alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.03 stars - based on 38 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5a18b0f36208814f4a8b4567/muawiyahbapak-peradaban-yang-idealis
25-11-2017 06:53
Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis
Past Hot Thread
Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis


emoticon-Hai emoticon-Hai Assalamu'alaikumemoticon-Hai emoticon-Hai

Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis



Alhamdulillaahi robbil ‘alamiin, assholaatu wassalaamu’alaa Sayyidina Muhammadin, wa’ala alihi wa’ashohbihi ajma’in.Beberapa bulan yang lalu,ane dah pernah membahas tentang beberapa artikel biografi tokoh Islam.Tepatnya,ada 2 artikel yang sudah ane share di kaskus ini yaitu Saladin,si Singa padang pasir berhati kapas dan Sri Indrawarman,raja Sriwijaya yang ternyata seorang Muslim.Dan kali ini,ane akan share artikel tentang biografi Muawiyah,Bapak peradaban yang idealis.Kalo kita coba melihat beberapa artikel tokoh satu ini di pencarian gugel.Kita akan mendapati,sangat banyak sekali pertentangan dan perdebatan menjurus pada propaganda yang mengambil dari sudut subjectif tentang kehidupan tokoh satu ini.Maka dari itulah,dalam artikel ini,ane akan menjelaskan biografi tokoh satu ini dari sudut pandang objektif.moga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang sejarah Islam.Dan menjelaskan apa yang sedikit samar dari seonggok sejarah.


Quote:

Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis

Muawiyah bin Abu Sufyan adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad.Dan dia merupakan salah satu pencatat wahyu,pada saat masa Nabi Muhammad hidup.Dia masuk Islam,ketika peristiwa Umrah Qadha pada tahun 7 H.Namun,dia tetap tinggal di Mekkah dan memilih menyembunyikan keIslamannya dari orang mekkah.Karena,kebanyakan orang Mekkah pada saat itu,termasuk orang tuanya sendiri Hindun binti Utbah dan Abu Sufyan masih kafir dan tak mengakui kerasulan Nabi Muhammad.Muawiyah di angkat menjadi pencatat wahyu oleh Nabi Muhammad,karena Malaikat Jibril menyarankan itu pada Nabi Muhammad.Karena,Malaikat Jibril menilai Muawiyah adalah seseorang yang jujur.Banyak sekali,hadist hadist Nabi yang menyiratkan pujian Nabi padanya.


Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis
Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis

Setelah meninggalnya rosulullah Muhammad.Di masa Kekhalifahan Abu bakar Ash-shiddik,banyak sekali gerakan-gerakan pemberontakan kemurtadan dan munafiqun.Dan muawiyah menjadi salah satu pasukan muslim yang memberantas pemberontakan itu,salah satunya adalah ikut serta dalam perang yamamah,dimana Muslim harus berhadapan dengan gerakan Musailamah si nabi palsu.Selain itu dia juga,ikut serta dalam pasukan Muslim dalam perang Hunain.Karena kinerjanya,dia di tunjuk sebagai salah satu komandan pasukan dalam misi pembebasan Negri Syam oleh Muslim atas perintah khalifah Abu bakar As-Shiddik.Pada zaman kekuasan Khalifah Utsman bin Affan.Terjadi pemberontakan oleh ratusan pemberontak yang mengepung rumahnya.Walaupun,Ustman saat itu di lindungi oleh anak-anak sahabat Nabi,seperti Hasan dan Husein anaknya Ali, anak anak Zubair, Thalhah dan sahabat lainnya.Namun mereka jelas sekali,kalah jumlah dari para pemberontak itu.Dan akhirnya,Ustman bin Affan harus terbunuh di kamar tidurnya sendiri di saksikan oleh Istrinya.Para pemberontak itu,nekat menaiki jendela belakang rumah Ustman bin Affan sehingga tak di sadari oleh beberapa anak sahabat Nabi.Dan,mengetahui itu Ali bin Abi Tholib sangat marah kepada anak anak nya yang tak becus menjaga dengan baik Khalifah Ustman.Setelah peristiwa itu,maka diadakanlah rapat darurat membahas pemilihan Khalifah pengganti.Dan disepakatilah,Ali bin Abi Tholib menjadi Khalifah selanjutnya.

Dan untuk mengstabilkan keadaan,ia memindahkan ibukota Kekhalifahan dari Madinah ke Damaskus.Di yordania,Kabar duka ini segera saja sampai ke telinga Muawiyah yang pada saat itu telah di angkat sebagai gubernur Syam yang meliputi Palestina hingga ke Suriah,Menyikapi kabar ini,Muawiyah sebagai salah satu saudara yang masih ada hubungan darah dengan Ustman bin Affan,segera saja menuntut Khalifah pengganti yaitu Ali bin Abi Tholib untuk segera mencari dan mengqishas para pembunuh Khalifah Ustman,karena jika qishash ditunda tunda.Maka para pembunuh itu akan sulit di cari.Namun,Ali bin Abi Tholib berpendapat untuk mengkondusifkan keadaan terlebih dahulu,lalu setelah kondisi negara sudah kondusif maka barulah diadakan,qishash pada para pembunuh.Perbedaan qiyas/pendapat ini,memicu perdebatan pendapat.dan puncaknya adalah ketika,Muawiyah berinisiatif melakukan Demo dengan membawa ratusan pendukunnya,bertujuan untuk bernegosiasi dengan Ali bin Abi Tholib di Damaskus dan mencari pembunuh Ustman.Namun karena ulah para Khawarij yang menyerang para pendukung Muawiyah ini.Dan karena,mereka mengira dan merasa telah di serang oleh pasukan Ali bin Abi Tholib.Maka,dengan serta merta mereka pun menyerang balik dan terjadilah perang jamal dan Shiffin.

Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis
Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis
Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis

Dan,peperangan itu berakhir setelah terbunuhnya Ammar bin Yasir.Terbunuhnya Ammar bin Yasir yang merupakan sahabat Nabi oleh Abu al-Ghadiyah Al-Juhani yang merupakan bukan sahabat Nabi. ini sangatlah berpengaruh pada akhir dari perang ini.Karena ini sesuai dengan Hadist rosul tentang Ammar bin Yasir.Karena itulah,salah satu pasukan Muawiyah langsung berinisiatif untuk mengacungkan beberapa lembar AlQuran,dengan maksud untuk menghentikan pertikaian dan mengembalikan semuanya pada hukum AlQuran .Dan perundingan disepakati oleh kedua belah pihak yang di diwakili oleh Amr bin Ash yang mewakili Muawiyah dan Abu Musa al-Asy'ari yang mewakili Ali bin Abi Tholib.2 Tahun setelah berakhirnya perang antara Muaiyah dan Ali bin Abi Tholib,Khalifah Ali bin Abi Tholib kembali di terpa cobaan yang sangat berat,kini beberapa pendukungnya sendiri memberontak dan melepaskan dukungan mereka pada pemerintahan Ali.Mereka sering di sebut sebagai Khawarij,dan ideologi mereka mengatakan bahwa perang saudara ini diakibatkan oleh Muawiyah dan Ali.Sehingga mereka berdua mestilah di bunuh.Akibatnya,pertempuran Nahrawan tak bisa di hindarkan,dan berakhir dengan kemenangan pasukan Ali.Setelah 4 tahun berkuasa,Ali bin Abi Tholib ditemukan Masjid Agung Kufah,dengan keadaan terluka di bagian kepala karena di hantam oleh pedang beracun milik Abdurrahman bin Muljam. Abdurrahman bin Muljam sendiri adalah seorang Khawarij sekaligus penghafal AlQuran,tetapi ia sendiri tak mengamalkan apa yang terkandung dalam AlQuran itu sendiri,dan akibatnya dia menjadi sesat oleh pemikiran menyimpang.

Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis


Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis

Kabar duka ini,sekali lagi membuat Muawiyah bersedih dan berduka.Walaupun dia pernah berseteru dengan Ali.Tapi,dalam lubuk hatinya dia tetap menaruh hormat Ali yang merupakan salah satu ahlul bait rosul Muhammad SAW.Sebagai penggati Ali,ditunjuklah Hasan bin Ali,anaknya Ali bin Abi Tholib,namun ia akhirnya menyerahkan jabatan itu pada Muawiyah bin Abu Sufyan.Demi meredam pemberontakan.Dan mempersatukan Islam kembali.




emoticon-MatabeloAwal Mulaemoticon-Matabelo

Quote:


Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis

Pada masa kekuasaan Khalifah Umar bin Khattab, Muawiyah banyak mendapatkan peran sebagai pembebas kota kota penting,seperti pembebasan Qaisariyah (Caesarea),Pesisir Syam,dan yordainia dari cengkraman romawi.Karena itulah,dia akhirnya di angkat menjadi Gubernur yordania,sebagai pengakuan atas keberhasilah misi nya.Lalu,dia ditunjuk menjadi penguasa tunggal pada Damaskus, Ba'labak, dan Balqa karena penguasa sebelumnya Yazid bin Abu Sufyan yang merupakan,saudara kandungnya meninggal karena wabah Pes .Untuk mengisi kekosongan Setelah Islam,berhasil membebaskan banyak sekali daerah daerah jajahan romawi dan persia ,lalu dengan diangkatnya ia menjadi gubernur ketiga distrik itu,dia menemukan banyak sekali buku buku tua yang sudah lapuk termakan usia di perpustakaan peninggalan yunani.Bermacam macam buku buku ilmiah seperti ilmu astronomi,kimia dan filsafat karangan Plato, Sokrates , Galen, Aristoteles ,Euclid, dsb teronggok rapuh tanpa tersentuh sama sekali.Seperti diketahui,yordania dan Syiria dalam sejarah pernah menjadi bagian dari kekaisaran-kekaisaran besar seperti yunani,Persia,dan romawi.Tapi,yang mengherankan adalah,buku buku itu tak pernah tersentuh sedikitpun oleh penduduk yoradia tersebut.Melihat kenyataan yang menyedihkan itu,Muawiyah terinspirasi untuk menggalakkan pembelajaran dan penerjemahan manuscrip dan buku buku tua itu,Karena ia teringat pada Hadist Nabi dan dallil AlQuran yang mengatakan,wajib menggunakan akal,logika dan OTAK,serta kewajiban menuntut ilmu

Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis
Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis
Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis
Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis
Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis
Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis

Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis
Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis

Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis

Jadi,dallil inilah yang sebenarnya menjadi awal mula,mengapa orang-orang Arab bisa sangat melesat maju,dari sebuah pemukiman kampung terpencil tak berperadaban sama sekali.Dalam waktu singkat dapat menjadi negara adidaya dalam bidang ilmu dan peradaban dunia.Mengalahkan peradaban China,romawi,dan bahkan Persia,padahal di daerah daerah itu sangatlah mendukung untuk menjadikan mereka sebagai negara berperadaban Ilmu,dengan ada nya buku buku dan perpustakaan.Tetapi,buku buku itu hanyalah tersimpan saja dan tak di pelajari sama sekali.Dan oleh Islam,dimulailah pengumpulan buku buku dan manuscript tua dari semua negara yang baru saja atau telah menjadi daerah kekuasaan Islam.Buku buku itu dikumpulkan,namun belum di terjemahkan secara besar besaran.Karena,fokus Kekhalifahan pada masa itu adalah,persatuan ummat dan pembebasan daerah daerah sekitar yang menjadi cengkraman Persia dan romawi.

Berhasilnya pasukan Islam mengimbangi dan bahkan membebaskan jajahan jajahan romawi dan Persia.Sangat mengejutkan dan menjadi ancaman tersendiri bagi 2 kekuatan adidaya di masanya itu.Kekhalifahan Islam,menjelma menjadi kekuatan baru yang mengimbangi 2 kekuatan besar dunia tersebut.Islam,seakan menjadi penengah antara perseteruan 2 kekuatan yang sudah saling berbentrokan selama berabad abad lamanya.Karena itulah,respon cepat dari 2 negara besar itu sungguh tak dapat di hindarkan.romawi dan Persia terus saja,mencoba menyerang daerah perbatasan kekuasaan Islam.Dan berusaha merebut kembali daerah kekuasaan mereka yang telah di bebaskan Kekhalifahan Islam.Untuk mencegah hal itu,Muawiyah berinisiatif dan memberikan saran pada Khalifah untuk membagai pasukan yang menjaga perbatasan dengan Persia dan romawi.Dengan dibagi 2 shif pasukan musim dingin dan panas.Lalu,dia juga berusaha menutupi celah celah di daerah perbatasan agar tak mudah di serang.Dan dia sendiri pun,ikut terlibat dalam pasukan Musim panas sebagai komandan pemimpin pasukan.

Pada zaman Khalifah Utsman bin Affan,karena kekuasaan Islam semakin luas hingga sampai ke lepas pantai.Muawiyah dengan inisiatifnya menyarankan Khalifah untuk membentuk angkatan laut. Dan langsung di gunakan pada saat menaklukkan Cyprus yang pada saat itu menghianati perjanjian dengan Islam.
Dan pada zaman Khalifah Ustman ini juga,daerah kekuasaannya sebagai gubernur ditingkatkan meliputi Palestina, Yordania, Lebanon, dan Syria.Karena pemimpin dari ketiga dari empat wilayah itu ada yang mengundurkan karena sakit sakitan dan ada juga yang meninggal dunia.
Kemudian,setelah menginggalnya Ali bin Abi Tholib, ia diangkat menjadi Khalifah pengganti Hasan.Dan pada pemerintahan inilah,Islam mulai kembali bersatu.Akibatnya,Islam kembali mengelorakan misi pembebasan ke Timur dan Barat,dan dengan semakin banyak daerah kekuasaan yang di kuasai Islam.Makin banyak juga buku buku usang yang di temukan.Dan,akhirnya Muawiyah dengan memanfaatkan tekhnologi penulisan di atas kertas,menyewa penerjemah-penerjemah dari yunani dan romawi untuk menerjemahkan buku buku itu ke dalam bahasa Arab.Sehingga,banyak sekali buku buku terjemahan dari para ilmuan asing tersimpan dalam istana Kekhalifahan.Dan yang tertarik pertama kali untuk mempelajari buku buku tersebut adalah cucu dari Muawiyah sendiri Khalid bin yazid,yang pada akhirnya di masa depannya akan menjadi ilmuan Islam pertama yang menemukan potassium nitrat (KNO3)/Mesiu.

Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis

Setelah 19 tahun berkuasa,akhirnya Muawiyah menunjuk anaknya sendiri menjadi Khalifah selanjutnya.Dia beralasan,karena dia tak mau lagi ada perbedaan pendapat seperti apa yang terjadi pada perang saudara Islam di masa lalu.Itulah sifat Muawyah yang sangat idealis.Walaupun,keputusan ini banyak di tentang oleh rakyatnya.Setelah mangkatnya ia,Kemajuan peradaban Islam semakin maju.Penaklukan secara penuh pada Persia oleh Khalfah-Khalifah selanjutnya dari dinasti Ummayah,membuka jalan pada penerjemahan besar-besaran di zaman Bani Abbassiah.Dan menjadi awal mula dari peradaban maju di Andalusia dan Baghdad.serta masa renaissance dan kemajuan Barat dan Eropa.Ini menjelaskan secara rinci,kenapa di zaman pra Islam,tak ada satu pun ilmuan dari Persia.Dan setelah,Persia di taklukan oleh Islam.Mulailah banyak sekali bermunculan ilmuan-ilmuan dari Persia.



Pesan Ts

Quote:

Sudah seharusnya kita bersyukur dan berterima kasih pada Islam.Karena Islam lah,kita bisa menikmati peradaban modern penuh ilmu pengetahuan,kebebasan berpedapat,toleransi dan ideologi pemikiran.Dan karena Ilmuan Islam yang Ikhlas karena Allah,berbagi ilmu dan pengetahuan itulah,kita dapat mengenal ilmu pengetahuan yang tak pernah tersentuh oleh siapapun.Tanpa Islam,tak akan ada renaissance,tak akan ada peradaban Eropa dan Barat.Karena Eropa dan negara Barat serta Persia bisa maju karena pernah dikuasain Islam dan Jepang bisa membuat robot humanoid pun,karena Islam.Dan marilah kita tetap menggunakan OTAK buat memproses Ilmu pengetahuan apapun.Karena Islam adalah agama Logika.
Karena itulah,loe loe semua jangan lupa buat batain ane emoticon-Blue Guy Bata (L),rate trit aneemoticon-Rate 5 Star dan








emoticon-cystg Sumuremoticon-cystg

Quote:https://www.zenius.net/blog/6100/sej...mu-pengetahuan
https://id.wikipedia.org/wiki/Muawiy...bin_Abu_Sufyan
https://nuqtoh.com/4-ayat-alquran-te...menuntut-ilmu/
https://m.kaskus.co.id/thread/59c366...-tanah-eropa/1
http://www.guatv.com/2013/12/ayat-ay...yeru-kita.html
http://asysyariah.com/benarkah-hadit...in-abi-sufyan/
http://ftp.unpad.ac.id/koran/republi...-08-18_020.pdf
http://www.republika.co.id/berita/en...a-kekhalifahan


emoticon-UltahDapatkan update trit trit barokah terbaru,dari ane emoticon-UltahMuawiyah;Bapak peradaban yang idealis



KUMPULAN TRIT BAROKAH LAINNYA
emoticon-Maaf Agan MAMPIR KE MARKAS EGAGemoticon-Maaf Agan
Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis


emoticon-Request klik gambar,untuk mengunjungiemoticon-Request



Follow Kami

Quote:

Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis
Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis]
Muawiyah;Bapak peradaban yang idealis



Diubah oleh egag
0
Kutip
Balas
Urutan
Terlama
Halaman 1 dari 15
25-11-2017 06:53
Komeng barokah

Quote:Original Posted By ahmadsolo
FAK yu all yang ngatain ini trit wahabi atau apalah, Fak yu lah! Trit ini sangat bagus dan enak buat dibaca. Aku bukan nasbung sama nastak yang sama2 idiot. Cuma aku heran kenapa ada saja 1d10t2 yang suka ngatain2 kafir kepada orang yang tak radikal sama agama sama ngata2in wahabi kepada orang yang selalu taat kepada agama. Fak yu all buat orang dungu yang suka ngata2in wahabi dan kafir, makin buat indonesia gk beres kayak kalian semua. BTW ini trit bagus, aku baca2 dulu. Buat TS aku kasih cendol.


Quote:Original Posted By ogiwankenobi
wa'alaikumsalam wr wb.. dari tahun 2007 ane udah tau sejarah ini dari guru ane...
ini thread manfaat... mantappp dan terimakasih..
ane bisa muroja sedikit sejarah tentang muawiyah kembali gan emoticon-Cendol Gan


Quote:Original Posted By nagakuning31


yang membunuh hasan itu bukan yazid brehh tp anak buahnya si yazid yang terlanat brehhh.... sampe akhirnya si yazid murka sama yang membunuh hasan brehhh... dan akhirnya keluarga hasan dimulyakan sama keluarga yazid brehh ... diberi banyak harta dan dibuat masa berkabung selama 3 hari... jadi ane tegaskan bukan yazid yang membunuh sayidan hasan brehh tp anak buahnya yazid ... namanya ane lupa.. karna dia terpengaruh sama anak buahnya juga akhirnya mereka berdua di hukum bunuh sama si yazid brehhh... karna berlebihan dalam bertindak dan bersikap... padahal al hasan sudah mengibarkan bendera putih... dan mau bertahkim...


Quote:Original Posted By dragonregure
Thread yang sangat bermanfaat.
Betul gan, zaman sekarang orang 'islam' gatau sejarahnya sendiri, zaman sekarang adalah zaman Ghouzul Fiqri atau perang pemikiran, sejarah2 seperti ini pelan2 dihilangkan oleh musuh2 islam.

Ane ngerasain juga gan, ane secara suka belajar dengan As-Salaf atau As-Sunnah, mereka mengkaji islam dengan sangat murni dan tradisional yaitu murni Al-Qur'an dan Hadist, ane suka ngajak temen2 ane. Tau apa respon mereka? Mereka nge cap As-Salaf itu Wahabi, yang bener aja? Orang yang belajar langsung dari sumber asli disebut Wahabi? Terus yang bener apa? Belajar dari media yang ga jelas asalnya?

Sedih sama kaum2 muslimin yang sudah terkena Ghouzol Fiqri. Perlahan-lahan Aqidah mereka digeser.

Saran saya pada seluruh Ummat Muslim, kalau seluruh ummat peduli; gausah peduliin orang lain dulu, peduli diri sendiri aja dulu. Peduli disini dalam artian, memperbaiki diri dulu, belajar agama dari SUMBER YANG JELAS. Kalau ada Ustadz A bilang ginigitu, jangan langsung cerna kalau beliau tidak menyertakan dengan hadist yang SHAHIH. Dan kalaupun Ustadz tersebut menyertakannya, alangkah baiknya kita memeriksa lagi ke SHAHIHAN nya. Apalagi Ustadz yang hanya menggunakan 'Opini', menggunakan 'Dongeng'.

Ingat Islam Itu Rahmatan Lil Alamiin.

Quote:Original Posted By unuk.unuk.mulih
saya melihat Muawiyah dan Ali bin Abi Thalib ra tak pernah berseteru, adapun kekisruhan yg terjadi pada masa itu banyaknya fitnah oleh kaum munafik dll. trimakasih

Quote:Original Posted By ahmadsolo
BTW aku pernah baca sejarah mengenai Muawiyah, tapi aku kadang lupa. Trit yang bagus. Ayolah bagi kalian semua yang anti terhadap Islam, bacalah sedikit2 walaupun bacaan ini agak kompleks biar nambah pengetahuan.

Diubah oleh egag
0
Kutip
Balas
25-11-2017 06:54
jejak
0
Kutip
Balas
25-11-2017 06:55
Ga kenal
0
Kutip
Balas
25-11-2017 06:55
Ane kira orang Tiongkok yang nemuin mesiu, gan. Ternyata orang Arab ya.
Diubah oleh deroxinos
0
Kutip
Balas
25-11-2017 06:59
cinca aca ulu kak
0
Kutip
Balas
25-11-2017 07:04
Trit berat nih emoticon-Matabelo
Diubah oleh hanshard
0
Kutip
Balas
25-11-2017 07:32
emoticon-Traveller emoticon-Traveller emoticon-Traveller
0
Kutip
Balas
25-11-2017 07:32
jejak
0
Kutip
Balas
25-11-2017 07:35
sarkas ye bray?emoticon-Leh Uga
0
Kutip
Balas
25-11-2017 07:36
Wah saya terpukauemoticon-Matabelo
0
Kutip
Balas
25-11-2017 07:37
Quote:Original Posted By nasbungdiehard
jejak


Quote:Original Posted By tukang.semprot
sarkas ye bray?emoticon-Leh Uga




jiahhhh...dateng pelawak dah emoticon-Cape d...
0
Kutip
Balas
25-11-2017 07:37
Quote:Original Posted By kamujahat21
Wah saya terpukauemoticon-Matabelo

emoticon-Ultah emoticon-Leh Uga
0
Kutip
Balas
25-11-2017 08:14
bentar ane telaah dulu secara budi dan pekerti
0
Kutip
Balas
25-11-2017 08:22
trit Islam dari ega, bagus dan sangat bermanfaat

Keep ngetrit ya ega!

emoticon-Keep Posting Gan
0
Kutip
Balas
25-11-2017 08:33
thread berat nih , ane rate aja dah emoticon-Ngacir
0
Kutip
Balas
25-11-2017 08:37
berat mas bacanya tapi save page
0
Kutip
Balas
25-11-2017 08:38
berat nih
0
Kutip
Balas
25-11-2017 08:40
Kdu masuk ke pelajaran sejarah ni bang
0
Kutip
Balas
25-11-2017 08:45

bantu emoticon-Sundul Up aja gan
emoticon-Traveller



감사합니다
阿帝哥
0
Kutip
Balas
25-11-2017 08:56
nunggu...para khawarij, syiah, sama fans boy israel nongol....hehehehe....
0
Kutip
Balas
Halaman 1 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community