- Beranda
- The Lounge
Mau Belajar Mobil ? Nih Caranya !!
...
TS
ryansyahaha
Mau Belajar Mobil ? Nih Caranya !!
Quote:
Alhamdulillah HT
Makasih Momod Dan Kaskuser
Makasih Momod Dan Kaskuser
Quote:
Makasih Juga Buat Yang Udah Ngasih Isi Kulkas
Yang Mau Nambahin Ditunggu Loh
Yang Mau Nambahin Ditunggu Loh
Bismillah
Quote:
Meneyetir mobil merupaka salah satu keahlian yang akan sangat berguna untuk kehidupan kita sendiri, namun untuk dapat menyetir mobil bisa dibilang gampang-gampang susah. Maka dari itu saya ingin share tentang Cara Menyetir Mobil Untuk Pemula berdasarkan pengalaman saya .
Persiapan !!
Quote:
1. Mental
Pada saat ingin belajar mengendarai mobil, kamu harus siap mental terlebih dahulu, karena mengendarai mobil (terutama belajar) membutuhkan mental dan fokus yang besar.
Quote:
2. Guru
Setelah kamu merasa siap, Carilah guru yang akan mengajarimu dan harus orang yang benar benar sudah menguasai menyetir mobil, jadi dia bisa membantu kamu atau menjawab semua pertanyaanmu.
Quote:
3. Kenali Mobil
Kamu harus tau dan paham terlebih dahulu mengenai teori mobil itu sendiri, berupa apa saja hal pertama yang kamu lakukan saat naik mobil, apa fungsi alat-alat yang ada di dashboard, menghafal pedal gas-rem-kopling (PENTING)!!
Quote:
4. Watch And Learn!
Nah, jika kamu sudah menguasai tentang teori mobilnya , maka kamu bisa langsung mulai belajar. Sebaiknya dijalan sepi atau lapangan, dan selama perjalanan kesana (tempat latihan) kamu harus perhatikan baik baik bagaimana cara 'guru'mu menyetir mobil, dan jangan malas bertanya!
Mulai !!
Quote:
Jalan
- Untuk pemula, hal yang pertama harus diperhatikan saat masuk kemobil adalah posisi tempat duduk. Aturlah posisi tempat duduk kamu sesuai panjang kaki kamu, agar nyaman dan gak cepat pegel.
- Jangan lupa pakai sabuk pengaman ya!
- Selanjutnya membaca doa, ini penting! agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.
- Mulailah menyalakan mesin mobil.
- Injak pedal Kopling sampai habis lalu mulai masukkan gigi terendah.
- Setelah anda memasukan gigi terendah, angkat pedal kopling perlahan kopling sampai setengah, lalu injak gas secara perlahan, Jangan lepaskan kopling sampai laju mobil normal.
- Setelah mobil dirasa jalan dengan normal mulailah mengganti gigi -Injak Kopling sampai habis- lalu oper gigi ke gigi 2 dan angkat pedal kopling secara perlahan sambil tetap menginjak gas secara perlahan juga.
- Lakukan cara diatas untuk setiap pergantian gigi.
- Jangan lupa rem mobil secara perlahan juga, agar mobil tidak berhenti mendadak dan mati.
- Injak pedal rem secara bertahap diikuti oleh pedal kopling untuk menghindari mobil mati saat mengerem.
- Pergantian gigi dilakukan sesuai kondisi jalan. Jika mobil bebas hambatan silahkan naikan gigi, jika mobil harus berjalan pelan silahkan
turunkan gigi.
Quote:
Stir
- Saran saya mulailah dengan belajar di jalan sepi
- Jangan terlalu sering memainkan stir, karena pergeseran sedikitpun akan sangat berdampak pada posisi mobil
- Belajar untuk menyusuri jalan yang berbelok (agar terbiasa)
- Saat berbelok, turunkan kecepatan dan oper perneling kamu jika mobil melambat
- Lihat spion kanan dan kiri , pastikan tidak ada kendaraan lain dibelakang kamu yang dapat menyebabkan keadaan bahaya.
