- Beranda
- The Lounge
Jakarta Enaknya Pakai Monorail atau TRAM ?
...
TS
Arieans
Jakarta Enaknya Pakai Monorail atau TRAM ?
Wuiiiihhh... Gak nyangka bakalan jadi HT.
Makasih mimin, makasih agan semua
HT pertama ane
Permisi agan-agan
Beberapa hari ini ane suka lihat ada berita yang isinya kalau Pak Ahok (Calon Gubernur Baru) menolak rencana monorail di ibukota kita tercinta. Nah beliau bakalan ngebatalin monorail dan selanjutnya diganti pakai Tram.
Tram
Monorail
Tapi kalian pada tahu gak sih bedanya monorail sama Tram/ Light Rail Transit ?. Kalau gak tahu, ane mau kasih penjelasan, disimak ya
Nah Selanjutnya
Nah udah tau kan gan perbedaan Tram sama Monorail, Biar memperjelas, aye kasih gambaran Monorail n Tram dari beberapa negara sebelah gan
1. Singapore
2. Kuala Lumpur
3. Sydney
4. US- Las Vegas
5. Japan
6. Germany
Rencana Monorail di Jakarta
1. Desain Monorail
2. Ilustrasi Rendering
3. Jalur
Selanjutnya Kita Lihat TRAM
1. Holland
2. Belgia
3. Hongkong
4. Melbourne
5. Prague
6. UK
7. Istanbul
8. Batavia
9. SOLO gan (RailBus) - Kereta Rel Diesel
Jadi gimana gan ? Jakarta cocoknya dipakai-in tram atau monorail ??
Selain fungsinya sebagai sarana transportasi masal, sebenernya dangan adanya tram ataupun monoorail bisa jadi ajang gengsi loh gan hahaha !!!
Masa negara tetangga aja punya, kita nggak
Sekian Thread saya, semoga menambah wawasan
Kalau berkenan di Rate ya gan, Kasih Juga boleh.
Pendapat keren nih gan
Nanti Update lagi ah, segini dulu yak gan
Makasih mimin, makasih agan semua
HT pertama ane
Spoiler for HT:
Permisi agan-agan
Beberapa hari ini ane suka lihat ada berita yang isinya kalau Pak Ahok (Calon Gubernur Baru) menolak rencana monorail di ibukota kita tercinta. Nah beliau bakalan ngebatalin monorail dan selanjutnya diganti pakai Tram.
Spoiler for Tram Vs Monorail:
Tram
Monorail
Spoiler for Berita:
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama langsung mengadukan mengenai proyek monorel kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Menurut dia, Jokowi setuju jika proyek tersebut dibatalkan.
"Pak Jokowi setuju membatalkan proyek monorel. Kalau desainnya tidak masuk akal, monorel kita batalkan," kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Rabu (23/7/2014).
Selama ini, Basuki selalu lantang atas kinerja PT Jakarta Monorail yang tidak berkembang. Basuki pulalah yang selalu mengancam membatalkan proyek berbasis rel tersebut. Sementara Jokowi yang terus meyakinkan bahwa proyek itu tetap berjalan.
Jokowi sepakat dengan keputusan wakilnya itu untuk memberi waktu PT JM melengkapi segala persyaratan hingga Agustus. Jika, PT JM melewati waktu itu dan tidak dapat meyakinkan DKI, dapat dipastikan proyek mantan Gubernur DKI Sutiyoso itu kembali mangkrak.
Adapun persyaratan yang harus dipenuhi PT JM adalah aspek business plan, properti, jaminan bank, dan lainnya. Hingga kini, PT JM belum dapat meyakinkan DKI, kalau mereka memiliki uang untuk membangun monorel.
"Pokoknya tunggu sampai Agustus. Tidak bisa penuhi syarat, langsung putus," kata Basuki.
Meski nantinya Jakarta tidak memiliki monorel, Basuki menjamin warga DKI tidak kekurangan transportasi publik. Rencananya, monorel akan diganti dengan Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan.
"Udah gue kasih tahu ke Pak Jokowi soal LRT itu," kata Basuki
"Pak Jokowi setuju membatalkan proyek monorel. Kalau desainnya tidak masuk akal, monorel kita batalkan," kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Rabu (23/7/2014).
