh. Meskipun mengakui keberadaan nasakh dalam Alquran, mereka berusaha mempersempit ruang dan memperkecil jumlah ayat yang dinasakh.
Dalam buku Pro Kontra Ayat Al-Qur'an Yang Dihapus, Muhammad Abdul Wahab menjelaskan, pada abad ke-8 sampai ke-11, angka ayat-ayat yang dianggap dinasakh (dihapus) meningkat secara dramatis. Az-Zuhri menyebutkan ada 42 ayat yang dinasakh. An-Nahhas menyebutkan ada 138. Sementara itu, Ibn Salamah menyebutkan ada 238 ayat yang dinasakh.
Namun, dalam perkembangannya, menurut Abdul Wahab, angka tersebut mengalami penurunan. Imam Suyuthi, misalnya, mengatakan bahwa ayat-ayat yang dinasakh berjumlah 20 ayat. Az-Zarqani menyebutkan hanya tujuh ayat yang dinasakh. Sementara itu, Musthafa Zayd menyebutkan hanya lima ayat yang dinasakh.
Begitu juga ad-Dahlawi yang mengatakan bahwa ada lima ayat yang dinasakh. Sementara itu, Sa’ad Jalal mengatakan ada empat ayat yang dinasakh. Dari sejumlah perbedaan itu, menurut Abdul Wahab, hanya dua ayat yang disepakati para ulama pro nasakh, yaitu ayat shalat malam dalam surah al-Muzzammil dan ayat munajat dalam surah al-Mujadilah.
Salah satu ustaz di Rumah Fiqih Indonesia ini menjelaskan, dalam konteks ini setidaknya ada dua hal mengapa para ulama berselisih dalam penghitungan jumlah ayat yang nasikh dan mansukh. Pertama, doktrin nasakh baru muncul setelah wafatnya Rasulullah SAW.
Dalam perkembangannya, ulama tafsir dan ulama fikih tidak mampu mendamaikan ayat-ayat yang tampak bertentangan sehingga merasa perlu untuk merumuskan teori nasakh. Kedua, perluasan cakupan makna semantik nasakh dari cakupan makna yang sebelumnya tidak dikandungnya.
https://m.republika.co.id/berita/q6y60z327/jumlah-ayat-yang-dihapus-dalam-alquran-ini-penjelasannya
Soorat al-Ahzaab was as long as Soorat al-Baqarah, then most of it was abrogated
https://islamqa.info/en/answers/1979...-was-abrogated
kehilangan ayat2 tersebut apa berpengaruh terhadap makna perikop nya? dan mengapa dihapus?
Adanya ayat Alquran yang dihapus memang sudah disepakati kebenarannya oleh para ulama. Namun, kelompok ulama pro nasakh (jumhur) tidak semuanya bersepakat mengenai jumlah ayat yang menasakh dan dinasakh. Meskipun mengakui keberadaan nasakh dalam Alquran, mereka berusaha mempersempit ruang dan memperkecil jumlah ayat yang dinasakh.
Dalam buku Pro Kontra Ayat Al-Qur'an Yang Dihapus, Muhammad Abdul Wahab menjelaskan, pada abad ke-8 sampai ke-11, angka ayat-ayat yang dianggap dinasakh (dihapus) meningkat secara dramatis. Az-Zuhri menyebutkan ada 42 ayat yang dinasakh. An-Nahhas menyebutkan ada 138. Sementara itu, Ibn Salamah menyebutkan ada 238 ayat yang dinasakh.
Namun, dalam perkembangannya, menurut Abdul Wahab, angka tersebut mengalami penurunan. Imam Suyuthi, misalnya, mengatakan bahwa ayat-ayat yang dinasakh berjumlah 20 ayat. Az-Zarqani menyebutkan hanya tujuh ayat yang dinasakh. Sementara itu, Musthafa Zayd menyebutkan hanya lima ayat yang dinasakh.
Begitu juga ad-Dahlawi yang mengatakan bahwa ada lima ayat yang dinasakh. Sementara itu, Sa’ad Jalal mengatakan ada empat ayat yang dinasakh. Dari sejumlah perbedaan itu, menurut Abdul Wahab, hanya dua ayat yang disepakati para ulama pro nasakh, yaitu ayat shalat malam dalam surah al-Muzzammil dan ayat munajat dalam surah al-Mujadilah.
Salah satu ustaz di Rumah Fiqih Indonesia ini menjelaskan, dalam konteks ini setidaknya ada dua hal mengapa para ulama berselisih dalam penghitungan jumlah ayat yang nasikh dan mansukh. Pertama, doktrin nasakh baru muncul setelah wafatnya Rasulullah SAW.
Dalam perkembangannya, ulama tafsir dan ulama fikih tidak mampu mendamaikan ayat-ayat yang tampak bertentangan sehingga merasa perlu untuk merumuskan teori nasakh. Kedua, perluasan cakupan makna semantik nasakh dari cakupan makna yang sebelumnya tidak dikandungnya.
https://m.republika.co.id/berita/q6y60z327/jumlah-ayat-yang-dihapus-dalam-alquran-ini-penjelasannya
Soorat al-Ahzaab was as long as Soorat al-Baqarah, then most of it was abrogated
https://islamqa.info/en/answers/1979...-was-abrogated
kehilangan ayat2 tersebut apa berpengaruh terhadap makna perikop nya? dan mengapa dihapus?
voorvendetta dan 4 lainnya memberi reputasi
5
Tutup