mahkotax.putraAvatar border
TS
mahkotax.putra
Baru Permasalahkan Audisi PB Djarum, KPAI ke Mana Saja?
https://m.detik.com/sport/raket/d-46...785.1489048289



Jakarta - Komisi Perlindungan Anak Indonesia mempersalahkan Audisi Umum PB Djarum, yang sudah digelar sejak 2006, dengan alasan eksploitasi anak. Ke mana saja KPAI?

KPAI, bersama Yayasan Lentera Anak, mempersalahkan Audisi Umum bulutangkis PB Djarum. Lembaga pemerintah dan LSM itu menuding Djarum, produsen rokok, mengeksploitasi tubuh anak demi kepentingan promosi.

Yang menjadi landasan KPAI dan Lentera Anak adalah UU Perlindungan Anak Nomor 35 Tahun 2014 tentang penggunaan badan anak sebagai eksploitasi dan Peraturan Pemerintah nomor 109/2012 tentang rokok sebagai zat adiktif berbahaya.

Audisi Umum PB Djarum sendiri sudah digelar sejak 2006. Banyak pebulutangkis top lahir, dari Kevin Sanjaya Sukamuljo hingga yang terbaru Leo Rolly Carnando, yang menjuarai Kejuaraan Dunia Bulutangkis Junior 2018 di Kanada.

Audisi Umum itu digagas PB Djarum, klub bulutangkis yang sudah beroperasi sejak 1969. Klub tersebut, seperti diketahui, banyak menghasilkan legenda bulutangkis, mulai dari era Liem Swie King hingga Tontowi Ahmad.

Tontowi pun angkat suara menanggapi polemik ini. Peraih medali emas Olimpiade 2016 itu bercerita bagaimana ia menerima pelatihan bulutangkis dari Djarum.

"Sangat disayangkan. Saya kan atlet binaan Djarum, saya merasakan juga, sebagai orang kampung, untuk akses ke klub besar itu kan sulit tesnya jika tanpa audisi. Sekarang, kalau audisi ditiadakan jadinya kan sulit juga," kata Tontowi saat dihubungi pewarta, Selasa (9/9/2019).

"Kami (sebagai atlet) kalau mau ke klub besar, dari kampung itu ke mana? aksesnya lewat mana?" dia menambahkan.



Tontowi menilai, audisi memudahkan banyak yang sulit menggapai cita-cita menjadi atlet bulutangkis. Mulai dari pembiayaan hingga mendapat fasilitas. Tak lupa, Tontowi menekankan, PB Djarum juga melarang atlet-atletnya bersinggungnya dengan rokok, sekalipun semuanya didapat dari Djarum Foundation.

"Banyak. Kami yang harusnya bayar, jadi tak bayar. Itu keuntungan materi. Keuntungan yang kedua Djarum pelatihnya bagus, sarana bagus. Jadi menurut saya masuk ke sana tak ada rugi dan negatifnya. Semua tergantung diri sendiri. Makan itu, saya sangat menyayangkan karena audisi ini kan sudah berlangsung sejak lama," kata Tontowi.

"Dari zaman saya dulu nggak ada tuh masalah rokok-rokok begitu. Saya anggap Djarum ya itu bulutangkis. Lagipula, di Djarum, itu atlet-atlet dilarang merokok karena bisa dikeluarkan. Saya saja (yang sudah di pelatnas) kalau merokok bisa dihukum, dikeluarin juga. Jadi klub itu tak pernah menekankan atlet-atlet untuk merokok, mereka justru melarang."

"Seperti yang saya jelaskan tadi, (penghentian ini) sama saja mengubur mimpi anak-anak. Apalagi saya orang kampung, ya mau bagaimana, badminton mau lewat mana, karena aksesnya sedikit kan," jelas pria yang akrab disapa Owi ini.


Tontowi pun mempertanyakan sikap KPAI yang baru mempermasalahkan Audisi Umum PB Djarum, yang sudah digelar sejak 2006. Tontowi pun mendesak KPAI turut memberi solusi agar masalah audisi punya cara yang lebih baik.

"Pasti sedikit banyak ada efek ke regenerasi ke depan. Contoh Kevin Sanjaya, kan muncul dari audisi. Itu sudah ada contohnya, jika dihentikan mungkin ada atletnya, tapi bakal lebih sedikit," jelas Owi.

"KPAI harusnya ada solusi juga kalau menghentikan ini. Yang saya dengar kan solusinya tidak ada, harusnya ada solusi karena ini berjalan sudah lama. Kalau baru setahun, boleh lah masalah ini dipermasalahkan," ujarnya.
_______________________

Biasa ngurus ecek-ecek ngeblur shizuka, pentil sapi malah ngrusak tradisi juara emoticon-Big Grin

Menarik ki yen ono sponsor soko saingan bisnis tembakau emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Dididik dadi berprestasi gowo jeneng negoro dianggep eksploitasi, malah bocah le dianggeo artis cilik le ben dino suting sinetron ora dianggep eksploitasi emoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

Quote:



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Diubah oleh mahkotax.putra 10-09-2019 00:29
Mindhaze
darwinsilb
Madthink
Madthink dan 9 lainnya memberi reputasi
10
5.2K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.