Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Tokeh2010Avatar border
TS
Tokeh2010
NAHH LOHH !! - Jokowi Kenakan PPN 10% pada Tarif Tol, Picu Harga Barang Naik
NAHH LOHH !! - Jokowi Kenakan PPN 10% pada Tarif Tol, Picu Harga Barang Naik

FASTNEWS, Jakarta (1/3) - Guna menambah pemasukan, Jokowi mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen untuk tarif tol. Tak ayal, publik dunia maya pun protes. Sebut saja,
di twitterland, account @andi_hpattera memprotes rencana pemerintah mengenakan PPN 10 persen untuk tarif tol. Dikatakan. PPN terse­but akan memicu kenaikan harga barang-barang. "Pak Jokowi, ini ujung-ujungnya bikin harga barang-barang pada naik lagi. Alasannya, tolnya naik," kicaunya.

Account @Rofifahph yang mengaku pengguna setia jalan tol mengeluhkan rencana pemerintah mengenakan PPN 10 persen tersebut. "Haduh. Lemes saya. Masalahnya tiap hari lewat tol," kicaunya.

Account @lukisaepul menilai, rencana pemerintah mengenakan PPN untuk pengguna berlebihan. "Parah, sekalian aja pembelian BBM juga kenakan pajak pak," sindirnya.

Account @AshQie menganggap, penerapan PPN sebesar 10 persen untuk tarif tol tidak tepat. Sebab, masyarakat sudah dibebankan dengan kenaikkan harga beras, listrik, gas dan barang-barang pokok lain. "Lagi-lagi pemerintah nggak pro rakyat," kicaunya.

Berbeda, Tweeps @ddy_bangunmetal tidak keberatan pemerintah menaikkan tarif tol dan mengenakan PPN 10 persen. "Mau naikkan tarif enam kali setahun gue juga nggak masalah, tapi feedback-nya buat pengguna jalan jelas," kicaunya.

Di jejaring Kaskus, account HAR­GAN2000 menduga, setelah kenai­kan tarif tol, harga barang-barang akan ikutan naik. "Bagus tuh, imbas­nya harga-harga naik. Nanti semakin banyak begal lagi. Benar-benar order begal ini mah," takutnya.

Kaskuser dwyart80 mengatakan, PPN 10 persen adalah bagian dari strategi pemerintah menaikkan target pendapatan pajak. "Apapun dipakai untuk menambah duit, yang belum jelas pun dipajakinya. Semoga duit pajaknya nggak ditilep," katanya.

Sementara, kaskuser rikky_c_a mendukung rencana pemerintah. Menurutnya, PPN 10 persen tidak akan memberatkan para pengguna tol yang mayoritas berpenghasilan menengah atas. "Mantap pak Jokowi. Idenya sungguh luar biasa untuk meningkatan pendapatan negara," ujarnya.

http://m.kaskus.co.id/post/54efb46fc...cb1794228b4569

Ketua Umum Asosiasi Tol Indone­sia (ATI) Fatchur Rochman mengaku tidak kaget lagi dengan rencana pe­merintah menerapkan PPN sebesar 10 persen untuk pengguna tol. Dia menjelaskan, bahwa rencana tersebut pernah muncul saat Dirjen Pajak Ke­menterian Keuangan Darmin Nasu­tion pada periode 2006-2009. "Sudah sejak lama, sejak zaman Pak Darmin. Pak Darmin sempat tanya kenapa nggak ada PPN untuk pengguna tol," kata Fatchur.

Ia menjelaskan, pada waktu itu rencana PPN pada tarif tol menguap tanpa realisasi. Sebagai pengusaha jalan tol, pihaknya tak keberatan dengan PPN karena yang dibe­bankan adalah konsumen bukan perusahaan operator tol. "Terserah pemerintah saja, yang dikenakan itu kan end user, kita hanya memungut saja," katanya.

Fatchur optimis meski tarif tol kena PPN, namun tak akan mem­pengaruhi minat masyarakat meng­gunakan tol, alasannya tarif tol di Indonesia termasuk murah, meski naik setiap dua tahun sekali. "Kalau menurut saya nggak, nggak ngaruh, tarif kita murah," katanya.

Diketahui, Kepala Badan Peng­atur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Achmad Gani Ghazali men­jelaskan, pemerintah berencana mengenakan PPN 10 persen tarif tol. Soal mekanisme dan waktu penera­pannya sedang dibahas. "Mekanismenya sedang dikoor­dinasikan dengan Menkeu (Menteri Keuangan), dan BPKP (Badan Pen­gawasan Keuangan dan Pembangu­nan) Itu (tarif tol) pasti naik karena PPN dibebankan kepada pengguna (jalan tol)," jelas Gani. (FN-04)

http://fastnewsindonesia.com/article/jokowi-kenakan-ppn-10-pada-tarif-tol-picu-harga-barang-naik

cie cie anak kaskus di beritakan !! emoticon-Ngakak
Diubah oleh Tokeh2010 01-03-2015 08:06
0
5.2K
82
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.