jorghymub61Avatar border
TS
jorghymub61
Kesulitan Gua Tinggal di Indonesia
Tinggal di Indonesia yang tingkat kehidupan bersosialnya tinggi itu agak menyulitkan buat gua yang kurang bisa berinteraksi dengan orang di sekitar.

Gak tau ya, apa namanya, apakah disleksia, anti sosial, pendiam, cuek, atau bahkan dianggap sombong.

Sering banget sih gua mendapat cap dari orang di sekitar, bahwa gua adalah orang yang sombong. 

Padahal, gua hanya payah dalam bersosialisasi.

Sudah berulang kali gua coba untuk bisa bersosialisasi, tapi gak bisa. Sudah dipaksa untuk coba lebih ramah ke orang di sekitar, tapi gua malah dicuekin atau dianggap aneh dan 'sok baik'.

Dalam thread ini, gua cuma mau tau apakah ada yang serupa sama gua dan juga mau kasih tau ke kalian kalau mungkin melihat orang-orang yang seperti gua, bisa memahami terlebih dahulu, apakah orang itu beneran sombong, songong, sengak, atau cuma karena kurang bisa bersosialisasi.

1. Tidak suka basa basi

Gua orangnya gak suka basa basi, jika tidak punya kepentingan, maka gua gak akan banyak ngobrol. Apalagi dengan orang yang tidak terlalu dekat. Paling, kalau ketemu sama orang, cuma say hai aja, udah cukup. Kadang, gua cuma lambaikan tangan atau menaikkan alis untuk menyapa tanpa berbicara.

Biasanya, gua akan bicara banyak kalau ada kepentingan atau keperluan saja. Menurut gua sih ini bukan 'ngobrol kalau ada maunya aja', tapi lebih ke gak suka basa basi yang berlebihan.

2. Orang tak dikenal

Kalau ada orang yang gak dikenal, gua suka heran kalau melihat orang bisa ngobrol panjang, padahal mereka gak saling kenal.

Dari situ, mereka kemudian jadi saling kenal. Bahkan bisa langsung jadi teman dekat dalam waktu singkat.

Kalau gua gak bisa kayak gitu. Biasanya kalau ada orang gak dikenal, bahkan dia ngajak ngobrol gua duluan, dia mau kenal lebih dekat sama gua. Gua biasanya akan menutup diri atau menghindar.

Butuh waktu untuk gua bisa menerima bahwa dia adalah teman gua. Biasanya, gua akan menunggu takdir, kalau memang kita ditakdirkan untuk berteman, kita akan sering ketemu dan ngobrol lagi.

Tapi ya kebanyakkan dari mereka juga ada yang setelah ngobrol pertama, jadi males berteman sama gua. Ya, gua juga gak mempermasalahkannya.

3. Menegur

Pada waktu berpapasan atau bertemu dengan orang yang gua tau, namun gua gak kenal. Gua gak akan menyapa atau menegur.

Gua di sini merasa bahwa gua gak kenal sama dia, jadi gua gak enak kalau tau-tau menegur atau menyapa orang itu.

Ada sih beberapa kali gua kadang kalau lagi pengen, gua coba tegur, tapi gua dikacangin, haha. Ya gua makin beranggapan bahwa kayaknya gua lebih baik diem aja deh.

4. Kerja Bakti

Ini menjadi alasan yang paling wajar menurut gua untuk orang menganggap gua sombong.

Gua gak bisa ikut kerja bakti karena gua gak terlalu bisa berkomunikasi. Beberapa kali sih gua ikut kerja bakti, tapi ya dengan suasana yang awkward gitu. Gua bantu sebisanya aja tanpa mengobrol dengan orang-orang di lingkungan rumah gua.

Ini ya kayaknya karena gua sudah dicap sebagai orang sombong. Orang jadi males sama gua.

Kadang kalau gua gak ikut kerja bakti, biasanya karena ada kerjaan atau gak tau kalau ada kerja bakti. Keluarga gua akan nyumbang makanan atau minuman aja.

Tapi ya rasanya belum cukup untuk mereka. Mereka lebih nyaman untuk menganggap gua sebagai orang yg sombong.

5. Insecure

Mungkin istilah yang belakangan ini banyak digunakan oleh orang. Gua pun sepertinya punya rasa insecure tinggi.

Jadi, gua sangat rentan untuk menjadi korban bully. Tapi untuk menghindari hal tersebut, gua seperti mencari cara untuk bisa menutupinya dengan melakukan sikap-sikap seperti di atas.

6. Susah Bersosialisasi

Intinya dari semua ini adalah gua orangnya susah banget untuk bersosialisasi. Sudah dicoba utk bisa bersosialisasi, tapi ya gak berhasil.

Mungkin bagi kalian mudah mengatakan, tinggal sosialisasi doang, apa susahnya? Tapi percayalah, bagi gua, ini sulit banget.

5. Baik

Nah, sekarang gua mau bahas tentang sisi baiknya gua. Gak semua orang di lingkungan gua menganggap gua sombong, tapi ya memang sedikit.

Dari sekitar 10 keluarga yang ada di sebelah dan depan rumah gua, ada 2 yang baik dan sepertinya paham.

Kalau berpapasan dengan mereka, gua ya menyapa, senyum, bahkan kadang basa basi "Dari mana?"... "Dari situ"... "Ohhh"...

Sekedar itu.

Lalu, ketika mereka butuh bantuan, misalnya minta air karena pompa di rumahnya mati. Mereka gak segan bilang ke gua untuk minta tolong.

Pernah juga sebelah rumah gua, nebang pohon, sendirian, gua bantu untuk mengangkat batang-batang pohonnya.

Ada juga tetangga depan rumah gua, mobilnya bocor, minta tolong sama gua untuk membantu melepas ban serep mobilnya karena terlalu keras. Gua bantu.

Saat gua butuh bantuan mereka, ya gua juga minta tolong ke mereka.

Tapi sayang, menurut gua hanya sedikit orang yang begini di Indonesia.

Mayoritas dari mereka masih banyak yang butuh basa-basi, ramah, doyan ngobrol, dan unsur lainnya lah dengan dibalut kata 'Sopan Santun'.

Kalau mereka melihat ada orang yang gak melakukannya, maka seakan dianggap sebagai orang yang tidak disukainya.

Sekarang, gua mau tau sih, gua sendirian yang merasakan hal kyk gini atau juga ada orang-orang yang senasib sama gua?

NB: Gua gak bilang kalau gua gak suka tinggal di Indonesia ya, cuma gua merasa agak kesulitan aja untuk adaptasi dengan budaya sosial di Indonesia karena keterbatasan gua. (Gua sulit karena memang ada yang salah dari gua dan ini sulit untuk gua perbaiki, jadi sekali lagi jangan salah sangka dengan bilang: Pindah aja "ke mana gitu".)

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh jorghymub61 09-09-2020 07:35
mahirbro
nirankara
eriksa
eriksa dan 37 lainnya memberi reputasi
38
7.1K
229
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.