Selama ini, Basuki selalu lantang atas kinerja PT Jakarta Monorail yang tidak berkembang. Basuki pulalah yang selalu mengancam membatalkan proyek berbasis rel tersebut. Sementara Jokowi yang terus meyakinkan bahwa proyek itu tetap berjalan.
Jokowi sepakat dengan keputusan wakilnya itu untuk memberi waktu PT JM melengkapi segala persyaratan hingga Agustus. Jika, PT JM melewati waktu itu dan tidak dapat meyakinkan DKI, dapat dipastikan proyek mantan Gubernur DKI Sutiyoso itu kembali mangkrak.
Adapun persyaratan yang harus dipenuhi PT JM adalah aspek business plan, properti, jaminan bank, dan lainnya. Hingga kini, PT JM belum dapat meyakinkan DKI, kalau mereka memiliki uang untuk membangun monorel.
"Pokoknya tunggu sampai Agustus. Tidak bisa penuhi syarat, langsung putus," kata Basuki.
Meski nantinya Jakarta tidak memiliki monorel, Basuki menjamin warga DKI tidak kekurangan transportasi publik. Rencananya, monorel akan diganti dengan Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan.
"Udah gue kasih tahu ke Pak Jokowi soal LRT itu," kata Basuki
Tapi kalian pada tahu gak sih bedanya monorail sama Tram/ Light Rail Transit ?. Kalau gak tahu, ane mau kasih penjelasan, disimak ya
Spoiler for Penjelasan Monorail:
Monorel adalah sebuah metro atau rel dengan jalur yang terdiri dari rel tunggal, berlainan dengan rel tradisional yang memiliki dua rel paralel dan dengan sendirinya, kereta lebih lebar daripada relnya. Biasanya rel terbuat dari beton dan roda keretanya terbuat dari karet, sehingga tidak sebising kereta konvensiona
Kelebihan Monorail Gan
1. Hanya Membutuhkan ruang yang kecil baik ruang vertikal maupun horizontal. Lebar yang diperlukan adalah selebar kereta dan karena dibuat di atas jalan, hanya membutuhkan ruang untuk tiang penyangga.
2. Terlihat lebih "ringan" daripada kereta konvensional dengan rel terelevasi dan hanya menutupi sebagian kecil langit.
3. Tidak bising karena menggunakan roda karet yang berjalan di beton.
4. Bisa menanjak, menurun, dan berbelok lebih cepat dibanding kereta biasa.
5. Lebih aman karena dengan kereta yang memegang rel, risiko terguling jauh lebih kecil. Resiko menabrak pejalan kaki pun sangat minim.
6. Lebih murah untuk dibangun dan dirawat dibanding kereta bawah tanah.
Kekurangan
1. Dibanding dengan kereta bawah tanah, monorel terasa lebih memakan tempat.
2. Dalam keadaan darurat, penumpang tidak bisa langsung dievakuasi karena tidak ada jalan keluar kecuali di stasiun.
3. Kapasitasnya masih dipertanyakan.
Beberapa negara yang memakai monorail gan :
1. Singapore
2. Jepang
3. Malaysia
4. Korea Selatan
5. Amerika Serikat
6. Jerman
7. Inggris
8. Belgia
Kelebihan Monorail Gan
1. Hanya Membutuhkan ruang yang kecil baik ruang vertikal maupun horizontal. Lebar yang diperlukan adalah selebar kereta dan karena dibuat di atas jalan, hanya membutuhkan ruang untuk tiang penyangga.
2. Terlihat lebih "ringan" daripada kereta konvensional dengan rel terelevasi dan hanya menutupi sebagian kecil langit.
3. Tidak bising karena menggunakan roda karet yang berjalan di beton.
4. Bisa menanjak, menurun, dan berbelok lebih cepat dibanding kereta biasa.
5. Lebih aman karena dengan kereta yang memegang rel, risiko terguling jauh lebih kecil. Resiko menabrak pejalan kaki pun sangat minim.
6. Lebih murah untuk dibangun dan dirawat dibanding kereta bawah tanah.
Kekurangan
1. Dibanding dengan kereta bawah tanah, monorel terasa lebih memakan tempat.
2. Dalam keadaan darurat, penumpang tidak bisa langsung dievakuasi karena tidak ada jalan keluar kecuali di stasiun.
3. Kapasitasnya masih dipertanyakan.
Beberapa negara yang memakai monorail gan :
1. Singapore
2. Jepang
3. Malaysia
4. Korea Selatan
5. Amerika Serikat
6. Jerman
7. Inggris
8. Belgia
Nah Selanjutnya
Spoiler for Tram/LRT:
Kereta api ringan dikenal juga sebagai LRT sebagai singkatan Light Rail Transit adalah salah satu sistem Kereta Api Penumpang yang beroperasi dikawasan perkotaan yang konstruksinya ringan dan bisa berjalan bersama lalu lintas lain atau dalam lintasan khusus, disebut juga tram.
Kereta api ringan banyak digunakan diberbagai negara di Eropa dan telah mengalami modernisasi, antara lain dengan otomatisasi, sehingga dapat dioperasikan tanpa masinis, bisa beroperasi pada lintasan khusus, penggunaan lantai yang rendah (sekitar 30 cm) yang disebut sebagai Low floor LRT untuk mempermudah naik turun penumpang.
Tram pernah dikembangkan di Indonesia pada zaman pendudukan Kolonial Belanda beroperasi di beberapa kota di Indonesia seperti di Jakarta dan Surabaya dan dihilangkan pada tahun 1960an, karena pada waktu itu tidak dirawat dengan baik sehingga dianggap mengganggu lalu lintas karena sering mogok
Beberapa kota/negara yang memakai Tram
1. Belanda
2. Prague
3. Hongkong
4. Melbourne
5. Batavia
6. Belgia
7. Turkey
8. Uk
dll.
Kereta api ringan banyak digunakan diberbagai negara di Eropa dan telah mengalami modernisasi, antara lain dengan otomatisasi, sehingga dapat dioperasikan tanpa masinis, bisa beroperasi pada lintasan khusus, penggunaan lantai yang rendah (sekitar 30 cm) yang disebut sebagai Low floor LRT untuk mempermudah naik turun penumpang.
Tram pernah dikembangkan di Indonesia pada zaman pendudukan Kolonial Belanda beroperasi di beberapa kota di Indonesia seperti di Jakarta dan Surabaya dan dihilangkan pada tahun 1960an, karena pada waktu itu tidak dirawat dengan baik sehingga dianggap mengganggu lalu lintas karena sering mogok
Beberapa kota/negara yang memakai Tram
1. Belanda
2. Prague
3. Hongkong
4. Melbourne
5. Batavia
6. Belgia
7. Turkey
8. Uk
dll.
Nah udah tau kan gan perbedaan Tram sama Monorail, Biar memperjelas, aye kasih gambaran Monorail n Tram dari beberapa negara sebelah gan
Spoiler for Monorail:
1. Singapore
2. Kuala Lumpur
3. Sydney
4. US- Las Vegas
5. Japan
6. Germany
Rencana Monorail di Jakarta
Spoiler for Jakarta Eco Transport:
1. Desain Monorail
2. Ilustrasi Rendering
3. Jalur
Selanjutnya Kita Lihat TRAM
Spoiler for Tram/LRT:
1. Holland
2. Belgia
3. Hongkong
4. Melbourne
5. Prague
6. UK
7. Istanbul
8. Batavia
9. SOLO gan (RailBus) - Kereta Rel Diesel
Jadi gimana gan ? Jakarta cocoknya dipakai-in tram atau monorail ??
Selain fungsinya sebagai sarana transportasi masal, sebenernya dangan adanya tram ataupun monoorail bisa jadi ajang gengsi loh gan hahaha !!!
Masa negara tetangga aja punya, kita nggak
Sekian Thread saya, semoga menambah wawasan
Kalau berkenan di Rate ya gan, Kasih Juga boleh.
Pendapat keren nih gan
Spoiler for Buka:
Quote:
Original Posted By gembul.dungdung►pengalaman ane di melbourne, tram itu jalannya bareng mobil di tengah jalan gan...
emang lebih nyaman soalnya bisa digandeng panjang dan kebanyakan jalurnya khusus dipisah dari mobil jadi hambatannya cuma lampu lalu lintas.
ga kayak di jakarta, jalur busway diembat sama mobil & motor
masalahnya jakarta dipasang jalur busway aja udah sempit gan, teru diserobot melulu.
lah ini mau pake tram mau ditaro dimana....wkwkwk
mana muaaaatttt.....
kalo monorel kayaknya bisa ditaro di atas jalan, jadi ga ganggu lalu lintas mobil, motor, dan bis.
[poiler=nih foto tram di melbourne ane tambahin]
[spoiler]
emang lebih nyaman soalnya bisa digandeng panjang dan kebanyakan jalurnya khusus dipisah dari mobil jadi hambatannya cuma lampu lalu lintas.
ga kayak di jakarta, jalur busway diembat sama mobil & motor
masalahnya jakarta dipasang jalur busway aja udah sempit gan, teru diserobot melulu.
lah ini mau pake tram mau ditaro dimana....wkwkwk
mana muaaaatttt.....
kalo monorel kayaknya bisa ditaro di atas jalan, jadi ga ganggu lalu lintas mobil, motor, dan bis.
[poiler=nih foto tram di melbourne ane tambahin]
[spoiler]
Spoiler for ini kabel2nya gan:
Quote:
Original Posted By daniel_danxev►Monorail di singapura hanya untuk entertainment gan, (cuma untuk masuk ke pulau sentosa)
Monorail di Malaysia juga cuma hanya di pusat kota (Daerah bukit bintang sungai wang)
Monorail hanya cocok untuk jarak pendek.
jadi JAUHHH lebih cocok MRT gan - cuma kekurangannya gorong2 bawah Tanah kita mesti di perbaiki.
saya sih setuju ke 2 nya, cuma prioritas MRT.
MRT untuk 1 Jakarta
Monorail untuk pusat kota (cth : Thamrin dan Sudirman)
Gimana menurut agan pendapat ane?
Monorail di Malaysia juga cuma hanya di pusat kota (Daerah bukit bintang sungai wang)
Monorail hanya cocok untuk jarak pendek.
jadi JAUHHH lebih cocok MRT gan - cuma kekurangannya gorong2 bawah Tanah kita mesti di perbaiki.
saya sih setuju ke 2 nya, cuma prioritas MRT.
MRT untuk 1 Jakarta
Monorail untuk pusat kota (cth : Thamrin dan Sudirman)
Gimana menurut agan pendapat ane?
Quote:
Original Posted By Heivina►Kalo untuk jakarta ya lebih cocok Monorail gan, lagian dah ada pilarnya kan itu ? sayang kalo dianggurin.
Tapi sebenernya permasalahan2 kota seperti ini emang kesalahan pembangunan dari awal. Coba agan2 liat dokumentasi megacities, national geographic, atau tentang managemen kota2 besar seperti new york, london dsb.
Quote dari mereka adalah "Every big cities are built from the underground"
Yep, jadi awal pembangunan kota besar berbentuk grid, dibeberapa grid terdapat underground system yang ada subway transport system sama sewer system.
Nah tuh masalah jakarta seandainya pake sistem itu udah terselesaikan ya gan (ato paling gk diminimalkan)(banjir dan macet)
Tapi sebenernya permasalahan2 kota seperti ini emang kesalahan pembangunan dari awal. Coba agan2 liat dokumentasi megacities, national geographic, atau tentang managemen kota2 besar seperti new york, london dsb.
Quote dari mereka adalah "Every big cities are built from the underground"
Yep, jadi awal pembangunan kota besar berbentuk grid, dibeberapa grid terdapat underground system yang ada subway transport system sama sewer system.
Nah tuh masalah jakarta seandainya pake sistem itu udah terselesaikan ya gan (ato paling gk diminimalkan)(banjir dan macet)
Quote:
Original Posted By lily.panther►semoga diangkat ke page one
apapun, yang harusnya menjadi pertimbangan bukan di monorail atau tram
tapi feedernya.
seperti kita tahu, naik public transport itu mahal. di busway nya murah, tapi di angkot, ojek, bajaj nya mahal.
jadi yang menarik perhatianku, bukan tram atau monorail nya. tapi feedernya. kalo di singapore, bus utk feedernya, jadi 1 kesatuan. terintegrasi bayarnya (dapat rebate kalo sambung menyambung dalam waktu sekian menit)
tapi bagi aku, terbaik adalah dengan bike feeder. jadi ada 1 perushaan penyewaan sepeda di jakarta raya. orang sewa sepeda ke sana per bulan.
kita berangkat dari rumah naik sepeda. terus ditaruh di stasiun. kita sampai tujuan, tinggal ambil sepeda lagi kemudian dibawa ke kantor. pas pulang, sepedanya dibawa pulang. (kan ada uang jaminan)
juga infrastructure disiapkan. jalur mobil dikurangi utk sepeda. penyerobot jalur sepeda ini akan disuruh naik sepeda, kemudian ditabrak sama panser leopard nya si wowo). orang akan takut nyerobot
apapun, yang harusnya menjadi pertimbangan bukan di monorail atau tram
tapi feedernya.
seperti kita tahu, naik public transport itu mahal. di busway nya murah, tapi di angkot, ojek, bajaj nya mahal.
jadi yang menarik perhatianku, bukan tram atau monorail nya. tapi feedernya. kalo di singapore, bus utk feedernya, jadi 1 kesatuan. terintegrasi bayarnya (dapat rebate kalo sambung menyambung dalam waktu sekian menit)
tapi bagi aku, terbaik adalah dengan bike feeder. jadi ada 1 perushaan penyewaan sepeda di jakarta raya. orang sewa sepeda ke sana per bulan.
kita berangkat dari rumah naik sepeda. terus ditaruh di stasiun. kita sampai tujuan, tinggal ambil sepeda lagi kemudian dibawa ke kantor. pas pulang, sepedanya dibawa pulang. (kan ada uang jaminan)
juga infrastructure disiapkan. jalur mobil dikurangi utk sepeda. penyerobot jalur sepeda ini akan disuruh naik sepeda, kemudian ditabrak sama panser leopard nya si wowo). orang akan takut nyerobot
Quote:
Original Posted By m45wal►Jakarta?
Busway jelas gak cocok, karna bikin tambah macet. Bus baru beli koq sering mogok. Payah.
Monorail juga gak cocok karna pasti petugasnya gak bisa merawatnya. Merawat bus aja gak becus, apalagi merawat monorail. Kalau monorail mogok, kasihan penumpangnya.
Tram juga gak cocok. Malah bikin macet, sama aja dengan busway.
Yang cocok dengan Jakarta adalah sampan, perahu karet dan semacamnya. Jika banjir, busway dan tram pasti berhenti beroperasi. Tapi kalau sampan dan perahu karet biarpun Jakarta banjir masih tetap beroperasi.
Busway jelas gak cocok, karna bikin tambah macet. Bus baru beli koq sering mogok. Payah.
Monorail juga gak cocok karna pasti petugasnya gak bisa merawatnya. Merawat bus aja gak becus, apalagi merawat monorail. Kalau monorail mogok, kasihan penumpangnya.
Tram juga gak cocok. Malah bikin macet, sama aja dengan busway.
Yang cocok dengan Jakarta adalah sampan, perahu karet dan semacamnya. Jika banjir, busway dan tram pasti berhenti beroperasi. Tapi kalau sampan dan perahu karet biarpun Jakarta banjir masih tetap beroperasi.
Quote:
Original Posted By thepistolero►kalau kenyamanan, kapasitas dan ketepatan waktu sih ane milih metro/mrt (fyi metro/mrt itu beda sama monorail gan yang di Singapore itu mereka lebih gunain mrt )
kalau masalah biaya sih ane milih Tram,soalnya pengalaman di hongkong ngegunain tram kemana aja bayarnya sama mau deket atau Jauh asal sejalur
sebenarnya prinsip tram itu sama aja kaya busway masih ngikutin lampu lalu lintas terus jalan nya juga masih bisa diambil pengendara lain, jadi selama warga nya belum bisa disiplin ane ragu tram bakal berhasil
menurut ane yang dibutuhin jakarta sekarang itu metro/mrt daripada monorail atau tram
sebetulnya kota kota besar di Indonesia dulu udah punya jalur tram bekas penjajah tapi ya mungkin karena dulu pejabatnya belum mikir tranportasi publik yang baik jadi di cabut rel tram nya
kalau masalah biaya sih ane milih Tram,soalnya pengalaman di hongkong ngegunain tram kemana aja bayarnya sama mau deket atau Jauh asal sejalur
sebenarnya prinsip tram itu sama aja kaya busway masih ngikutin lampu lalu lintas terus jalan nya juga masih bisa diambil pengendara lain, jadi selama warga nya belum bisa disiplin ane ragu tram bakal berhasil
menurut ane yang dibutuhin jakarta sekarang itu metro/mrt daripada monorail atau tram
sebetulnya kota kota besar di Indonesia dulu udah punya jalur tram bekas penjajah tapi ya mungkin karena dulu pejabatnya belum mikir tranportasi publik yang baik jadi di cabut rel tram nya
Quote:
Original Posted By clark21►dua duanya hampir sama gan. Sama gimana? sama karakteristik nya dg Bus Transjkt / BRT (Bus rapid transit) Monorail emang unggul karena dy punya jalur rel sendiri, jadi bebas traffic, tapi di sisi lain dan di banyak kota, seperti Sydney, Monorail dianggap gagal, dan bukan public transport yang baik karena investasinya terlalu mahal untuk membuat jalurnya itu, dan gak sebanding dg kemampuan dy ngangkut penumpang. Monorail Sydney udah dibongkar, salah satunya karena itu. Bagaimana dg tram? investasi nya termasuk murah karena ga perlu bangun elevated rail, dan cuma memakai jalan yg ada. Kapasitas penumpang juga ga jauh beda, selain itu karena ga elevated, jadi mudah diakses o/ semua orang (gak perlu tangga, atau lift buat disable person). Masalahnya hanya dy masih berbagi jalan dg mobil, kadang jd ancaman buat pedestrian juga. Di sini (Melbourne), mereka ada aturan utk memprioritaskan tram lewat ketimbang mobil. Kalo lampu merah, mobil harus berhenti di belakang tram walaupun dy ada di sisi lajur sebelahnya. Dan secara teori, tram lebih unggul, karena dalam public transport (PT) , teorinya adalah memberi prioritas buat PT dan mempersulit/mengurangi fasilitas buat kend. pribadi. Jadi dengan punya jalur yg sama dg mobil, otomatis mempersulit kendaran pribadi dan memancing orang untuk pindah moda ke PT. Seperti apa yg dilakukan di Vancouver, atau London, dkk. Jadi? Menurut ane, Jakarta cukup punya 3 jenis moda transport. 1. Kereta/MRT/comuter line untuk jarak jauh. 2. BRT/transjkt utk jarak sedang 3. Angkot/bus reguler utk jarak pendek.
Loh, berarti udah ada semua dong kecuali MRT? iya gan, karena menurut ane yg jakarta butuhkan bukan nambah moda transportasi baru, tapi mengintegrasikan moda transport itu semua dalam satu network, jadi orang dg gampang pindah dari kereta, ke transjkt lalu naik angkot/bus kecil. Termasuk d dalamnya mengoptimalkan jalur/rute tiap moda transport. Apakah menurut agan sekarang mereka semua udah terintegrasi? apakah sekarang udah gampang pindah dari kereta ke transjkt atau ke angkot? atau jangan2 sekarang kalo abis naik kereta nyari halte busway masih harus jalan beratus2 meter? Bayangkan gan, berapa banyak moda transportasi yg akan Jakarta punya, ada commuter line & MRT ( mereka sama tapi krn belum terintegrasi jd ane pisah), Transjkt, Monorail/tram, Bus reguler (kopaja, metro mini, dkk) dan angkot biasa. Dari data yg ane punya, mayoritas penumpang transjkt ternyata adalah pindahan dari yg biasanya naik kopaja/metro mini, tapi bukan pindahan dari yg biasanya naik mobil. Nanti kalau ada tram/monorail, jangan2 cuma pindahan dari penumpang transjkt atau metro mini juga.. penumpang yg naik mobil, ya tetep naik mobil.... hehehe
Loh, berarti udah ada semua dong kecuali MRT? iya gan, karena menurut ane yg jakarta butuhkan bukan nambah moda transportasi baru, tapi mengintegrasikan moda transport itu semua dalam satu network, jadi orang dg gampang pindah dari kereta, ke transjkt lalu naik angkot/bus kecil. Termasuk d dalamnya mengoptimalkan jalur/rute tiap moda transport. Apakah menurut agan sekarang mereka semua udah terintegrasi? apakah sekarang udah gampang pindah dari kereta ke transjkt atau ke angkot? atau jangan2 sekarang kalo abis naik kereta nyari halte busway masih harus jalan beratus2 meter? Bayangkan gan, berapa banyak moda transportasi yg akan Jakarta punya, ada commuter line & MRT ( mereka sama tapi krn belum terintegrasi jd ane pisah), Transjkt, Monorail/tram, Bus reguler (kopaja, metro mini, dkk) dan angkot biasa. Dari data yg ane punya, mayoritas penumpang transjkt ternyata adalah pindahan dari yg biasanya naik kopaja/metro mini, tapi bukan pindahan dari yg biasanya naik mobil. Nanti kalau ada tram/monorail, jangan2 cuma pindahan dari penumpang transjkt atau metro mini juga.. penumpang yg naik mobil, ya tetep naik mobil.... hehehe
Quote:
Original Posted By l96ai►LRT sama monorel kapasitasnya terbatas gan. Paling bener itu MRT system. Kan mobilitas antara jakarta dan kawasan penyangga banyak. Kalo tram atau LRT mah cuma di dalam kota doang.
Jakarta ga bisa dibandingin sama singapore, madrid, atau paris. Paling cocok sama new york. Karena New York itu traffic dari daerah penyangganya lumayan banyak, persis seperti DKI Jakarta.
Terus wujudkan dong pembangunan rel untuk petikemas di Priok. Salah satu yang bikin macet itu kan truk tronton dari cikarang, karawang, dan daerah industri lainnya di jabar.
Page one dong gan..
Jakarta ga bisa dibandingin sama singapore, madrid, atau paris. Paling cocok sama new york. Karena New York itu traffic dari daerah penyangganya lumayan banyak, persis seperti DKI Jakarta.
Terus wujudkan dong pembangunan rel untuk petikemas di Priok. Salah satu yang bikin macet itu kan truk tronton dari cikarang, karawang, dan daerah industri lainnya di jabar.
Page one dong gan..
Quote:
Original Posted By aplus00►setau ane trem & monorel termasuk dalam kategori LRT deh gan.. cmiiw..
kalo ane sih setuju kalo trem & monorel dibuat di jakarta. trem untuk jarak dekat, sedangkan monorel untuk jarak menengah.
kereta krl yg ada skrg buat jarak jauh aja penghubung jakarta & luar jakarta, tapi krl yg udah ada skrg ya terusin aja.
busway juga dijadikan semacam penghubung antar stasiun monorel & krl yg udah ada. busway yg udah ada tetep diterusin.
semua yg ane jabarin ini pasti butuh biaya besar, tapi makin ditunda pembangunannya ane khawatir makin mahal nanti biayanya
kalo ane sih setuju kalo trem & monorel dibuat di jakarta. trem untuk jarak dekat, sedangkan monorel untuk jarak menengah.
kereta krl yg ada skrg buat jarak jauh aja penghubung jakarta & luar jakarta, tapi krl yg udah ada skrg ya terusin aja.
busway juga dijadikan semacam penghubung antar stasiun monorel & krl yg udah ada. busway yg udah ada tetep diterusin.
semua yg ane jabarin ini pasti butuh biaya besar, tapi makin ditunda pembangunannya ane khawatir makin mahal nanti biayanya
Nanti Update lagi ah, segini dulu yak gan
0
97.6K
Kutip
1.6K
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
925.1KThread•91KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya