alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.73 stars - based on 22 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/522aad708227cf5833000001/kebiasaan-menyiram-air-pada-jalan-beraspal-mempercepat-kerusakan
Lapor Hansip
07-09-2013 11:37
Kebiasaan Menyiram Air pada Jalan Beraspal Mempercepat Kerusakan
Kebiasaan Menyiram Air pada Jalan Beraspal Mempercepat Kerusakan

Kebiasaan Menyiram Air pada Jalan Beraspal Mempercepat Kerusakan
emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Kaskus


Quote:Semoga aja gak repost, soalnya udah ane ubrek2 per kata, kalimat gak ada trit yg serupa... mohon maaf kalo repost emoticon-Big Grin
nih info buat yang belum tau aja

nih


jangan lupa


Kebiasaan Menyiram Air pada Jalan Beraspal Mempercepat Kerusakan

Kebiasaan Menyiram Air pada Jalan Beraspal Mempercepat Kerusakan
Quote:Pasti agan-agan sekalian pernah melihat orang yang menyiram halaman didepan rumahnya... yah, tujuan dari penyiraman ini sebenarnya agar lebih adem dan dapat menyegarkan kondisi halaman depan rumah emoticon-Big Grin
namun, hal ini ternyata ada dampak negatifnya,,, emoticon-Frown

Menyirami jalan depan rumah dengan air bersih atau air comberan maksudnya agar tak berdebu terutama untuk jalanan yang setengah jadi alias jalan tanah atau jalan pengerasan saja karena setiap ada mobil yang lewat akan menerbangkan debu yang mengganggu pernapasan terhadap mereka yang berada ditepi jalan bahkan debu dapat menyelinap masuk kedalam rumah dan mengotori perabotan dalam rumah. emoticon-Belo
ilustrasi

Kebiasaan ini terbawa dan masih dipertahankan setelah jalan depan rumah mereka sudah diberi aspal padahal menyiram air setiap hari pada jalan beraspal akan mempercepat pengelupasan aspal jalan emoticon-Nohope
jika diamati maka akan terlihat bagian jalan yang sering disiram air apakah itu berasal dari bekas cucian motor, cucian mobil atau sengaja disiram maka aspalnya lebih cepat rusak dibandingkan dengan jalan yang tidak terkena siraman air tak dipungkiri pula bahwa cepat atau lambatnya kerusakan jalan lebih banyak disebabkan oleh kualitas pengerjaan jalan itu sendiri.



Kebiasaan Menyiram Air pada Jalan Beraspal Mempercepat Kerusakan

menurut TS
Quote:Ayo kita hilangkan kebiasaan nyiram jalanan karna selain buang2 air juga dapat merusak aspal itu sendiri emoticon-Big Grinkalo halaman rumah yang tak beraspal (masih tanah) gak apa2 gan emoticon-Big Grin emoticon-Peace


Kalau hujan bagaimana??

Quote:Quote:Original Posted By kasugawa11
ngga masuk akal. trus kalo ujan gimana gan?


gak masuk akal gmana? emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By reguser
Saat panas aspal mengembang (fisika) pas disiram air,tiba2 jadi mengkerut jadi rusak deh

Nah gimana kalo hujan? Well mostly sblm hujan, cuaca,angin, suhu turun duluan , dan aspal juga tidak sepanas waktu matahari panas terik, tapi sudah agak lebih adem
Jadi begitu kena air hujan perbedaan suhunya tidak ekstrim,jadi tdk retak gan

Contoh lain cobain gelas diisi air panas 90an celcius, lalu mendadak kasi air suhu biasa (tanpa es) 25 an celcius, lgsg retak gan gelasnya

Gelas kan kaca, aspal kan batu..gimana hayo??
Nah justu itu aspal memang tidak rusak dalam sekejap 1x siram
Tapi coba kalo 1-2 minggu terus2an disiram waktu panas terik,pasti mulai berlubang gan aspalnya


tuh udah dijawab sama agan reguser diatas emoticon-Big Grin


PENJELASAN ILMIAHNYA
thanks to agan oytes.auditore

Quote:Original Posted By oytes.auditore
Betul gan, Kebetulan sesuai bidang ane nih,
air bisa mempercepat pengelupasan aspal, Tau kenapa ? karena aspal itu adalah campuran yang terdiri dari bitumen dan mineral. Bitumen adalah bahan yang berwarna coklat hingga hitam, keras hingga cair mempunyai sifat baik larut dalam Cs2 atau CCL4 dengan sempurna dan mempunyai sifat lunak dan tidak larut dalam air, ter adalah bahan cair berwarna hitam tidak larut dalam air, larut sempurna dalam Cs2 atau CCL4, mengandung zat-zat organik yang terdiri dari gugusan aromat dan mempunyai sifat kekal.
So terutama pada saat siang hari, suhu aspal akan naik beberapa bahkan mencair, saat kita siram aspal itu maka aspal cair tersebut akan terkelupas dan menempel pada krikil yang ikut lepas, lama kelamaan aspal tersebut bisa rusak. Akibatnya ada terjadi yg disebut "retak rambut", "retak buaya", dll sehingga menimbulkan alan berlunang


nice info gan emoticon-Jempol



Kebiasaan Menyiram Air pada Jalan Beraspal Mempercepat Kerusakan

ternyata ada agan yang berpendapat lain emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By flazzh
Bohong gan..
Aspal / bitumen itu material kedap air..
Jd jgn percaya ada cerita aspal rusak gara2 air..
Yg bikin rusak itu campuran aspal yg ngawur..
Aspal harus dibawa dengan hotmix dan disebar pada suhu tertentu, jd klo agan lihat drum item dibakar buat manasin aspal itu salah besar..
Aspal juga dicampur dgn pasir dan kerikil dimasak bebarengan pd suhu tertentu, jd klo agan liat di jalan disebar dulu batu2 kerikilnya baru aspalnya disiram belakangan itu ngawur juga,,

Aspal bahkan dipakai untuk campuran konstruksi bangunan spt d kolam renang, watertank, basemen, GWT, STP, roof garden, dll sebagai waterproofing, karena sifat bitumen kedap air,,
Jd kalau yg blg aspal rusak karena air, bohong gan, itu kontraktornya aja kebanyakan korupsi,,
Mau bukti? Buat yg tinggal di jkt, lihat aja tol jagorawi dibuat sm kontraktor amerika tahun 91, prosesnya ribet bgt pemadatan tanah dulu, aspal jg dijagain suhunya ditutupin terpal biar ga kena panas dikit demi sedikit. Hasilnya? Tol jagorawi ga pernah rusak gan sampai skrg..

Taro page one kalau berkenan ya TS,, thanks,,


Kebiasaan Menyiram Air pada Jalan Beraspal Mempercepat Kerusakan
SUMBER :
Quote:web :
kompasiana
beberapa pikiran TS
gambar :
http://rideralam.wordpress.com/

Kebiasaan Menyiram Air pada Jalan Beraspal Mempercepat Kerusakan
Diubah oleh lionelwin10
0
Kutip
Balas
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 11 dari 23
Lapor Hansip
04-11-2013 17:10
Betul gan, Kebetulan sesuai bidang ane nih,
air bisa mempercepat pengelupasan aspal, Tau kenapa ? karena aspal itu adalah campuran yang terdiri dari bitumen dan mineral. Bitumen adalah bahan yang berwarna coklat hingga hitam, keras hingga cair mempunyai sifat baik larut dalam Cs2 atau CCL4 dengan sempurna dan mempunyai sifat lunak dan tidak larut dalam air, ter adalah bahan cair berwarna hitam tidak larut dalam air, larut sempurna dalam Cs2 atau CCL4, mengandung zat-zat organik yang terdiri dari gugusan aromat dan mempunyai sifat kekal.
So terutama pada saat siang hari, suhu aspal akan naik beberapa bahkan mencair, saat kita siram aspal itu maka aspal cair tersebut akan terkelupas dan menempel pada krikil yang ikut lepas, lama kelamaan aspal tersebut bisa rusak. Akibatnya ada terjadi yg disebut "retak rambut", "retak buaya", dll sehingga menimbulkan alan berlunang


nice info gan emoticon-Jempol

0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
04-11-2013 17:17
begitu toh gan
ane baru tau nih
nice share gan emoticon-Big Grin
0
Kutip
Balas
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Lapor Hansip
04-11-2013 17:31
tapi udah jadi kebiasaan gan...
gimana donkk
0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
12-11-2013 10:49
simak dlu gan nih aspal
0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
12-11-2013 12:46
Quote:Original Posted By monocimon
mending aspalnya kasih waterproof gan


emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak,,ada2 aja si agan
0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
12-11-2013 12:50
musuh terbesar aspal ya air gan…
0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
12-11-2013 12:57
dulu jalanan di depan tongkrongan ane sama temen2 kan jalanan aspal, banyak banget pedagang asal buang air ke jalanan, hasilnya tu jalanan cepet banget rusaknya, bersyukur deh semenjak kepemimpinan pade jokowi di jakarta itu jalanan sekarang udah dicor,, jadi awet deh,, emoticon-Big Grin
0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
12-11-2013 13:09
ane pernah tuh nyiram aspal. ternyata malah tambah panas kalau aspal di sirem
0
Kutip
Balas
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Lapor Hansip
12-11-2013 13:22
Quote:Original Posted By reguser


Saat panas aspal mengembang (fisika) pas disiram air,tiba2 jadi mengkerut jadi ruksak deh

Nah gimana kalo hujan? Well mostly sblm hujan, cuaca,angin, suhu turun duluan , dan aspal juga tidak sepanas waktu matahari panas terik, tapi sudah agak lebih adem
Jadi begitu kena air hujan perbedaan suhunya tidak ekstrim,jadi tdk retak gan

Contoh lain cobain gelas diisi air panas 90an celcius, lalu mendadak kasi air suhu biasa (tanpa es) 25 an celcius, lgsg retak gan gelasnya

Gelas kan kaca, aspal kan batu..gimana hayo??
Nah justu itu aspal memang tidak rusak dalam sekejap 1x siram
Tapi coba kalo 1-2 minggu terus2an disiram waktu panas terik,pasti mulai berlubang gan aspalnya


kalau panas terik tiba2 hujan gmn gan?emoticon-Bingung (S)
0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
12-11-2013 13:24
untung Ane ga pernah Gan..

paling nyiram taneman Ane Gan..
0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
12-11-2013 20:09
Quote:Original Posted By nicogideon89
untung Ane ga pernah Gan..

paling nyiram taneman Ane Gan..


nah ini emoticon-Big Grin
0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
14-11-2013 06:31
Quote:Original Posted By oytes.auditore
Betul gan, Kebetulan sesuai bidang ane nih,
air bisa mempercepat pengelupasan aspal, Tau kenapa ? karena aspal itu adalah campuran yang terdiri dari bitumen dan mineral. Bitumen adalah bahan yang berwarna coklat hingga hitam, keras hingga cair mempunyai sifat baik larut dalam Cs2 atau CCL4 dengan sempurna dan mempunyai sifat lunak dan tidak larut dalam air, ter adalah bahan cair berwarna hitam tidak larut dalam air, larut sempurna dalam Cs2 atau CCL4, mengandung zat-zat organik yang terdiri dari gugusan aromat dan mempunyai sifat kekal.
So terutama pada saat siang hari, suhu aspal akan naik beberapa bahkan mencair, saat kita siram aspal itu maka aspal cair tersebut akan terkelupas dan menempel pada krikil yang ikut lepas, lama kelamaan aspal tersebut bisa rusak. Akibatnya ada terjadi yg disebut "retak rambut", "retak buaya", dll sehingga menimbulkan alan berlunang


nice info gan emoticon-Jempol



nais share, ane pajang pekwan emoticon-Big Grin

0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
14-11-2013 06:33
Iyatuh gan biasanya tukang dagang gitu yang sering nyiramin jalanan.





"Originally posted by DerPanzeRz"
~14 November 2013

Kebiasaan Menyiram Air pada Jalan Beraspal Mempercepat Kerusakan
0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
14-11-2013 06:34
Quote:Original Posted By oytes.auditore
Betul gan, Kebetulan sesuai bidang ane nih,
air bisa mempercepat pengelupasan aspal, Tau kenapa ? karena aspal itu adalah campuran yang terdiri dari bitumen dan mineral. Bitumen adalah bahan yang berwarna coklat hingga hitam, keras hingga cair mempunyai sifat baik larut dalam Cs2 atau CCL4 dengan sempurna dan mempunyai sifat lunak dan tidak larut dalam air, ter adalah bahan cair berwarna hitam tidak larut dalam air, larut sempurna dalam Cs2 atau CCL4, mengandung zat-zat organik yang terdiri dari gugusan aromat dan mempunyai sifat kekal.
So terutama pada saat siang hari, suhu aspal akan naik beberapa bahkan mencair, saat kita siram aspal itu maka aspal cair tersebut akan terkelupas dan menempel pada krikil yang ikut lepas, lama kelamaan aspal tersebut bisa rusak. Akibatnya ada terjadi yg disebut "retak rambut", "retak buaya", dll sehingga menimbulkan alan berlunang

nice info gan emoticon-Jempol


pantesan
0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
14-11-2013 06:36
baru tau ane nih gan emoticon-Hammer (S)
0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
14-11-2013 06:36
Quote:Original Posted By imam.amin
dulu jalanan di depan tongkrongan ane sama temen2 kan jalanan aspal, banyak banget pedagang asal buang air ke jalanan, hasilnya tu jalanan cepet banget rusaknya, bersyukur deh semenjak kepemimpinan pade jokowi di jakarta itu jalanan sekarang udah dicor,, jadi awet deh,, emoticon-Big Grin


tapi di daerah ane, masih aspal emoticon-Frown
0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
14-11-2013 06:40
Quote:Original Posted By search.id
klo ke ujanan gmn?


kayaknya udah ada di pejwan deh penjelasannya
0
Kutip
Balas
Lapor Hansip
14-11-2013 06:40
kalo abis banjir pasti ada aspal yang mengelupas emoticon-Bingung (S)
0
Kutip
Balas
Halaman 11 dari 23
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.