alexa-tracking
Kembali ke Versi Lama
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
2.48 stars - based on 31 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/59d0fe0c582b2ec9418b4567/memahami-lebih-dalamideologi-pancasila-sebagai-dasar-negara
01-10-2017 21:39
memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara
Past Hot Thread
memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara



emoticon-Hai emoticon-Hai Assalamu'alaikumemoticon-Hai emoticon-Hai
memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara


Pas bener,Masih di suasana memperingati hari kesaktian Pancasila ini.Ane ingin mencoba untuk mengajak Warga kaskus,nastak,Nasbung dan hadirin yang tak bisa ane sebutkan satu persatu.Untuk membaca isi trit ane ini dengan hati terbuka,dan logika sehat.Jangan menggunakan ego atopun kepentingan kelompok.
Setelah sebelumnya ane dah buat trit tentang PKI bisa bangkit lagi?ini alasannya.Nah sekarang ane mau ngajak agan agan sekalian untuk,menggelorakan ideologi Pancasila yang sebenar-benar nya.Dan memahami lebih mendalam,apa sih isi kandungan Pancasila yang sebenarnya itu?Untuk itulah ane ingin coba menjelaskan,dan mengajak untuk memahami lebih dalam tentang point demi point Pancasila.


Sejarah Ideologi Pancasila
Quote:

memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara


Muhammad Yamin adalah pencentus pertama ideologi bangsa Indonesia dalam sidang BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945.Muhammad Yamin menyampaikan ideologi dasar negara ini secara tertulis dan dianjutkan dengan pidato di hadapan anggota BPUPKI.Antara Rumusan pada saat berpidato dan rumusan dalam tulisan,sangat berbeda satu sama lain.

Berikut ini rumusan secara lisan.
memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara



Dan ini adalah rumusan secara tulisan



memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara


Secara sekilas,rumusan dasar negara yang di rancang Muhammad Yamin,dalam Tulisan hampir sama dengan rumusan Pancasila saat ini.Dan benar,menurut saya,Muhammad Yamin adalah pencetus ideologi bangsa Indonesia yang sebenarnya.
Lalu pada 1 Juni 1945,Ir.Soekarno berpidato mengemukan pemikiran dasar negaranya pada BPUPKI.Dan dia beri nama ideologi itu sebagai ideologi pancasia.Berikut adalah pemikiran Ir.Soekarno.

memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara
Dia pun juga sempat menjelaskan,mengapa ideologi Pancasia itu berjumlah lima,karena rukun islam ada lima,dan jari jari tangan kita ada lima,serta mahabrata dan pendawa ada lima.Sehungga Pancasila pun harus lima.Begitulah,terang Soekarno dalam penutupan pidatonya

Pada Tanggal 9 Juni 1945,BPUPKI membentuk tim 9,yang beranggotakan Muhammad Hatta,Soekarno,AA Maramis,Abikusno Tjokrosoejoso,Abdulkahar Muzakir,Ahmad Soebardjo,Wahid Hasyim, Agus Salim,Muhammad Yamin.Panitia ini bertugas untuk menampung dan menyelaraskan semua usulan anggota BPUPKI tentang agama dan sekuleritas.Akhirnya masalah ini,di sepakati dalam Piagam Jakarta.Bentuknya seperti ini...
memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara
Namun ada pertentangan dari wakil BPUPKI yang berasal dari agama Non Muslim.Pertentangan ini berlanjut,dengan alasan alasan masing masing.Ki Bagus Hadikusumo menilai,kemerdekaan Indonesia bisa tercapai karena perjuangan ummat Islam,dan Islam adalah agama mayoritas.Sedangkan,Non Muslim merasa terzalimi,karena agama mereka tak di anggap dalam dasar negara.

memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara
Perdebatan panas ini,akhirnya di akhiri dengan dramatis.Pro ideologi Syariah akhirnya mengalah.dan merelakan Tujuh kalimat akhir di poin pertama dasar negara itu di hapuskan.Demi persatuan dan kemerdekaan,mereka rela.Tapi tetap saja,poin inti dari kalimat itu,yaitu “tuhan yang maha esa” tetap terjaga.
Inilah bentuk rumusan pancasila sekarang





Ketuhanan yang maha esa
Quote:

memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara

Kehadiran Pancasila sebagai dasar negara.yang juga berarti Pancasila adalah sumber dari segala sumber hukum dan ketetapan undang undang di Indonesia.Seperti tersebut dalam Ketetapan MPRS No.XX/MPRS/1966,Ketetapan MPR No.IX/MPR/1978.Dan dijelaskan juga dalam Ketetapan MPR No.III/MPR/2000 tentang sumber hukum dan tata urutan peraturan perundang-undangan.
Sampe sini aja dah jelas,sila ke satu dalam Pancasila berbunyI “ketuhanan yang maha esa”,dengan kata lain sumber hukum pertama dari Negara Indonesia adalah ketetapan Tuhan yang maha esa.Siapakah tuhan yang maha esa itu..?yap benar,Allah SWT.Dengan kata lain sumber hukum utama dan paling utama Negara Indonesia itu adalah Firman Allah,yaitu Al-Qur'an.Dengan kata lain,Indonesia dalam kenyataannya adalah Negara Islam.Itulah mungkin,yang diharapkan oleh pendiri bangsa yang pro Islam.Sehingga merelakan penghapusan tujuh kalimat dalam sila pertama Pancasila.Namun mereka sangat jeli,Karena penghapusan itu tak berpengaruh apa apa pada Intisari kalimat tersebut.yaitu,firmah Allah sebagai sumber hukum paling utama.
Namun dalam kenyataan,Indonesia sangat jauh dari pengamalan sila kesatu Pancasila.Seolah olah,sila kesatu itu hanyalah pajangan dan pembukaan semataemoticon-Cape deeehh.Dan harapan para pendiri bangsa yang pro Islam pun pupus,oleh ideologi sekuler berkedok Pancasila.Tak mengherankan bila,pada masa masa awal pemerintahan Ir.Sooekarno,banyak sekali pemberontakan dan protes pada pengamalan ideologi tersebut.Mulai dari DII/TI,pembentukan Negara Islam Indonesia dan lain lain.Entah apa yang difikirkan para pendiri bangsa ini.Tapi,bila kita tengok kembali rumusan Ir.Soekarno tentang Pancasila.Tak mengherankan,karena asas ketuhanan di taruh pada point terakhir.Apalagi dia dikenal sebagai pengagum berat Bapak sekuler Turki,Mustofa Kemal.Selain itu,dia juga sangat mengagumi pahlawan pahlawan dari agama Hindu Budha.Terlihat juga,Dari penamaan Ideologi bangsa Indonesia.yaitu Pancasila.yang berasal dari bahasa sansekerta.Ir.Soekarno mungkin tak akan bisa memaksakan ideologi sekuler yang dia anut,dalam dasar negara Indonesia.Tapi,dengan di angkatnya dia sebagai Presiden Indonesia.Sehingga dia dapat memaksakan ideologi sekulernya itu dalam kebijakan dalam pemerintahan secara terselubung.Walopun,banyak sekali pertentangan.Tapi,pada kenyataannya,pada saat itu rakyak Indonesia sedang sangat mabuk kemerdekaan.Sehingga,bagi mereka yang penting merdeka.Walopun,ideologi negara tak sesuai dengan fakta dan pengamalan.

memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara

Dan,kenapa sih.Para pendiri Negara yang pro Islam dulu,sangat ingin sekali menjadikan Islam sebagai Ideologi negara...?Karena ketika,Kita sudah bisa menjadikan AlQuran sebagai asas dan sumber aturan dalam segala kehidupan.Insya Allah,kehidupan di Negara Indonesia ini akan lebih damai dan tertib.Sebagai,perbandingan tingkat pemerkosaan di Amerika Serikat adalah yang tertinggi di Dunia.Berbanding terbalik dengan tingkat kriminalitas di negara yang menggunakan hukum syariat dan AlQur'an sebagai sumber hukumnya.

memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara

Belum lagi,dalam masalah lainnya seperti perampokan,pembunuhan, perampokan bersenjata dan perdagangan narkoba dll.Karena,dalam hukum Islam,mereka yang melakukan itu otomatis akan terancam hukuman mati.Dan akibatnya,Orang-Orang akan berfikir berjuta juta kali untuk melakukan suatu kejahatan.Selain juga,karena faktor lain seperti keimanan dan pengawasan


Kasus Buya Hamka
Quote:



memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara


Dalam sidang konstituante 1957,Hamka menyatakan Pancasila tak sesuai dengan pengamaalannya dan di katakan sesat olehnya..Tentu saja mendengar pernyataan itu membuat terkejut hadirin di sidang paripurna tersebut.Akibatnya,Pada 27 Januari 1964 ia di Tangkap atas Tuduhan penghianat bangsa.15 hari Buya di introgasi oleh polisi.Dan dijebloskan ke penjara.Namun Akhirnya,dia di bebaskan,karena tak ada bukti sama sekali tuduhan penghianatan tersebut.


memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara


Dan,sampai hari ini pun.Mereka yang mempertanyakan dan menuntut Indonesia menjadi negara syariah dianggap sebagai pemberontak dan penghianat bangsa,gak nasionalis.Lalu langsung dengan lantang meneriakkan,Pancasila harga mati,Nkri harga mati.Padahal,mereka yang berteriak itulah yang tak tau,apa itu Pancasila?apa isi kandungan Pancasila yang sebenarnya?mungkin,mereka itu tak paham isi dari kandungan Pancasila?atau bahkan,mereka sendiri gak hafal isi Pancasila?emoticon-Cape deeehh
Dan,dengan begitu mereka dah menjadi orang yang paling sok Nasionalis,sok pinter sendiri dan Paling benar
Untuk orang-orang seperti ini,ane cuma bisa ketawa aja dah emoticon-Ngakak.Pantesan aja,rakyat Indonesia pada mudah di kibulin pejabat dengan janji-janji manis,yang penting serangan Fajar lancarrrr....ya gak?emoticon-Ngakak





Pesan TS

Quote:
Mari kita selalu bersikap kritis dan selalu mendukung dan mensuport pengamalan nilai nilai Pancasila yang sebenar-benar nya.Katakanlah yang benar itu benar,dan yang salah katakanlah salah.Jangan mudah terprovokasi tanpa mengkonfirmasi.Menurut ane,negara Indonesia adalah negara penuh ketimpangan.Di satu sisi,negara ini adalah negara Islam dengan berideologikan Islam.Tapi dalam pengamalan tata kenegaraan,Indonesia sangat jauh dari cerminan Negara Islam.Sebagai individu,kiita juga haruslah tetap mengamalkan nilai-nilai Pancasila,dengan cara mengikuti semua aturan AlQuran dan hadist serta hukum Islam.sesuai dengan point ke satu pada Pancasila.


sekian, jangan lupa lemparin ane emoticon-Blue Guy Bata (L) Bata dan rate trit ane emoticon-Blue Guy Bata (L)




Sumur

Quote:https://www.hidayatullah.com/kajian/...-penguasa.html
http://www.republika.co.id/berita/se...umi-buya-hamka
https://id.wikipedia.org/wiki/Abdul_...Karim_Amrullah
https://id.wikipedia.org/wiki/Rumusa...usan_Pancasila
https://www.merdeka.com/peristiwa/in...-sekarang.html
http://internasional.republika.co.id...i-di-indonesia



KUMPULAN TRIT BAROKAH LAINNYA
emoticon-Maaf Agan MAMPIR KE MARKAS EGAGemoticon-Maaf Agan
memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara


emoticon-Request klik gambar,untuk mengunjungiemoticon-Request



Follow Kami

Quote:

memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara
memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara]
memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara





Diubah oleh egag
0
Kutip
Balas
Urutan
Terlama
Halaman 1 dari 15
01-10-2017 21:39
emoticon-2 JempolKomeng Barokahemoticon-2 Jempol

Quote:Original Posted By xbros99






Saya setuju dengan agan bahwa tujuan utama para pahlawan kemerdekaan ingin membentuk negara islam di indonesia.. Tapi dengan pertimbangan berbagai hal salah satunya keberagaman agama di indonesia membuat para pahlawan kemrdekaan harus rela sedikit mengalah seperti yg di jelaskan agan di atas.

Tapi pada intinya para pahlawan kemerdekaan yg pro Islam berharap suatu saat nanti masyarakat sedikit demi sedikit akan menuju ke arah ideologi islam. Walaupun kenyataannya di indonesia malah semakin kesini Ideologinya cenderung menuju ke liberalisme atau semacamnya yg jau dari Ideologi Islam.

Lebih mirisnya adalah agama selain Islam sebut saja kristen lebih mendominasi pertumbuhannya, menurut survai sekarang umat islam tinggal 80% di indonesia, sangat turun di era 90an yg berjumlah hampir 98%,, dengan kata lain jika hal ini terus berlanjut maka Indonesia pada tahun 2030 Islam dan kristen akan sebanding.. Semoga jangan sampai terjadi ya..

Pesan saya adalah mari perkokoh iman dan takwa kita kepada Allah dan tentunya saling mendoakan antar muslim dan juga mendoakan untuk bangsa ini agar segara menuju ideologi islam seperti yang di cita citakan pendiri bangsa ini.

Kalo ga keberatan, taruh di page one dong gan. Hehe

Quote:Original Posted By DSTArifin
Wow threat bagus gan, cuma sayang yang komen2 di bawahnya bener2 kebanyakan gak mutu (bosen lihat komen2 bodoh macam itu), lanjut gan post threat2 bermutu dan membuka mata perbendaharaan sejarah kita.


Quote:Original Posted By samsuadi83
Pancasila itu bukan sekedar narasi belaka dan NKRI harga mati...bla...bla...bla..., faktanya memahami Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara itu butuh pemahaman khusus dan mendalam pun juga akademis. Seperti di bukunya Yudi Latif "Negara Paripurna"


Quote:Original Posted By abubakarbadar
bangsa ini banyakan slogannya, indah indah pula

malah dulu ada gerakan disiplin nasional segala

belom lagi dulu ada penataran P4 biar pancasilanya melebur dalam jiwa, di lakukan selama seminggu seharian penuh

hasilnya ? NOL BESAR

korupsi jalan terus, KPK tiap saat melakukan OTT

padahal negara maju yg lain, hidupnya disiplin, gak pake pancasila, gak pake penataran p4, bahkan sebagian besar gak beragama


Quote:Original Posted By pnyx
betul betul negara kita udh jauh dari amalan Al Quran

soooooo

KHILAFAH obatnya
emoticon-Ngakak

emoticon-Ngacir2


Quote:Original Posted By dhittoarief
andai aja semua rakyat Indonesia menerapkan Pancasila (termasuk gw)
gw yakin hidup ini makin oke


Quote:Original Posted By egag


satu.Tuhan iang maha esa....ketetapan tuhan...? yang mana..?apa...?
dua.kemanusian yang adil dan beradab..?dah jelas
tiga.persatuan Indonesia...dah jelas....hukum itu harus mempersatukan
empat.kerakyatan yang dipimpin hikmat bijaksana...dah jelas...
lima.keadilan sosial bagi indonesia...dah jelas...


point dua sampe lima...itu berasal dari manusia tong...

point satu itu dari tuhan....


paham gk..?

kesimpulan ane....ketetapan Tuhan itu AlQuran...

selesai emoticon-Cape deeehh


Quote:Original Posted By semardab
pancasila sih udah pas ya, bener yg ente bilang gan. banyak orang yg teriak nkri harga mati itu sebenarnya mungkin malah ga tau sama sekali apa sih sebenarnya pancasila. coba kalau dia emang bener nerapin pancasila ga bakalan ada yg anarkis, ga beradab kan namanya emoticon-Cape d... (S)
kita mulai aja dari kita sendiri, semoga yg lain ikut ketularan emoticon-Blue Guy Peace
sadar lebih baik emoticon-shakehand


Quote:Original Posted By EVANZSKO


Kata Maha berasal dari bahasa Sansekerta atau Pali yang bisa berarti mulia atau besar( bukan dalam pengertian bentuk). Kata Maha bukan berarti sangat. Kata “esa” juga berasal dari bahasa Sansekerta atau Pali. Kata “esa” bukan berarti satu atau tunggal dalam jumlah. Kata “esa” berasal dari kata “etad” yang lebih mengacu pada pengertian keberadaan yang mutlak atau mengacu pada kata “ini” (this- Inggris). Sedangkan kata “satu” dalam pengertian jumlah dalam bahasa Sansekerta atau bahasa Pali adalah kata “eka”. Jika yang dimaksud dalam sila pertama adalah jumlah Tuhan yang satu, maka kata yang seharusnya digunakan adalah “eka” bukan kata “esa”.


Quote:Original Posted By egag


mutlak/mut·lak/ a 1 mengenai segenapnya (segalanya); seutuhnya: menyerah secara --; 2 tiada terbatas; penuh: ia diberi kuasa -- untuk menangani masalah itu; 3 tidak boleh tidak; harus ada: hal itu merupakan syarat --

emoticon-Cool


Quote:Original Posted By egag


siapa iang bilang mutlak itu satu....

mutlak itu dicakup oleh ahad gan...

dengan begitu,mencakup
spesifikasi
bentuk :tak ada
ukuran :tak ada
asal usul :tak ada
kemampuan :tak terbatas/mutlak/berkuasa penuh atas semua alam semesta
pencipta : tidak ada


bisa dipahami...?




Diubah oleh egag
0
Kutip
Balas
01-10-2017 21:47
Pancasila dari Alquran?? Bro tau sila pertama gak? Ada gk ngomongin musti pake Alquran atau Alkitab?? Ketuhanan itu global bro. Gak musti agama Islam ataupun Kristen. Semua agama termasuk. Jadinitu di sebut Ketuhana. Jangan terlalu goblok deh emoticon-Cape deeehh
0
Kutip
Balas
01-10-2017 22:03
Quote:Original Posted By wolfzmus
Pancasila dari Alquran?? Bro tau sila pertama gak? Ada gk ngomongin musti pake Alquran atau Alkitab?? Ketuhanan itu global bro. Gak musti agama Islam ataupun Kristen. Semua agama termasuk. Jadinitu di sebut Ketuhana. Jangan terlalu goblok deh emoticon-Cape deeehh


kan itu sebelum di ubah gan... emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh
0
Kutip
Balas
01-10-2017 22:04
Intinya 5 sila Pancasila beserta ideologinya dicetuskan bertujuan memayungi kita sebagai warga negara NKRI.

Salam persatuan!
0
Kutip
Balas
01-10-2017 22:07
Nggggg....

memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara
Diubah oleh kruingputih2
0
Kutip
Balas
01-10-2017 22:09
ntar lagi nastak dr kelompok palang goreng bakal mampir kemari...tiaraaaappppp
0
Kutip
Balas
01-10-2017 22:21
Quote:Original Posted By jenderalbebek
ntar lagi nastak dr kelompok palang goreng bakal mampir kemari...tiaraaaappppp


Ane mau goreng apa yak emoticon-Traveller
0
Kutip
Balas
01-10-2017 22:30
Quote:Original Posted By first.travel
Ane mau goreng apa yak emoticon-Traveller


Infoin bre kalau udah mulai goreng. emoticon-Traveller
0
Kutip
Balas
01-10-2017 22:31
Quote:Original Posted By kuekoya
Infoin bre kalau udah mulai goreng. emoticon-Traveller


Lagi gak ada ide nih, emoticon-Traveller


Ada usulan? emoticon-Request
0
Kutip
Balas
01-10-2017 22:31
Coba kalo bneran ada nih jawaban Soal CAT di mari yak emoticon-Malu
0
Kutip
Balas
01-10-2017 22:37
Quote:Original Posted By first.travel
Lagi gak ada ide nih, emoticon-Traveller


Ada usulan? emoticon-Request


Ane juga bingung.
0
Kutip
Balas
01-10-2017 22:43
Paling enak mah teriak teriak kritik, paling susah mah jadi bagian dari solusi emoticon-Malu
0
Kutip
Balas
01-10-2017 22:49
emoticon-Hansip
kok Pancila gan emoticon-Betty
0
Kutip
Balas
01-10-2017 23:28
PANCASILA
0
Kutip
Balas
02-10-2017 05:26
Quote:Original Posted By betondj
emoticon-Hansip
kok Pancila gan emoticon-Betty


Typo brai emoticon-Cape deeehh
0
Kutip
Balas
02-10-2017 05:28
Quote:Original Posted By egag
Typo brai emoticon-Cape deeehh


emoticon-Shakehand2emoticon-2 Jempol
0
Kutip
Balas
02-10-2017 05:40
Quote:Original Posted By wolfzmus
Pancasila dari Alquran?? Bro tau sila pertama gak? Ada gk ngomongin musti pake Alquran atau Alkitab?? Ketuhanan itu global bro. Gak musti agama Islam ataupun Kristen. Semua agama termasuk. Jadinitu di sebut Ketuhana. Jangan terlalu goblok deh emoticon-Cape deeehh


Yg tuhannya satu..agama mana gan...?

0
Kutip
Balas
02-10-2017 07:17
Saya(paling)pancasila,tapi kiri wannabe emoticon-Betty

Pipel jaman now taunya hari kesaktian papa. emoticon-Recommended Seller

memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara
0
Kutip
Balas
02-10-2017 07:35
Quote:Original Posted By first.travel


Ane mau goreng apa yak emoticon-Traveller


Quote:Original Posted By kalangkang..
Saya(paling)pancasila,tapi kiri wannabe emoticon-Betty

Pipel jaman now taunya hari kesaktian papa. emoticon-Recommended Seller

memahami lebih dalam,ideologi Pancasila sebagai dasar negara


:sudahkuduga

emoticon-Leh Uga
:nyantai
0
Kutip
Balas
02-10-2017 08:23
Quote:Original Posted By egag
Yg tuhannya satu..agama mana gan...?


Gak di telaah lagi noe bocah emoticon-Cape d...
0
Kutip
Balas
Halaman 1 dari 15
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 Kaskus – The Largest Indonesian Community