Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mnotorious19150Avatar border
TS
mnotorious19150
Pramono Bicara Ide Bangun Jalur Layang untuk Sepeda dan Motor di Jakarta
Pramono Bicara Ide Bangun Jalur Layang untuk Sepeda dan Motor di Jakarta

Jakarta -

Bacagub Jakarta dari PDIP Pramono Anung berbicara ide membangun jalur sepeda layang--atau elevated--yang memisahkan antara pesepeda dan kendaraan roda empat. Pramono mengatakan, konsep ini sudah lebih dulu diadopsi di negara lain.

"Jalur sepeda ada dua alternatif, sekarang negara-negara yang sudah baik, jalur sepeda itu tidak menjadi satu dengan jalur mobil. Selalu elevated," kata Pramono saat ditemui di Rumah Cemara, Jakarta Pusat, Senin (2/9/2024).

Pramono awalnya mengaku menerima banyak keluhan soal jalur sepeda di Jakarta. Mereka, kata dia, meminta supaya adanya perbaikan jalur sepeda.

Tak hanya itu, warga juga mengeluhkan soal waktu pesepeda dibolehkan melintas di badan Jalan Sudirman-MH Thamrin di luar jalur sepeda yang disiapkan.

"Orang bersepeda sekarang kan ngomel-ngomel jam 6 udah ditutup, minta jam 6.30 dibuka, kalau saya diberikan kesempatan itu apa yang sudah diadakan dengan jalur sepeda diperbaiki," ucapnya.

Pramono lantas berbicara mengenai ide jalur elevated. Nantinya, jalur elevated ini akan dikhususkan untuk pesepeda dan pemotor, sementara kendaraan roda empat bisa melintas di jalur bawah. Dengan begitu, ia meyakini ide tersebut bisa menangani kemacetan di Jakarta.

"Kalau perlu dibuatkan elevated, elevated buat siapa? Khusus untuk sepeda dan motor. Supaya di bawah kemacetan berkurang banyak di Sudirman-Thamrin, ini contoh saja. Tentunya problem yang seperti ini buanyak banget," jelasnya.

Rano Karno Sebut Jalur Sepeda Jakarta Kekecilan

Bakal calon Wakil Gubernur Jakarta Rano Karno sebelumnya mengaku diminta warga Jakarta agar tidak membongkar jalur sepeda jika terpilih nanti. Rano Karno lantas menyebut track sepeda di Jakarta terlalu kecil dan hanya cocok untuk jalur otopet atau skuter.

"Ada permintaan khusus, 'Bang jalur track sepeda kita jangan dibongkar'. Gue bilang 'ini bukan jalur sepeda, ini jalur otopet kekecilan'. Sebetulnya untuk jalur sepeda sangat kecil, tapi mungkin karena keterbatasan area kan jadi ini yang baru," kata Rano usai membuka acara Fun Walk Alumni SMAN 6, 9 dan 11 Jakarta, Gedung Serba Guna Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (1/9/2024).

Rano menegaskan tak akan membongkar jalur sepeda di Jakarta. Justru, lanjut dia, jika memungkinkan akan diperbesar dan diperluas jangkauannya.

"Yang pasti tidak akan kita bongkar, malah kalau memungkinkan kita perbesar, untuk apa? Untuk menjadi track sepeda yang tidak menggangu lalu lintas yang lain," kata Rano Karno.

Ia mengatakan jalur sepeda di Jakarta akan diperluas ke wilayah yang belum tersentuh. Menurutnya tata ruang di Jakarta akan menjadi prioritas utama di kepemimpinan Pramono Anung dan Rano Karno.

"Mungkin ke wilayah itu (yang belum tersentuh), itu harus pendesignnya. Makanya kan, tata ruang ini itu istilahnya menjadi politik dari tata ruang itu, itu menjadi prioritas utama dari visi-misi kita," ungkapnya.

detik.com
Quote:
Diubah oleh mnotorious19150 03-09-2024 02:14
beeSide
cqbenjoyer
za4d1
za4d1 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
497
41
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.3KThread45.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.