- Belokan stir secara perlahan, Jangan terlalu dalam saat membelokan setir.
- Putar balik posisi stir keposisi semuala saat kaca depan mobil sudah membelok.
- Jangan tunggu sampai kaca depan mobil lurus dengan jalan, karena ban mobil akan terus mengarah ke arah stir dan itu akan berbahaya.
- Kendalikan setir dengan 2 tangan! agar posisi stir tetap stabil.
Quote:
Sabar
- Dalam menyetir mobil hal paling diutamakan dalah kesabaran
- Jangan samakan mobil dengan saat mengendarai motor.
- Tidak boleh asal menyalip kendaraan, harus perhatiakan ; Kiri,kanan,belakang.
- Selalu nyalan lampu sen walaupun hanya untuk menghindari kendaraan yang parkir dipinggir jalan, agar kendaraan dibelakang tidak kaget dan menyebabkan kecelakaan.
Quote:
Tekun
Dalam belajar mengendai mobil, kita tidak bisa sekali latihan langsung membawa mobil sendiri. Perlu adanya latihan yang konsisten dan niat belajar yang tinggi sehingga akan terbentuk sebuah jam terbang yang yang secara alami akan melatih Feeling kamu dalam mengendarai mobil
Quote:
Saran TS
Saran saya gunakan jasa sekolah / kursus mengendarai, karena selain orang yang lebih kompeten, kita juga akan diarahkan langsung di Jalan raya sehingga kita akan lebih cepat paham bagaimana menghadapi situasi jalan raya yang tentu akan sangat berbeda dengan lapangan atau jalan sepi. Dilengkapi mobil yang sudah dimodif jadi proses belajarpun akan lebih cepat dan aman. Tapi tentu saja harga yang harus dibayar lumayan mahal.
SUMBER !!!
Niatnya buat UPDATE
tapi sudah ada yang nanya
kalu begitu sekalian aja
tapi sudah ada yang nanya
kalu begitu sekalian aja
Quote:
Pertanyaan Kaskuser
Quote:
Quote:
Original Posted By thegreatsaiya►Tips di tanjakan gmn gans?
mau injek gas kan lepas rem, eh malah mundur.
mau injek gas kan lepas rem, eh malah mundur.
Untuk menghindari mobil mundur saat nanjak :
- Pada saat tanjakan dan macet hal yang harus dilakukan adalah injak rem dan kopling
- Atur Persneling pada posisi gigi 1
- Saat akan jalan, angkat pedal kopling setengahnya sambil tetap menahan rem SAMPAI terasa getaran dimobil ( itu artinya kopling sudah memiliki cukup tenaga untuk tidak mundur)
- Jika sudah terasa getaran, pindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas sambil tetap menahan posisi kopling
- Injak gas untuk memberi tenaga sambil tetap menahan posisi kopling setengah.
- Rem jika mobil didepan berenti.
- Lakukan hal yang sama jika berentinya masih ditanjakan
Jika kedaan macet ditanjakan mengharuskan kendaraan kamu berhenti, sebaiknya gunakan REM TANGAN.
NB: Makasih yang sudah pada ngingetin.
Semoga membantu ^^
Baca juga Biar Mobil Gak Mati Saat Diam
Quote:
Quote:
Original Posted By idung.pesek►Makasih ya gan tipsnya ane jg blm bisa setir mobil msh bingung utk penggunaan kopling, rem & gas saat jln menanjak & menurun. Oiya gan saat mobil bergerak pd posisi gigi 1-3 apa kopling msh diinjak berbarengan dgn gas?
