Salam hormat untuk Mimin dan Momod
Ane buat trit ini soalnya yakin di room traveller ini pasti banyak yg profesinya sebagai guide ato tour leader kan
Nah disini Ane pengen share suka duka selama kerja tersebut
Sukanya tuh:
1. Bisa jalan2 gratis
dibayar pula
2. Ketemu banyak orang(biasanya bos2 tajir, lumyan buat referensi cari kerja
)
3. kalo bawa rombongan biasanya ada cewe cakep
4. tidur di hotel mewah, makan di restoran mahal
5. dsb, dsb
nah biasanya kalo orang denger pasti sirik setengah mati trus dituduh gini
" aduh asiknya jalan2 mulu" (apalagi kalo emak2
)
tapi sebenarnya banyak juga dukanya bawa tour, yg biasanya orang ga tau, misalnya:
1. Kurang tidur (tidur paling malam bangun paling pagi
)
2. sekalipun mahal di rstoran mewah biasanya selalu berasa ga enak soalnya kepikiran kerjaan (TS biasanya cuma sarapan roti 2 biji padahal buffetnya mewah bgt, udah itu makannya buru2 pulak)
3. ketemu tamu cerewet abis (merasa uda bayar jadi bisa nindas seenak jidatnya
4. Buka Roaming telepon
Nah mungkin ada temen2 yg mau nambahin?
Thanks buat om balioption
Tour Leader
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...#post155896465
Tour Guide
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...#post157593795
Guide Licence
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...#post139941581
Quote:
Original Posted By Biji Botaxs►suka dukanya banyak bro...
paling sering sih ketemu masalah...
pas akomodasi/hotel, dari kamar yang rusak (wastafel, ac, kasur, air panas, dll)...atau pas cek in tapi kamar nya belom siap, karena tingkat occupancy hotelnya tinggi...
dan restoran...makanan yang tidak sesuai dengan penawaran, sedikit (kurang banyak), rasa yang ga cocok (kurang enak) di lidah mereka, dll...
sebenernya masih banyak lagi sih, tapi ntar di bahas pelan pelan aja disini...
Quote:
Original Posted By taruna35►gw mau sharring dikit boleh?
tapi gw sih bukan tour leader, gw malah pesertanya, gw kesian aja sama TL nya, di maki abis sama peserta. gini neh ceritanya..
Gw dulu pernah ikut tour ke eropa, kan orang orang indonesia pada gila gila belanja semua, jadi semua - kecuali gw dan keluarga gw - belanja abis abisan, tiap kali masuk toko, kayaknya waktunya molor terus. Di tiap toko si TL suka ngingetin kalo receipt nya jangan sampe ilang, biar bisa tax refund. nah pas kita mau pulang di airport roma, TL nya ngingetin lagi, setelah check in jangan pada kabur dulu, karena ada kemungkinan ada random check, petugas mau liat barang yg sudah di beli, eh tau sendiri kan, begitu masuk peserta tour nya pada kabur buat last minute shopping. Si TL nya disuruh ngurusin buat tax refund, pas si petugas nya mau random check, barang nya ngak bisa di tunjukin, karena banyak perserta yang udah pada kabur... Peserta yg nungguin tax refund pada marah marah. ADa salah satu peserta marah besar sama si TL. dia sampe billang gini, tax refund gw jauh lebih gede dari gaji elu satu bulan... mungkin dia abis ngeborong barang branded semua kale.
duh gw yg dengernya jadi kasihan banget sama tuh TL. mukanya pucet pasi gitu...
Quote:
Original Posted By j4ck_item►ikutan share dikit.
saya bukan guide/tour leader.
kebetulan saya pegang di operational,jadi jka ada case/group besar min 100orng,saya pasti turun lapangan,mulai jemput di Apt,urus bagasi sampe c/in hotel n pantau menu makan di resto selama group ke handle
menurut saya profesi guide/tour sangat mengiurkan
kenapa tidak,guide fee udah pasti dapet,tips dr tamu pasti dapet walau jumlahnya nga tentu,komisi belanja pa lagi(kalo tamunya blanja
)
pernah guide saya terima komisi dri salah satu artshop mencapai 60jt
krn tamunya mborong souvenir disana.
itu yg di sebut Om Biji 'becek"
jeleknya pas dapet tamu,dah bawel nga blanja pulak serta nga ngasih tips pas c-out tambah dech dongkol tuch Guide
:
Quote:
Original Posted By cabolaki►Kalo yg namanya bawa rombongan case tamu hilang pasti uda sering di alamin
Biasanya emak2 ketemu tempat shopping, bapak2 kebelet mau ketoilet, ato anak2 muda gila poto2
apalagi kalo ditempat yg luas & rame banget kyk Tian An Men & Forbidden city
untungnya biasa ada local guide yg bantuin, jadi biasanya local guide didepan bawa bendera kita paling belakang sambil "nyapuin tamu yg kececer"
tapi gara2 paling belakang n sering nungguin sambil potoin tamu narsis
tamu ane yg ada ditengah ada yg hampir di hipnotis orang India
:
pas liat buru2 ane samperin dia langsung kabur
:
:
so buat para traveller, tetap waspada sama orang asing ya
Quote:
Original Posted By cabolaki►Ane belum pernah Gan, soalnya ane galak soal passport
Tapi caranya kurang lebih
1. Segera buat laporan kehilangan di kepolisian setempat
2. Buat pernyataan pribadi mengapa anda sampai kehilangan paspor. Pernyataan itu harus disahkan oleh notaris setempat yang akan membuatkan afidavit loss seperti yang disyaratkan kedubes Indonesia (tidak semua kedubes RI mengharuskan ini, pastinya cari tau di masing2 negara aja)
3. Laporkan ke kedutaan besar atau kantor Konsulat , jangan ditunda dan bawa dokumen kehilangan dari kepolisian dan notaris.
4. AGan akan diwawancara lagi oleh staf kedubes atau Konsulat
5. Mengisi formulir aplikasi paspor baru (Perdiem 14)
6. Siapkan pas foto dengan latar belakang warna merah. Tidak ada standard ukuran dan masing2 kedubes mensyaratkan ukuran berbeda, jadi telepon mereka dan pastikan ukurannya.
7. Tunjukan semua foto copy identitas anda seperti (passpor dan Visa)
8. Membayar biaya denda yang jumlahnya berbeda di setiap negara
.
9. Bersiap untuk memperpanjang waktu tinggal, pengurusan paspor hilang memerlukan 3-5 hari dan itu tidak termasuk hari libur. tapi kalo ngemis2 bilang masih ada rute ke negara lain mungkin bisa cepet
10. Anda akan diberikan dokumen pengganti paspor yang dinamakan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) yang mempunyai kedudukan hukum sama. Masa berlakunya adalah satu tahun sejak tanggal diterbitkan.
Sampe indonesia baru de bikin baru
Quote:
Original Posted By Biji Botaxs►pernah ada grup gw, pas keberangkatan pesawat nya delay ampe besok...
dan salah satu dari peserta tour gw itu ga terima, cos dia pengen program tour berjalan sesuai dengan skejul...alias harus berangkat waktu itu juga...
dan mampusnya gw, dia itu ada hubungan keluarga dengan salah satu pengacara terkenal di negeri kita ini...
trus di komplen abis abisan ke gw, muka gw di tunjuk tunjukin ama jari nya doi
ampe ampe di bawain staff pengacara nya langsung...
tapi untungnya pengacaranya baek dan bisa menerima penjelasan kita, kalo ini bukan kesalahan agent...tapi dari pihak airlines...
trus kita bantu follow up ketidakpuasan nya dia ke pihak airlines, n akhirnya di ganti dengan pesawat lainnya tanpa ada penambahan biaya...dan bagian yang enaknya, ada beberapa yang dapet seatnya bisnis
trus seat bisnis itu gw kasih ke doi aja biar adem atinya...
Quote:
Original Posted By j4ck_item►justru saya sebaliknya Gan
sering marahin guide yg seenaknya rubah schedule tour tanpa pemberitahuan ke kantor.
pernah ada ada group 80orng dibawa 3 guide,pada saat tour,seharusnya rute A eh di rubah ke rute B,saya dah nunggu di rute A.kok nga dateng2..
selidik punya selidik teryata mereka ada di lokasi B
naek darah dah seketika..
:
jawabnya enteng pulak,"maaf pak saya tau nie lagi highseason,tau Pak sibuk banget,krn tau itu saya nga mau repotin bapak buat bantu rubah schedule.
krn TL yg minta rubah,begitu saya cek restoran bisa ya saya masuk aja.
salah saya hanya lupa kasih inpo ke Bapak
Quote:
Original Posted By taruna35►mo sharring lagi ya...
tetep gw bukan TL tapi sebagai peserta
kali ini gw ikut ziarah tour ke sendang sono, jogya.
pake bis dari jakarta.
tujuan pertama ke sendang sono, pas disana kita dibagi regu gitu, dan gw berdua sama temen gw yg cowok di tunjuk jadi kayak semacam ketua.
Tugasnya "menggiring" para peserta agar setelah jalan salib ngak belanja atau main ke mana mana. biar bisa langsung pergi lagi.
disini sih gw ngak masalah, karena suasana ibadah, ya gw anggap tugas dalam ibadat aja.
Nah pas cek in hotel di yogya, kayaknya ada bis lain ( satu travel ) dapet masalah di hotel nya, kurang kamar atau apalah, jadi TL yg di bis gw bantuin ngurus hotel. padahal setelah cek in ada acara jalan jalan ke malioboro.
GW di tunjuk lagi jadi "ketua"..
sebelum pergi kita di kasih tau jam berapa musti ngumpul di malioboro... derita gw pas udah jam nya, banyak peserta yg masih asik belanja, sebgaian peserta yg udah nungu jadi BT dan marah marah ke gw... GILA banget. gw kan peserta juga, BAYAR juga .. masak gw dimarah marahin??
pas gw ketemu TL nya balik gw marahin abis abisan... mustinya gw dapet fee jadi TL dadakan tuh...
Please share pengalamannya ya