Kaskus

Food & Travel

cabolakiAvatar border
TS
cabolaki
Suka duka jadi Tour Leader/Guide
Salam hormat untuk Mimin dan Momod

Ane buat trit ini soalnya yakin di room traveller ini pasti banyak yg profesinya sebagai guide ato tour leader kanemoticon-Big Grin

Nah disini Ane pengen share suka duka selama kerja tersebut
Sukanya tuh:
1. Bisa jalan2 gratisemoticon-Cool dibayar pula
2. Ketemu banyak orang(biasanya bos2 tajir, lumyan buat referensi cari kerjaemoticon-Big Grin)
3. kalo bawa rombongan biasanya ada cewe cakep
4. tidur di hotel mewah, makan di restoran mahal
5. dsb, dsb

nah biasanya kalo orang denger pasti sirik setengah mati trus dituduh gini
" aduh asiknya jalan2 mulu" (apalagi kalo emak2emoticon-Hammer)

tapi sebenarnya banyak juga dukanya bawa tour, yg biasanya orang ga tau, misalnya:
1. Kurang tidur (tidur paling malam bangun paling pagiemoticon-Frownemoticon-Frown)
2. sekalipun mahal di rstoran mewah biasanya selalu berasa ga enak soalnya kepikiran kerjaan (TS biasanya cuma sarapan roti 2 biji padahal buffetnya mewah bgt, udah itu makannya buru2 pulak)

3. ketemu tamu cerewet abis (merasa uda bayar jadi bisa nindas seenak jidatnyaemoticon-Mademoticon-Smilie
4. Buka Roaming teleponemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown

Nah mungkin ada temen2 yg mau nambahin?

Thanks buat om balioption
Tour Leader
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...#post155896465

Tour Guide
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...#post157593795

Guide Licence
http://www.kaskus.co.id/showpost.php...#post139941581


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Please share pengalamannya ya
0
156.4K
1.4K
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
KASKUS Official
24KThread18.5KAnggota
Tampilkan semua post
Bali OptionAvatar border
Bali Option
#432
Quote:


Jawaban anda BENAR,
cuma mohon di NOTE forum ini adalah tempat berbagi pendapat dan tempat saling mengisi kekurangan rekan.

Bro Jack bukan ASAL BICARA, cuma mencoba memaparkan pendapatnya, dan bila ada pendapat yang kurang lengkap mohon di tambahkan. agar menjadi sebuah ilmu yang bermanfaat bagi semua.

TOUR LEADER dari asal katanya bila di Indonesiakan adalah Tokoh/Pemimpin dari sebuah acara Perjalanan baik Perjalanan ke luar Negeri (Outbound) moupun perjalanan di Dalam Negeri (Inbound)

Umumnya, seorang TOUR LEADER dipilih dari insan Pariwisata yang cukup mengetahwi/berpengetahuan dalam hal Traveling Handling baik procedure Airline Check In, Hotel Check In, Luggage Claim, dan Problem Handling Technic.
Intinya, seorang TOUR LEADER adalah Mediator antara Clients (Group) dan Srvice Privider.
Sebuah Biro Perjalanan/Travel Agent bila membutuhkan jasa seorang TOUR LEADER, maka diutamakan adalah dari salah seorang Staff Tetap mereka yang memiliki qualifikasi diatas, namun bila ada halangan tertentu atau tidak memiliki Staff Tetap, maka akan dilakukan Outsourching/ Jasa Free Lance dengan ketentuan Qualifikasi yang sama dan dengan Recomendasi sumber yang di percaya bila ini merupakan kerjasama pertama.

FEE
TOUR LEADER (Tetap) yang diambil dari karyawan tetap, juga akan mendapatakan biaya perjalanan selain gaji bulanan.
TOUR LEADER Free Lance - seperti namanya Free Lance atau lepas, maka fee/pembayaran adalah BASED ON ORDER/ atau per sekali perjalanan. Dan tentu tidak ada Gaji Bulanan secara Free Lance bisa mendapatkan ORDER dari beberapa Travel Agents.

SIDE INCOME.
Tipping, Komisi dan Optional Actifitas merupakan side income dari seorang TOUR LEADER baik yang tetap maupun yang Free Lance. Karena Side Income ini diperoleh/muncul pada saat Tour in Progress.

* Silahkan di tambahkan dan dikoreksi demi kita semua emoticon-Peace

Quote:


INFORMATION.
Kejadian seperti ini akan sering muncul bila sang Client kurang well informed.

PREPARATION
Persiapan, keknya ente kurang melakukan persiapan, klo ga salah. untuk Internatioanla Departure, Client sellau di inform untuk melakukan Check In 2 jam sebelum Flight Time dan 1 jJam untuk Domestik.

VALUE ADDING
Nilai Tambah, adalah bila ente melakukan Flight Check In dan Mengambil Boarding Pass sebelum Client tiba di airport. dan saat Client Tiba ente bisa nunjukin Qualitas Service ente yang excellent, dengan memberikan Ticket masing masing pasengasr yang sudah dilakukan Counter Check In dan lengkap dengan Boarding Passnya. Sekalipun sebenarnya ini tidak termasuk didalam service yang harus dilakukan..itulah makanya Namanya Value Adding.

NOTE:
- Value Adding inila yang sangat menentukan Side Income seorang Tour Leader (terutama Tipping)
- Value Adding inilah yang membuat Client menjadi Loyal terhadap perusahaan ente/perusahaan yang ente naungi.
- Value Adding inilah yang akan membuat Client membuat sebuah Recommandation ke relasinya...

Mau kan..? A RECOMMENDED TOUR LEADER...!

segene dolo dech..moga bermanfaat buat ane dan kita semua emoticon-Peace
0
Ikuti KASKUS di
© 2025 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.