alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
4999
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5296e530c3cb17e35e000103/maba-itn-2013-tewas-karena-ospek
Sebelumnya Terimakasih buat warga Kaskus dan momod sudah menjadikan Thread ini HT PETISI buat kejelasan Hukum ! Cek dimari gan ! Link Update News 9-12-2013 Berita 1 Berita 2 Berita 3 foto2 Ospe
Lapor Hansip
28-11-2013 13:39

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

Past Hot Thread
Sebelumnya Terimakasih buat warga Kaskus dan momod sudah menjadikan Thread ini HT
HT


PETISI buat kejelasan Hukum ! Cek dimari gan ! Link

Update News 9-12-2013

Berita 1
Berita 2
Berita 3
foto2 Ospek ITN NO SENSOR GAN
Video :


MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

Malang – SeputarMalang.com, Misteri kematian Mahasiswa Baru Jurusan Planologi Institut Tehnologi Nasional Malang (ITN), berasal dari Mataram Lombok NTB yang bernama Fikri, saat Orentasi Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab di Kawasan Pantai Goa China di desa Sitiarjo Sumbermanjing Wetan (Sumawe) Kabupaten Malang pada hari Sabtu tgl (13/10/13) banyak ditemukan kejanggalan. Dari hasil investigasi di lapangan dan dari beberapa penuturan narasumber kepada Tim SeputarMalang.Com, sangat bertolak belakang dengan yang disampaikan oleh pihak Kampus ITN melalui Kepala Jurusan (Kajur) Planologi Ibnu Sasongko dan Hutomo selaku bagian Dosen Pembina Mahasiswa pada kamis (14/11/13) , Ibnu Sasongko menceritakan ”Kalau kegiatan KBD (Kemah Bakti Desa) dan Temu Akrab sudah tradisi Maba ITN Jurusan Planologi, adapun tentang adanya kematian Maba Fikri dianggap sebagai musibah yg bisa terjadi pada setiap orang,Ujarnya tanpa beban.

Kajur tersebut menuturkan dari uraian cerita para panitia, tanpa tahu persisnya kejadian di TKP yang disampaikan kepada Tim SeputarMalang.Com. Sasongko, mengatakan si korban yang bernama Fikri tersebut saat kegiatan berlangsung banyak mendapatkan perlakuan khusus,dikarenakan postur tubuhnya yang gemuk,sehingga dikhwatirkan akan mudah terkena dehidrasi. Seperti waktu acara pembersihan pantai dan juga naik bukit,si korban mendapatkan perlakuan khusus dengan naik sepeda motor menuju lokasi. Dan Tiba-tiba saat sampai di lokasi, almarhum sudah tidak sadarkan diri sambil mendengkur (ngorok). Akhirnya oleh pihak panitia dibawa ke Pos terdekat. Hingga dibawa ke RSU Saiful Anwar Malang. Namun nyawanya sudah tidak tertolong lagi.

Saat ditanya oleh Tim SeputarMalang.Com tentang peran Kajur dan Pembina Mahasiswa,apakah ada di tempat saat peristiwa kematian Fikri ??? Sasongko dan Hutomo menjawab, bahwa akan menuju ke lokasi berdasarkan informasi dari mobile phonenya. Sehari sebelumnya, pagi hingga sore masih ada di lokasi perkemahan Mahasiswa, jam 4 sore sudah kembali ke malang. Sehingga tidak tau persisnya tentang penyebab peristiwa kematiaanya, saat didesak pertanyaan oleh Tim SeputarMalang.Com.

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Kajur Planologi ITN dan Dosen Pembimbing Saat dikonfirmasi

Sementara Hutomo selaku Pembina Mahasiswa menuturkan bahwa kita selaku Dosen dan Pembina tidak terlalu mencampuri aktifitas para Mahasiswa. Beda dengan OSIS baik Sekolah Dasar,Menengah maupun lanjutan Atas. Mahasiswa dianggap lebih dewasa.” kelitnya.

Dari penuturan para narasumber (red. Teman-teman korban), pemberian air mineral hanya dua botol untuk seluruh Maba (114 orang) sebagai peserta KBD (Kemah Bakti Desa).

Jangankan Almarhum Fikri yang tidak akan mengalami dehidrasi. Kami banyak yang menahan haus, karena satu orang hanya bisa meneguk satu sendok air mineral. Dan pada hari Jum’at malamnya (11/10/13) pada saat acara “take me out” terjadi skenario kekerasan terencana yang dilakukan oleh Fendem (senior keamanan) Alm. Fikri disuruh menyampaikan ungkapan keinginannya atas perlakuan Fendem kepada temen-temannya, “Saya akan melindungi kalian teman-teman ,dari kekerasan Fendem !”

Masih menurut narasumber yang sama, hal tersebut dikarenakan sebelumnya Alm.Fikri melihat perlakuan Fendem yang tidak manusiawi seperti sebuah pisang yang harus digunakan untuk gosok gigi secara bergilir,dan bagi yang terakhir harus memakan pisang tersebut yang ternyata jatuh pada diri Almarhum. Lebih Gila lagi, pada jam dua dini hari saat dimana para Maba istirahat tidur di kemah,dibangunkan dengan paksa sambil ditendang dan di injak oleh Fendem. Bahkan bagi Maba Putri, mengalami pelecehan seksual (Singkong dibentuk seperti alat kelamin laki-laki lalu disuruh mengelus dan harus di oral).

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
Dokumentasi Bentuk-bentuk Anarkisme Fendem Terhadap Maba Planologi ITN 2013

Rekan narasumber yang sama menambahkan, pernyataan Alm.Fikri (Red. akan melindungi teman-temannya dari kekerasan Fendem) itulah yang membuat Fendem semakin brutal dan naik pitam. Saat itu juga Para Fendem mengamankan Fikri kebalik tenda. Para Mahasiswa peserta KBD (Kemah Bakti Desa) dipaksa untuk membelakangi para Fendem dan hanya terdengar suara erangan kesakitan Fikri . Saat terjadinya penyiksaan para Fendem berteriak keras dan lantang “Kalau kau mau mati.! Mati aja kau..!! Biar dikubur disini !! ” Setelah itu para Maba disuruh masuk kembali ke kemah.

Sabtu setelah olah raga dan makan siang ,dipilih tiga puluh orang oleh Ketua Pelaksana Kegiatan .Untuk meratakan lahan di Penanaman Mangrove disekitar lokasi. Saat perjalanan naik bukit. Alm. Fikri sudah kehabisan nafas (fisik melemah). Namun oleh Panitia justru Fikri dianggap pura-pura . Yang akhirnya, korban ternyata sudah tidak sadarkan diri. Bergegas tim Panitia Kesehatan membawa korban yang sudah sekarat dinaikkan pickup menuju Pos Kesehatan terdekat dan ditengarai meninggal dalam perjalanan menuju Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

Dengan adanya berita meninggalnya Fikri, maka acara Kemah Bakti Desa dan Temu Akrab dihentikan pada saat itu juga, tanpa ada acara seremonial penutupan .

Kasus meninggalnya Maba ITN asal Mataram NTB ini tidak ada proses hukum sama sekali ! Padahal menurut hukum adanya kejadian tindakan kekerasan secara fisik sudah masuk pada ranah Pidana. Apalagi jika itu dilakukan dengan terencana, Bisa diancam dengan hukuman penjara 9 tahun ( KUHP psl 353 ayat 3) Ironisnya etik di internal civitas akademika ITN Malang terlihat hanya Normatif dan terkesan menutupi kejadian yang sebenarnya . Tidak berdasarkan fakta di lapangan.

Kejadian serupa seperti ini kerap terjadi pada acara seremonial yang dikemas orientasi mahasiswa baru, dan ini bukan yang pertama. Kita semua berharap kejadian meninggalnya Fikri pada acara orientasi mahasiswa baru ITN Malang adalah yang terakhir kali!

Tentunya harus ada ketegasan dari semua pihak dalam konteks tindakan preventif dan korektif, karena pada hakekatnya ajang tersebut adalah sebagai moment kawah candra dimuka menuju budaya akademis intelektualis, bukan anarkis dan ajang balas dendam senior belaka.

Sumber Berita

Update Info Tambahan dari Agan2 Kaskus
Quote:Original Posted By greynet
Update

Quote:Original Posted By sori.klonengan
Ternyata sama pihak kampus ditutup-tutupin gan, ini ada skrinsyutnya

MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

diambil dari sini sumber

Kalo liat himpunan mahasiswanya cuma sekumpulan anak alay emoticon-Najis (S)

http://hmpwk-itn-malang.blogspot.com...nisasi_25.html
Quote:Original Posted By lolite
update efek kekerasan dan pelecehan terhadap Ospek Maba ITN MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK





jalan lupa di rate emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Marah biarkan keadilan bicara !

"Kita bukan bodoh, tapi dibodohkan. Kita tidak miskin, tapi dimiskinkan. Oleh sebuah sistem." (Ir. Soekarno)
Termasuk SISTEM ini kah yang dimaksud Bung Karno ?!



TS sebagai mahasiswa dan warga Malang jg prihatin dengan kejadian ini emoticon-Marah
HIDUP MAHASISWA !! Hancurkan ketidak adilan dan kebodohan !

Note : TS akan selalu update INFO tentang kejelasan kasus ini sampai benar-benar jelas. Tentu membutuhkan bantuan para kaskuser smua emoticon-Smilie
Sebelumnya TS berterimakasih kepada Kaskuser yg sangat berpartisipasi usut tuntas kasus ini dalam bentuk apapun emoticon-thumbsup emoticon-Smilie

Req pejwan silahkan PM, TS ga bs baca komen agan2 1-1 karena komen membludak byk skali emoticon-Big Grin

Komen2 dari rekan/keluarga korban


Komen-komen dr agan2 Mahasiswa/Alumni

komen ngebela ospek tsb
Diubah oleh Kacank87
0
Tampilkan isi Thread
Halaman 35 dari 275
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 14:51

Sangat tidak sepakat

Budaya penindasan dan kekerasan fisik seperti ini hanya dilakukan oleh orang2 bodoh dengan aling-aling pembelajaran mental. Kita mau jadi intelektual bukan jadi petarung tinju yang harus dipukul dulu biar bisa belajar.

Manusia bodoh macam apalagi yang melakukan tindakan seperti itu. Ingat, mereka yang semua yang terlibat, baik itu cuma ikut-ikutan doang. Sudah menjadi pembunuh. dan label itu tidak akan bisa luntur sampai kapanpun.
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 14:55
sudah saat nya ospek yang sehat di adakan gan
jangan sampai banyak nyawa hilang
buat mahasiswa yang tewas karena ospek
semoga kalian diterima disisi tuhan kawan
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 14:58
Turut berduka gan buat almarhum. Dengan kejaian gini, membuka mata kita, bahwa ospek kampus di Indonesia rata2 sangat memprihatinkan dan jauh dari tujuan utama pembentukkan mental.
Pembentukkan mental sendiri bisa dibentuk di kampus dalam bentuk ikut serta dalam organisasi dan dengan sendirinya mental, kepribadian, dan spiritual mahasiswa/i terbentuk.
Awal masuk kampus lebih baik diisi pengenalan kampus, jurusan2, organisasi dll. serta lebih banyak kegiatan membangun seperti kerja lingkungan, baktis soal dsb. tanpa harus ada unsur kekerasan
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 14:59
Emang masih jaman ya model ospek yg kaya gini ? emoticon-Cape d...
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 14:59
aduh kek gini lagi.sebenarnya percuma sih gan koment maki2 seniornya di sini tanpa tindakan.buktikan kalo agan agan mahasiswa menolak ospek/makrab yg di plonco HIMA ASU model tai bisanya demo nggk jelas dan sok ekslusif di kampus kalo ane (share pengalaman) sama temen ane pas ospek model perploncoan ada hima (seksi keamanan kalo ngk salah yg marah marahin kalo telat ospek) marah marah di depan ane pake kata kata yg merendakan lah, kalian ini masih ospek belum di terima di kampus ini lah dll yg bikin panas, jadi deh pulang ospek tuh HIMA nyolot matanya bonyok. di dalam kampus panitia ospek bosnya di luar kampus nggk lebih dari sampah nyet.. LAGIAN UDAH TERBUKTI LHO MODEL KEK GINI NGGK ADA MANFAAT BIKIN NEGARA TAMBAH GOBLOK KALOK GEMERASINYA DI.GOBLOK GOBLOKIN KEK GITU TERUS CONTOH DI LUAR NEGERI YG NGGK PERLU MUNAFIK LAGI DISANA SDM NYA LEBIH MAJU DAN UDAH TERBUKTI APA ADA YG KEK GITU MODEL OSPEKNYA, kemarin di salah satu trit udah pernah dibahas plus foto beda ospek di indo sama luar negeri, di luar negeri ospeknya nener benrer di perkenalkan dengan lingkungan kampus dan keluarga baru mereka di kampus itu. lha kalo di indonesia di ajari """BAGAIMANA MEMUPUK RASA DENDAM TERHADAP SENIOR YANG BISA ANDA LAMPIASKAN KEPADA JUNIOR ANDA KELAK"""(sorry capslock gan ngetik sambil emosi rasane pingin ngantemi panitia ospek meneh gara gara baca trit ini) BTW nice share info dll. di tunggu lanjutanya gan biang keroknya jadi di penjara nggk
Diubah oleh solunatic
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:02
Quote:Original Posted By 02bayu
perspektif orang berbeda2 tentang ospek + makrab ini ..

Oke emang kita ingin jadi orang yang intelektual .. Heloo bung, ini indonesia. Kalau kita hanya punya OTAK doang tapi MENTAL ga punya untuk menahan pengaruh negatif yang datang ke kita " PERCUMA ! ". Buka mata kalian semua, yang di lihat esensi (pesan) yang di sampaikan, bukan negthink disetiap perilakunya

Kedepankan positif thinking, jangan di tanam terus negatif thinking kalian.


kalo dah mati kayak gitu gimana gan?? kalo yang disiksa kayak gitu anak lo, adik lo, sodara lo gimana?? masih mau ngebela?? kalau intelektual, baca dulu beritanya udah jelas salah kayak gitu.... masih suruh ambil positf thinkingnya... emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:03
Itu makanya ane cuma bilang "Mahasiswa itu Goblog"... Sok ngebela rakyat yang ada malah nyusahin rakyat.. ngerusak kendaraan plat merah tapi njilat2 kayak anjing buat jadi "plat merah".. Sok idealis tapi Apatis.. Otak masih sedengkul ngaku Maha.. Dasar Maha"sisa".. Ente2 "Mahasisa" kebagusan kalo dikata "Anarkis", ente bukan Anarkis tapi "VANDALIS".. Mahasisa itu cuma bisa berlindung diketek "Emaknya".. Sok sangar pas di gebukin langsung nangis2.. Mending jadi manusia jangan sok.. Lulus dulu baru boleh berani berkoar-koar.. Masa depan masih abu-abu aja belaga mau mikir masa depan Negara.. Ente boleh belaga jadi Senior.. Tapi senior level kampus itu bukan apa2.. Ayo masuk ke dunia kerja.. Biar kalian tau arti senior itu apa... Dasar Mahasisa ingusan..
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:04
R.I.P FIKRI emoticon-Matabelo emoticon-Turut Berduka, nanti hantuin aja itu senior sampahnya emoticon-Marahemoticon-Marah:
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:05
waduh. miris. ane kuliah di Brawijaya, ngekos di daerah samping ITN. kalo ngampus pasti lewat depan ITN. jadi pengen nempeleng satu2 panitia ospek emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:05
duuuuh, indonesia indonesia. kapan mau berubah jadi lebih baik?
gak salah emang kalau para pejabat kelakuannya kayak gitu. orang sistem pendidikannya aja kayak gitu.
pendidikan kalau digabung sama kekerasan itu gak akan jalan, gak akan guna.
semoga para oknum yg kayak gitu dikasih hidayah, diarahin ke jalan yang bener lagi. kl gak bisa, semoga cepet dibinasakan sama yang maha kuasa. amiiin...
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:07
Ijin share pengalaman gan.

Ane mhs di salah satu politeknik swasta di jawa tengah. Sebelum baca postingan agan, ane pikir ospek di tempat ane udah cukup nyiksa. Tapi ternyata masih ada yg jauh lebih memprihatinkan ospek di tempat ane.
Berangkat pagi pulang malam itu udah biasa, bawa barang aneh2 juga udah biasa, gemblengan fisik dan mental juga pasti (apalagi tempat ane jurusan teknik yg nantinya emang disiapkan biar matang saat di industri).

Bukannya ngebela ospek di tempat ane, tapi kalo memang ada positifnya nggak salah untuk di-share. Kalo ditelaah lagi, ternyata apapun yg ada dalam ospek ane ada manfaatnya. Misalnya suruh bawa alat ini itu, bikin atribut ini itu. Karena setelah resmi jadi mahasiswa disana, alat2 maupun atribut yg dibawa saat ospek itu digunakan dlm proses perkuliahan gan. Gemblengan mental dan fisik juga cukup wajar. Samasekali nggak ada kekerasan atau sentuhan fisik langsung seperti menendang, memukul, dsb. Cuma lari, jalan, duduk tegak, dsb.

Sebetulnya yg lebih ditekankan itu adalah biar mahasiswa nantinya tahan fisik maupun mentalnya, koordinasi dan kerjasama sama temen satu angkatan maupun kakak / adik tingkat, bukannya malah menciptakan rasa dendam kepada kakak tingkat yg dulu mengospeknya, dengan jalan tahun depan dia gantian ikut meng-ospek dan menyiksa adik tingkat. Jujur ane nggak ngerasa dendam ke kakak tingkat ane, bukan karena ospeknya lunak gan, bisa dibilang keras, tapi kalo banyak terlihat manfaat baik dari ospek tsb, kenapa harus dendam?

Sekian share ane. Sorry for long post.
emoticon-I Love Indonesia (S)
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:08
ini sih bukan ospek,ini tindak kekerasan sama pelecehan,
jalur hukum yang harus di tempuh,
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:09
yang kaya gini mau dijadiin pemimpin masa depan??
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:09
Speechless...

hanya bisa mendoakan semoga almarhum diterima disisiNya dan mendapatkan tempat terbaik di sisiNya.

untuk senior yang menyiksa semoga mendapatkan balasan yang setimpal, entah dirinya sendiri, saudaranya, bapak ibunya, atau mungkin anaknya, istrinya kelak akan mendapat perlakuan yang sama bahkan lebih mengerikan lagi.

0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:09
Quote:Original Posted By 02bayu
perspektif orang berbeda2 tentang ospek + makrab ini ..

Oke emang kita ingin jadi orang yang intelektual .. Heloo bung, ini indonesia. Kalau kita hanya punya OTAK doang tapi MENTAL ga punya untuk menahan pengaruh negatif yang datang ke kita " PERCUMA ! ". Buka mata kalian semua, yang di lihat esensi (pesan) yang di sampaikan, bukan negthink disetiap perilakunya

Kedepankan positif thinking, jangan di tanam terus negatif thinking kalian.


0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:09
Quote:Original Posted By Chevenk
Budaya penindasan dan kekerasan fisik seperti ini hanya dilakukan oleh orang2 bodoh dengan aling-aling pembelajaran mental. Kita mau jadi intelektual bukan jadi petarung tinju yang harus dipukul dulu biar bisa belajar.

Manusia bodoh macam apalagi yang melakukan tindakan seperti itu. Ingat, mereka yang semua yang terlibat, baik itu cuma ikut-ikutan doang. Sudah menjadi pembunuh. dan label itu tidak akan bisa luntur sampai kapanpun.


MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK

Setuju gan... Ospek itu seharusnya memperkenalkan kegiatan2 dan fasilitas2 yg disediakan oleh fakultas/universitasnya, bukannya dijajah jadi budak.... Jujur ane ga pernah ikut ospek di kampus ane karena acaranya kek gini. Besoknya, ane diomelin sama senior2 gitu... Dibilang ga solid lah atau apalah. Ehhh, tiga taun kemudian, sekarang gw duduk di semester 5, ngeliat tuh senior2 pada belum kelar2 kuliahnya malah ada yg ngulang mk sekelas sama ane. XDD

Anyway, coba bandingin ospek luar sama ospek dimari ^-^
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:10
wah wah wah,,,
terjadi lagi neh,,,
perlu di sikat neh senior kayak gini,,, ckckck
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:10
Quote:Original Posted By orsbi
waduh. miris. ane kuliah di Brawijaya, ngekos di daerah samping ITN. kalo ngampus pasti lewat depan ITN. jadi pengen nempeleng satu2 panitia ospek emoticon-Cape d... (S)


ane tunggu foto tersangkanya gan emoticon-Big Grin
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:11
Kalo gak ada hukup pidana untuk mereka yang menyiksa korban , kasih hukum ada aja gan emoticon-Big Grin
biar nyawa di bayar nyawa

kan impas tuh emoticon-Ngakak
0 0
0
MABA ITN 2013 TEWAS KARENA OSPEK
29-11-2013 15:11
SENIOR SAMPAH! MENTAL SAMPAH! NYALI SAMPAH! MAEN KROYOKAN!
BUAT MABA2 YANG KETEMU SENIOR MACAM GINI.. JANGAR RAGU HAJAR AJA CONGORNYA!! GA SEMPET PAS OSPEK PAS SELESAI OSPEK JUGA BISA!
MEREKA TU KOAR2 KAYA ANJING KARENA RAME DAN PUNYA TITTLE SENIOR! DASAR MENTAL BENCONG!
MAKAN TUH PENDIDIKAN MENTAL! MAKAN TUH KEAKRABAN!
ALIBI BULLSHIT! emoticon-Marah emoticon-Marah emoticon-Marah

0 0
0
Halaman 35 dari 275
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.