- Beranda
- The Lounge
Negara yang harus bertanggung jawab kalo BBM+orang2 di indonesia hancur dan habis
...
TS
ciammn
Negara yang harus bertanggung jawab kalo BBM+orang2 di indonesia hancur dan habis
nice comment ,before read it ,read it first .
TS di mari bukan TS yang anti jepang gan TS sendiri ga munafik kok gan ane akuin ane juga suka pake produk jepang semisal TV ,motor ,komik dll ,Tapi ane di mari mau ngingetin gan kita jangan ampe Terlalu mendewakan Negara Jepang sampai-sampai ngecosplay buat ngelupain jati diri kita sebagai Bangsa Indonesia
ingan gan suatu saat nanti barang lo semua ntah mobil ,motor ,TV ,AC atau barang yang lain bakal ada dalam suatu keadaan stuk ,dimana mobil dan motor ga bisa pake bensin karna bensin habis ,TV ga bisa di tonton karena listrik habis begitupun yang lain .Maka suatu saat semua benda yang lo dewain itu bakal seperti ini
sekian gan ,trit dari ane
Quote:
Original Posted By nocommentz►wkwk TSnya kok kocak ya
coba kalo dibalik bentar deh pola pikirnya, ini menurut ane loh ya
Alasan kenapa Jepang masih mengekspor produk mereka seperti toyota dan honda dll. ke indonesia ya memang karena pada faktanya indonesia atau lebih tepatnnya penduduk indonesia itu ladang duit buat perusahaan negara" lain, kenapa demikian??
ya liat aja betapa konsumtifnya penduduk indonesia, wong tiap 1 orang aja rata" udh punya mobil 1 bahkan ada yg lebih, yg salah siapa coba?? jaman sekarang anak smp aja ada yg ke sekolah aja bahkan udh dibolehin bawa motor, lah coba ente liat jepang gan, bahkan sampe mereka kuliah (universitas) sekalipun sebagian besar masih ada yg dari rumahnnya ke kampus jalan kaki, atau kalau jauh ya naik transportasi umum, walaupun memang ada yg bawa kendaraan sendri menurut ane (sekali lagi cuman menurut ane loh ya) jumlah mungkin masih kalah jauh dibandingkan di indonesia, dan FYI aja nih gk sedikit loh mobil" mewah masyarakat iindonesia yg aslinnya produk eropa, Ferrari, Porsche, BMW, Mercedes dsb (CMIIW). dan seperti yg ane katakan sebelumnya , prilaku konsumtiflah yg jadi penyebab utama krisis di negara sendiri, kalo kita ambil contoh yg lebih kecil aja contohnnya smartphone, sekarang mungkin hampir sebgian besar pengguna smartphone masih belum bisa memanfaatkan HH dengan maksimal padahal mungkin harganya tarolah rata" minimal 1,5 - 4 jt rupiah bahkan ada yg lebih mahal seperti tablet( talenan daging) yg bahkan penggunaannya gk lebih dari sebgai buat menaikan gengsi doang dsb, jadi kalo menurut ane yg disalahkan atas krisi di negara sendiri yg jelas penduduknnya itu sendiri, prilaku konsumtif dari penduduknnya itu sendirilah yg menyebabkan kehancuran dan krisis energi di negri sendiri
Ya segitu aja celotehan pendek ane, mohon dikoreksi kalau ada salah, ane gk bermaksud menyinggung siapapun dengan celotehan ane, ane cuman berharap agar penduduk indonesia bisa lebih terbuka pola pikirnnya dalam menanggapi suatu masalah, Sekian, Salam Sejahtera
coba kalo dibalik bentar deh pola pikirnya, ini menurut ane loh ya
Alasan kenapa Jepang masih mengekspor produk mereka seperti toyota dan honda dll. ke indonesia ya memang karena pada faktanya indonesia atau lebih tepatnnya penduduk indonesia itu ladang duit buat perusahaan negara" lain, kenapa demikian??
ya liat aja betapa konsumtifnya penduduk indonesia, wong tiap 1 orang aja rata" udh punya mobil 1 bahkan ada yg lebih, yg salah siapa coba?? jaman sekarang anak smp aja ada yg ke sekolah aja bahkan udh dibolehin bawa motor, lah coba ente liat jepang gan, bahkan sampe mereka kuliah (universitas) sekalipun sebagian besar masih ada yg dari rumahnnya ke kampus jalan kaki, atau kalau jauh ya naik transportasi umum, walaupun memang ada yg bawa kendaraan sendri menurut ane (sekali lagi cuman menurut ane loh ya) jumlah mungkin masih kalah jauh dibandingkan di indonesia, dan FYI aja nih gk sedikit loh mobil" mewah masyarakat iindonesia yg aslinnya produk eropa, Ferrari, Porsche, BMW, Mercedes dsb (CMIIW). dan seperti yg ane katakan sebelumnya , prilaku konsumtiflah yg jadi penyebab utama krisis di negara sendiri, kalo kita ambil contoh yg lebih kecil aja contohnnya smartphone, sekarang mungkin hampir sebgian besar pengguna smartphone masih belum bisa memanfaatkan HH dengan maksimal padahal mungkin harganya tarolah rata" minimal 1,5 - 4 jt rupiah bahkan ada yg lebih mahal seperti tablet( talenan daging) yg bahkan penggunaannya gk lebih dari sebgai buat menaikan gengsi doang dsb, jadi kalo menurut ane yg disalahkan atas krisi di negara sendiri yg jelas penduduknnya itu sendiri, prilaku konsumtif dari penduduknnya itu sendirilah yg menyebabkan kehancuran dan krisis energi di negri sendiri
Ya segitu aja celotehan pendek ane, mohon dikoreksi kalau ada salah, ane gk bermaksud menyinggung siapapun dengan celotehan ane, ane cuman berharap agar penduduk indonesia bisa lebih terbuka pola pikirnnya dalam menanggapi suatu masalah, Sekian, Salam Sejahtera
Mumpung lagi anget-angetnya ni gan pemberitaan tentang kelangkaan BBM di berbagai daerah di Indonesia disini ane akan berandai andai jika BBM bukan sekedar langka tapi sudah habis stoknya ,kira-kira negara mana yang harus bertanggung jawab atas habisnya BBM di negara kita
Quote:
Jepang
lah gan kok jepang,kenapa bukan amerika yang jelas-jelas udah ngeruk sumber daya minyak negara kita ???,ya betul gan amerika emang ambil minyak kita untuk di produksi .Tapi lantas siapakah yang minum minyak atau bensin itu gan yang jelas secara kasat mata juga dah ketauan yah gan siapa yang minum tuh BBM sampai habis yang jelas emang kita sendiri sih yang ngabisin BBM ,tapi pernah berpikir ga kalo misalkan kendaraan mobil atau motor yang agan tumpangi ini made in mana ??? ampun dah kalo kaga tau jawabanya ,memang disamping jepang juga ada negara lain yang ekspor kendaraan ke Indonesia ,ya tapi coba deh lo tengok gan mau di rumah loe, gang-gang ,ato mau lebih detail ke jalan loe liat berapa puluh juta mobil atau motor buatan Jepang lo liat yang sedang ngabisin berapa juta barel BBM negara kita gan perhari ,perbulan ,pertahun ,perabad dsb ,habis ni bahas bbm lanjut gan
yah ane ga setuju ni ama TS ,ts ni alay yang anti jepang ni agan ga tau ya kalo jepang tu negara yang super canggih gan,bisa bikin mobil ,motor ,robot ,anime ,akb48 atau bahkan JAV ampun dah tobat gan ,negara jepang ini emang pinter menipu orang Indonesia gan terbukti dari alaynya orang indonesia yang pakai FU ,ampe gilanya yang ngidolain AKB48 jones dkk ,rusaknya moral para pelajar indonesia yang bikin kasus video porno karena terobsesi ama film JAV apalagi banyak dah gan kalo di jelasin satu-satu ntar takut di bata ama agan pecinta negara jepang daripada negeri sendiri
belum cukup disitu gan jepang ini bisa bikin perusahaan BUMN negara kita PLN pusing bukan main gan ,sampai-sampai PLN sering banget melakukan pemadaman bergilir ya gelap dongs gan ,tapi ???
udah berapa ribu megawatt ya listrik kita disedot ama produk jepang ini gan ,ya ga tau gan ane pusing ngitung biarlah PLN yang pusing sendiri gan
udah jelas kan gan negara mana
LCGC program menipu demi kepentingan bangsa jepang ,kerugian bagi bangsa indonesia karena berdesakannya mobil ayl.. ama agy... ,Pemerintah aja bisa di begoin apalagi kita
Mobil bersubsidi vs BBM Bersubsidi
Pro Kontra Hadirnya LCGC (Low Cost Green Car)
Di kawasan perkotaan menjadi sebuah pemandangan yang indah ketika kesibukan kota mampu diseimbangi oleh lingkungan yang humanis, namun kenyataan yang terjadi terkadang harus berbanding terbalik dimana semakin sulit ditemukan tempat yang layak diperkotaan yang memang mampu menunjang keadaan tersebut. Para pemikir besar seperti Aristoteles, Rosseau, atau Max Webber dulu menggambarkan kota sebagai tempat yang kaya keragaman dan relasi interpersonal, tempat dimana masyarakat merasa terlindungi, terfasilitasi. Namun, paradoks kini kian mencuat di perkotaan. Seiring melonjaknya jumlah warga di kota, ternyata dibarengi dengan peningkatan “keruwetan” sistem pelayanan publik yang dibangun pemerintah.
Kontroversi kebijakan yang dibuat oleh pemerintah mengenai LCGC yang tertuang dalam Peraturan
Mentri Perindustrian (Permenperin) Nomor 33/M-IND/PER/7/2013 baru-baru ini banyak menuai pro-kontra. Permenperin tersebut merupakan turunan dari program mobil emisi karbon rendah atau low emission carbon yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 tentang kendaraan yang dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Peraturan itu menyebutkan salah satunya adalah penghapusan pajak bagi penjualan mobil hemat energy dengan kapasitas mesin di baah 1200cc dan konsumsi bahan bakar minyak paling sedikit di baah 20 km per liter.
Jika kita lihat, di satu sisi hadirnya LCGC atau yang lebih dikenal dengan “mobil murah” dapat meningkatkan iklim investasi di Indonesia namun di sisi lain akan banyak menimbulkan kontra terkait
kesiapan sarana prasarana kesediaan jalan kita dalam menampung sejumlah kehadiran mobil murah yang ada di jalanan. Dalam hal ini jalan yang kita punya sudah penuh dan sesak di kota – kota besar di negeri ini, terutama di kota Jakarta yang memang sampai saat ini masih menjadi jantung urat nadi pemerintahan dan perputaran ekonomi di Indonesia. Data yang dapat kami temukan ternyata pertumbuhan kendaraan di Jabodetabek tidak sebanding dengan pertumbuhan ruas jalan, dimana pertumbuhan kendaraan disana mencapai 8%/tahun sedangkan pertumbuhan jalan hanya 0,01%/tahun dengan komposisi 1,2%nya atau 87.600nya adalah kendaraan umum sudah termasuk KRL sedangkan kendaraan pribadi sebesar 7,25 juta/98,8% nya. Dan yang menjadikan lebih miris ialah perharinya kendaraan pribadi dengan sejumlah itu hanya mengangkut 44% atau 6,73 juta jiwa selama perjalanan sedangkan angkutan umum dengan jumlahnya yang hanya sebesar itu harus menanggung beban ngkut 56% atau 8,6 juta jiwa. Ini menjadi sebuah fakta yang tidak sebanding dengan apa yang dijanjikan pemerintah kepada masyarakat terkait kebijakan transportasi kita, bahkan di Jakarta sendiri ketika dihitung perharinya rata-rata terdaftar 1.284 kendaraan baru masuk.
Low Cost Green Car (LCGC) sebagai suatu kebijakan baru, sepintas regulasi ini bagus dalam konteks pertumbuhan ekonomi, transportasi, dan energi. Namun secara Paradigmatis per
aturan Pemerintah ini akan cacat, karena seharusnya yang diberikan insentif adalah pengelola angkutan umum, bukan sebaliknya justru dalam hal ini industri otomotif yang membuat masyarakat justru nantinya dapat bertanya-tanya ada apa dengan pemerintah kenapa begitu mudahnya menggolkan peraturan yang mendukung industri-industri besar penghasil barang jasa non layanan publik, namun begitu susah mendukung industri yang menunjang pelayanan publik. Dari sisi timing, regulasi ini juga meninggalkan catatan karena dalam timing yang dirasa belum tepat yaitu masih buruknya sarana dan prasarana transpoprtasi umum di Indonesia, sebaliknya regulasi ini bisa diterima jika sistem transportasi di kota-kota besar di Indonesia sudah memadai dan terintegrasi. Regulasi ini terlalu menguntungkan dan memanjakan industri otomotif.
Sehingga Produk massal mobil LCGC tersebut pada akhirnya akan membuat macet kota-kota besar di Indonesia, belum lagi nantinya efek terhadap jebolnya APBN karena subsidi BBM akan kian melambung. Ini dapat dilihat dari Data BPS bahwa Defisit Neraca Perdagangan hingga Juli 2013 mencapai 5,65 miliar dollar AS, dengan rincian sumbangsih Defisit Neraca Perdagangan Migas mencapai
7,6 miliar dollar AS dan Neraca Perdagangan Nonmigas surplus hanya 1,95 miliar dollar AS sehingga defisit tidak dapat tertutupi.
Pemerintah sepantasnya sebagai pengendali utama dari sistem transportasi tidak bisa diam melihat hal ini, LCGC mau tidak mau akan terus berjalan dan tidak selamanya LGCG juga merupakan kebijakan yang buruk ketika memang konsep transportasi mampu dipikirkan baik-baik. Nantinya mungkin aparatur pemerintah daerah yang harus bekerja keras berkejaran dengan masuknya mobil-mobil murah ke daerah mereka karena memang ini sudah menjadi keputusan di tingkat pusat namun bukan tidak mungkin mereka bisa mengendalikannya bahkan benar-benar membuktikan bahwa kebijakan ini memang bermanfaat dari banyak sisi tidak hanya ekonomi saja.
Pro kontra terkait kehadiran kebijakan mobil ini memang tidak dapat dihindari terkait dengan banyaknya faktor-faktor yang sudah dihadirkan diatas, apalagi ternyata juga muncul keluhan terutama dari produsen mobil nasional yang mengatakan bahwa seakan – akan kebijakan ini telah menipu apa yang telah dijanjikan pemerintah bahwa mobil dengan kapasitas mesin 1000
cc kebawahlah yang nantinya akan mendapat insentif 0% pajak pembelian namun ternyata mereka khususnya pelaku usaha mobil nasional harus bertarung dengan produsen mobil dari luar negeri bermesin 1200 cc seperti terangkum dalam PP Nomor 41 Tahun 2013 pasal 3 ayat 1c. Pemerintah sudah menggiring kita kepada budaya konsumerisme dan golongan ekonomi menengah sudah tidak dapat dibendung lagi untuk tidak membeli mobil karena secara pendapatan dimungkinkan untuk membeli kendaraan bermotor dengan UMR yang terus meningkat dan ketika dihadapkan pada pilihan mobil atau motor ada kemungkinan besar ketika kondisi keuangan mencukupi mereka akan lebih memilih mobil. Bahkan berdasarkan survei komuter Japanese Technical Cooperation for Jabodetabek Urban Transportation Policy Integration, pada tahun 2002 persentase pengguna sepeda motor sebesar 27,8 persen, pengguna mobil 15,2 persen, pengguna bus atau angkutan umum 50,1 persen dan selebihnya 6,9 persen adalah moda lainnya seperti becak,ojek dan jalan kaki. Sementara itu pada tahun 2010 pengguna sepeda motor sudah meningkat tiga kali lipat menjadi 62,9 persen , mobil 17,4 persen, pengguna bus menurun tiga kali lipat menjadi 16,71 persen dan moda lainnya 3 persen.
Mungkin ada beberapa tawaran solusi yang dapat kita bersama tawarkan dalam hal ini seperti contohnya pemaksimalan moda transportasi angkutan massal, baik itu bus, KRL ataupun sejenisnya. Kemudian pembuatan kawasan terpadu yang terintegrasi dengan titik – titik transit transportasi harus sudah dipikirkan dalmungkin kita bisa mulai memakai konsep Park A Ride yaitu dimana disediakan kawasan parkir yang terintegrasi langsung dengan moda transportasi baik itu Kereta Api ataupun Bus kota. Industri Otomotif bukan tidak mungkin benar-benar berperan besar terhadap Ketahanan Ekonomi Nasional, bahkan dalam paparan Direktur Jenderal Industri UnggulanBerbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budhi Dharmadi bahwa sektor otomotif menyumbang pemasukan pajak Rp 75 Triliun bahkan ekspor mobil Indonesia sudah merambah ke 80 negara di belahan Asia, Afrika, bahkan sampai ke Amerika Selatan. Bukan sebuah kejutan kalau mobil Avanza yang akan mengantar wisatawan ketika berada di Afrika Selatan, jadi ada potensi besar sebenarnya dari sektor ini. Hanya memang persoalan yang terjadi tetaplah memerlukan keseriusan dari pemerintah untuk menanganinya. Jika kita peduli,bukan tidak mungkin tata kelola transportasi kita mampu lebih baik dan berperan besar bagi ketahanan ekonomi kita.
Dan inilah dampak dari pembegoan jepang terhadap pemerintahan Indonesia
Pembatasan BBM timbulkan antrean panjang
Langkah pembatasan bahan bakar minyak bersubsidi yang ditempuh Pertamina mulai terasa dampaknya bagi warga awam.
Di kawasan pantai utara Pulau Jawa, pembatasan BBM subsidi menyebabkan antrean sepanjang ratusan meter di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum.
Sebagaimana disaksikan Renaningtyas, seorang ibu yang bepergian dari Jakarta ke Yogyakarta melalui Pantura, antrean panjang terjadi di sejumlah SPBU yang tersebar antara Cirebon hingga Tegal.
“Saya sendiri memerlukan waktu selama 30 menit untuk mengisi bensin di Tegal,” kata Rena.
Hal serupa diutarakan Agus, seorang warga Cirebon. Menurutnya, antrean panjang di SPBU sudah terjadi sejak Jumat (22/08) lalu.
“Hari ini lebih parah. Di SPBU Jalan Tuparev, antrean kendaraan, baik motor maupun mobil, mencapai bahu jalan. Kemudian, SPBU di Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, antrean sepeda motor mencapai sekitar 300 meter. Kemudian, ada beberapa SPBU lainnya tutup pada siang hari karena stok premium maupun pertamax mereka telah habis,” kata Agus kepada wartawan BBC Indonesia, Jerome Wirawan.
Selain di kawasan Cirebon dan Tegal, kelangkaan BBM terjadi di Jember pada akhir pekan lalu, sebagaimana disaksikan wartawan BBC Indonesia, Sri Lestari.
Konsekuensi
Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir, antrean panjang terjadi lantaran kawasan Pantai Utara Pulau Jawa, khususnya Cirebon, merupakan lokasi pertemuan dari berbagai kota.
Ali Mundakir, mengatakan terjadinya antrean dan habisnya BBM subsidi lebih cepat dari biasanya merupakan konsekuensi dari pembatasan volume BBM subsidi oleh pemerintah.
Dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan 2014, kuota BBM subsidi yang sebelumnya 48 juta kiloliter sampai akhir tahun, dipotong menjadi 46 juta kiloliter.
“Pertamina harus mengatur sisa kuota supaya cukup sampai akhir tahun 2014. Konsekuensinya, memang akan terjadi antrean. Jika disalurkan begitu saja sesuai kebutuhan masyarakat, solar subsidi akan habis pada November, sedangkan premium akan habis awal Desember,” kata Ali.
Langkah pembatasan BBM subsidi itu dinilai tidak tepat oleh pengamat energi, Fabby Tumiwa.
Dia berpendapat bahwa langkah tersebut akan menyebabkan inflasi secara tidak langsung.
“Adanya kelangkaan pasti akan menaikkan harga. Saya memprediksi kawasan industri, perkebunan, pertambangan inflasi regionalnya akan naik yang ujungnya akan meningkatkan inflasi nasional.
"Oleh karena itu, dari sudut pandang ekonomi, langkah pembatasan BBM subsidi bukan langkah yang tepat. Namun, bagi pemerintah, khususnya presiden, pembatasan tidak memperburuk citra ketimbang menaikkan harga BBM. Ini Klik bom waktu bagi pemerintahan berikutnya,” ujar Fabby.
Klik Pengendalian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi telah diatur BPH Migas melalui surat edaran kepada penyalur BBM bersubsidi, yakni PT Pertamina, PT AKR Corporindo Tbk, dan PT Surya Parna Niaga (SPN).
Dalam surat tersebut, BPH Migas meminta waktu penjualan solar bersubsidi di stasiun pengisian bahan bakar umum di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Bali akan dibatasi hanya pukul 08.00 hingga 18.00 mulai Senin (04/08).
Langkah selanjutnya ialah menghentikan penjualan premium di sedikitnya 24 SPBU di pinggir jalan tol. Penyaluran solar bersubsidi akan difokuskan kepada para nelayan dengan bobot kapal kurang dari 30 gross ton.
Berdasarkan data Pertamina, sisa kuota premium subsidi per 18 Agustus 2014 tinggal 10 juta kiloliter, sedangkan solar tersisa 5,5 juta kiloliter.
SUMBER
lah gan kok jepang,kenapa bukan amerika yang jelas-jelas udah ngeruk sumber daya minyak negara kita ???,ya betul gan amerika emang ambil minyak kita untuk di produksi .Tapi lantas siapakah yang minum minyak atau bensin itu gan yang jelas secara kasat mata juga dah ketauan yah gan siapa yang minum tuh BBM sampai habis yang jelas emang kita sendiri sih yang ngabisin BBM ,tapi pernah berpikir ga kalo misalkan kendaraan mobil atau motor yang agan tumpangi ini made in mana ??? ampun dah kalo kaga tau jawabanya ,memang disamping jepang juga ada negara lain yang ekspor kendaraan ke Indonesia ,ya tapi coba deh lo tengok gan mau di rumah loe, gang-gang ,ato mau lebih detail ke jalan loe liat berapa puluh juta mobil atau motor buatan Jepang lo liat yang sedang ngabisin berapa juta barel BBM negara kita gan perhari ,perbulan ,pertahun ,perabad dsb ,habis ni bahas bbm lanjut gan
yah ane ga setuju ni ama TS ,ts ni alay yang anti jepang ni agan ga tau ya kalo jepang tu negara yang super canggih gan,bisa bikin mobil ,motor ,robot ,anime ,akb48 atau bahkan JAV ampun dah tobat gan ,negara jepang ini emang pinter menipu orang Indonesia gan terbukti dari alaynya orang indonesia yang pakai FU ,ampe gilanya yang ngidolain AKB48 jones dkk ,rusaknya moral para pelajar indonesia yang bikin kasus video porno karena terobsesi ama film JAV apalagi banyak dah gan kalo di jelasin satu-satu ntar takut di bata ama agan pecinta negara jepang daripada negeri sendiri
belum cukup disitu gan jepang ini bisa bikin perusahaan BUMN negara kita PLN pusing bukan main gan ,sampai-sampai PLN sering banget melakukan pemadaman bergilir ya gelap dongs gan ,tapi ???
udah berapa ribu megawatt ya listrik kita disedot ama produk jepang ini gan ,ya ga tau gan ane pusing ngitung biarlah PLN yang pusing sendiri gan
udah jelas kan gan negara mana
LCGC program menipu demi kepentingan bangsa jepang ,kerugian bagi bangsa indonesia karena berdesakannya mobil ayl.. ama agy... ,Pemerintah aja bisa di begoin apalagi kita
Mobil bersubsidi vs BBM Bersubsidi
Pro Kontra Hadirnya LCGC (Low Cost Green Car)
Di kawasan perkotaan menjadi sebuah pemandangan yang indah ketika kesibukan kota mampu diseimbangi oleh lingkungan yang humanis, namun kenyataan yang terjadi terkadang harus berbanding terbalik dimana semakin sulit ditemukan tempat yang layak diperkotaan yang memang mampu menunjang keadaan tersebut. Para pemikir besar seperti Aristoteles, Rosseau, atau Max Webber dulu menggambarkan kota sebagai tempat yang kaya keragaman dan relasi interpersonal, tempat dimana masyarakat merasa terlindungi, terfasilitasi. Namun, paradoks kini kian mencuat di perkotaan. Seiring melonjaknya jumlah warga di kota, ternyata dibarengi dengan peningkatan “keruwetan” sistem pelayanan publik yang dibangun pemerintah.
Kontroversi kebijakan yang dibuat oleh pemerintah mengenai LCGC yang tertuang dalam Peraturan
Mentri Perindustrian (Permenperin) Nomor 33/M-IND/PER/7/2013 baru-baru ini banyak menuai pro-kontra. Permenperin tersebut merupakan turunan dari program mobil emisi karbon rendah atau low emission carbon yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2013 tentang kendaraan yang dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM). Peraturan itu menyebutkan salah satunya adalah penghapusan pajak bagi penjualan mobil hemat energy dengan kapasitas mesin di baah 1200cc dan konsumsi bahan bakar minyak paling sedikit di baah 20 km per liter.
Jika kita lihat, di satu sisi hadirnya LCGC atau yang lebih dikenal dengan “mobil murah” dapat meningkatkan iklim investasi di Indonesia namun di sisi lain akan banyak menimbulkan kontra terkait
kesiapan sarana prasarana kesediaan jalan kita dalam menampung sejumlah kehadiran mobil murah yang ada di jalanan. Dalam hal ini jalan yang kita punya sudah penuh dan sesak di kota – kota besar di negeri ini, terutama di kota Jakarta yang memang sampai saat ini masih menjadi jantung urat nadi pemerintahan dan perputaran ekonomi di Indonesia. Data yang dapat kami temukan ternyata pertumbuhan kendaraan di Jabodetabek tidak sebanding dengan pertumbuhan ruas jalan, dimana pertumbuhan kendaraan disana mencapai 8%/tahun sedangkan pertumbuhan jalan hanya 0,01%/tahun dengan komposisi 1,2%nya atau 87.600nya adalah kendaraan umum sudah termasuk KRL sedangkan kendaraan pribadi sebesar 7,25 juta/98,8% nya. Dan yang menjadikan lebih miris ialah perharinya kendaraan pribadi dengan sejumlah itu hanya mengangkut 44% atau 6,73 juta jiwa selama perjalanan sedangkan angkutan umum dengan jumlahnya yang hanya sebesar itu harus menanggung beban ngkut 56% atau 8,6 juta jiwa. Ini menjadi sebuah fakta yang tidak sebanding dengan apa yang dijanjikan pemerintah kepada masyarakat terkait kebijakan transportasi kita, bahkan di Jakarta sendiri ketika dihitung perharinya rata-rata terdaftar 1.284 kendaraan baru masuk.
Low Cost Green Car (LCGC) sebagai suatu kebijakan baru, sepintas regulasi ini bagus dalam konteks pertumbuhan ekonomi, transportasi, dan energi. Namun secara Paradigmatis per
aturan Pemerintah ini akan cacat, karena seharusnya yang diberikan insentif adalah pengelola angkutan umum, bukan sebaliknya justru dalam hal ini industri otomotif yang membuat masyarakat justru nantinya dapat bertanya-tanya ada apa dengan pemerintah kenapa begitu mudahnya menggolkan peraturan yang mendukung industri-industri besar penghasil barang jasa non layanan publik, namun begitu susah mendukung industri yang menunjang pelayanan publik. Dari sisi timing, regulasi ini juga meninggalkan catatan karena dalam timing yang dirasa belum tepat yaitu masih buruknya sarana dan prasarana transpoprtasi umum di Indonesia, sebaliknya regulasi ini bisa diterima jika sistem transportasi di kota-kota besar di Indonesia sudah memadai dan terintegrasi. Regulasi ini terlalu menguntungkan dan memanjakan industri otomotif.
Sehingga Produk massal mobil LCGC tersebut pada akhirnya akan membuat macet kota-kota besar di Indonesia, belum lagi nantinya efek terhadap jebolnya APBN karena subsidi BBM akan kian melambung. Ini dapat dilihat dari Data BPS bahwa Defisit Neraca Perdagangan hingga Juli 2013 mencapai 5,65 miliar dollar AS, dengan rincian sumbangsih Defisit Neraca Perdagangan Migas mencapai
7,6 miliar dollar AS dan Neraca Perdagangan Nonmigas surplus hanya 1,95 miliar dollar AS sehingga defisit tidak dapat tertutupi.
Pemerintah sepantasnya sebagai pengendali utama dari sistem transportasi tidak bisa diam melihat hal ini, LCGC mau tidak mau akan terus berjalan dan tidak selamanya LGCG juga merupakan kebijakan yang buruk ketika memang konsep transportasi mampu dipikirkan baik-baik. Nantinya mungkin aparatur pemerintah daerah yang harus bekerja keras berkejaran dengan masuknya mobil-mobil murah ke daerah mereka karena memang ini sudah menjadi keputusan di tingkat pusat namun bukan tidak mungkin mereka bisa mengendalikannya bahkan benar-benar membuktikan bahwa kebijakan ini memang bermanfaat dari banyak sisi tidak hanya ekonomi saja.
Pro kontra terkait kehadiran kebijakan mobil ini memang tidak dapat dihindari terkait dengan banyaknya faktor-faktor yang sudah dihadirkan diatas, apalagi ternyata juga muncul keluhan terutama dari produsen mobil nasional yang mengatakan bahwa seakan – akan kebijakan ini telah menipu apa yang telah dijanjikan pemerintah bahwa mobil dengan kapasitas mesin 1000
cc kebawahlah yang nantinya akan mendapat insentif 0% pajak pembelian namun ternyata mereka khususnya pelaku usaha mobil nasional harus bertarung dengan produsen mobil dari luar negeri bermesin 1200 cc seperti terangkum dalam PP Nomor 41 Tahun 2013 pasal 3 ayat 1c. Pemerintah sudah menggiring kita kepada budaya konsumerisme dan golongan ekonomi menengah sudah tidak dapat dibendung lagi untuk tidak membeli mobil karena secara pendapatan dimungkinkan untuk membeli kendaraan bermotor dengan UMR yang terus meningkat dan ketika dihadapkan pada pilihan mobil atau motor ada kemungkinan besar ketika kondisi keuangan mencukupi mereka akan lebih memilih mobil. Bahkan berdasarkan survei komuter Japanese Technical Cooperation for Jabodetabek Urban Transportation Policy Integration, pada tahun 2002 persentase pengguna sepeda motor sebesar 27,8 persen, pengguna mobil 15,2 persen, pengguna bus atau angkutan umum 50,1 persen dan selebihnya 6,9 persen adalah moda lainnya seperti becak,ojek dan jalan kaki. Sementara itu pada tahun 2010 pengguna sepeda motor sudah meningkat tiga kali lipat menjadi 62,9 persen , mobil 17,4 persen, pengguna bus menurun tiga kali lipat menjadi 16,71 persen dan moda lainnya 3 persen.
Mungkin ada beberapa tawaran solusi yang dapat kita bersama tawarkan dalam hal ini seperti contohnya pemaksimalan moda transportasi angkutan massal, baik itu bus, KRL ataupun sejenisnya. Kemudian pembuatan kawasan terpadu yang terintegrasi dengan titik – titik transit transportasi harus sudah dipikirkan dalmungkin kita bisa mulai memakai konsep Park A Ride yaitu dimana disediakan kawasan parkir yang terintegrasi langsung dengan moda transportasi baik itu Kereta Api ataupun Bus kota. Industri Otomotif bukan tidak mungkin benar-benar berperan besar terhadap Ketahanan Ekonomi Nasional, bahkan dalam paparan Direktur Jenderal Industri UnggulanBerbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budhi Dharmadi bahwa sektor otomotif menyumbang pemasukan pajak Rp 75 Triliun bahkan ekspor mobil Indonesia sudah merambah ke 80 negara di belahan Asia, Afrika, bahkan sampai ke Amerika Selatan. Bukan sebuah kejutan kalau mobil Avanza yang akan mengantar wisatawan ketika berada di Afrika Selatan, jadi ada potensi besar sebenarnya dari sektor ini. Hanya memang persoalan yang terjadi tetaplah memerlukan keseriusan dari pemerintah untuk menanganinya. Jika kita peduli,bukan tidak mungkin tata kelola transportasi kita mampu lebih baik dan berperan besar bagi ketahanan ekonomi kita.
Dan inilah dampak dari pembegoan jepang terhadap pemerintahan Indonesia
Pembatasan BBM timbulkan antrean panjang
Langkah pembatasan bahan bakar minyak bersubsidi yang ditempuh Pertamina mulai terasa dampaknya bagi warga awam.
Di kawasan pantai utara Pulau Jawa, pembatasan BBM subsidi menyebabkan antrean sepanjang ratusan meter di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum.
Sebagaimana disaksikan Renaningtyas, seorang ibu yang bepergian dari Jakarta ke Yogyakarta melalui Pantura, antrean panjang terjadi di sejumlah SPBU yang tersebar antara Cirebon hingga Tegal.
“Saya sendiri memerlukan waktu selama 30 menit untuk mengisi bensin di Tegal,” kata Rena.
Hal serupa diutarakan Agus, seorang warga Cirebon. Menurutnya, antrean panjang di SPBU sudah terjadi sejak Jumat (22/08) lalu.
“Hari ini lebih parah. Di SPBU Jalan Tuparev, antrean kendaraan, baik motor maupun mobil, mencapai bahu jalan. Kemudian, SPBU di Tengah Tani, Kabupaten Cirebon, antrean sepeda motor mencapai sekitar 300 meter. Kemudian, ada beberapa SPBU lainnya tutup pada siang hari karena stok premium maupun pertamax mereka telah habis,” kata Agus kepada wartawan BBC Indonesia, Jerome Wirawan.
Selain di kawasan Cirebon dan Tegal, kelangkaan BBM terjadi di Jember pada akhir pekan lalu, sebagaimana disaksikan wartawan BBC Indonesia, Sri Lestari.
Konsekuensi
Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir, antrean panjang terjadi lantaran kawasan Pantai Utara Pulau Jawa, khususnya Cirebon, merupakan lokasi pertemuan dari berbagai kota.
Ali Mundakir, mengatakan terjadinya antrean dan habisnya BBM subsidi lebih cepat dari biasanya merupakan konsekuensi dari pembatasan volume BBM subsidi oleh pemerintah.
Dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan 2014, kuota BBM subsidi yang sebelumnya 48 juta kiloliter sampai akhir tahun, dipotong menjadi 46 juta kiloliter.
“Pertamina harus mengatur sisa kuota supaya cukup sampai akhir tahun 2014. Konsekuensinya, memang akan terjadi antrean. Jika disalurkan begitu saja sesuai kebutuhan masyarakat, solar subsidi akan habis pada November, sedangkan premium akan habis awal Desember,” kata Ali.
Langkah pembatasan BBM subsidi itu dinilai tidak tepat oleh pengamat energi, Fabby Tumiwa.
Dia berpendapat bahwa langkah tersebut akan menyebabkan inflasi secara tidak langsung.
“Adanya kelangkaan pasti akan menaikkan harga. Saya memprediksi kawasan industri, perkebunan, pertambangan inflasi regionalnya akan naik yang ujungnya akan meningkatkan inflasi nasional.
"Oleh karena itu, dari sudut pandang ekonomi, langkah pembatasan BBM subsidi bukan langkah yang tepat. Namun, bagi pemerintah, khususnya presiden, pembatasan tidak memperburuk citra ketimbang menaikkan harga BBM. Ini Klik bom waktu bagi pemerintahan berikutnya,” ujar Fabby.
Klik Pengendalian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi telah diatur BPH Migas melalui surat edaran kepada penyalur BBM bersubsidi, yakni PT Pertamina, PT AKR Corporindo Tbk, dan PT Surya Parna Niaga (SPN).
Dalam surat tersebut, BPH Migas meminta waktu penjualan solar bersubsidi di stasiun pengisian bahan bakar umum di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Bali akan dibatasi hanya pukul 08.00 hingga 18.00 mulai Senin (04/08).
Langkah selanjutnya ialah menghentikan penjualan premium di sedikitnya 24 SPBU di pinggir jalan tol. Penyaluran solar bersubsidi akan difokuskan kepada para nelayan dengan bobot kapal kurang dari 30 gross ton.
Berdasarkan data Pertamina, sisa kuota premium subsidi per 18 Agustus 2014 tinggal 10 juta kiloliter, sedangkan solar tersisa 5,5 juta kiloliter.
SUMBER
TS di mari bukan TS yang anti jepang gan TS sendiri ga munafik kok gan ane akuin ane juga suka pake produk jepang semisal TV ,motor ,komik dll ,Tapi ane di mari mau ngingetin gan kita jangan ampe Terlalu mendewakan Negara Jepang sampai-sampai ngecosplay buat ngelupain jati diri kita sebagai Bangsa Indonesia
ingan gan suatu saat nanti barang lo semua ntah mobil ,motor ,TV ,AC atau barang yang lain bakal ada dalam suatu keadaan stuk ,dimana mobil dan motor ga bisa pake bensin karna bensin habis ,TV ga bisa di tonton karena listrik habis begitupun yang lain .Maka suatu saat semua benda yang lo dewain itu bakal seperti ini
sekian gan ,trit dari ane
Diubah oleh ciammn 26-08-2014 04:35
0
7.8K
Kutip
52
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
923.4KThread•84.6KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya