- Beranda
- Sejarah & Xenology
MISTERI ISLAM AWAL [M.I.A] | Reconstruct Early Islamic History out of Tradition
...
TS
tyrodinthor
MISTERI ISLAM AWAL [M.I.A] | Reconstruct Early Islamic History out of Tradition
![MISTERI ISLAM AWAL [M.I.A] | Reconstruct Early Islamic History out of Tradition](https://s.kaskus.id/images/2019/10/21/8072693_20191021115909.jpg)
أتاني بإسناده مخبر، وقد بان لي كذب الناقل
"Dia datang kepadaku mengabarkan isnad-nya, dan aku menukilkan sebuah dusta"
(Abul-'Ala Al-Ma'arri- Diwan No. 23265)
TEMPORARY INDEX
"Dia datang kepadaku mengabarkan isnad-nya, dan aku menukilkan sebuah dusta"
(Abul-'Ala Al-Ma'arri- Diwan No. 23265)
TEMPORARY INDEX
Selamat Datang di MIA
Pengantar Umum
HISTORIOGRAFI
- Sumber-sumber Tertulis Non-Muslim s.d. 690
- Sumber-sumber Tertulis "Muslim" s.d. 690
- Literatur Apokaliptika
- Sumber-sumber Tertulis Non-Muslim s.d. 900 : (coming soon)
- Pandangan Saksi Hidup Tentang Muslim Awal
KRITIK ASAL-USUL HADITS
- Pengantar Singkat Tentang Hadits
- "Keunikan" Al-Muwaththa'
- Pembuktian Awa'il
- Misteri Hadits Abu Bakar-'Umar-'Utsman-'Ali
- Asal-Usul Konsep Sunnah
- Pengembangan Hadits di Kota-kota Besar dan Karakter Isnad
- Isnad Hijazi
KRITIK-HISTORIS HADITS
- Peranan Qadhi Perawi dan "Terduga" Perawi
- Daftar Qadhi Perawi (s.d. 850an)
- Kejanggalan Hadits-hadits Mutawatir
- Kritik Sumber Rijal Sanad
- Teori Sintesis Kontemporer:
- Teori Common Link Juynboll
- Teori Projecting Back Schacht-Juynboll
- Teori Isnād cum Matn Motzki
ASAL-USUL FIQH
1. Madzahib Kuno Pra-Syafi'i
2. Ikonoklasme Leo III dan Yazid II
3. Rivalitas Muhaddits Bashrah vs Kufah
4. Asal-Usul Sunnah
5. Abu Hanifah dan Murid-muridnya
6. Rivalitas Ahlur-Ra'yi vs Ahlul-Hadits
7. Mu'tazilah dan Kebijakan Mihnah
8. Kebangkitan Asy'ari dan Penyeragaman 'Aqidah
9. Persekusi Ekstrimis Hanabilah
AL-QUR'AN TERTULIS
1. Masalah Dalam Tradisi
2. Tradisi Sab'atu Ahruf
3. Scriptio Defectiva dan Scriptio Plena
4. Manuskrip-Manuskrip Tertua
5. Evolusi Rasm Al-Qur'an
AL-QUR'AN ORAL
1. Al-Qur'an Pada Periode Primitif
2. Markers of Orality
- Karakteristik & Proporsi
- Abraham & Pengumuman Tentang Anaknya
- Clausula & Contoh Exegesis Alkitabiah
3. Contoh: Polemik Al-Ma'idah: 41-87
4. Konten Al-Qur'an
KRITIK-HISTORIS SIRAH
1. Kepenulisan Sirah
2. Konten Sirah
3. Karakteristik Sirah Ibnu Ishaq
4. Maghazi dan Asal-Usul Hudud
- Kritik Kisah Penghukuman Bani 'Urainah
- Kritik Kisah Perjanjian Hudaibiyyah
- Kritik Kisah Perang Badar dan Uhud
- Kritik Kisah Pengusiran Bani Quraizhah
- Kritik Kisah Fat'hu Makkah
- Kritik Kisah Pengepungan Khaibar
- Kritik Kisah Fadak
- Kritik Kisah Peristiwa Tsaqifah dan Bani Sa'idah
5. Muhammad mitologis VS Muhammad historis
MUHAMMAD
- Masalah Dalam Tradisi
- Salvation History
- Biografi Tradisional
- Misteri Kehidupan Muhammad
- Hanifisme
- Pengasingan Terhadap Karakter Muhammad
- Hilangnya "Putra" Muhammad
YAHUDI, MUHAMMAD, DAN ISLAM KLASIK
- Yahudi Mosaik vs Yahudi Hellenistik
- Yahudi dan Militansinya
- Beta Israel
- Gerakan Penafsiran Torah di Iraq
- Yahudi di Jazirah Arab
- Umma Document (1)
- Umma Document (2)
- Umma Document (3)
- Kronologi Evolusi Islam (1)
- Kronologi Evolusi Islam (2)
- Kronologi Evolusi Islam (3)
BAHASA ARAB DAN AL-QUR'AN
- Manuskrip-Manuskrip Al-Qur'an s.d. 900
- Bahasa Arab Kuno s.d. Bahasa Arab Klasik
- Pengaruh Bahasa-bahasa Asing
- Konten Dalam Al-Qur'an
- Al-Qur'an Hari Ini
- Corpus Coranicum
- Prophetic Logia
KESARJANAAN
- Tradisionalisme dan Orientalisme Lama
- Revisionisme dan Orientalisme Baru
- Neo-Revisionisme / Neo-Tradisionalisme
MISCELLANEOUS
- Geografi Arab Pra Muhammad
- Prasasti Yudeo-Arab Pra Muhammad
- Literatur Arab dan Evolusi Arab Klasik
- Ortografi Arab Kuno
- Kekeliruan Cara Berpikir Anti-Islam
FAQ
Diubah oleh tyrodinthor 15-05-2021 12:53
awanrisk dan 88 lainnya memberi reputasi
73
134.8K
1.9K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
6.5KThread•11.5KAnggota
Tampilkan semua post
TS
tyrodinthor
#414
HADITS
DAFTAR QADHIPERAWI
DAN "TERDUGA" PERAWI DI:
ABIWARD, ADEN, AHVAZ, ALEPPO, AMMAN, ANTIOKHIA, ARMENIA, BAALBEK, BACTRIA, BALQA', BUKHARA, CORDOBA, DAMASKUS, DINAWAR
DAFTAR QADHIPERAWI
DAN "TERDUGA" PERAWI DI:
ABIWARD, ADEN, AHVAZ, ALEPPO, AMMAN, ANTIOKHIA, ARMENIA, BAALBEK, BACTRIA, BALQA', BUKHARA, CORDOBA, DAMASKUS, DINAWAR
ABIWARD
- 'Abdur-Rahman bin Muhammad bin 'Alawaih (w. 342 Hijriyyah / 953), qadhi di Tus (Thus), Abiward, dan Bukhara. Termasuk qadhi periode akhir. Dia dianggap perawi bathil dan pembuat hadits maudhu' (palsu). Dia pernah diketahui meletakkan isnad fiktif pada matan yang diriwayatkannya kepada masyarakat di Ecbatana (Hamadan) saat dia menetap di sana, dan masyarakat mempercayainya begitu saja (lihat Ibnu Hajar dalam Lisanul-Mizan Vol. 5 Hal. 417).
ADEN ('ADAN)
- Al-Hakam bin Aban Al-'Adani (w. 154 Hijriyyah / 771), dia qadhi satu-satunya yang diketahui di Aden, Yaman. Dia dikenal tsiqah, shalih, dan shahibus-sunnah / memiliki expertise di bidang sunnah (lihat Bukhari dalam Tarikhul-Kabir Vol. 17 Hal. 227 (no. 2662) dan Ibnu Hajar dalam Tahdzib Vol. 2 Hal. 423).
AHVAZ (AHWAZ)
- Asy'ats bin Sawwar (w. 136 Hijriyyah / 754), qadhi di Ahvaz. Dia dikenal sebagai perawi lemah/dhu'afa (lihat Ibnu Sa'ad dalam Thabaqat Vol. 6 Hal. 249 dan Ibnu Hajar dalam Tahdzib Vol. 1 Hal. 352).
- 'Amru bin Al-Walid Al-Aghdhaf (w. 178 Hijriyyah / 794), dia qadhi yang menganjurkan penduduk Ahvaz untuk mengikuti sunnah. Tidak diketahui tentang kehidupannya, namun 'ulama berpendapat dia shalih (lihat Ibnu Abi Hatim dalam Al-Jarh wat-Ta'dl Vol. 6 Hal. 266 {no. 1473}).
- Yahya bin 'Abdur-Rahman Al-Arhabi, qadhi di Ahvaz asal Kufah. Dia jarang meriwayatkan hadits, tapi dikenal cukup tsiqah. Tirmidzi dan Darimi men-takhrij hadits-hadits yang melewatinya (lihat Ibnu Abi Hatim dalam Al-Jarh wat-Ta'dl Vol. 9 Hal. 167 (no. 691) dan Ibnu Hajar dalam Tahdzib Vol. 11 Hal. 250).
- Muhammad bin 'Umar bin Hayyaj, seorang qadhi di Ahvaz yang majhul (lihat Ibnu Abi Hatim dalam Al-Jarh wat-Ta'dl Vol. 8 Hal. 17 (no. 97) dan Ibnu Hajar dalam Tahdzib Vol. 9 Hal. 362).
- Musa bin Ishaq (Abu Bakar Al-Khathmi, w. 297 Hijriyyah / 910), seorang qadhi di Ahvaz dan di Rey (Rayy). Dia dikatakan pernah memerintahkan masyarakat menulis hadits-haditsnya (lihat Al-Khathib dalam Tarikh Baghdad Vol. 13 Hal. 52).
- Beberapa qadhi di Ahvaz lainnya disebutkan oleh Waki' dalam Akhbarul-Qudha'at Vol. 3 Hal. 320 seperti Hudbah bin Al-Minhal, Salim bin Abi Salim (berkantor di istana 'Umar bin 'Abdul-Aziz), Ibnu Musallih, 'Amru bin Nadhr Al-Bazzar, 'Ali bin Ruh, Isra'il bin Muhammad (Abu Tammam), dan Muhammad bin Manshur.
ALEPPO (HALAB)
- Hafsh bin 'Umar (w. 150 Hijriyyah / 767), qadhi di Aleppo yang cukup terkenal dan sering meriwayatkan hadits maudhu' dari perawi-perawi yang tsiqah (lihat Ibnu Hibban dalam Al-Majruhin Vol. 1 Hal. 17).
- Al-Husain bin 'Abdur-Rahman (w. 220 Hijriyyah / 835), dia dianggap tsiqah namun tidak begitu sering meriwayatkan hadits (lihat Ibnu Hajar dalam Tahdzib Vol. 2 Hal. 343).
- 'Abdus-Salam bin 'Abdur-Rahman (w. 247 Hijriyyah / 861), seorang qadhi di Aleppo, Raqqah, dan Harran. Dia shalih namun sering meriwayatkan hadits-hadits munkar (lihat Ibnu Hajar dalam Tahdzib Vol. 6 Hal. 322).
'AMMAN
- 'Umar bin Hafsh (w. 150 Hijriyyah / 767), dia perawi majhul (unknown). Dia diketahui sebagai qadhi di 'Amman dan Balqa' (lihat Ibnu Sa'ad dalam Thabaqat Vol. 6 Hal. 257, Ibnu Abi Hatim dalam Al-Jarh wat-Ta'dl Vol. 6 Hal. 79 (no. 543), dan Ibnu Jauzi dalam Ad-Dhu'afa wal-Matrukun: عمر بن حفص).
ANTIOKHIA (ANTHAKIYYAH)
- Sallam bin Razin, qadhi di Antiokhia dan perawi majhul. Namanya hanya ditemukan pada isnad yang diriwayatkan Al-A'masy (lihat Al-Khathib dalam Tarikh Baghdad Vol. 14 Hal. 261).
- 'Umar bin Shadaqah, juga majhul (lihat Waki' dalam Akhbarul-Qudha'at Vol. 3 Hal. 220).
ARMENIA (ARMINIYYA)
- 'Ali bin Mus-hir Al-Qurasyi, seorang qadhi di Armenia dan Mosul. Dia menjadi qadhi di Mosul menggantikan Yahya Abu Kurz (lihat di bagian Mosul di bawah) di masa pemerintahan Khalifah Al-Mahdi. Dia cukup dianggap tsiqah (lihat Ahmad bin Hanbal dalam Jami' Li 'Ulum Vol. 3 Hal. 163).
- Al-Harits bin 'Amr Al-Asadi (lihat Waki' dalam Akhbarul-Qudha'at Vol. 1 Hal. 264).
BAALBEK (BA'LABAK)
- Al-'Abbas bin Nu'aim Al-Awza'i, perawi majhul (lihat Waki' dalam Akhbarul-Qudha'at Vol. 1 Hal. 264).
BACTRIA (BALKH)
- 'Umar bin Maimun, telah menjadi qadhi di Balkh selama 20 tahun. Dia dikenal kelembutannya (hilm) dan keluasan pengetahuannya (lihat Ibnu Hajar dalam Tahdzib Vol. 7 Hal. 498).
- Al-Hakam bin 'Abdullah Abu Muthi' Al-Balkhi (w. 199 Hijriyyah /815), seorang qadhi di Balkh, faqih, dan murid dari Abu Hanifah. Dalam pembahasan qadhi ini, dia termasuk qadhi yang penting karena banyak meriwayatkan hadits. Meskipun dia banyak meriwayatkan hadits dari perawi lain, namun dia tidak suka dengan sunnah dan lebih condong meriwayatkan dari gurunya, Abu Hanifah, meskipun itu diketahui sebagai ra'yi (pendapat pribadi) Abu Hanifah sendiri. Dalam Ibnu Hibban, dia diketahui banyak memalsukan hadits. Dalam Ibnu Hajar, dia dikenal sebagai salah seorang pemimpin sekte Murji'ah. Ibnu Hajar juga mengutip pendapat Bukhari dan Nasa'i bahwa dia dha'if (lihat Ibnu Hajar dalam Lisanul-Mizan Vol. 2 Hal. 334 (no. 1369) tertulis: كان من رؤساء المرجية ممن يبغض السنن ومنتحليها juga Ibnu Hibban dalam Al-Majruhin Vol. 3 Hal. 116, dan Al-Khathib dalam Tarikh Baghdad Vol. 8 Hal. 223 {no. 4336}).
- Abu 'Ali Ishaq bin Ibrahim (w. 180 Hijriyyah / 796), qadhi di Balkh dan perawi majhul (lihat Ibnu Hajar dalam Tahdzib Vol. 6 Hal. 460).
BALQA'
- 'Umar bin Hafsh (lihat AMMAN).
- Khalid bin Yazid bin Shalih (w. 167 Hijriyyah / 784), qadhi di Balqa' dan perawi yang dianggap tsiqah (lihat Ibnu Hajar dalam Tahdzib Vol. 3 Hal. 125).
BUKHARA
- 'Abdur-Rahman bin Muhammad bin 'Alawaih (lihat ABIWARD).
- Al-Haitsam bin Abi Al-Haitsam, ada 4 (empat) orang bernama dan ber-nasab seperti ini (lihat Ibnu Hajar dalam Tahdzib Vol. 11 Hal. 99 {no. 168}).
- Dalam History of Bukhara karya Narsyakhi (Hal. 4) terdapat beberapa daftar qadhi di Bukhara.
CÓRDOBA / CORDOVA (QURTHUBAH)
- Mu'awiyyah bin Shalih bin Hudair (w. 158 Hijriyyah / 775), qadhi di Córdoba yang dikenal pertama kali memperkenalkan hadits ke masyarakat Andalus. Meskipun dianggap shalih, namun hadits-haditsnya banyak dipermasalahkan 'ulama (lihat Ibnu Hajar dalam Tahdzib Vol. 10 Hal. 209, 210, 211, dan 212).
- Muhammad bin Basyir Al-Ma'afiri, qadhi di Córdoba. Dia diklaim sebagai salah satu murid Malik bin Anas (lihat Nabhani dalam Tarikhul-Qudha'at Andalus Hal. 47 dan Ibnu Bisyikwal dalam Kitabus-Shalat Fi Tarikh A'immah Andalus No. 526).
- 'Umar bin Syarahil, qadhi di Córdoba. Dia diketahui banyak meriwayatkan hadits-hadits mursal dan hadits-haditsnya ditolak (lihat Ibnu Abi Hatim dalam Al-Jarh wat-Ta'dl Vol. 6 Hal. 116 {no. 625}).
DAMASKUS (DIMASYQ)
- Muhammad bin 'Uqbah, qadhi di wilayah Sam (sebuah qaryah di Damaskus). Dia perawi majhul (lihat Ibnu Hajar dalam Tahdzib Vol. 9 Hal. 347).
- 'Umar bin Abi Bakar Al-Maushili, qadhi di Damaskus dan di Yordan (Urdunn). Dia dianggap dha'if dan hadits-haditsnya matruk / ditolak (lihat Ibnu Hajar dalam Lisanul-Mizan Vol. 4 Hal. 287 {no. 821}).
DINAWAR
- 'Amru bin Hamid (w. 190 Hijriyyah / 806), qadhi di Dinawar. Dia dianggap penipu dan maudhu' yang banyak meriwayatkan hadits atas nama perawi yang tsiqah (lihat Ibnu Hajar dalam Lisanul-Mizan Vol. 4 Hal. 362 (no. 1060)
>> Kembali ke Daftar Qadhi Perawi dan "Terduga" Perawi
Diubah oleh tyrodinthor 19-05-2020 15:09
0