sip123
TS
sip123
Jepang Yang Dulu Bukanlah Yang Sekarang | Restorasi Meiji


Spoiler for sorry gan kalo:


halo gan/sis kembali di thread saya, kali ini kita akan membahas tentang jepang gan.
jadi dulu jepang tuh ga seperti sekarang yang terkenal canggih dengan teknologinya
gan, kalo disandingkan sekarang seperti negara korut karena sama-sama tertutup soalnya. ok daripada penasaran langsung bahas gan tanpa basa-basi emoticon-Ngacir

berakhirnya era Tokugawa (Edo), sejak kapal Amerika yang memaksa masuk ke jepang membuat rakyat jepang menyadari mereka sangat kuno dalam segi teknologi dibanding dunia barat. Bermunculan kelompok pemberontak yang ingin memodernisasi jepang seperti negara-negara di barat, ketika pemberontakan ini berhasil segera diangkatnya Kaisar Mutushito.

Dalam kepemimpinan kaisar satu ini, sistem pemerintahan dibuat seperti negara barat, dimulai dari pembagian kekuasaan eksekutif, yudikatif, dan legislatif. Dengan pemegang kekuasaan yaitu Kaisar dan Perdana Menteri yang menjalankan pemerintahan, sistem wilayah yang dari domain diubah menjadi prefektur.

Jepang yang ingin segera menjadi negara modern, melakukan berbagai revolusi dalam berbagai bidang, seperti mendatangkan lebih dari 3000 tenaga ahli dari luar negeri untuk mengajari sains, bahasa asing, dan teknologi serta mengirim ribuan pelajar ke luar negeri.

Untuk menyokong industri dan mobilitas yang semakin maju, dibuatlah jalur kereta api sepanjang 1400 mil ( 1872 - 1890 ) dan jaringan telegraf  yang menghubungkan kota-kota besar pada 1880. Perusahaan swasta pun didukung oleh pemerintah dan dibantu instansi perbankan bergaya eropa pada 1882.

Jepang yang semakin dilihat oleh dunia barat ingin memperluas wilayah dan menaikan martabat di kalangan internasional, dimulai dengan memodernisasi angkatan militer dengan mengirim delegasi untuk mempelajari militer di eropa yaitu Inggris dengan membeli dua galangan kapal. Jepang pun mulai terlibat dalam perang dan ekspansi wilayah, perang terbuka dengan Cina yang diakhiri perjanjian damai di Shimonoseki dan pengakuan Cina terhadap kemerdekaan Korea. kemudian pada 1902 Jepang bekerja sama dengan Inggris untuk menumpas Rusia, pada 1904, jepang menyerang Rusia karena tidak memenuhi janjinya menarik pasukannya dari Manchuria yang akibatnya armada Rusia dihancurkan di Laut Jepang, diakhiri perjanjian damai di Porstmouth (1905 ). serta belanjutnya ekspansi wilayah ke Korea, Cina, negara Asia lainnya, dan telibat dalam perang dunia satu dan dua.

Spoiler for Note:

Spoiler for jangan lupa gan:

Spoiler for Bagi cendolnya gan:


Sumber
12 3






Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh sip123 21-05-2020 05:20
woodp3ckerrendysuneogbestakesiangan.
bestakesiangan. dan 204 lainnya memberi reputasi
203
12.5K
214
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.