Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
530
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54dd8ca5a1cb1720548b4570/tahun-tahun-jakarta-diserang-banjir-dashyat
Jakarta kini sedang berada pada kondisi yang sama sekali tidak mengenakkan karena hujan lebat beberapa hari yang lalu yang tak kunjung henti. Kini, banjir kembali menerjang Kota Metropolitan ini seka
Lapor Hansip
13-02-2015 12:33

Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat

Past Hot Thread
Quote:
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat

Jakarta kini sedang berada pada kondisi yang sama sekali tidak mengenakkan karena hujan lebat beberapa hari yang lalu yang tak kunjung henti. Kini, banjir kembali menerjang Kota Metropolitan ini sekan meluluhlantakkan kota. Ternyata Jakarta dan banjir yang menimbulkan banyaknya kerugian baik materiial maupun moril ini sudah menjadi cerita yang bermula sejak jaman dahulu hingga sekarang.Masalah banjir di ibu kota Indonesia ini seakan tak pernah ada hentinya. Beberapa kali banjir besar menghajar hiruk pikuknya kota besar ini. Restu Gunawan “merekam” bencana banjir yang pernah terjadi di Jakarta pada tahun 1918 dalam tulisan di bukunya “Gagalnya Sistem Kanal: Pengendalian Banjir Jakarta dari Masa ke Masa” kala itu banjir menggenangi Jakarta yang mengalami hujan 22 hari tiada henti.
Berikut 6 kali bencana banjir besar yang pernah terjadi di Ibu Kota tercinta :



Quote:
1.Tahun 1918

Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat

Hujan selama 22 hari dari Bulan Januari hingga Bulan Februari 1918 mengguyur kota. Tanggal 4 Februari, Weltreveden (kini sekitar Lapangan Benteng) terendam air. Beberapa pemukiman, seperti di Tanah Tinggi, Kampung Lima, Kemayoran Belakang, Glodok juga terendam air bah bahkan di beberap tempat ketinggian mencapai 1,5 meter.
Ribuan warga harus mengungsi karena Bendungan Sungai Grogol jebol yang mengakibatkan Batavia bagian barat juga tergenang air bah. Akhirnya rumah-rumah di Pasar Baru, Gereja Katedral, dan Molenvliet (kini Lapangan Monas) alih fungsi menjadi tempat pengungsian.

Quote:Akibat hujan yang berlangsung secara terus menerus sepanjang bulan Januari hingga Februari 1918 sebagian wilayah Batavia yang berada di dataran rendah mulai digenangi air. 4 Februari 1918, kampung-kampung di wilayah Weltevreden mulai tergenang hingga mengakibatkan arus pengungsian penduduk ke wilayah yang lebih tinggi.
14 Februari 1918, bencana banjir yang terjadi sejak pukul 09.30 malam terus meluas. Banjir mengakibatkan kerusakan beberapa ruas jalan di daerah permukiman. Gang Pacebokan (sekitar Kampung Krukut, Jakarta Barat) sudah berubah menjadi rawa lumpur. Sedangkan di daerah Cikini, banjir telah mencapai Rumah Sakit Cikini (terletak di Jl. Raden Saleh).
16 Pebruari 1918, banjir kembali datang. Harian Sin Po menulis, jam 11.00 siang, dikabarkan air sudah naik lebih tinggi dari kemarin. Dari Jembatan Santi** menuju ke Jakarta di depan Gereja Besar**, orang mesti melalui air yang naik kira-kira seukuran dengkul. Sedangkan di depan Pabrik Minyak Jakarta**, rel trem listrik terangkat dari tanah akibat balok kayu bantalannya mengambang. Jembatan listrik* di Gunung Sahari dari jauh juga mulai kelihatan bengkok.
Wilayah Gunung Sahari hampir seluruhnya terendam, kecuali sedikit di depan Gang Kemayoran. Untuk menuju Senen, orang harus berenang hingga wilayah Kalilio (jalan ini masih ada hingga sekarang dan terletak di samping terminal Senen). Sampai di Kalilio air terlihat setinggi 50 cm. Gedung kantor Marine** menjadi tempat pengungsian warga pribumi dari Gang Chambon. Gambir Wetan terendam sedikit, Kampung Pejambon sudah kerendam sejak beberapa hari. Begitu pula wilayah Gambir Lor**, Gang Secretarie dan Gang Pool** ikut terendam.
Sementara, di wilayah Batavia bagian barat, banjir terjadi akibat jebolnya bendungan Kali Grogol. Beberapa kampung seperti Kampung Tambora, Suteng, kampung Klenteng Kapuran**, berubah menjadi empang. Satu-satunya sarana transportasi yang dapat digunakan adalah sampan dan perahu kecil.
Kondisi serupa terjadi di wilayah Kampung Pesayuran** dan Kebon Jeruk. Perahu bahkan bisa berjalan di gang-gang yang biasanya digunakan sebagai jalan kereta kuda (Banjir Di Batavia-Restu Gunawan).
Akhir Februari 1918, banjir mulai surut. Keadaan Batavia berangsur-angsur normal kembali. Belajar dari pengalaman pemerintahan kolonial mulai melakukan berbagai pembenahan sistem pengendali banjir. Selain membangun beberapa infrastruktur baru, proyek pembangunan Kali Grogol, dan Pintu Air Manggarai yang dilengkapi dengan Saluran Banjir Kanal diteruskan kembali.



Quote:
2.Tahun 1979

Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat

Di tahun ini, banjir yang menggenangi Jakarta pada 19-20 januari membuat 714.861 orang terpaksa harus mengungsi. Bahkan 20 orang dinyatakan hilang karena musibah ini.
Jakarta selatan yang biasanya aman tidak tersentuh banjir kala itu harus ikut merasakan derita akibat air bah. Wilayah Pondok Pinang direndam air dengan ketinggian mencapai 2,5 meter, dari sini 3 orang dinyatakan hilang akibat banjir.



Quote:
3.Tahun 1996

Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat

Dalam “Evaluasi dan Analisis Curah Hujan sebagai Faktor Penyebab Bencana Banjir Jakarta”, Sutopo Purwo Nugroho, yang merupakan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menuliskan pada tahun 1996 Kali Ciliwung debit airnya mencapai puncak yaitu 743 meter kubik perdetik.
Pada tanggal 9-11 Februari 1996, banjir lebih besar terjadi di Jakarta, hal ini dikarenakan buruknya seluruh sistem drainase yang ada. Bahkan ketinggian banjir yang merendam Jakarta kala itu mencapai 7 meter, dan menyebabkan jatuhnya korban hingga 20 orang.



Quote:
4.Tahun 2002

Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat

Banjir yang menyerang Jakarta sejak 27 Januari hingga 1 Februari 2002 ini telah menyebabkan 42 kecamatan serta 168 kelurahan harus terendam air. Kejadian ini membuat 24.25% dari luas kota Jakarta digenangi air bah.
Sutopo Purwo Nugroho, dalam “Evaluasi dan Analisis Curah Hujan sebagai Faktor Penyebab Bencana Banjir Jakarta” mengungkapkan ketinggian air yang menggenangi Ibu Kota kita ini mencapai ketinggian 5 meter. Akibat kejadian ini, 21 nyawa tercatat menjadi korban.



Quote:
5.Tahun 2007

Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat

Bermula dari hujan yang tak kunjung henti dari tanggal 1 Februari hingga 2 Februari 2007, ditambah dengan sistem drainase yang buruk menjadi dua hal yang mampu menjadikan Jakarta direndam banjir hebat. Wilayah Jakarta yang diterjang banjir mencapai 60% dari luas kota metropolitan tersebut.
Banjir yang terjadi selama 10 hari tersebut telah menyebabkan jatuhnya 80 korban jiwa.



Quote:
6.Tahun 2013

Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat

Sejak Hari Selasa tanggal 15 Januari hingga 21 Januari 2013, banjir besar kembali mengepung Kota Jakarta. Akibat kejadian ini 20 orang menjadi korban musibah air bah ini.
Dari catatan Sutopo Purwo Nugroho yang merupakan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, sebagian besar korban jiwa justru meninggal di lokasi yang jauh dari sungai-sungai yang airnya meluap. Beberapa dari korban meninggal karena tersetrum listrik yang berada di dalam rumah atau tempat-tempat yang terendam air.



Quote:



Quote:Jangan Lupa Tinggalkan Komentar ya gan/sis
Bantu Juga emoticon-Rate 5 Star ya
emoticon-Cendol (S)


Quote:Original Posted By shakuton
Trit
begini sepi banget peminatnya, udah dari kemarin masih 2-3 page,
giliran trit" MENGHINA gak ada 24 jam rame banget kyk orang ngantri
sembako. emoticon-fuck2 buat orang" indo yang otaknya di dengkul.

pejwan TS biar pada ngeliat. kena banned , kena banned dah ini id.


