News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
147
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62bbf397a5575b256f730e79/fix-no-debate-candi-borobudur-bukan-buatan-nabi-sulaiman
Jakarta - Sempat heboh narasi yang menyatakan Candi Borobudur dibangun oleh Nabi Sulaiman. Isu ini juga sempat dibukukan oleh KH Fahmi Basya. Tapi, seperti apa faktanya jika melihat sudut pandang ilmiah arkeologi dan sejarah? "Memang kalau berdasarkan tinjauan tim, faktanya tidak seperti itu. Kalau KH Fahmi Basya menuliskan Borobudur kerajaan Nabi Sulaiman ya kita tidak tahu pendekatannya sep
Lapor Hansip
29-06-2022 13:39

Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman

Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman

Jakarta - Sempat heboh narasi yang menyatakan Candi Borobudur dibangun oleh Nabi Sulaiman. Isu ini juga sempat dibukukan oleh KH Fahmi Basya. Tapi, seperti apa faktanya jika melihat sudut pandang ilmiah arkeologi dan sejarah?

"Memang kalau berdasarkan tinjauan tim, faktanya tidak seperti itu. Kalau KH Fahmi Basya menuliskan Borobudur kerajaan Nabi Sulaiman ya kita tidak tahu pendekatannya seperti apa," kata Brahmantara Pengkaji Pelestari Borobudur di acara 'Eureka! Edisi 6: Rahasia Borobudur', Senin (27/6/2022).

"Bicara dari aspek sejarah, arkeologi dan pelestariannya, itu tidak sesuai," lanjut Brahmantara menegaskan bahwa Candi Borobudur bukan buatan Nabi Sulaiman.

Candi Borobudur sendiri dibuat oleh Dinasti Syailendra, menurut penjabaran Bram di sekitar abad ke-8. Ini pun tertuliskan pada prasasti Sri Kahulungan sehingga bisa ditentukan waktu tahun pembuatannya.

Ada juga cerita yang didapatkan dari prasasti lainnya yang kemudian dikumpulkan untuk ditelaah lebih lanjut. Dari kumpulan prasasti ini, peneliti kemudian baru berani menyimpulkan kapan peninggalan ini dibangun dan siapa penggagasnya.

Candi Borobudur dibangun atas titah Raja Samaratungga dari Dinasti Syailendra tahun 824 dan selesai pada masa Ratu Pramudawardhani. Ilmuwan-ilmuwan Belanda seperti NJ Krom mencatat legenda lokal yang menyebutkan nama Gunadharma sebagai arsitek Borobudur.

"Kan kita pendekatannya seperti itu ya, kita melihat bukti-bukti faktual. Ada prasasti kemudian beberapa bukti catatan lainnya, jadi tidak asal menduga saja tapi berdasarkan literasi dan bukti-bukti faktual yang ada," tandasnya.

https://inet.detik.com/science/d-615...-nabi-sulaiman

Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman

Kalau borobudur itu benar peninggalan nabi sulaiman.. artinya borobudur harus d kembalikan fungsinya jadi masjid lagi.. kaya hagia sophia.. emoticon-Mad (S)

emoticon-Blue Guy Bata (L)


emoticon-Ngacir

Quote:Original Posted By zhengweijian
astagfirullah emoticon-Kagets

Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman

Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman



emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr1
profile-picture
memberi reputasi
32
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
24.2K Anggota • 641.9K Threads
Halaman 1 dari 4
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 13:40
pppppfffffttttt....

siapa juga yg percaya ...

emoticon-Ngakak
15 0
15
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 13:41
penistaan agama ini,
saatnya gp ashor berdemo untuk menyegel candi borobudur emoticon-Mad
Diubah oleh semut223
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
8 0
8
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 13:43
Pokok nya harus peninggalan nabi sulaiman



Mau dipenggal lu???



emoticon-Wakaka
profile-picture
chevelle16 memberi reputasi
16 0
16
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 13:44
Caption bukunya sih keren. "Hasil penelitian 33 tahun"

Peneliti apalah selama 33 tahun masih bisa blunder kayak gini.
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
12 0
12
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 13:44
suka klaim sendiri, bikin sejarah sendiri, emoticon-Leh Uga
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 13:45
sudah jelas ada stupanya
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
5 0
5
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 13:46
Kalo emang kebenaran nya seperti, gus miftah atau big iman segera bimbing candi borobudur menjadi mualaf, candi borobudur harus mengucapkan kalimat shahadat !
profile-picture
bontakkun memberi reputasi
10 0
10
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 13:47
nabi sulaiman itu sama gak dengan raja salomo a.k.a king solomon? selisih kehidupan sama tahun jadi nya borobudur aja sudah terpaut gak masuk akal...makanya dr dulu di bilang peninggalan sulaiman saya cuma bisa ngakak
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
6 0
6
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 13:49
Catatan tambahan : Si Fahmi Basya adalah salah satu eks terpidana peledakan candi Borobudur emoticon-Imlek
profile-picture
081211 memberi reputasi
17 0
17
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 13:50
kalau benar peninggalan nabi sulaiman,
roy suryo sejak hari pertama sudah dipenjara tanpa perlu ada laporan dari pihak manapun emoticon-Mad


dilihat roy suryo belum ditahan atau dipanggil polisi,
sudah membuktikan borobudur bukan peninggalan nabi sulaiman emoticon-Angkat Beer
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
17 0
17
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 13:53
borobudur sebenernya buatan kuli china jaman dulu gan
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
7 0
7
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 13:55
Nabi non tapir gak mungkin mbikin candi dan patung tapir, itu emoticon-Blue Guy Smile (S)

















































emoticon-Imlek
profile-picture
PiranH.Jr memberi reputasi
6 1
5
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 13:56
Ada yang percaya? Ya ada. Buanyak. Tmpt gue ada dokter spesialis kandungan yang terkenal percaya bgt hal ini cocokmologi tiap sudut borobudur emoticon-Leh Uga
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
9 0
9
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 13:58
astagfirullah emoticon-Kagets

Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman

Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
Diubah oleh zhengweijian
profile-picture
profile-picture
aloish dan caerbannogrbbt memberi reputasi
10 0
10
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 14:02
Logika aja. Stupa nya aja gambaran wajah sidharta gautama. Masa iya yg bangun nabi ? Semua nabi tauhid kan anti patung yg berwajah manusia.

Kalo stupa nya berwajah jokowi, baru bener kalo dibilang yg bangun adalah roy suryo.
profile-picture
dasagriwa memberi reputasi
6 0
6
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 14:07
Pembodohan kayak begini banyak terjadi di agama Islam, para ulama yang harusnya mencerdaskan dan membimbing umat ke dalam terang malah menjerumuskan.. Kenapa tega sekali? Ane menemukan banyak cerita2 karangan mengenai nabi2 yang sangat hiperbola dan bombastis, dengan sumber yang tidak jelas tersebar di berbagai platform sosial media... Ciri2nya selalu ada kata diriwayatkan, dikisahkan, tapi tidak disebutkan sumber hadistnya... Dan 90% pembaca secara aktif ngelike bahkan menyebarkan cerita2 ini seolah itu adalah suatu kebenaran yang mutlak...
emoticon-Turut Berduka

Pakai akal sehat, jika banyak kejanggalan dan berujung pembodohan seperti klaim borobudur ini tolong jangan diberi ruang, masa depan umat islam sendirilah yang jadi pertaruhan... Kalian akan terus jadi lelucon dan jadi identik dengan keterbelakangan+kebodohan...

Salam dari kafirun yang mencintai kalian sebagai sesama manusia...

emoticon-Salaman
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
22 0
22
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 14:10
Ngapain nabi bikin candi emoticon-Big Grin
profile-picture
bontakkun memberi reputasi
7 0
7
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 14:12
diapresiasi aja gan penelitiannya 👍
5 1
4
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 14:17
ya ampun tnyta rupang Budha yg sering sy sujud itu ratu balqis emoticon-Mad (S)

siapa pula itu ratu balqisemoticon-Mad (S)
profile-picture
gigbuupz memberi reputasi
6 0
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Fix No Debate! Candi Borobudur Bukan Buatan Nabi Sulaiman
29-06-2022 14:20
Kalau nga komen goblok, bikin gaduh, kalau nga bikin gaduh....kenthu.

Gini...gini aja nih kaum emoticon-Ngakak
profile-picture
caerbannogrbbt memberi reputasi
11 0
11
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia