- Beranda
- Kendaraan Roda 2
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
...
TS
admapower64
Penggunaan Oli Mobil (PCMO/HDEO) untuk Motor - Part 1
Selamat datang di Thread admapower64
Composed and Edited by Dee santi
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
tamba.olmo768 dan 15 lainnya memberi reputasi
14
987.2K
10K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 2
19.2KThread•12.6KAnggota
Tampilkan semua post
adoel488
#9004
Quote:
Quote:
Quote:
Setelah khatam 450++ page, akhirnya (sedikit) paham jg ttg perolian.
Trm kasih bnyak utk infony bwt sluruh penghuni thread, terutama utk 3 suhu diatas yg postingannya banyak ane bookmark
Btw post ane skrg agk panjang, mhon maaf ya kalo bacany bikin capek
Sesi Sharing
A. Motor yg dipake: Yahmama R25 Gen. 1 (tahun 2015)
B. Data modif: mesin standar, knalpot standar, modif hanya ganti beberapa part pake fiber spaya tampil beda saja
C. Perawatan: di lap begitu habis dipake (max. 3 hari skali di lap kalo sdang tdk dipake), perawatan DIY, sesekali ke BeRes.
D. Settingan motor:
-kekencangan rantai diperiksa 1 bulan sekali atau 2000 km (tergantung, mana yg dicapai terlebih dahulu)
-rantai dibersihkan dan dilumasi setiap 3x isi bensin (sekitar ~700-750km)
-jarak main gas diperiksa setiap 1 minggu sekali
-jarak main kopling diperiksa 1 minggu sekali
-tidak pernah pake additif tambahan oli
-carbon cleaner/PEA cuma pake sekali di odo 31114
-coolant pake YamaCoolant
-filter oli diganti tiap 10000 km atau tiap ganti merk oli (kecuali ketika ganti dri evalube pro racing ke fastron techno, mekanikny kelupaan )
-ganti busi tiap 15000 km sekali, kecuali yang kedua cma 2450, karena d odo 32450 upgrade k iridium (Denso IU 27 doang,bkan IU27A)
E. Riding style:
-rata2 speed 40-70km @5500-6000 RPM
-gas ditarik secara urut
-pemanasan mesin dalam hitungan detik, tdk lebih dri 15 detik atau jk emang udara dingin dan motor tdk dipake >4 hari, dipanaskan hingga sensor IACV berhenti nyala
-tdk pernah idle >7 detik (termasuk di lampu merah)
F. Pemakaian motor:
-s/d Juni 2015: Kota Bandung
-Juni 2015-Agustus 2016: Kota Tasikmalaya
-Agustus 2016-skrg: Daerah istimewa Yogyakarta
G. TIDAK ILMIAH:
-hanya bermaksud share pemakaian biasa aj
-ad part yang diganti ketika selama pemakaian oli, baik untuk maintenance rutin maupun untuk upgrade
-bbm yang dipake tdk tetap, kadang pake pertamax 92, pertamax plus 95 (s/d diskontinyu), atw pertamax turbo 98
-suhu udara tidak tetap, karena domisili pindah2 dan pengaruh cuaca dan musim juga
Oli yang pernah ane pake:
1. Yamalube supersport: pemakaian dari awal beli (pertengahan maret 2015) hingga odometer 27459 (mei 2018).
Positif nya:
-enak
-terbilang long drain jg (drain di 4322-5089 km, tergantung hasil drop tes oli)
-pemakaian >1500 km pun tidak ad ceklak-ceklok perpindahan gigi (tdk ceklak-ceklok/keras utk motor tanpa fitur assist/slipper clutch ya)
-peredaman panas lumayan baik, tdk terasa panas ke kaki kanan, ataupun kiri (standar riding ane: PASTI pake sepatu, PASTI pake celana panjang)
-Penyusutan cukup baik: cma nyusut antara 140-280 ml)
-engine brake lumayan terasa
Negatifnya:
-Kipas radiator cepet bgt nyalanya
-cenderung panas (dipake di jalan macet, bisa sampai 5 bar)
-jika sudah panas, suara mesin lebih terdengar
-cenderung "mati rasa" (mksudny: jk ganti k bbm dgn oktan >92, tdk terasa ad perbedaan)
-cenderung susah dinyalakan (tombol starter mesti ditahan hingga nyala)
2. Evalube Pro Racing 4t. Pemakaian dari odo 27459-32114 (dapet gratisssan )
Positifnya:
-tarikan lebih responsif daripada yamalube supersport
-kipas jarang nyala
-feel nya licin, ringan, khas oli sintetis gol. IV-V (PAO-Ester)
-dibawa macet tdk panas (mentok di 4 bar)
-panas mesin tdk terasa sampai kaki
-penguapan sangat minim (90 ml pada waktu didrain)
-performa konsisten hingga masa drain
-detergennya kuat (diganti setelah dipake hanya 4655 km, karena hasil droptes oli ny sdah waktunya ganti menurut penilaian ane..padahal daya tahan oli up to 300 engine hours)
-mesin sangat mudah dinyalakan (tombol starter cukup ditekan sbentar saja, tdk prlu ditahan)
Negatifnya:
-(kalo beli sendiri) harganya lumayan @250k/lt (HET menurut pihak evalube ketika pengenalan oli tsb)
-suara mesin lbh terdengar (menurut ane sbnernya ini resiko pake oli lbh encer SAE 10w-30 vs rekomendasi yamaha 10w-40 tpi disebut "negatif" gara2 rata2 biker tdk suka dgn suara mesin lbh terdengar )
-susah didapet
-engine brake sedikit lbh nge-loss dripada yamalube Supersport
3. Pertamina Fastron Techno (PFT Ijo API SN): Pemakaian dari odo 32114-35260
Positif nya:
-suara mesin lebih senyap dibandingkan evalube pro racing dan Yamalube supersport
-tarikan rpm bawah (<5500) sdikit di atas yamalube supersport tpi di bwah evalube pro racing
-tarikan rpm atas >8000 RPM hingga 13500 imbang dgn evalube pro racing (mungkin pengaruh ganti busi iridium jg sih )
-pengendalian panas mesin, cukup baik (mentok di 4 bar)
-performa konsisten hingga masa drain
-mesin mudah dihidupkan, sma spti ketika pake evalube pro racing
-feel nya msh di bawah evalube pro racing, tpi ttep enak: licin, padat, tpi tdk se ringan evalube pro racing atau pertamina enduro sport
-Penguapannya normal2 bae (130 ml ketika di drain
Negatifnya:
-ada masa adaptasi..jadi karakter motor berubah selama masa pemakaian 285 km awal
-jika tdk sengaja over-rev (melebihi limiter mesin @13800 RPM) tercium bau kopling
-karakter pelepasan panasnya bkan utk semua orang, krna panas mesin terasa di kaki (kanan dan kiri)
-karena utamanya oli mesin mobil, tdk semua bengkel mau nerima gantiin.
4. Pertamina Enduro sport. Pemakaian di odo 35260-skrg (msih 36721)
-tarikannya enak banget, konsisten di semua rentang RPM
-feel nya licin, ringan, tpi jg padat
-karakter peredaman panas dan pelepasan panas sangat baik, tidak terasa di kaki juga kipas radiator tidak cepat nyala
-mesin mudah dihidupkan, bahkan jika dibandingkan dgn selama pake evalube pro racing sekalipun (mungkin pengaruh busi iridium jg sih )
-sejauh ini, temperatur mentok di 3 bar (NOTE: pemakaian baru 1461 km)
-performa sampai sekarang @1461 km pemakaian msh sama spt bru dituang
-pemakaian BBM lbh irit @1: 24,7
Negatifnya:
-resiko turun SAE, mesin lbh kedengaran bunyi nya
-msh butuh pembuktian lbh lanjut mengenai konsistensi ny krna baru pake selama 1461 km
-tidak ada product data sheet, minta lewat e-mail nya pertamina pun tidak diberi karena dianggap "confidential"
-----------
Sekalian share SSny biar tdk ad hoax diantara kita
Spoiler for SS oli yang dipake:
Spoiler for SS motor:
Sesi Pertanyaan
1. Kemungkinan besar ane pindah haluan dr enduro sport, alasannya krg suka aj sma oli yg data sheet ny disembunyikan (padahal datasheet kan umumny emang dipublikasikan) meskipun produkny emg cocok dgn feel ane. Kira2 oli Idemitsu SL/MA2 5w40 termasuk oli long drain bkan ya?oliny yg ini:
Spoiler for idemitsu:
Yg pernah ane incar:
A. Mobil1 AFS 5w50: tdk jadi krna di page2 sblumnya Om KT-610 sharing pengalaman (pngalamanny om ekyan ya kalo ga salah?) Gerusan thd kampas kopling ny lmayan parah, trus jg katany ad jg yg ketika di drain glitter2 ny sdikit krg wajar
B. Amsoil AMR 5w50, tdk jdi ane incar krna bikin slip d motor kopbas >150cc (krn boron ny >300 ppm, kalo ga salah)
Prtanyaannya oli long drain alternatif yg bsa dipake apa lgi ya?budget 150 rbu-200 rbu per botol/liter/quartz atw kalo emg ad yg berbasis PAO-Ester bsa dilebihin max 250 rbu per liter/quartz/botol
2. kalo ane mnta file excel oli ny, msh boleh ga om, gan, sist?(kalo msh boleh) nnti ane PM e-mail ane
Diubah oleh adoel488 19-12-2018 07:57
0
Tutup