Quote:Original Posted By nibiru2025
menangani banjir jakarta masyarakat jangan hanya terpaku pada penanganan dari pemerintah saja tp masyarakatnya juga perlu berperan serta... dalam hal kecil seperti tidak membuang sampah ke sungai atau selokan2..


Quote:Original Posted By hantukeren
tetep aja dari waktu ke waktu ngk ada namanya koordinasi dan kerjasama gotongroyong dari semua pihak . yg ada saling melempar tanggung jawab. waktu musim kering semua orang sibuk dengan aktifitasnya masing-masing dan tidak ada yang berfikir bagaimana lingkunganya ketika musim hujan, ketika musim hujan semua sibuk baru untuk beres2 dan bersih2 lingkungan. ternyata selama kurun waktu beberapa puluh tahun ini warga dan pemerintah ngk pernah belajar dan ngk mau membenahi dirinya sendiri akibatnya ya banjir selalu melanda kota jakarta.


Quote:Original Posted By panakrama007
Kalo buat parit dan membersihkan lingkungan sih masih oke gan, tapi kalo buat thames bridge kyk di inggris, bisa bisa dijadiin lahan korup sama politisi politisi kita gan. Pageone kalo berkenan gaan emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Quote:Original Posted By 14months.7days
Kebetulan ane tinggal di daerah rawan banjir, Kelapa Gading. Ane rasain banjir tahun 2002 pas jaman ane Sd, banjir 2007 pas ane SMP dan banjir 2013 pas ane kuliah. Terkadang ane ambil hikmahnya gan, emang bencana banjir itu gak enak banget mati lampu, lembab dan susah banget makan sama buang airnya emoticon-Frown
Tapi dibalik itu semua buat ane jadi ajang lebih akrab antar keluarga dan tetangga, karena banjir kita jadi sering berkomunikasi dibanding hari biasa kalo lagi gak banjir emoticon-Smilie


Quote:Original Posted By Spy83
Sebagai rakyat hal paling mudah jangan buang sampah sembarangan, untuk pemerintah jgn gampang kasih ijin bangun mall, apartemen dan gedung2 tinggi krn pasti mengurangi resapan air. Krn apartemen ketika bangun pasti mereka bilang bebas banjir krn mereka maen tinggiin tanah semau mereka sehingga pemungkiman penduduk sekitar yg td ga banjir jadi banjir


Quote:Original Posted By uray24


abisnya orang kampung nyari gedung2 bertingkat bos..coba deh liat di ibukota provinsi lain..gedung bertingkat ada pun cuma hitungan puluhan..

udh gitu di jakarta dagang apa aja lumayan pembelinya..coba di daerah? tukang makanan palingan ampe jam 9 malem doank..palingan di kota besar aja yg agak 24 jam..

udh gitu kawasan industri banyak di Jabodetabek..karena akses ke bandara/pelabuhan dlm rangka ekspor/impor deket..tambahan lagi di jabodetabek buruhnya manja..dikit2 demo..kalo di daerah mana bisa?

semua kembali ke "gengsi" dan "prestise" orang kampung yg beranggapan kalo mudik dari Jakarta sepertinya di kampung jadi terpandang dan berhasil..

kalo ga kerja di jabodetabek ya jadi TKI..


Quote:Original Posted By gusmi21
faktor nya kurang tuh tambahin penurunan tanah tiap tahun mau diapain pun tanah jakarta pasti turun pengaruh bekas tanah rawa emoticon-Big Grin
tapi ngeliat dari faktor2 diatas jakarta memang gak cocok sebenernya jadi ibukota memang sudah rawan dari dulu,wacana mau mindahin pusat pemerintahan pasti ada aja yg g setuju emoticon-Cape d... (S) pusing juga semua terkumpul di jakarta mulai dari pemerintahan sampai bisnis disini semua emoticon-Hammer (S)


Quote:Original Posted By Dreanz87
Ayo mulai yang paling gampang dulu, buang sampah ditempat sampah, g dari smp uda biasa-in buang sampah ditempat sampah sekarang kalo gak ada tempat sampah mending kantongin di kantong celana, pulang rumah baru buang sampah-nya


Quote:Original Posted By wellbee
menurut ane jakarta itu sudah kepenuhan penduduknya. Jadi, banyak yg tinggal di tempat yg bukan semestinya, yg dipinggir sungai juga banyak. Akibatnya, banyak penduduk sana yg buang sampah di sungai, sampai ada yg buang kasur, batang pohon, perabotan. Trus tempat pembuangan sampah di jakarta tuh belom banyak banget, tapi warga juga tidak ikut menjaga. Ada yg udah diberikan tempat sampah, tapi ada yg curi lah, ada yg hancurin lah, dicoret2 lah. Maka dari itu, perubahan harus dilakukan dari diri sendiri, pemerintah sudah berusaha, tapi kalo warganya gak ada aksi untuk mencegah banjir, yah sama aja.


Quote:Original Posted By ais013innocent
selama kesadaran masyarakat untuk tidak buag sampah di aliran sungai belum ada, jangan harap banjir hilang dari ibukota,, dan tidak lupa pula peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam membangun drainase yg baik demi kelancaran saluran air,, peninggian jalan dimana2 tidak akan efektif jika saluran pembuangan air tidak ditambah dan diperbaiki,, 😑



Quote:Original Posted By dvsandhi
Butuh kerjasama yg baik untuk penghuni di Wilayah Jabodetabek gan. Baik masyarakat dan pemerintah. Mau dibangun gorong2 segede gaban atau mau menghentikan pembangunan mall2 atau bangunan2 di Jakarta Kalo masyarakat masih buang sampah sembarangan ya ga sukses atasi banjir. Pemerintah daerah penyangga jg harus dibantu Oleh Pemda Jakarta spy ruang terbuka hijau diperluas begitu jg Jakarta untuk ruang terbuka hijau sangat kurang jadinya resapan air Kurang. Malah ruangan mall ma apartemen Yg banyak.

Alam Akan bersahabat dengan Kita Jika kita memelihara dengan baik, begitu jg sebaliknya Jika kita merusak alam kita Yg akan menanggungnya.

Berhubung Alam lg nyari mbah dukun, ya pinter2 kita sadar lingkungan. Pendapat ane kayak kuliah Dosen ilmu lingkungan gan.
'banjir Itu disebabkan Oleh air'


Quote:Original Posted By 84ztard
dari sistem kanal belanda itu efektif ya..
dr tgh 1918 sampai 1979 loh baru kena banjir gede lg.
mari kita liat thn ini, hasil kerja pemda terlihat atau ga..
jgn banjir lg d semoga..
cukup ane ngerasain thn 96, ngungsi ke lt 2 gara gara lt 1 ud kelelep..


Quote:Original Posted By cuxx
2013 ane pas tugas di jakarta gan. pas itu tugas audit di salah satu perkantoran di thamrin. berhubung maunya praktis, hari2 ane naik busway. pas itu ane pulang jam 7an setelah ujan lebat. pas mau keluar, wahh udah banjir. busway ga beroperasi karena sarinah banjir, taxi ga ada yg mau jalan karena selain banjir juga macet parah. ojek pada antri, akhirnya ane pulang kombinasi jalan kaki + naik angkot. setelah 4 jam, ane baru bisa nyampe kost di daerah benhil emoticon-Mewek


Quote:Original Posted By aresrfh
nih pengalaman ane gan dikalibata jaktim emoticon-Sorry

Thn 1996 tembok rmh kakek ane rubuh dan puing yg jatuh menyebabkan ombak dan merubuhkan rmh tetangga dan jg mobil2 dagangan kakek ane 50% dr total yg ada kerendem semua emoticon-Sorry

thn 2002 tembok rmh kakek ane rubuh lg tp di tmpt yg berbeda dan alhamdulillah kali ini kakek ane tepat waktu mengungsikan mobil2 dagangannya emoticon-Angel

thn 2007 kalibata terendam air hingga hampir lampu merah jambul dan lantai 2 rumah ane yg tinggi nya 7 stgh meteran dr kaliciliwung sdh hampir dikit lg digenangi air emoticon-Takut
Rmh kakek ane yg kedua ambruk di bagian dlm karna arus yg deras emoticon-Sorry
Dan ada seorang kakek meninggal karna kedinginan,karna saat itu hujan turun trus kadang deras kadang gerimis emoticon-Berduka (S)

Klo agan waktu itu sempet lihat pasti terlihatnya seperti kali yg luas,seperti bukan pemukiman penduduk emoticon-Takut

2013 drmh ane setinggi 1 stgh mtr cuma dtg sampe 3x selang 2-3hr

nah kemaren yg pas banjir lg alhamdulillah cuma sampe dpn rmh gan,cuma kasian tetangga pd kerendem emoticon-Sorry

Mudah2an tahun2 yg akan dtg kali ciliwung saat menghadapi musim hujan bisa menampung limpahan air yg dtg dr manapun dan tdk banjir lg..aamiin emoticon-Smilie

#jdcurhatemoticon-Stick Out Tongue


Quote:Original Posted By mukjizat
kayaknya makin kemari banjir akan semakin parah.
1.banyak daerah resapan berubah menjadi perumahan terlebih lagi wilayah-wilayah dataran tinggi
2.masyarakat kurang kesadarannya menjaga lingkungan dan memeliharanya.
3.sistim drainase yg masih terbilang minim.


Quote:Original Posted By cendol.dan.bata
Slogan "Jangan Membuang Sampah Sembarangan" kayaknya udah terlalu mainstream.
mestinya diganti "Ayo lakukan, Reduce, Reuse, Recycle sampah" "Makan secukupnya, jangan sampai mubazir sehingga menjadi sampah"

Soalnya pengalaman, sampah menggunung gak keangkut ke TPA, meskipun sudah di tempat sampah semestinya tapi sering tercecer kebawa air hujan atau angin


Quote:Original Posted By arieffree
sampai kapan pun Jakarta nggak akan bisa bebas banjir gan
melihat kondisi alamnya yang memang tidak cocok untuk kota besar yang di rancang asal2an
kalo yang ngebangun kota Jakarta orang jepang atau nggak orang belanda mungkin lain ceritanya
lah dari dulu Jakarta cuma di pimpin sama orang yang mementingkan kekuasaan, jadinya begini dah kalo kata orang betawi bilang "blangsek"

Diubah oleh elektrikboy
0
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 26 dari 27
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
08-12-2015 00:04
nih pengalaman ane gan dikalibata jaktim emoticon-Sorry

Thn 1996 tembok rmh kakek ane rubuh dan puing yg jatuh menyebabkan ombak dan merubuhkan rmh tetangga dan jg mobil2 dagangan kakek ane 50% dr total yg ada kerendem semua emoticon-Sorry

thn 2002 tembok rmh kakek ane rubuh lg tp di tmpt yg berbeda dan alhamdulillah kali ini kakek ane tepat waktu mengungsikan mobil2 dagangannya emoticon-Angel

thn 2007 kalibata terendam air hingga hampir lampu merah jambul dan lantai 2 rumah ane yg tinggi nya 7 stgh meteran dr kaliciliwung sdh hampir dikit lg digenangi air emoticon-Takut
Rmh kakek ane yg kedua ambruk di bagian dlm karna arus yg deras emoticon-Sorry
Dan ada seorang kakek meninggal karna kedinginan,karna saat itu hujan turun trus kadang deras kadang gerimis emoticon-Berduka (S)

Klo agan waktu itu sempet lihat pasti terlihatnya seperti kali yg luas,seperti bukan pemukiman penduduk emoticon-Takut

2013 drmh ane setinggi 1 stgh mtr cuma dtg sampe 3x selang 2-3hr

nah kemaren yg pas banjir lg alhamdulillah cuma sampe dpn rmh gan,cuma kasian tetangga pd kerendem emoticon-Sorry

Mudah2an tahun2 yg akan dtg kali ciliwung saat menghadapi musim hujan bisa menampung limpahan air yg dtg dr manapun dan tdk banjir lg..aamiin emoticon-Smilie

#jdcurhatemoticon-Stick Out Tongue
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
08-12-2015 06:44
Quote:Original Posted By figonaya
tapi heran kok masih aja pd mau hijrah ke jakartaemoticon-Cape deeehh

faktor ibukota gan
Quote:Original Posted By ketjap.hakka
Emang seharusnya warga Jakarta berubah tidak membuang sampah ke sungai/kali.
Buat daerah resapan lbih bnyak, jgn bangun mall trus emoticon-Cape d... (S)
Penduduk daerah pinggiran sungai jg harus dipindahin sih, cuma Indonesia atau negara terbelakang yg penduduknya tinggal di tepi sungai persis emoticon-Berduka (S) Orang luar negeri jg kalo ke Jakarta heran ngeliat rumah di tepi sungai persis emoticon-Cape d... (S)

mall sekarang berdekatan,padahal dalamnya ga jauh beda emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By the.darn.knight
tahun 2002 ama 2007 itu serem emoticon-Takut
ane lihat di media aja ngeri takut
jaman itu ane belum dijakarta
sekarang udah di Jakarta, moga-moga ga kejadian emoticon-Takut

semoga ga ngalamin gan
Quote:Original Posted By uray24


abisnya orang kampung nyari gedung2 bertingkat bos..coba deh liat di ibukota provinsi lain..gedung bertingkat ada pun cuma hitungan puluhan..

udh gitu di jakarta dagang apa aja lumayan pembelinya..coba di daerah? tukang makanan palingan ampe jam 9 malem doank..palingan di kota besar aja yg agak 24 jam..

udh gitu kawasan industri banyak di Jabodetabek..karena akses ke bandara/pelabuhan dlm rangka ekspor/impor deket..tambahan lagi di jabodetabek buruhnya manja..dikit2 demo..kalo di daerah mana bisa?

semua kembali ke "gengsi" dan "prestise" orang kampung yg beranggapan kalo mudik dari Jakarta sepertinya di kampung jadi terpandang dan berhasil..

kalo ga kerja di jabodetabek ya jadi TKI..

karena pembangunannya ga merata ya gan emoticon-Mewek

Quote:Original Posted By kennyw
tgl 9 februari 1996 trnyta banjir 7 meter, ga nyangka emak ane pasti mati2an ngelahirin ane pas banjir setinggi itu emoticon-Mewek emoticon-Mewek

emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By tiuryuliani
yang 2002 ane ngalamin tuh ...
semua barang2 dirumah pd nganyut entah kemana yg kebawa cuma baju yg dipake doang..emoticon-Mewek
semoga taun2 mendatang kgk ada lg banjir... amien..

emang ga enak banget gan kalo kebanjiran
Quote:Original Posted By ricodamn123
Pindah yuk gan ke bekasi nanti ane sambut
"WELCOME TO MY PLANET"

bukannya di planet sana juga banjir gan? emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By gusmi21
faktor nya kurang tuh tambahin penurunan tanah tiap tahun mau diapain pun tanah jakarta pasti turun pengaruh bekas tanah rawa emoticon-Big Grin
tapi ngeliat dari faktor2 diatas jakarta memang gak cocok sebenernya jadi ibukota memang sudah rawan dari dulu,wacana mau mindahin pusat pemerintahan pasti ada aja yg g setuju emoticon-Cape d... (S) pusing juga semua terkumpul di jakarta mulai dari pemerintahan sampai bisnis disini semua emoticon-Hammer (S)

padahal Indonesia besar ya gan,harusnya bisa merata pembangunannya..jadi jakarta ga kelebihan populasi emoticon-Frown
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
08-12-2015 07:07
Jangan hina gituan..
Kota ane kebetulan jrg banjir
Tapi pas talang rumah bocor dan ambrol
Ane tau rasanya kek gimana...
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
08-12-2015 11:14
jangan buangn sampah sembarangan biar bebas dari banjir
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
09-12-2015 06:50
Quote:Original Posted By Badcouple
banjir bukan hal baru di jakarta tapi kenapa tidak pernah mau belajar dan berbenah..

iya emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By yudiajahh
waaahh 2013 ane ngrasain tuhh paitnya banjirr.. motor ane mogok di grogol alhasil ane harus jalan kali sambil ngdorong motor sampe ke daerah sunter rumah ane emoticon-Hammer2

memang repot gan kalo banjir emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By Newtronz
Gmn mau tanem pohon gan???
Yg di kalimalang aja di tebangin..

iya,disini lebih penting bangun gedung-gedung tinggi emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By babelapak
semoga tahun ini gak ada banjir, kalau hujan ringan sedang saja bolehlah...aamiin emoticon-Malu (S)

semoga gan
Quote:Original Posted By zharvakko
wah ngeri bener emoticon-Takut (S)
untung di malang kaga pernah banjir parah emoticon-Takut (S)
kalo banjir pasti rugi banyak tuh emoticon-Cape d... (S)
alat alat elektronik rusak semua emoticon-Hammer

memang banyak kerugian gan yg diakibatkan banjir emoticon-Frown
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
09-12-2015 07:15
moga-moga gedung tinggi nya bisa nyerep aer gan ,,, :dor :dor :dor
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
09-12-2015 07:35
kayaknya makin kemari banjir akan semakin parah.
1.banyak daerah resapan berubah menjadi perumahan terlebih lagi wilayah-wilayah dataran tinggi
2.masyarakat kurang kesadarannya menjaga lingkungan dan memeliharanya.
3.sistim drainase yg masih terbilang minim.
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
10-12-2015 06:52
Quote:Original Posted By velycho
bagi warga jkt banjur hal lumrah.dr umur bocah ajaga di ajarkan kerugian yg d sebabkan banjir. malah di biarkan renang n maen air kotor banjir2 gt.yg ada sejak kecil jd kesan nya banjir itu biasa gpp malah seru bs buat maenan.dasar mental bobrok

ane juga pernah berenang di banjir pas masih kecil gan emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By LaVeY666
ane ngerasain di 2007 sama 2013,, krn banjir tahun segitu sampe sekolahan ane dlu kebanjiran pas bgt jumat,

banjir jaman dlu mungkin ada yg dari kirimian dari bogor kalo sekarang kiriman bogor n mampet n dll lah
semoga kedepannya lebih baik lagi dah pemerintah jakarta

jgn salahkan jakartanya tapi orangnya termasuk ane krn masih suka buang sampah di got khususnya klo naek motor krn males mesti mepet tempat sampah dlu

betul gan
Quote:Original Posted By Dreanz87
Ayo mulai yang paling gampang dulu, buang sampah ditempat sampah, g dari smp uda biasa-in buang sampah ditempat sampah sekarang kalo gak ada tempat sampah mending kantongin di kantong celana, pulang rumah baru buang sampah-nya

ane juga udh mulai gan,kalo ga ada tmpt sampah mending dikantongin emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By wellbee
menurut ane jakarta itu sudah kepenuhan penduduknya. Jadi, banyak yg tinggal di tempat yg bukan semestinya, yg dipinggir sungai juga banyak. Akibatnya, banyak penduduk sana yg buang sampah di sungai, sampai ada yg buang kasur, batang pohon, perabotan. Trus tempat pembuangan sampah di jakarta tuh belom banyak banget, tapi warga juga tidak ikut menjaga. Ada yg udah diberikan tempat sampah, tapi ada yg curi lah, ada yg hancurin lah, dicoret2 lah. Maka dari itu, perubahan harus dilakukan dari diri sendiri, pemerintah sudah berusaha, tapi kalo warganya gak ada aksi untuk mencegah banjir, yah sama aja.

memang masih banyak pemukiman di pinggir kali,karena setiap tahun warga jakarta terus bertambah..
jadi makin banyak aja yg buang sampah sembarangan emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By snape.severus
tahun 2007....kantor ane kaga beroperasi 3 hari.
gedungnya terendam banjir ama genset2-nya sekalian.
para manajer dikasi PR buat dikerjain di rumah masing2....wakkakakaks
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

udh kyk sekolah aja gan ada PR emoticon-Ngakak
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
10-12-2015 07:44
nah kan.. anak agan jgn ksi renang d air banjir ntr yak.mesti di galak kan ni tentang penting nya buang smpah d tmpt n menanam pohon gt.
emoticon-Jempol
Diubah oleh velycho
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
10-12-2015 09:56
siap2 banjir ni emoticon-Matabelo
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
10-12-2015 10:01
makin lama banjirnya makin parah gan
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
10-12-2015 10:03
kayak nye dah ritual taunan ne emoticon-Big Grin
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
11-12-2015 06:50
Quote:Original Posted By MacOSX
hahaha masih inget gw .
2013 .
bundaran HI gw nyoba berenang disitu pas banjir .
ampe gedung UOB . di parkiran basement nya kebanjiran

sampai berenang gan emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By ais013innocent
selama kesadaran masyarakat untuk tidak buag sampah di aliran sungai belum ada, jangan harap banjir hilang dari ibukota,, dan tidak lupa pula peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam membangun drainase yg baik demi kelancaran saluran air,, peninggian jalan dimana2 tidak akan efektif jika saluran pembuangan air tidak ditambah dan diperbaiki,, 😑

belum lg masalah pendatang yg setiap tahun makin bertambah dan kebanyakan tinggal di pinggiran kali emoticon-Cape d...
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
11-12-2015 11:12
Quote:Original Posted By elektrikboy
sampai berenang gan emoticon-Big Grin

belum lg masalah pendatang yg setiap tahun makin bertambah dan kebanyakan tinggal di pinggiran kali emoticon-Cape d...



mau dipindahin gak mau, digusur banyak orang cari muka menebar simpatik, dikira dengan simpatik bisa buat banjir hilang apa dari ibukota,, emoticon-Cape d...
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
13-12-2015 17:20
Quote:Original Posted By ninnakembang
alhamdulillah gan, di tempat ane belum pernah yg nama nya kena banjir, pernah mau liat banjir jadi ke kota tetangga dengan jarak tempuh 4 jam, saking pengen tau nya gimana sih seru nya banjir emoticon-Ngakak

sampai segitunya gan cuma mau ngerasain banjir aja
Quote:Original Posted By werditas
Sya belum lama d jakarta, tp melihat sistem pembuangan air seperti selokan dan kali sangat buruk, bahkan lebih buruk dr desa2 kecil di jawa bagian timur...
Kali isiny sampah, selokan isinya sampah, mana pada bau dan warnanya item jadi menjijikkan,,,

SELAMA JAKARTA WARGANYA MASIH KUMUH, YA SANGAT SULIT UNTUK BERUBAH

kali disini memang penuh sampah emoticon-Cape d...
hari ini dikeruk besok udh ada lg emoticon-Frown
Quote:Original Posted By 4X3L4
yang boneng hujan sampe 22 hari non stop waktu zaman kompeni?

kalo terjadi sekarang mungkin jakarta tenggelam gan emoticon-Takut (S)
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
14-12-2015 06:41
emoticon-Sundul Up
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
14-12-2015 06:46
Quote:Original Posted By ciliwoeng
Yg tahun 1996, 2002, 2007 dan 2013 ane masih inget tuh..

Tpi yg paling memorable buat ane adalah yg pas 1996..soalnya di kampung sebelah ane (kita beda kelurahan aja) jga kena..kebetulan kampung kami dibatasi oleh kali ciliwung, dan kampung sebelah tsb posisinya lbh rendah dri kampung ane..

Ironisnya, yg pas tahun 2002 dan seterusnya kampung sebelah ane tsb gak pernah kena lagi..padahal justru yg di jakarta malah banjirnya jauh lbh parah dri tahun 1996..

FYI: kampung ane di bogor kota, dan kebetulan jaraknya hanya 3 km dri bendungan katulampa

sampai skrg masih banjir juga gan?
Quote:Original Posted By dhaniollie
Air kalo cukup menjadi teman kita.. kalo kebanyakan menjadi musuh kita
moral of the story:

sesuatu yang berlebihan tidak baik emoticon-Angkat Beer

iya gan
Quote:Original Posted By murdoc13
wah ane sebagai warga jakarta baru tau gan klo dimari udh banjir dr tahun 1918. Ini mah salah sistem drainase penyerapan air sm tata letak gedung sm kotanya gan huaaa. Mana sekaranv ditambah mall sm apartemen dimana2 weleh2, sedangkan taman hijau dan penyerapan airnya kurang direalisasikan malah. Tak luput kita sebagai warga jangan nyalahin pemerintah doang. Tindakan preventif harus sering dilakukan seperti kerja bakti dan buang sampah pd tempatnya! buat pemerintah tolong disiapin tong2 sampah yg banyak yaah jangan para politikusnya sm pegawainya aja yg mulutnya tong kosong bunyi nyaringnya! emoticon-I Love Indonesia

memang parah gan,harusnya dibangun taman hijau dan penyerapan air karena ada yg mau bangun apartemen asal ada uang semuanya perencanaan bisa diubah emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By bbex
MUNGKIN UDAH HARUS DIBIKIN KAYA VENICE ATAU AMSTERDAM KI YA GAN

iya gan
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
14-12-2015 06:55
dulu kawasan banjir belum dihuni sekarang sampe pinggir kali diisi hunian liar emoticon-Ngakak
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
14-12-2015 06:57
semoga aja makin baik Jakarta dalam menanggulanginya emoticon-Metal
0 0
0
Tahun-tahun Jakarta Diserang Banjir Dashyat
14-12-2015 13:15
Quote:Original Posted By elektrikboy

sampai skrg masih banjir juga gan?



pan diatas ane udah cerita gan (lihat yg dibold).. emoticon-Cape d... (S)

Quote:Original Posted By ciliwoeng
Yg tahun 1996, 2002, 2007 dan 2013 ane masih inget tuh..

Tpi yg paling memorable buat ane adalah yg pas 1996..soalnya di kampung sebelah ane (kita beda kelurahan aja) jga kena..kebetulan kampung kami dibatasi oleh kali ciliwung, dan kampung sebelah tsb posisinya lbh rendah dri kampung ane..

Ironisnya, yg pas tahun 2002 dan seterusnya kampung sebelah ane tsb gak pernah kena lagi..padahal justru yg di jakarta malah banjirnya jauh lbh parah dri tahun 1996..

FYI: kampung ane di bogor kota, dan kebetulan jaraknya hanya 3 km dri bendungan katulampa
0 0
0
Halaman 26 dari 27
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia