Bagi yang tinggal di Ibu Kota Tercinta Jakarta, kemacetan bukanlah hal yang asing lagi. Hampir setiap hari bertegur sapa dengan kemacetan, bahkan ketika weekend sekalipun. Dan kalau ngomongin soal kemacetan Jakarta pasti tidak akan ada habisnya. Sebenernya apa sih yang bikin macet itu? Di sini ane cuma mau berbagi tentang sumber-sumber kemacetan (titik-titik bottleneck) di Ibu Kota ini berdasarkan pengalaman yang ane alami selama ini. Oke langsung saja gak usah pake lama, langsung menuju ke TKP.
1. Persimpangan dengan jalan layang atau persimpangan yang membagi 1 jalur menjadi 2/3 jalur atau yang sejenisnya
Spoiler for ilustrasi:
Quote:
Yang seperti ini biasanya terjadi karena ada kendaraan yang memotong antrian. Seperti pada gambar ilustrasi. Sebenernya hanya ada satu jalur saja yang macet, yaitu di jalur tengah yang macetnya sampai di luar pintu masuk jalur. Sehingga jalur kanan dan kirinya terlihat agak lengang. Hal ini pun dimanfaatkan oleh orang2 yang dengan alasan pengen cepet sampai, mumpung samping kosong, dan apapun alasannya akhirnya menggunakan jalur di kanan/kirinya kemudian memotong antrian yang macet panjang. Hebatlah mereka itu memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan. Sadar atau tidak ini justru menimbulkan kemacetan baru. Karena adanya orang-orang yang ingin menyerobot antrian itu akhirnya orang-orang yang ingin belok kanan/kiri pun jadi ikut terhambat dan akhirnya lalu lintas pun semakin semrawut.
2. Persimpangan dengan lampu lalu lintas
Spoiler for ilustrasi:
Quote:
Yang ini juga sering bikin macet nih, khususnya untuk persimpangan yang belok kiri jalan terus. Ini seringnya ketika lampu merah, orang-orang yang mau lurus atau belok kanan berhenti di lajur untuk orang belok kiri. Ini pun membuat orang yang mau belok kiri tidak bisa langsung jalan dan akhirnya macet deh. Kalo orang yang dibelakang sabar sih mungkin gak terlalu masalah, tapi kalo temperamen yg ada nantinya perang klakson atau perang mulut atau malah perang beneran.
3. Perlintasan Kereta Api
Spoiler for ilustrasi:
Quote:
Seperti yang terlihat dalam gambar ilustrasi. Ini biasanya terjadi di perlintasan kereta api yang jalannya kecil dan dua arah, apalagi kereta yang ditunggu lama. Dan ini biasanya dilakukan oleh pengendara sepeda motor. Ketika palang pintu perlintasan ditutup, jalur yang benar sudah penuh, dan antrian sudah panjang. Para pengendara motor pun tergiur melihat arus sebaliknya yang kosong. Akhirnya mereka pun menutup penuh jalan itu seolah-olah jalan menjadi satu jalur. Ketika kereta sudah lewat dan palang pintu terbuka, bisa dipastikan bottleneck pun terjadi. Orang-orang seperti adu cepat untuk keluar dari situasi tersebut pun tambah memperparah keadaan
4. U Turn
Spoiler for ilustrasi:
[/img]
Quote:
Kalo yang ini biasanya terjadi di jalan 2 jalur dengan jumlah lajur 2 atau kurang di setiap jalurnya. Tapi tidak menutup kemungkinan terjadi juga dengan jalan yang mempunyai lajur lebih banyak. Yang ini ane seringnya ketemu di Jalan Raya Bogor.
5. Kecelakaan
Quote:
Kalo yang ini sepertinya tidak usah ane jelaskan lagi. Hampir setiap ada kecelakaan, lalu lintas pun menjadi padat bahkan mace. Yah, meskipun tidak semua kecelakaan menyebabkan macet.
6. Fenomenal
Quote:
Ini ni gan yang paling fenomenal penyebab kemacetan
Spoiler for ilustrasi:
Si Komo lewat gan
Kalo yang ini jangan dilawan deh gan, biarin dia lewat dulu. Dia cuma mau liat gedung bertingkat kok.
PENUTUP
Quote:
Nah, itu tadi gan titik-titik yang menjadi sumber kemacetan berdasarkan pengamatan ane selama ini. Tapi titik-titik ini tidak akan menjadi sumber kemacetan apabila pengendaranya cerdas, sabar, tidak pengen menang sendiri dan taat peraturan. Karena memang sebagian besar kemacetan itu disebabkan oleh manusianya sendiri. Mungkin agan-agan yang lain tahu penyebab-penyebab kemacetan yang agan pernah rasakan, boleh dishare ke sini gan. Semoga orang-orang semakin sadar pentingnya tertib berlalu lintas dan semoga kemacetan bisa segera teratasi.
tepatnya di depan kramat jati yg biasanya ane kejebak disana
Quote:
Original Posted By ariean17 ►jalur masuk Jalan Tol juga suka bikin macet. contohnya jalan S. Parman di Jakarta Barat. parah macetnyaa gara2 banyak mobil motong jalan buat masuk ke toll!
Quote:
Original Posted By traitor101 ►nahh.. apalagi u turn sampingnya angkot ngetem.. kampret bgt.. bisa macet sampe pusdikes
Quote:
Original Posted By liketoday ►Nambahin gan, angkot & bis kota yg ngetem sembarangan juga biang macet.. btw nice thread, smg pemerintah bs cpt dapet solusi utk minimalisir kemacetan
Quote:
Original Posted By strewags ►menurut ane sih biasanya karna mobil yang keluar masuk persimpangan (misalnya kompleks gitu gan) atau ga mobil yang mau muter
Quote:
Original Posted By estidi ►Kalo yg nomor 1 sih salah pengendara yg nyerobot...
Di kota ane biasanya motor tuh yg suka nyerobot masuk, mentang2 kecil seenaknya aja nyelip, biasanya kalo pas padet gak ane kasih motor nyelip (ane mepet mobil depan), kalo maksa juga pasti mereka bakal kejepit/kesenggol mobil ane
Kalo masalah U-turn, solusi mudahnya sih bisa dgn mempersempit jalur utama/memperlebar area u-turn...
Contoh lagi di kota ane, jalur utamanya itu 2 jalur, tapi begitu deket area u-turn, jalurnya ditambah satu, tujuannya supaya yg mau muter gak ngehalangin yg jalan terus...
Ilustrasi:
||
|||
|| ----> (u turn)
|||
|||
||
||
Tapi entah karena kurang cerdas atau bego, banyak yg gak make jalur tambahan kendaraan yg mau muter rata2 stay di jalur kedua sampe udah deket tempat belok, baru mereka belok dgn tajam
padahal kan lebih enak pindah ke jalur tiga, selain gak ganggu yg jalan terus, beloknya juga lebih santai...
Quote:
Original Posted By goddmaster ►di daerah duren Sawit ada jalan yang di namain leher botol juga gan penghubung duren sawit perumnas
Diubah oleh damalyk 29-10-2014 01:24
0
4.4K
Kutip
33
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!