- Beranda
- The Lounge
Mengenal Jenis-jenis Kontainer dalam Industri Pelayaran
...
TS
genbezto
Mengenal Jenis-jenis Kontainer dalam Industri Pelayaran
Spoiler for alhamdulillah:
Akhirnya jd HT gan. thks mimin momod
Spoiler for Container aka Peti Kemas:
Aslm...
Agan sering melihat kontainer?? Tau g gan ternyata Kontainer itu ada berbagai macam bentuk dan kegunaanya. Langsung saja cekidot gan
Agan sering melihat kontainer?? Tau g gan ternyata Kontainer itu ada berbagai macam bentuk dan kegunaanya. Langsung saja cekidot gan
1. General cargo container
Spoiler for :
Kontainer Yang paling umum digunakan dalam industri pelayaran ; terdiri dalam berbagai dimensi standar oleh ISO. Mereka digunakan untuk pengiriman bahan kering seperti elektronik dll gan.
ukurannya bervariasi gan 20feet, 40feet, 45feet sampe 53feet gan
Spoiler for 20 feet:
Spoiler for 40 feet:
Spoiler for 45 feet:
Spoiler for 53 feet:
Spoiler for high cube:
nhah kalo agan liat diatas pintu kontainer ada tanda garis kuning item nhan itu tandanya kontainer itu high cube gan which mean lebih tinggi dari yg standar
2. Flat rack container
Spoiler for :
Dengan sisi yang dapat dicopot ini adalah kontainer yang sederhana di mana sisi bisa dilipat atau dicopot sehingga membuat rak datar untuk pengiriman dari berbagai macam barang. Biasanya digunakan buat naruh cargo yg over dimension gan e.g truck, buldoser, yacht dll
3. Open top container
Spoiler for :
Dengan atap convertible yang dapat benar-benar dihapus atau dicopot untuk membuat atap terbuka sehingga bahan-bahan dari setiap ketinggian dapat dikirimkan dengan mudah. fungsinya kurang lebih jg sama dg flat rack untuk cargo yg over dimension
4. Tunnel container
Spoiler for :
Wadah penyimpanan unit dilengkapi dengan pintu pada kedua ujungnya , mereka sangat membantu dalam bongkar muat bahan dengan cepat.
5. Open side storage container
Spoiler for :
Unit penyimpanan ini disediakan dengan pintu di samping yang dapat mengubah ke sisi benar-benar terbuka yang menyediakan banyak ruang yang lebih luas untuk loading bahan yang besar.
6. Double doors container
Spoiler for :
adalah jenis unit penyimpanan yang disediakan dengan pintu ganda, membuat ruang yang lebih luas untuk bongkar muat bahan. Bahan konstruksi termasuk baja, besi dll dalam standar ukuran 20 ft dan 40 ft.
7. Refrigerated ISO containers
Spoiler for :
Ini adalah kontainer yang selalu memiliki suhu rendah ( dingin )yang terkontrol. Biasanya digunakan untuk pengiriman barang - barang perishable / yang mudah rusak atau busuk seperti daging, ikan, sayur dan buah buahan agar dapat lebih tahan lama
8. Insulated or thermal containers
Spoiler for :
kontainer ini adalah wadah penyimpanan pengiriman yang datang dengan kontrol suhu diatur yang memungkinkan mereka untuk mempertahankan suhu yang diinginkan agar tidak terpengaruh oleh suhu luar kontainer
9. Tanks
Spoiler for :
Unit penyimpanan wadah yang digunakan sebagian besar untuk pengangkutan bahan cair, mereka digunakan oleh proporsi yang besar dari pengiriman seluruh industri. Mereka sebagian besar terbuat dari baja yang kuat atau bahan anti korosif
10. Half height containers
Spoiler for :
Jenis lain dari kapal kontainer mencakup setengah ketinggian wadah. Kebanyakan dibuat dari baja, wadah ini adalah setengah tinggi kontainer berukuran penuh. Digunakan terutama untuk baik seperti batu bara, batu dll yang perlu mudah bongkar muat.
11. Car carriers
Spoiler for :
Mobil carriers adalah unit penyimpanan wadah yang dibuat khusus untuk pengiriman mobil jarak jauh. Mereka datang dengan sisi dilipat yang membantu sebuah mobil yang cocok pas di dalam wadah tanpa risiko yang rusak atau bergerak dari tempat.