Penahanan Kopling yang berbarengan dengan gas itu hanya kalau mobil pelan atau keadaan jalan macet, fungsinya agar mobil tidak mental. tapi kalo jalan sudah lega dan sudah bs masuk gigi tiga, penggunakaan kopling hanya untuk pergantian gigi setelah ter-oper lepaskan kopling secara perlahan. Justru akan menyebabkan kerusakan pada kopling jika terus-terusan diinjak saat jalan normal . CMIWW
Quote:
Quote:
Original Posted By k1iler►Mau tany nih gan, misal kita lg di posisi gigi 3 trus tau-tau di depan ada kemacetan, kan jd kita harus ikut berhenti. Nah itu kita ngoper giginya bertahap 3-2-1-N apa bisa langsung ke N?
Maap gan kalo pertanyaannya konyol, ane jg lg mau belajar nyetir soalnya
Maap gan kalo pertanyaannya konyol, ane jg lg mau belajar nyetir soalnya
Bisa gan , langsung aja di netralin (N(Tengah)) , jadi gk perlu nurunin 1per 1 dulu
Tambahan
Quote:
Original Posted By flankerbomber►
bisa lgsg ke N gan. tp saran saya kl di posisi gigi 3 injek dulu rem nya sampai kecepatan nya 20-30km/h baru di injek kopling atau di N.. use your engine brake, kl lgsg di N bakal cepat habis kampas rem dan kl pas turunan bisa bahaya gan, laju mobil bisa ga ketahan.
bisa lgsg ke N gan. tp saran saya kl di posisi gigi 3 injek dulu rem nya sampai kecepatan nya 20-30km/h baru di injek kopling atau di N.. use your engine brake, kl lgsg di N bakal cepat habis kampas rem dan kl pas turunan bisa bahaya gan, laju mobil bisa ga ketahan.
Quote:
Quote:
Original Posted By indry87►Mantap gan.... Pernah belajar sekali dan bingung koordinasi antara rem n gas. Secara 1kaki buat 2 pedal :-D . Akhirnya sering mati dah mesinnya.
Bisa dijelasin secara detail gan cara nya ngerem? hehehehe.... Kakinya itu lho yang saya bingung.
Bisa dijelasin secara detail gan cara nya ngerem? hehehehe.... Kakinya itu lho yang saya bingung.
Untuk cara nge-Rem :
Dalam keadaan mobil sedang kencang, jika kendaraan didepan masih jauh jangan langsung menginjak rem
Lepaskan dahulu gas biarkan berjalan sendiri sampai cukup jarak lalu injak rem perlahan lahan
Lepaskan rem lalu injak lagi sampai kecepatan menurun secara teratur
Fungsingnya mengindari mobil berhenti mendadak dan mati.
Jika sudah dekat dan semakin melambat, jangan lupa injak pedal kopling
Oper gigi ke yang lebih rendah. Jika ingin berenti langsung netralkan gigi saja.
Jika kendaraan didepan tiba tiba rem mendadak dan tidak ada waktu untuk melambatkan kendaraan, sebaiknya kamu langsung menginjak pedal rem.
Tetapi jangan langsung dihabiskan, usahakan tetap berkala (Injak-Lepas-Injak) sambil menginjak pedal kopling.
Bisa juga menggunakan rem tangan.
Lihat Sumbernya gan DISINI
Semoga membantu ^^
Quote:
Quote:
Original Posted By yudith989►mau tanya juga dong, agan2 disini kalo pindah gigi ngeliat rpm atau sesuai perasaan? kalo liat rpm, pas rpm berapa gan? makasih
Kalo saya pake perasaan aja gan kalo mobil berjalan makin cepat maka naikin giginya, kalo melambat ya turunkan. begitu aja
Tambahan PENTING!
Quote:
Quote:
Quote:
Original Posted By fanzen►jgn lupa belajar parkir pararel sama mundur, ente blm bisa nyetir kalo blm bisa parkir
saran aja, kalo ditanjakan mending pake rem tangan. jangan keseringan setengah kopling
saran aja, kalo ditanjakan mending pake rem tangan. jangan keseringan setengah kopling
Tunggu update-an nya ya
Quote:
Quote:
Original Posted By khiarshop►maaf nih gan ente belajar mobil jadul apa baru
Mobil baru gak usah injak gas pas awal jalan. angkat kopling pelan2 juga udah maju kok. Pokoknya kalo mau injak gas fikir 2 kali perlu apa nggak, kalo mau irit bahan bakar apalagi pas kecepatan rendah mendingan mainin kopling sama gigi. injak gas dikit2 aja.
nambahin info: Mobil kekinian udah ada indikator naik atau turun gigi biar lebih irit. indikator eco juga bisa dijadikan patokan saatnya naikin gigi atau turunin gigi
trus pas di tanjakan mendingan pake rem tangan biar lebih aman dan mencegah mundur. Dari rem sama kopling ente tarik rem tangan, rem angkat aja. main di kopling sama gas sampe mobil udah sedikit maju, pas udah maju lepas rem tangan
kalo gantian rem sama gas risiko mundur nya gede. ane udah coba berkali2 mendingan pake kombinasi rem tangan-gas-kopling soalnya feeling pindah dari rem ke gas nya agak susah
Mobil baru gak usah injak gas pas awal jalan. angkat kopling pelan2 juga udah maju kok. Pokoknya kalo mau injak gas fikir 2 kali perlu apa nggak, kalo mau irit bahan bakar apalagi pas kecepatan rendah mendingan mainin kopling sama gigi. injak gas dikit2 aja.
nambahin info: Mobil kekinian udah ada indikator naik atau turun gigi biar lebih irit. indikator eco juga bisa dijadikan patokan saatnya naikin gigi atau turunin gigi
trus pas di tanjakan mendingan pake rem tangan biar lebih aman dan mencegah mundur. Dari rem sama kopling ente tarik rem tangan, rem angkat aja. main di kopling sama gas sampe mobil udah sedikit maju, pas udah maju lepas rem tangan
kalo gantian rem sama gas risiko mundur nya gede. ane udah coba berkali2 mendingan pake kombinasi rem tangan-gas-kopling soalnya feeling pindah dari rem ke gas nya agak susah
Ya memang untuk setelan kopling berbeda-beda gan sesuai mobil itu sendiri , disini ane share berdasarkan pengalaman ane
Nice Info Gan
Quote:
Quote:
Original Posted By irwanshohibi►Tambahan aja sih
Udah bisa nyetir, sekarang ltihan kalo mogok krna efek accu yg rendah dayanya.
Posisikan kontak ke posisi "on".
Pertama injak kopling dan tahan, oper ke gigi 3
Suruh orang dorong yg kuat dan kenceng jika udah 5-10 meter lepas kopling (jgn full), dan injak gas digeber geber.
Jika mobil tdk bs nyala, lakukan lagi.
Jika tetap tdk bs, serahkan ke yg ahlinya.
Pejwan bray
Udah bisa nyetir, sekarang ltihan kalo mogok krna efek accu yg rendah dayanya.
Posisikan kontak ke posisi "on".
Pertama injak kopling dan tahan, oper ke gigi 3
Suruh orang dorong yg kuat dan kenceng jika udah 5-10 meter lepas kopling (jgn full), dan injak gas digeber geber.
Jika mobil tdk bs nyala, lakukan lagi.
Jika tetap tdk bs, serahkan ke yg ahlinya.
Pejwan bray
Quote:
Quote:
Original Posted By beyourself11►
pertama kali belajar mobil tahun 2011 gue waktu itu masih berumur 14 taon, dan langsung bawa dump truk dyna , persenelingnya beda loh ama mobil - mobil oto...
Yang ini arahnya kebalikannya.
Kira kira system persenelingnya kaya gini :
Kiri - Kebelakang = Gigi 1
Kiri - Kedepan = Gigi 2
Tengah - Kebelakang = Gigi 3
Tengah - Kedepan = Gigi 4
Kanan - Kebelakang = Gigi 5
Kanan - Kedepan = R atau Mundur.
Gua juga pernah nyoba nyoba bawa Truk besar atau Lohan bak panjang (HINO). System persenelingnya sama kaya dump truk tadi cuma giginya 6 dan untuk gigi mundurnya kanan-kanan-kebelakang, setelah gigi 6.
Kopling dilepas setengah baru di gas, supaya gak loncat, kalo mau oper gigi harus di injek full koplingnya terus oper gigi, baru dilepas lagi koplingnya, sampe ada bunyi anginnya "cessss" kalo gak gitu gak bisa ngoper gigi makanya jangan suka kesel kalo nemu mobil mobil gede yang jalannya lama, karena ngoper giginya ribet dan butuh kesabaran
Ngerem di prioritaskan pake rem angin supaya kampas gak aus, (rem mesin kaga begitu nahan)
Jadi ngeremnya gak bisa spontan, para drivers yang lain jangan pernah ngerem mendadak didepan
truk truk besar apalagi jaraknya berdekatan! BAHAYA!
Seret pejwan plisss, ane kasih cendol nehh
pertama kali belajar mobil tahun 2011 gue waktu itu masih berumur 14 taon, dan langsung bawa dump truk dyna , persenelingnya beda loh ama mobil - mobil oto...
Yang ini arahnya kebalikannya.
Kira kira system persenelingnya kaya gini :
Kiri - Kebelakang = Gigi 1
Kiri - Kedepan = Gigi 2
Tengah - Kebelakang = Gigi 3
Tengah - Kedepan = Gigi 4
Kanan - Kebelakang = Gigi 5
Kanan - Kedepan = R atau Mundur.
Gua juga pernah nyoba nyoba bawa Truk besar atau Lohan bak panjang (HINO). System persenelingnya sama kaya dump truk tadi cuma giginya 6 dan untuk gigi mundurnya kanan-kanan-kebelakang, setelah gigi 6.
Kopling dilepas setengah baru di gas, supaya gak loncat, kalo mau oper gigi harus di injek full koplingnya terus oper gigi, baru dilepas lagi koplingnya, sampe ada bunyi anginnya "cessss" kalo gak gitu gak bisa ngoper gigi makanya jangan suka kesel kalo nemu mobil mobil gede yang jalannya lama, karena ngoper giginya ribet dan butuh kesabaran
Ngerem di prioritaskan pake rem angin supaya kampas gak aus, (rem mesin kaga begitu nahan)
Jadi ngeremnya gak bisa spontan, para drivers yang lain jangan pernah ngerem mendadak didepan
truk truk besar apalagi jaraknya berdekatan! BAHAYA!
Seret pejwan plisss, ane kasih cendol nehh
Nice share gan untuk pengetahuan seputar 'Mobil Monster'
Quote:
Quote:
Original Posted By alibaba123►Bro mau koreksi teknik rem yg di page 1
Teknik "injak-lepas-injak…dst" berlaku buat mobil2 jadul yg belum punya fitur ABS
Klo mobil yg uda ada fitur ABS, wajib injak terus pedal remnya. Karena proses "injak-lepas" dikerjakan oleh ABS. Klo tetep maksa make injak lepas yg ada bakalan nyeruduk
Jadi kenalilah kendaraan sebelum berkendara
Teknik "injak-lepas-injak…dst" berlaku buat mobil2 jadul yg belum punya fitur ABS
Klo mobil yg uda ada fitur ABS, wajib injak terus pedal remnya. Karena proses "injak-lepas" dikerjakan oleh ABS. Klo tetep maksa make injak lepas yg ada bakalan nyeruduk
Jadi kenalilah kendaraan sebelum berkendara
Yup karena ini 'menurut saya'
dan maka dari itu salah satu persiapan penting adalah 'KENALI MOBIL'
makasih gan koreksinya
Quote:
Quote:
Original Posted By zaro.zaro►Ane tambahain sedikit tips gan..
Jangan sekali kali menginjak rem dengan kaki kiri pada saat kecepatan tinggi atau rendah, karena tekanan yang kita rasakan saat menginjak rem pada kaki kiri akan berbeda dengan kaki kanan, kaki kanan akan bisa menginjak rem dengan perlahan sedangkan dengan kaki kiri akan menyebabkan rem yang diinjak akan langsung habis yang menyebabkan mobil berhenti mendadak, hal ini akan menyebabkan bahaya tabrakan beruntun.
tips ini berlaku untuk mobil automatic maupun manual
Jangan sekali kali menginjak rem dengan kaki kiri pada saat kecepatan tinggi atau rendah, karena tekanan yang kita rasakan saat menginjak rem pada kaki kiri akan berbeda dengan kaki kanan, kaki kanan akan bisa menginjak rem dengan perlahan sedangkan dengan kaki kiri akan menyebabkan rem yang diinjak akan langsung habis yang menyebabkan mobil berhenti mendadak, hal ini akan menyebabkan bahaya tabrakan beruntun.
tips ini berlaku untuk mobil automatic maupun manual
Mantap Gan
Quote:
Quote:
Original Posted By superusercloth►nambahin gan. moga belum repsol. yang gak kalah penting sebelum menyalakan mobil adalah:
pastikan posisi gigi netral.
karena kalau ternyata masuk gigi satu misalnya, meskipun rem tangan aktif, mobil bakal melompat ke depan ketika di-starter. taro pejwan kalo berkenan
pastikan posisi gigi netral.
karena kalau ternyata masuk gigi satu misalnya, meskipun rem tangan aktif, mobil bakal melompat ke depan ketika di-starter. taro pejwan kalo berkenan
Makasih gan
UPDATE!!!
Quote:
Cara Parkir Paralel :
Cara Parkir Paralel :
- Perhatikan! ruang parkir harus lebih besar dari mobil kamu. Sejajarkan posisi kamu dengan mobil didepan ruang parkir yang kosong itu.
- Masukkan gigi mundur (R), kemudian putar setir ke sisi arah tempat parkir. Mundurkan perlahan.
- Perhatikan sudut bagian belakang mobil yang parkir, jangan sampe tersenggol.
- Saat posisi mobil sudah miring, luruskan setir sambil mundur perlahan.
- Ketika hampir mendekati pinggiran ruang parkir, putar balik setir ke arah luar, sambil mundur perlahan.
- Pindahkan ke gigi 1 atau D (transmisi otomatis), belokkan setir ke sisi dalam untuk meluruskan posisi ban mobil.
- Bila perlu, mundurkan kembali mobil hingga antara mobil depan dan mobil belakang sama jaraknya.
Untuk CARA PARKIR MOBILyang lain, bisa dilihat Disini >>>> CARA PARKIR MOBIL
UPDATE 2!!!
Quote:
Thanks kepada agan master.obiwankarena membantu saya membuat konten Update kali ini
Cara Putar Balik
- Ambil posisi agak ke kiri, acuannya ban depan kiri dekat dengan marka tengah jalan.
- 10-20 meter sebelum U-Turn udah wajib gigi satu.
- PENTING. Ketika driver sejajar dengan titik putar balik, segera putar kemudi kekanan full mentok. Jangan terlalu lama menahan posisi tersebut, cukup sampai dirasa sudah pas
- Segera putar stir ke arah kiri untuk menetralkan arah mobil.
- Jangan lupa kasih gopek ke pak ogah teruma jika membantu menahan kendaraan dari arah lain.
TIPS: Sebaiknya saat sedang memutar setir full ke kanan, kecepatan harus sangat rendah atau dlm kondisi diam jg gak apa, tujuannya agar radius putar dapat.
Bisa lihat DISINI
Semoga Membantu
Quote:
Update Cara Mengendarai Mobil Matic Bisa Dilihat DISINI
Soalnya gk dapet pertamax
Soalnya gk dapet pertamax
Quote:
Terimakasih
Semoga Thread Sederhana Ini Dapat Bermanfaat
Semoga Thread Sederhana Ini Dapat Bermanfaat
1
202.7K
Kutip
1.4K
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
925.1KThread•90.8KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya