- Beranda
- Travellers
Suka duka jadi Tour Leader/Guide
...
TS
cabolaki
Suka duka jadi Tour Leader/Guide
Salam hormat untuk Mimin dan Momod
Ane buat trit ini soalnya yakin di room traveller ini pasti banyak yg profesinya sebagai guide ato tour leader kan
Nah disini Ane pengen share suka duka selama kerja tersebut
Sukanya tuh:
1. Bisa jalan2 gratis
dibayar pula
2. Ketemu banyak orang(biasanya bos2 tajir, lumyan buat referensi cari kerja
)
3. kalo bawa rombongan biasanya ada cewe cakep
4. tidur di hotel mewah, makan di restoran mahal
5. dsb, dsb
nah biasanya kalo orang denger pasti sirik setengah mati trus dituduh gini
" aduh asiknya jalan2 mulu" (apalagi kalo emak2
)
tapi sebenarnya banyak juga dukanya bawa tour, yg biasanya orang ga tau, misalnya:
1. Kurang tidur (tidur paling malam bangun paling pagi
)
2. sekalipun mahal di rstoran mewah biasanya selalu berasa ga enak soalnya kepikiran kerjaan (TS biasanya cuma sarapan roti 2 biji padahal buffetnya mewah bgt, udah itu makannya buru2 pulak)
3. ketemu tamu cerewet abis (merasa uda bayar jadi bisa nindas seenak jidatnya

4. Buka Roaming telepon




Nah mungkin ada temen2 yg mau nambahin?
Thanks buat om balioption
Tour Leader
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...#post155896465
Tour Guide
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...#post157593795
Guide Licence
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...#post139941581
Please share pengalamannya ya
Ane buat trit ini soalnya yakin di room traveller ini pasti banyak yg profesinya sebagai guide ato tour leader kan

Nah disini Ane pengen share suka duka selama kerja tersebut
Sukanya tuh:
1. Bisa jalan2 gratis
dibayar pula2. Ketemu banyak orang(biasanya bos2 tajir, lumyan buat referensi cari kerja
)3. kalo bawa rombongan biasanya ada cewe cakep
4. tidur di hotel mewah, makan di restoran mahal
5. dsb, dsb
nah biasanya kalo orang denger pasti sirik setengah mati trus dituduh gini
" aduh asiknya jalan2 mulu" (apalagi kalo emak2
)tapi sebenarnya banyak juga dukanya bawa tour, yg biasanya orang ga tau, misalnya:
1. Kurang tidur (tidur paling malam bangun paling pagi

)2. sekalipun mahal di rstoran mewah biasanya selalu berasa ga enak soalnya kepikiran kerjaan (TS biasanya cuma sarapan roti 2 biji padahal buffetnya mewah bgt, udah itu makannya buru2 pulak)
3. ketemu tamu cerewet abis (merasa uda bayar jadi bisa nindas seenak jidatnya


4. Buka Roaming telepon





Nah mungkin ada temen2 yg mau nambahin?
Thanks buat om balioption
Tour Leader
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...#post155896465
Tour Guide
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...#post157593795
Guide Licence
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...#post139941581
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Quote:
Please share pengalamannya ya
0
156.4K
1.4K
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
24KThread•18.5KAnggota
Tampilkan semua post
Bali Option
#467
Tour Guide - Pramuwisata
TOUR GUIDE
Pramuwisata
Pramuwisata
Tour Guide adalah lini depan pariwisata, dalam mengexplorasi keindahan alam dan budaya negeri ini. maka Tugas Utama seorang Tour Guide adalah memberikan Informasi Umum tentang Geografi dan Demografi Dearahkunjungan.
Note:
Informasi Umum - Tour Guide/Pramuwisata = Sight Seeing Tour Guide/Pemandu Wisata.. jadi Tour Guide bukan seorang Sience atau Ahli/fakar. yang diharuskan memiliki semua bidang ilmu secara detail..cukup informasi umumny aja..lebih dalam lebih bagus emang.
(i'm just a sight seeing Tour Guide, Sir. If you wanna know more detail about this artepak, I could guide you to meet an archeology....ini bahasa pamungkasnya..hehehe)
Tema Sosial Politik atau SARA.
Tour Guide terkadang tidak bisa berkelit dari pembicaraan masalah Sosial Politik atau yang menyerempet SARA. Kode Etik Pramuwisata Indonesia, tidak memperbolehkan seorang Tour Guide untuk berbicara tentang politik negara manapun juga mengunder-estimate satu Suku, Aliran, Ras atau Agama tertentu.
Maka seorang Tour Guide betul betul diharapkan mampu melakukan olah bahasa atau berbicara diplomatis.
Tour Guide juga Manusia
Dalam melaksanakan Tugasnya, seorang Tour Guide selalu mengutamakan kepentingan/kebutuhan Tamu yang sedang di Handle.
Tapi tolong di Note - Contoh kecil, Jika pada saat Jam Makan, sang tamu tidak mau berhenti direstaurant/Rumak makan karena dia merasa tidak lapar. Maka Tour Guide jangan sungkan untuk berhenti dan meminta tamunya untuk menunggu anda makan. ini dilindungi oleh convesi Jenewa kok....eheheh.
(Tamu mah jelas kagak mo makan, secara sepanjang perjalanan ngunyem mulu. Sedangkan Tour Guide ngebacot mulu...hiiks.)
Suka Duka
Kepuasan Material - Tentu karena seperti yang umum diungkapkan, udah jalan jalan geratis..dapat duit pula...
Kepuasan Spiritual - Saat mampu membuka komunikasi dua arah yang nyambung dengan Tamu yang termasuk Typical Hard Client, yaitu tamu yang keliatan songong dan rada keliatan mengecilkan pekerjaan Tour Guide.
Dukanya
- Tour Guide tidak sempat menikmati dengan total Keindahan alam/seni yang sedang dikunjunginya.
- Tour Guide tidak bisa menikmati sempurna makanan lezat yang sedang di santap...karna sembari menyantap pikiran masih ke program selanjutnya dan tengak tengok gimana kedaan Tamunya/Clientnya.. hiiiks
- Tour Guide berada di tempat dimana dia ingin berada dengan org yang diinginkan/dicintai..tapi dia disana tanpanya..Hiiiks lagi dech..
TIPS
Demi suksesnya Program Tour dan Tugas sebagai Tour Guide, berikut hal hal yang sangat mendukung:
- Introducing/Perkenalan
- Program Introducing - informasi tentang program/acara sepanjang Tour
- Penguasaan Bahan (Object atau Topik)
- Teknik Berbicara
- Suara yang Jelas saat memberikan Informasi
- Pembagian perhatian yang merata ke tiap peserta
- (Beli Buku Guiding Technic ..heheh)
Problem Handling
Ane buat terakhir neh, soalnya ga ada dr kita yang mau berproblem, just untuk menghindari atau meminimalsit munculnya Problem, Tipps diatas sangat membantu (sepengalaman ane lho..)
Namun jika masalah atau problem timbul, langkah langkahnya adalah:
- Sebar Questionair ke masing masing peserta (yang isinya peneilaian peserta atas 1. Service Tour Guide dan Information Given, 2. Service Driver dan Cleanliness of Coach, 3. Service and Hospitality of Restaurant as well as taste of food, 4. Service Provided by other Vendors/Suplyers)
- Buat Irregularly Report, yang mencakup: Nature of Complain, Action Taken, Result and Youir Opinion). Buat laporan ini baik problem solved maupun unsolved.
- Questionair akan di adu dengan complain yang timbul setelah acara berakhir.
- Irregularly Report akan menjadi penilaian pimpinan bila compalin muncul dikemudian hari..anda sudah medapat imunisasi sbelum wabah menyerang..gitu..
MOGA BERMANFAAT.
Sebagai Tour Guide itu
Melelahkan sekaligus mengasyikan...

Melelahkan sekaligus mengasyikan...

0
Tutup
krn tamunya mborong souvenir disana.
:

:
