rendyprasetyyo
TS
rendyprasetyyo
(MOTIVASI) Buat Yang Kesepian, Masuk Sini Lo Semua!








Quote:


SELAMAT DATANG JIWA-JIWA YANG SEPI.

emoticon-Nyepiemoticon-Nyepi


Pernah gak sih kalian ngerasa kesepian? maksud gue, sepi yang benar-benar sepi.

Ketika banyak orang diluar sana berbahagia dengan orang-orang terdekat (yang lo liat dari social media mungkin), lo terpaksa harus berdiam diri sendiri menatapi kenyataan hidup kalau untuk sekedar ngedengerin isi hati lo aja gak ada orang yang bersedia sama sekali.

Ketika lo mencurahkan segenap tenaga lo untuk membantu hidup orang banyak, disaat lo butuh malah gak ada satu orangpun yang datang untuk sekedar membagi senyum semangat.

Ketika lo berusaha untuk memahami. orang-orang malah berlagak gak peduli.

Ketika yang lo butuhkan saat pandemi ini adalah cinta kasih, yang lo dapet malah perasaan sendiri dan terisolasi.

Pernah ngerasain, gan?



Jawabannya pasti PERNAH. Gue punya study-nya kok jadi pernyataan gue ini punya dasar yang kuat. nih kutipannya:

Quote:


Study ini bilang kalau di tahun 2018, setengah dari 20 ribu orang dewasa di US sering atau selalu merasa sendiri. 40% dari partisipan survey ini bahkan merasa sendiri walaupun sedang menjalin hubungan dengan orang lain. Hasil study ini jelas memberi gambaran kalau 1 dari 2 orang di US ditahun 2018 bisa aja mengalami kesepian. Masalah terus berlanjut ketika kesepian ini bisa mengakibatkan gangguan kesehatan mental dan fisiklewat kebiasaan-kebiasaan yang lahir dari perasaan sepi (contoh: ngerokok atau minum alkohol).

Itu baru ditahun 2018, semua semakin berbahaya ketika diawal tahun 2020 dunia dilanda pandemi dari virus corona yang mengakibatkan menurun dengan drastisnya jumlah sosial interaksi yang terjadi dikehidupan sehari-hari. Isolasi kehidupan akibat pandemi virus jelas menimbulkan perasaan sepi dan katanya hal ini bahkan 2 kali lebih berbahaya terhadap kesehatan mental dan fisik dibandingkan obesitas (Perspectives on Psychological Science, Vol. 10, No. 2, 2015).

Yang jadi masalah berikutnya adalah, kesepian katanya juga bisa dialami oleh orang-orang ketika mereka sedang berkumpul dengan orang lain (kayak di ruang kerja, di kelas, bahkan ketika berada dirumah bersama pasangan atau anak). Dari fakta ini terlihat kalau kesepian gak cuma berhubungan dengan isolasi atau penutupan diri. Kesepian ternyata lebih didefinisikan sebagai level kepuasaan seseorang terhadap "hubungannya" dengan orang lain dan persepsi mereka terhadap isolasi sosial.

Ngeri banget gak sih?
emoticon-Takut

Quote:


Itu belum seberapa, gue udah rangkum dibawah beberapa study untuk memperjelas apa aja dampak dari perasaan sepi yang secara konstan menyerang kesehatan mental dan fisik. silahkan kalian tinggal baca aja.

Quote:


Study dari American Cancer Societymenunjukkan bahwa isolasi sosial pada 580.000 orang dewasa meningkatkan resiko kematian premature (mati diusia muda) dari semua penyebab pada semua RAS. Study pada partisipan berkulit hitam menunjukkan kalau isolasi sosial menggandakan resiko mati muda sementara data pada partisipan berkulit putih menunjukkan peningkatan resiko tersebut dari 60% menjadi 84%.

emoticon-Takut emoticon-Takut

Quote:


Study tahun 2016 oleh Newcastle University
menemukan bahwa kesepian berhubungan dengan 30% resiko peningkatan stroke atau coronary heart disease.

emoticon-Takutemoticon-Takut

Quote:


Study dari Florida State University of Medicine menunjukkan kalau kesepian berhubungan dengan peningkatan resiko demensia (pikun) sebesar 40%.

emoticon-Takutemoticon-Takut

Quote:


Study tahun 2015 oleh Steven Cole, seorang profesor dari University of California,menunjukkan kalau leukosit pada pasien yang kesepian menunjukkan peningkatan ekspresi dari gen yang terlibat pada reaksi inflamasi dan penurunan ekspresi yang berhubungan dengan respon antivirus. Singkatnya, kesepian bisa menurunkan sistem imunitas seseorang.

Makin keder gak kalian?

emoticon-Takut

Quote:


Berita buruknya masih berlanjut gaes. Para peneliti bilang cara mengatasi kesepian ini belum ditemukan secara pasti karena penyebab kesepian yang timbul pada tiap orang itu berbeda-beda. Cara terbaik untuk melawan rasa sepi sementara ini adalah dengan mengenal diri sendiri.

Kenapa mengenal diri sendiri bisa mengatasi kesepian? karena dengan lo kenal dan sayang dengan diri lo sendiri, kemanapun lo pergi lo gak bakal ngerasa sendiri. Lo tau mana yang bisa bikin lo seneng, lo tau mana hal yang berbahaya buat keselamatan lo, dan lo tau kalau lo pada akhirnya gak punya siapa-siapa lagi selain diri lo sendiri.

Masalahnya adalah, mengenal diri sendiri itu susaaah. Ada banyak perdebatan tentang jawaban dari pertanyaan "WHO AM I" dikalangan para peneliti. Sekarang bayangin dulu lo disuruh jawab pertanyaan ini:

Lo siapa?

Dah itu aja. Bingung kan jawabannya gimana? untuk mempermudah memahami pertanyaan "Siapa sih diri kita sebenernya?" para peneliti sepakat untuk menggunakan metoda "SHIP OF THESEUS" yang bakal gue jelasin dibawah. coba simak dulu.

emoticon-cystg emoticon-cystg

WHO AM I?



Selama sejarah hidup manusia, ada satu pertanyaan sederhana yang berhasil membuat para sastrawan dan filosopher mati gaya. Sebuah pepatah Yunani kuno di Temple Of Apollo yang bertuliskan "KNOW THYSELF"  sampai sebuah judul lagu "Who Are You" dengan gablang mempertanyakan maksud dari pertanyaan ini.  Para filosoper, psikologis, akademisi, artis, ilmuwan, dan politisi, semua mencari tahu jawaban dari pertanyaan yang sama tentang siapa identitas mereka sebenarnya. Semua orang berhipotesa tapi gak ada satupun konsensus yang tercapai. Apa yang sebenernya menjadi masalah dalam mencari jawaban pertanyaan "Who am I"? Gak adakah satupunorang pintar dan kreatif yang bisa menjawab pertanyaan tersebut?

Satu tantangan yang jelas ada di pertanyaan ini adalah tentang kompleksitas dari persistensi identitas. Gue bedah satu-satu elemen pertanyaannya sekarang.

Quote:


Sejarah dari "Ship of Theseus"



Dahulu kala hidup seorang raja yang berhasil menemukan kota Athena pertama kali karena berhasil memenggal kepala Minataur sendirian. Raja ini dikenal dengan nama Theseus. Diceritakan bahwa setelah berhasil mengalahkan Minotaur, Theseus kembali ke Athena dengan  berlayar menggunakan sebuah perahu. Untuk mengenang kemenangan Theseus, penduduk athena selama 1000 tahun terus memaintain dan menjaga kapal ini dipelabuhan dan setiap tahun diadakan perayaan untuk mengenang kembali pelayaran Theseus menggunakan kapal tersebut.

Setiap ada bagian kapal yang rusak, bagian kapal tersebut akan langsung direnovasi dan diganti dengan bagian yang baru dan identik satu sama lain. Pada akhirnya setelah 1000 tahun, tidak ada bagian yang benar-benar asli dikapal Theseus. Plutarch lalu menggunakan kapal Theseus sebagai contoh dari paradok filosofikal yang berhubungan dengan "Persistence of Identity"

Pertanyaannya: Kok bisa sih semua bagian dari satu hal digantikan tapi mereka tetap satu identitas yang sama?

Quote:




Apa hubungannya teori yang barusan gue jelasin dengan pertanyaan "Who am I"? Jawabannya gini. Mirip seperti kapal Theseus, gue dan kalian semua adalah sebuah bentuk representasi dari sesuatu yang terus berubah secara fisik, pikiran, emosi, bahkan lingkungan. Semua berubah secara konstan dari waktu ke waktu. Tapi setelah semua perubahan yang terjadi, gue ya tetap gue, lo tetep lo. kita semua tetap dikenal sebagai satu pribadi yang sama.

Quote:


SETELAH KENAL DIRI SENDIRI TERUS APA???? emoticon-Mad (S)



Gini bray, setelah lo kenal diri lo sendiri, lo sayang sama diri lo sendiri, dan lo peduli sama diri lo sendiri, terus buat apa lagi lo mencari perasaan merasa dikenal, merasa disayang, dan merasa dipedulikan dari orang lain?

Bentuk rasa sayang kediri sendiri itu gimana? ya bayangin aja lo sayang sama orang lain gimana rasanya.

Quote:


Bukannya perasaan itu yang kita cari dari interaksi sosial? perasaan dipahami, disayang, dan dipedulikan? kalau tanpa orang lain pun kita bisa dapet perasaan tersebut, buat apa kita mencari eksistensi orang lain untuk menemani kita?

Jadi lo semua kesepian? tandanya lo semua belum kenal dan sayang sama diri lo sendiri.

Sebagai penutup nih gue kasih lagu persembahan mod @gembelngehe

Quote:


Gue pamit.
Sampai ketemu dikolom komentar gaes.


Sumber: youtube, google, study ini


Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :







Diubah oleh rendyprasetyyo 29-06-2020 10:23
c4punk1950...liramarlindaadelianzw
adelianzw dan 36 lainnya memberi reputasi
37
6.9K
193
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.