alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5296e530c3cb17e35e000103/maba-itn-2013-tewas-karena-ospek
Lapor Hansip
28-11-2013 13:39
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Past Hot Thread
Sebelumnya Terimakasih buat warga Kaskus dan momod sudah menjadikan Thread ini HT
HT


PETISI buat kejelasan Hukum ! Cek dimari gan ! Link

Update News 9-12-2013

Berita 1
Berita 2
Berita 3
foto2 Ospek ITN NO SENSOR GAN
Video :


MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

Malang – SeputarMalang.com, Misteri kematian Mahasiswa Baru Jurusan Planologi Institut Tehnologi Nasional Malang (ITN), berasal dari Mataram Lombok NTB yang bernama Fikri, saat Orentasi Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab di Kawasan Pantai Goa China di desa Sitiarjo Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang pada hari Sabtu tgl (13/10/13) banyak ditemukan kejanggalan. Dari hasil investigasi di lapangan dan dari beberapa penuturan narasumber kepada Tim SeputarMalang.Com, sangat bertolak belakang dengan yang disampaikan oleh pihak Kampus ITN melalui Kepala Jurusan (Kajur) Planologi Ibnu Sasongko dan Hutomo selaku bagian Dosen Pembina Mahasiswa pada kamis (14/11/13) , Ibnu Sasongko menceritakan ”Kalau kegiatan KBD (Kemah Bakti Desa) dan Temu Akrab sudah tradisi Maba ITN Jurusan Planologi, adapun tentang adanya kematian Maba Fikri dianggap sebagai musibah yg bisa terjadi pada setiap orang,Ujarnya tanpa beban.

Kajur tersebut menuturkan dari uraian cerita para panitia, tanpa tahu persisnya kejadian di TKP yang disampaikan kepada Tim SeputarMalang.Com. Sasongko, mengatakan si korban yang bernama Fikri tersebut saat kegiatan berlangsung banyak mendapatkan perlakuan khusus,dikarenakan postur tubuhnya yang gemuk,sehingga dikhwatirkan akan mudah terkena dehidrasi. Seperti waktu acara pembersihan pantai dan juga naik bukit,si korban mendapatkan perlakuan khusus dengan naik sepeda motor menuju lokasi. Dan Tiba-tiba saat sampai di lokasi, almarhum sudah tidak sadarkan diri sambil mendengkur (ngorok). Akhirnya oleh pihak panitia dibawa ke Pos terdekat. Hingga dibawa ke RSU Saiful Anwar Malang. Namun nyawanya sudah tidak tertolong lagi.

Saat ditanya oleh Tim SeputarMalang.Com tentang peran Kajur dan Pembina Mahasiswa,apakah ada di tempat saat peristiwa kematian Fikri ??? Sasongko dan Hutomo menjawab, bahwa akan menuju ke lokasi berdasarkan informasi dari mobile phonenya. Sehari sebelumnya, pagi hingga sore masih ada di lokasi perkemahan Mahasiswa, jam 4 sore sudah kembali ke malang. Sehingga tidak tau persisnya tentang penyebab peristiwa kematiaanya, saat didesak pertanyaan oleh Tim SeputarMalang.Com.

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Kajur Planologi ITN dan Dosen Pembimbing Saat dikonfirmasi

Sementara Hutomo selaku Pembina Mahasiswa menuturkan bahwa kita selaku Dosen dan Pembina tidak terlalu mencampuri aktifitas para Mahasiswa. Beda dengan OSIS baik Sekolah Dasar,Menengah maupun lanjutan Atas. Mahasiswa dianggap lebih dewasa.” kelitnya.

Dari penuturan para narasumber (red. Teman-teman korban), pemberian air mineral hanya dua botol untuk seluruh Maba (114 orang) sebagai peserta KBD (Kemah Bakti Desa).

Jangankan Almarhum Fikri yang tidak akan mengalami dehidrasi. Kami banyak yang menahan haus, karena satu orang hanya bisa meneguk satu sendok air mineral. Dan pada hari Jum’at malamnya (11/10/13) pada saat acara “take me out” terjadi skenario kekerasan terencana yang dilakukan oleh Fendem (senior keamanan) Alm. Fikri disuruh menyampaikan ungkapan keinginannya atas perlakuan Fendem kepada temen-temannya, “Saya akan melindungi kalian teman-teman ,dari kekerasan Fendem !”

Masih menurut narasumber yang sama, hal tersebut dikarenakan sebelumnya Alm.Fikri melihat perlakuan Fendem yang tidak manusiawi seperti sebuah pisang yang harus digunakan untuk gosok gigi secara bergilir,dan bagi yang terakhir harus memakan pisang tersebut yang ternyata jatuh pada diri Almarhum. Lebih Gila lagi, pada jam dua dini hari saat dimana para Maba istirahat tidur di kemah,dibangunkan dengan paksa sambil ditendang dan di injak oleh Fendem. Bahkan bagi Maba Putri, mengalami pelecehan seksual (Singkong dibentuk seperti alat kelamin laki-laki lalu disuruh mengelus dan harus di oral).

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Dokumentasi Bentuk-bentuk Anarkisme Fendem Terhadap Maba Planologi ITN 2013

Rekan narasumber yang sama menambahkan, pernyataan Alm.Fikri (Red. akan melindungi teman-temannya dari kekerasan Fendem) itulah yang membuat Fendem semakin brutal dan naik pitam. Saat itu juga Para Fendem mengamankan Fikri kebalik tenda. Para Mahasiswa peserta KBD (Kemah Bakti Desa) dipaksa untuk membelakangi para Fendem dan hanya terdengar suara erangan kesakitan Fikri . Saat terjadinya penyiksaan para Fendem berteriak keras dan lantang “Kalau kau mau mati.! Mati aja kau..!! Biar dikubur disini !! ” Setelah itu para Maba disuruh masuk kembali ke kemah.

Sabtu setelah olah raga dan makan siang ,dipilih tiga puluh orang oleh Ketua Pelaksana Kegiatan .Untuk meratakan lahan di Penanaman Mangrove disekitar lokasi. Saat perjalanan naik bukit. Alm. Fikri sudah kehabisan nafas (fisik melemah). Namun oleh Panitia justru Fikri dianggap pura-pura . Yang akhirnya, korban ternyata sudah tidak sadarkan diri. Bergegas tim Panitia Kesehatan membawa korban yang sudah sekarat dinaikkan pickup menuju Pos Kesehatan terdekat dan ditengarai meninggal dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

Dengan adanya berita meninggalnya Fikri, maka acara Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab dihentikan pada saat itu juga, tanpa ada acara seremonial penutupan .

Kasus meninggalnya Maba ITN asal Mataram NTB ini tidak ada proses hukum sama sekali ! Padahal menurut hukum adanya kejadian tindakan kekerasan secara fisik sudah masuk pada ranah Pidana. Apalagi jika itu dilakukan dengan terencana, Bisa diancam dengan hukuman penjara 9 tahun ( KUHP psl 353 ayat 3) Ironisnya etik di internal civitas akademika ITN Malang terlihat hanya Normatif dan terkesan menutupi kejadian yang sebenarnya . Tidak berdasarkan fakta di lapangan.

Kejadian serupa seperti ini kerap terjadi pada acara seremonial yang dikemas orientasi mahasiswa baru, dan ini bukan yang pertama. Kita semua berharap kejadian meninggalnya Fikri pada acara orientasi mahasiswa baru ITN Malang adalah yang terakhir kali!

Tentunya harus ada ketegasan dari semua pihak dalam konteks tindakan preventif dan korektif, karena pada hakekatnya ajang tersebut adalah sebagai moment kawah candra dimuka menuju budaya akademis intelektualis, bukan anarkis dan ajang balas dendam senior belaka.

Sumber Berita

Update Info Tambahan dari Agan2 Kaskus
Quote:Original Posted By greynet
Update

Quote:Original Posted By sori.klonengan
Ternyata sama pihak kampus ditutup-tutupin gan, ini ada skrinsyutnya

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

diambil dari sini sumber

Kalo liat himpunan mahasiswanya cuma sekumpulan anak alay emoticon-Najis (S)

http://hmpwk-itn-malang.blogspot.com...nisasi_25.html
Quote:Original Posted By lolite
update efek kekerasan dan pelecehan terhadap Ospek Maba ITN MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK





jalan lupa di rate emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Marah biarkan keadilan bicara !

"Kita bukan bodoh, tapi dibodohkan. Kita tidak miskin, tapi dimiskinkan. Oleh sebuah sistem." (Ir. Soekarno)
Termasuk SISTEM ini kah yang dimaksud Bung Karno ?!



TS sebagai mahasiswa dan warga Malang jg prihatin dengan kejadian ini emoticon-Marah
HIDUP MAHASISWA !! Hancurkan ketidak adilan dan kebodohan !

Note : TS akan selalu update INFO tentang kejelasan kasus ini sampai benar-benar jelas. Tentu membutuhkan bantuan para kaskuser smua emoticon-Smilie
Sebelumnya TS berterimakasih kepada Kaskuser yg sangat berpartisipasi usut tuntas kasus ini dalam bentuk apapun emoticon-thumbsup emoticon-Smilie

Req pejwan silahkan PM, TS ga bs baca komen agan2 1-1 karena komen membludak byk skali emoticon-Big Grin

Komen2 dari rekan/keluarga korban


Komen-komen dr agan2 Mahasiswa/Alumni

komen ngebela ospek tsb
Diubah oleh Kacank87
0
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 68 dari 275
29-11-2013 21:09
masi aja ospek jadi ajang balas dendam emoticon-Cape d... (S)
0
29-11-2013 21:09
Kenapa sih ospek identik dgn kekerasan? Coba deh ospek di kampus luar negri sama sekali ga ada kekerasan emoticon-Bingung
0
29-11-2013 21:09
ane kuliah S1 di tempat yang gak ada ospek2an. cuma ada sepekan orientasi.

ane bersyukur.

karena orientasinya berguna.

dan menurut pendapat ane, ospek gak ngaruh buat kemampuan kerja.

cuma ajang ego aja.
0
29-11-2013 21:10
senior tolol,,,
aksi balas dendam ko diterus2in


ane sumpahin ente menderita dunia akhiratemoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)
0
29-11-2013 21:10
Quote:Original Posted By 02bayu
perspektif orang berbeda2 tentang ospek + makrab ini ..

Oke emang kita ingin jadi orang yang intelektual .. Heloo bung, ini indonesia. Kalau kita hanya punya OTAK doang tapi MENTAL ga punya untuk menahan pengaruh negatif yang datang ke kita " PERCUMA ! ". Buka mata kalian semua, yang di lihat esensi (pesan) yang di sampaikan, bukan negthink disetiap perilakunya

Kedepankan positif thinking, jangan di tanam terus negatif thinking kalian.


oke juga nih pendapatnya , mental bro ? itu nanti kalo udah kerja aje biar jadi pengalaman, jangan dibawa serius pas ngospek juga emoticon-Big Grin ya ajarin dikit2 gapapa lah , jangan sampe serius2 banget kayak gini . belom tentu orang tua setuju #eehsalah emoticon-Malu
jadi kaya ospek preba (preman baru) bukan maba emoticon-Cape d... (S) soalnya semakin maba disiksa , generasi baru bakal dapet hal yang sama . malah banyakan hal buruknya , ex : dendam berkelanjutan .
0
29-11-2013 21:11
hedeh, kampus ini emoticon-Nohope
emang jangan ditanya kalo tentang ospek nih kampus emoticon-Cape d...
0
29-11-2013 21:12
Duh prihatin gue ospek masi aja pake kekerasan fisik
Gila aja tuh 2 botol aqua buat 100an orang
Yg jelas klo ospek begini mah cm ajang balas dendam doang
0
29-11-2013 21:12
jadi gmna gan ?
apa di sidang ?

mana hukum indonesianya emoticon-Ngakak
0
29-11-2013 21:12
numpang ngomen dan sharing pengalaman ane sebagaia, panitia, ketua pelaksana ospek dan senior di kampus sebagai angkatan jebot , klo bisa page one gan!

sebelumnya sdh pernah ane komen di thread osepek sejenis gan


ok, dr sistem dikampus ane dan yg saya terapkan sebagai ketua pelaksana ospek bbbrp tahun yang lalu :

tujuan ospek : melatih mental maba, mengenalkan kehdiupan kampus dan ormawa, menanam kan etos kerja yang baik serta disiplin

oleh karena itu panitia ospeknya harus mental baja, kenal kehidupan kampus, punya etos kerja dan disiplin yang bagus:
maka panitia yang diseleksi secara ketat,
klo terlambat datang ke acara, doi yang dihukum di hadapan maba dengan konsekuensi fisik seperti push up, jogging,
kalo berlaku nyeleneh dan tepe2 = pecat dr kepanitiaan
pekerjaan dan tanggung jawab tdk beres = pecat dr kepanitiaan
mengeluarkan kata2 kotor = sangsi / pecat

jadi apa yg ditanamkan ke maba bisa diteladani dr panitia ospeknya
utk maba fisik no, pelatihan mental lwt verbal & tugas di utamakan
bwt mendidik panitia fisik yes, verbal yes, pecat yes

nah klo kenyataannya, kdg2 ada ada senior yg mau show off dengan maba, cari perhatin, sok jagoan, ane yakin kdg2 ini adalah gara2 individunya, apalagi klo kegiatannya jauh dr pengawasan dr pihak kampus
ane yakin ini yg terjadi di kampus tsb.

jauh dr pengawasan dan kontrol serta bbrp individu yang menyelewengkan kekuasaannya sbg panitia

kecuali emang turun temurun kampusnya begitu emoticon-Cape d... (S)

Ospek perlu!
karena sesuai dgn tujuan panitia kampus ane diatas, di luar negeri sih gapapa gak ada ospek kyk kita, toh mereka etos kerja dan disiplinnya terutama waktu tinggi
lah di kampus kita? klo gak dicubit dikit pantat n dipanasin kupingnya boro2 mau datang on time

dan terbukti kok dikampus ane ospek terakhir udah gak da panas2an kuping maba lagi, maba nya jadi kurang ajar, kuliah kaki ke atas meja, nonton bokep di kelas rame2 pas kuliah, datang setengah jam ampe mau bubaran pas kuliah emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh Itank_imut
0
29-11-2013 21:12
Kasus kek gini bikin ane jadi males masuk univ di Indonesia gan. Kenapa ga dibikin undang undang aja sama pemerintah tentang ospek. Sama kalo bisa sih ada aparat yang ngawasin jalannya ospek biar ada rasa aman sedikit
0
29-11-2013 21:13
bolehlah. suruh tv one buat expose ini cerita. bakal jadi apa kabar indonesia pagi.
0
29-11-2013 21:13
Quote:Original Posted By drembrandts
mahasiswa cukup dilatih mental dah intelektualnya kan?
selama sekian taun dididik di kampusnya, untuk jadi sarjana yg terlatih dan terdidik.

senior bilang banyak maba itu cengeng? saya rasa tak masalah, bila seorang mahasiswa cengeng klo diancam secara fisik (ataupun mental). kenpa boleh cengeng? karena dia MAHASISWA PT, bukan di akademi militer.
ingat Kak, anda di kampus yg lbh banyak berkutat dgn buku, bukan dgn sepatu boots dan senapan.

ospek yg cuma 3 atau beberapa hari untuk apa? memang bisa kah beberapa hari masa ospek utk merubah mental seseorang?
jgnkan hari, itungan tahun pun blm tentu pola pikir,pandangan,mental dll nya berubah.

dan pelatihan fisik saat ospeknya? lebih absurd. mahasiswa teknik apa diproyeksi menjadi atlet pelatda/perlatnas? hanya di indonesia.

sungguh hina, ketika sang maba cengeng 5-10 taun kedepan menjadi seorang pekerja sukses di bidangnya, dan sang senior masih sibuk dgn print out cv + surat lamarannya.




Nah sependapat banget ane sama agan ini emoticon-Big Grin
3 hari dan bahkan satu tahun pun belum tentu bisa merubah mental dan sikap dari karakteristik seseorang emoticon-Smilie

0
29-11-2013 21:13
Ayo sundul biar ke ekspose ke media...!! emoticon-Sundul Up
0
29-11-2013 21:13
Pertama ane ucapkan turut berduka cita buat keluarga fikri ya jauh di sebrang pulau sana.

berita ini di muat di seputarmalang.com dan 3 hari yang lalu ane juga retwet. apa yg terjadi...kemarin web seputarmalang.com langsung suspended..aneh banget dan hari ini sudah on lagi link berita ini dan tampilannya berubah khususnya untuk kolom komentar yang kmrn lusa bisa komentar dng isi nama dan imel eh sekarang komentar mesti pake akun facebook. aneh banget,,,
apa biar pihak kampus ITN Malang bisa mantau dan cari tau yg komentar siapa saja..

Ane alumnus Unibraw malang...UB tidak pernah ada seperti itu. Ane dulu jg pernah jadi panitia Ospek dan jadi DISMA [kedisiplinan mahasiswa] mungkin di ITN namanya fendem. Ga segitu kali sampe main tendang dan injak gitu...

Panitia Ospek jurusan Planologi ITN mesti di tuntut itu, klo hukuman cuma skors 1 semester buat apa? sudah ada korban jiwa 1 orang ini.

Masak Kajur kalah tegas sama kepala SMA di jakarta yg siswanya bajak metromini, siswa yang terlibat bajak metromini di kasih sangsi keluar dari sekolah.

Mau jadi apa ntar bangsa ini klo generasi mudanya dididik dengan mental kekerasan ala preman...katanya MAHASISWA,,Kaum intelektual katanya
0
29-11-2013 21:13
td
ternyata masih ada aja yg menerapkan ospek kayak gini,..
udah gak jaman kali,..emoticon-Malu (S)
0
29-11-2013 21:13
emoticon-Sorry tai dasar parah gak punya prikemanusiaan ? kalo tentara wajar karna di didik untuk siap mati , dan ada tim medis , lah itu tim medis ecek2 sok kekerasan
0
29-11-2013 21:14
Ane ambil jurusan elektro di itn gak sampe segitunya ospek.... parah bener nih anak planologi mentang mentang senior....
0
29-11-2013 21:14
Percuma kalian semua marah2 disini, mendingan langsung tandatangani petisi ini, biar langsung bisa di blow up ke publik.

http://www.change.org/id/petisi/selu...share_petition
0
29-11-2013 21:14
emoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marahemoticon-Marah


SENIOR TAI ITU GOBLOK

MAU DIDIK MENTAL? MENTAL PREMAN? AH INI SENIOR GOBLOK. TOLOL BODOH



AH SEMPAK GONDOK GW
0
29-11-2013 21:14
sedih ane gan bacanya orang yg berilmu kok sikapnya sama kaya preman. Bawa kejalur hukum, melanggar ham juga itu acara. Turut berduka Semoga alm masuk surga amiin..
0
Halaman 68 dari 275
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.