12. Intermediate bulk shift containers
Spoiler for :
Ini adalah khusus penyimpanan pengiriman kontainer yang dibuat hanya untuk tujuan menengah pengiriman barang. Mereka dirancang untuk menangani sejumlah besar bahan dan dibuat untuk tujuan pengiriman bahan untuk tujuan yang mana mereka dapat lebih lanjut dikemas dan dikirim ke tempat akhir tanpa perlu bongkar muat di pelabuhan
13. Drums
Spoiler for :
Seperti namanya, kontainer yg berbentuk melingkar, terbuat dari pilihan bahan seperti baja, serat logam, serat, dll plastik keras yang paling cocok untuk transportasi massal bahan cair. Mereka lebih kecil dalam ukuran tetapi karena bentuk mereka, mungkin perlu ruang ekstra.
14. Special purpose containers
Spoiler for :
Bukan wadah biasa, ini adalah unit kontainer, kustom dibuat untuk tujuan khusus. Sebagian besar, mereka digunakan untuk layanan tingkat tinggi seperti pengiriman senjata dan pembakaran. Dengan demikian, konstruksi dan komposisi bahan mereka tergantung pada tujuan khusus yang mereka butuhkan untuk memenuhi. Tetapi dalam banyak kasus, keamanan tetap prioritas utama
15. Cattle Container
Spoiler for :
Yang ini buat ngangkut ternak gan misalnya lembu dkk
Sumber
Spoiler for :
http://www.forumpelaut.com/Thread-Jenis-jenis-Kontainer-Dalam-Industri-Pelayaran#.UaRqRtjl92F
Tambahan dari agan
Spoiler for :
Quote:
Original Posted By ainx666►gan ane tambahin
Generator Container
ontainer ini sudah integrated dengan generator di dalamnya dengan panjang 20kaki.
taro pejiwan ya gan...
Generator Container
ontainer ini sudah integrated dengan generator di dalamnya dengan panjang 20kaki.
taro pejiwan ya gan...
Quote:
Original Posted By borneoadventure►
Cargo Storage Roll Container
Salah satu kontainer yang dinbuat khusus untuk pengangkutan material dan dilengkapi dengan roda/roll dibagian bawah kontainer, sehingga memudahkan untuk pergerakan kontainer.
tsnya kebanyakan ngaskus ne drpd kuliah
Cargo Storage Roll Container
Salah satu kontainer yang dinbuat khusus untuk pengangkutan material dan dilengkapi dengan roda/roll dibagian bawah kontainer, sehingga memudahkan untuk pergerakan kontainer.
tsnya kebanyakan ngaskus ne drpd kuliah
Justru ini lg mentransfer ilmu kuliah gan
Quote:
Quote:
Original Posted By nessavzeus►container office ngak ada gan
biasanya sih buat kantor kontraktor, kantor dengan mobilitas tinggi ....
pindah proyek, tinggal diangkat kantornya
biasanya sih buat kantor kontraktor, kantor dengan mobilitas tinggi ....
pindah proyek, tinggal diangkat kantornya
Quote:
Original Posted By unconscious►wah kebetulan ane kerja jadi konsultan IT di terminal petikemas di Indonesia,
klo yang refrigerator biasanya di sebut Container Reefer, tapi terkadang container reefer ini dimuat barang yang ga perlu pendinginan.
yg ane blm prnh liat itu container 53 feet,
ciri2 container sprti ukuran(panjang) bisa dilihat dari ISOnya yg ada di container
seperti container 20 feet contoh ISOnya adalah 22G1, bisa juga 2200
klo yang 40 feet, contoh ISOnya 42G1, klo yang HC/high cube contoh ISOnya 45G1,
klo reefer biasanya ada R nya seperti 22R1 utk 20ft/ 42R0 utk 40ft.
biaya penanganan container pun berbeda2, utk container 40 pasti lebih mahal daripada yang 20. ada jg container dg/dangerous yang muatan/isinya termasuk dangerous good/barang berbahaya sprti bahan kimia, etc
ada bbrp container di page 1 yg sy blm prnh lihat sprti open side & cattle
klo yang refrigerator biasanya di sebut Container Reefer, tapi terkadang container reefer ini dimuat barang yang ga perlu pendinginan.
yg ane blm prnh liat itu container 53 feet,
ciri2 container sprti ukuran(panjang) bisa dilihat dari ISOnya yg ada di container
seperti container 20 feet contoh ISOnya adalah 22G1, bisa juga 2200
klo yang 40 feet, contoh ISOnya 42G1, klo yang HC/high cube contoh ISOnya 45G1,
klo reefer biasanya ada R nya seperti 22R1 utk 20ft/ 42R0 utk 40ft.
biaya penanganan container pun berbeda2, utk container 40 pasti lebih mahal daripada yang 20. ada jg container dg/dangerous yang muatan/isinya termasuk dangerous good/barang berbahaya sprti bahan kimia, etc
ada bbrp container di page 1 yg sy blm prnh lihat sprti open side & cattle
Quote:
Original Posted By quackpack►Nambahin gan, di depan kan ada container yang namanya tanks (nomor 9) yang dipake untuk ngangkut bahan cair..
selain itu ada alternatifnya untuk ngangkut bahan cair gan, caranya dengan pake flexy bag yang nantinya dimasukin ke dalam general container. secara biaya relatif lebih murah dibanding sewa container jenis tanks.
gambarnya kurang lebih seperti ini :
selain itu ada alternatifnya untuk ngangkut bahan cair gan, caranya dengan pake flexy bag yang nantinya dimasukin ke dalam general container. secara biaya relatif lebih murah dibanding sewa container jenis tanks.
gambarnya kurang lebih seperti ini :
Spoiler for Q/A seputar container:
Quote:
Original Posted By enj1►asing swmua gan. yang sering lihat cuma yang paling atas sama yang ada pendingin udaranya. yang ane bingung itu AC dapat suplay tenaga dari mana ya
prtanyaan bagus gan. di reefer container terminal trdapat plug untuk supply listrik ke reefer container, begitupula di kapal trdapat plug jg untuk menyuplai listrik.dan yg terakhir pas dibawa truck, container jg akan dihubungkan dg listrik dr truck itu sendiri.
Quote:
Original Posted By pRiee►ngeri nih pas masih di truk kontainernya kalo lg jalan .
pernah liat soalnya pas lg belok kontainernya ambruk ke samping
pernah liat soalnya pas lg belok kontainernya ambruk ke samping
ada 2 kemungkinan gan. pertama twist lock di empat pojokan g terpasang dg benar shg kontainer bergerak bebas.
kedua bs jd truck driver ny ugal2an
Quote:
Original Posted By Badvriel►bentuknya doang yang pembeda ye jadi warna bukan acuan?
warna container tergantung dr perusahaan pemilikny gan. contohny evergreen warna container ny ijo, hanjin shipping warna biru, etc. jd warna bukan acuan gan
Quote:
Original Posted By saridi►klo yg buat ternak kayaknya bau ya itu
iya gan tentu saja, tp penggunaan container jenis ini skrg jarang digunakan krn untuk pengangkutan hewan seperti lembu sudah menggunakan kapal khusus namanya cattle ships jd mereka lembu2 tsb ud g dimasukin container lg tp ditaruh langsung di kapal2 tsb dg cara digiring
Quote:
Original Posted By kostrad►Untuk yg diangkut melalui laut jarang liat ane selain yg general cargo
masak sih gan? container kan diperuntukkan khusus buat sea transport.
cb deh agan lihat lg.hehe
Spoiler for tank container on board:
Spoiler for flat rack on board:
Quote:
Original Posted By borneoadventure►
gan, orang shipping ya.tanya dong gan demurage dan despatch ada gak didalam bisnis container?
gan, orang shipping ya.tanya dong gan demurage dan despatch ada gak didalam bisnis container?
Quote:
Original Posted By narup►
Gan, komponen biaya dalam bisnis container itu banyak ga. Basically, kalo biaya exsport laut itu kebagi 3. Local charges di negara asal, basic charges untuk biaya shippingnya, sama local charges di negara tujuan. Ada juga biaya seperti demurage atau detention. Biaya ini timbul kalo penggunaan container melebihi waktu yang ditentukan. Sebagai contoh biaya demurage. agan kirim barang dari sini ke negara A. Container samope di negara A katakanlah hari ini. di port itu ada waktu tertentu dimana kontainer itu harus diambil setelah sampai. tari di negara A kita dikasih waktu satu minggu. kalo agan ngak ngambil itu container dalam wakti satu minggu, agan akan kena biaya demurage yang dihitung per hari/container.
semoga tambah ilmunya ya
Gan, komponen biaya dalam bisnis container itu banyak ga. Basically, kalo biaya exsport laut itu kebagi 3. Local charges di negara asal, basic charges untuk biaya shippingnya, sama local charges di negara tujuan. Ada juga biaya seperti demurage atau detention. Biaya ini timbul kalo penggunaan container melebihi waktu yang ditentukan. Sebagai contoh biaya demurage. agan kirim barang dari sini ke negara A. Container samope di negara A katakanlah hari ini. di port itu ada waktu tertentu dimana kontainer itu harus diambil setelah sampai. tari di negara A kita dikasih waktu satu minggu. kalo agan ngak ngambil itu container dalam wakti satu minggu, agan akan kena biaya demurage yang dihitung per hari/container.
semoga tambah ilmunya ya
Nhah sudah terjawab y gan, thks agan. intinya demurage tu bahasa gampangnya biaya keterlambatan gtu gan klo despatch kebalikannya
Quote:
Original Posted By favored►Ga sekalian ente jelasin gan, FCL dan LCL supaya lengkap gitu.
Tapi kalo memang niat ente hanya untuk menjelaskan jenis2 container, ini sudah lumayan lengkap.
Great posting, gan!
Tapi kalo memang niat ente hanya untuk menjelaskan jenis2 container, ini sudah lumayan lengkap.
Great posting, gan!
Thks saranny gan. Pd intinya FCL (Full container Load) adalah term dimana seluruh isi dari kontainer tersebut milik satu pembeli. misalnya penjual A ngirim barang ke pembeli B. Jd boleh dikatakan satu kontainer untuk satu pembeli
LCL (Less container load) term dimana isi dari kontainer tersebut milik beberapa pembeli. misalnya penjual A ngirim barang ke pembeli B-C-D tp di pelabuhan tujuan yang sama. jadi kontainer tersebut harus di buka dan isinya dipisah2 setelah sampai di pelabuhan tujuan untuk dikirim ke masing2 pembeli.
semoga penjelasan ane gampang dimengerti
Quote:
Original Posted By devilight►Gan, nanya yang "high cube" lebih tinggi dari standard berapa ya?
Tinggi container standard 2.591 m kalo yg High cube 2.896 m
Quote:
Original Posted By blackvoltage►Nanya donk om, klo sebutan TEU tuh apa ya maksudnya? Ada artinya gk?
TEU (Twenty Equivalent Unit) ukuran untuk ngitung container gan.
Container 20 feet = 1TEU
Container 40 feet = 2TEU
jadi intinya buat ngitung satuan container gan. misal nya kapal kapasitas 18.000TEU itu berarti kapal tsb bs mengangkut 18.000 container 20feet atau 9.000 container 40feet.
semoga ngrti penjelasan ane
Quote:
Original Posted By macrus►itu container kan pindah 1 negara ke negara lain, gimana cara mengetahui lokasi container ya,trus apa gak ilang itu pindah2 negara, kayane gak ada GPS'nya itu container
secara bisa keliling dunia ya he..
secara bisa keliling dunia ya he..
Quote:
Original Posted By windia16►
dear agan,
ga akan ilang gan,masing2 container sudah ada report port of loading sama port of dischargenya,nanti disitu keliatan semua,kapan due datenya dan kembalikan dikapal mana nanti,dan seterusnya nanti agen yang disana nanti yang terima,begitu juga mereka terima juga reportnya..,ga akan ilang gan,karena setiap ex/im udah pasti direcord disystem.. cmiww .. terkecuali ada kendala sperti tenggelam,kapal dibajak ..dll..
dear agan,
ga akan ilang gan,masing2 container sudah ada report port of loading sama port of dischargenya,nanti disitu keliatan semua,kapan due datenya dan kembalikan dikapal mana nanti,dan seterusnya nanti agen yang disana nanti yang terima,begitu juga mereka terima juga reportnya..,ga akan ilang gan,karena setiap ex/im udah pasti direcord disystem.. cmiww .. terkecuali ada kendala sperti tenggelam,kapal dibajak ..dll..
Tuh ud dijawab sm agannya. thks gan
Quote:
Original Posted By e2k►Wah ada yang post tentang container / peti kemas. Kebetulan saya cari makan dibidang ini kurang lebih..
Mau nambahin aja sekalian mumpung lagi HT biar banyak yg baca tambah banyak yang tau prosedur pengiriman peti kemas.
Jadi dasarnya dulu aja paling gampang kita bedain dulu antara shipping line dan truk trailer pengangkutnya itu dua perusahaan yg berbeda.
Umpama contoh kaya kita mau ke airport kan naik taxi dulu, sampe airport baru naik pesawat. Perusahaan taxi dan perusahaan airlines adalah dua perusahaan yang berbeda.
Jadi klo mau export / import, harus booking 2 pihak yang berbeda, shipping line dan trucking. Nah kalo gak mau repot booking sini sono, bisa pake freight forwarder / perusahaan logistik. Kalo ini, dia ibarat travel supaya gak perlu ribet, anda bisa lgsg booking freight forwarder, tentu aja dia ambil untung lagi sedikit, krn mereka bukan pemilik kapal / pemilik truk.
Balik ke prosedur export importnya.
Kalo export, sesudah kita booking pelayaran dengan mengirim shipping instruction, nanti pihak pelayaran akan keluarin satu kertas namanya delivery order. Nah delivery order ini kita kasih ke perusahaan trucking, nanti dia harus bawa ke depo, lalu membayar lift on (biaya naekin kontener)' dan akan diberikan kertas bernama bon muat. Nah bon muat inilah yang nantinya dibawa sama supir trailer, buat ambil kontener kosong. Lalu baru dibawa ke pabrik untuk dimuat, dan dibawa ke pelabuhan untuk diturunkan untuk diexport.
Nah sebelom masuk pelabuhan tentu aja kita harus urus dokumen2nya misalnya PEB dan kartu kuning. Sesudah dokumen dan bayar2 beres, baru deh mobil dan kontenernya boleh masuk pelabuhan lalu diturunkan kontenernya.
Nah klo import, sebaliknya.
Sesudah ngurus dokumen2 import beres (termasuk pembayaran pajak import) nanti akan keluar surat terakhir namanya Tila. Klo tila udah beres kita tinggal booking trucking, kasih tila nya, lalu trucking boleh masuk pelabuhan untuk ambil kontenernya dan dibawa ke gudang untuk dibongkar. Selesai dibongkar, pihak trucking harus kembaliin kontener yang udah kosong. Nah disini kontener akan nunggu, sampe ada yg mau export lagi, barulah box container itu bakal pindah negara / pindah tujuan lagi.
Walo singkat, semoga membantu
Mau nambahin aja sekalian mumpung lagi HT biar banyak yg baca tambah banyak yang tau prosedur pengiriman peti kemas.
Jadi dasarnya dulu aja paling gampang kita bedain dulu antara shipping line dan truk trailer pengangkutnya itu dua perusahaan yg berbeda.
Umpama contoh kaya kita mau ke airport kan naik taxi dulu, sampe airport baru naik pesawat. Perusahaan taxi dan perusahaan airlines adalah dua perusahaan yang berbeda.
Jadi klo mau export / import, harus booking 2 pihak yang berbeda, shipping line dan trucking. Nah kalo gak mau repot booking sini sono, bisa pake freight forwarder / perusahaan logistik. Kalo ini, dia ibarat travel supaya gak perlu ribet, anda bisa lgsg booking freight forwarder, tentu aja dia ambil untung lagi sedikit, krn mereka bukan pemilik kapal / pemilik truk.
Balik ke prosedur export importnya.
Kalo export, sesudah kita booking pelayaran dengan mengirim shipping instruction, nanti pihak pelayaran akan keluarin satu kertas namanya delivery order. Nah delivery order ini kita kasih ke perusahaan trucking, nanti dia harus bawa ke depo, lalu membayar lift on (biaya naekin kontener)' dan akan diberikan kertas bernama bon muat. Nah bon muat inilah yang nantinya dibawa sama supir trailer, buat ambil kontener kosong. Lalu baru dibawa ke pabrik untuk dimuat, dan dibawa ke pelabuhan untuk diturunkan untuk diexport.
Nah sebelom masuk pelabuhan tentu aja kita harus urus dokumen2nya misalnya PEB dan kartu kuning. Sesudah dokumen dan bayar2 beres, baru deh mobil dan kontenernya boleh masuk pelabuhan lalu diturunkan kontenernya.
Nah klo import, sebaliknya.
Sesudah ngurus dokumen2 import beres (termasuk pembayaran pajak import) nanti akan keluar surat terakhir namanya Tila. Klo tila udah beres kita tinggal booking trucking, kasih tila nya, lalu trucking boleh masuk pelabuhan untuk ambil kontenernya dan dibawa ke gudang untuk dibongkar. Selesai dibongkar, pihak trucking harus kembaliin kontener yang udah kosong. Nah disini kontener akan nunggu, sampe ada yg mau export lagi, barulah box container itu bakal pindah negara / pindah tujuan lagi.
Walo singkat, semoga membantu
Nyang pengen berkecimpung di export import nih tanya ama masternya
Quote:
Original Posted By andrewinart►first of all thanks berat buat gan TS dan agan" lainnya yang uda nambahin atas sharing ilmunya
Tanya:
1. kalo misal container kena jalur merah itu kenapa gan? apakah semua pelabuhan terapin hal yang sama?
2. mengapa jatah hari (free time demurage) yang tercantum di B/L (pelabuhan kirim) sesungguhnya tidak sesuai dengan kenyataannya (pelabuhan terima), misal B/L tercantum 14 hari namun saat barang tiba di pelabuhan terima ternyata hanya dapat 10 hari. Apa sering seperti ini atau bagaimana solusinya?
Tanya:
1. kalo misal container kena jalur merah itu kenapa gan? apakah semua pelabuhan terapin hal yang sama?
2. mengapa jatah hari (free time demurage) yang tercantum di B/L (pelabuhan kirim) sesungguhnya tidak sesuai dengan kenyataannya (pelabuhan terima), misal B/L tercantum 14 hari namun saat barang tiba di pelabuhan terima ternyata hanya dapat 10 hari. Apa sering seperti ini atau bagaimana solusinya?
wih ada expert nanya. hehe tp cb ane jawab dg penjelasan yg simple
1. Container jalur hijau: di pelabuhan bongkar cukup diperiksa dokumennya saja tanpe harus diperiksa secara fisik
Container jalur merah: wajib diperiksa dokumen dan fisik, jadi harus di cek isinya jg gan sm petugas kepabeanan
2. If i'm not mistaken, hal tsb dikarenakan B/L nya negotiable ato klo memang tidak sesuai dg B/L di pelabuhan kirim maka perlu ditanyakan keabsahannya gan. soalnya klo mslh B/L ane jg msh bljr
Quote:
Original Posted By xeveus►wah informatif sekali thread nya
sory OOT
mo tanya gan.. klo dlam film Tom hanks terbaru yaitu "Captain Phillips" disitu diceritakan dia membawa salah satu kapal cargo. Tapi kok aneh tidak ada senjata sama sekali, hanya dilengkapi water gun. bahkan di kabin pun tidak ada senpi. apa memang prosedurnya seperti itu? Kepikiran juga sih rawan piracy di laut. Apalagi kalau melintasi laut internasional
sory OOT
mo tanya gan.. klo dlam film Tom hanks terbaru yaitu "Captain Phillips" disitu diceritakan dia membawa salah satu kapal cargo. Tapi kok aneh tidak ada senjata sama sekali, hanya dilengkapi water gun. bahkan di kabin pun tidak ada senpi. apa memang prosedurnya seperti itu? Kepikiran juga sih rawan piracy di laut. Apalagi kalau melintasi laut internasional
Kapal cargo (niaga) berdasarkan peraturan memang tdk diperbolahkan membawa senjata on board, tetapi sebagian kecil dari mereka tetap membawa katakanlah pistol, tetapi hal ini ilegal.
Nhah kalo soal keamanan dr piracy biasanya Navy dari negara asl kapal mengawal mereka gan. dan actually di area rawan piracy seperti teluk aden di selatan yaman sudah stanby Navy yg siap mengawal atau datang saat dibutuhkan. misalnya Navi dr Amerika, Rusia, Germany, Korsel, Netherlands etc.
Spoiler for nyang ijo2 dari agan :
Semoga Bermanfaat Gan
Menerima
Kaskuser yang baik selalu meninggalkan komeng
Diubah oleh genbezto 22-05-2014 15:18
0
94.3K
Kutip
807
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.9KThread•90KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya