Monte CarloAvatar border
TS
Monte Carlo
Organ-organ Buatan yang Bisa Dipakai Manusia


Berkat kemajuan teknologi, orang-orang yang mengalami gagal jantung bisa diselamatkan dengan jantung buatan. Di masa mendatang, bukan cuma jantung yang bisa dibuat versi sintetisnya tetapi hampir semua organ bisa diganti buatan manusia.


http://www.kalbe.co.id/seminar/20364...g-manusia.html

Seperti diberitakan detikHealth beberapa waktu yang lalu, pria Inggris bernama Matthew Green menjadi manusia pertama di negara itu yang memakai jantung plastik. Sementara di Amerika, sebelumnya sudah ada Troy Golden yang memakai alat serupa.

Bukan cuma jantung yang bisa dibuat oleh manusia, dalam waktu dekat beberapa organ lain juga bisa dibuat versi sintetisnya antara lain sebagai berikut, seperti dikutip dari TheSun, Selasa (16/8/2011).

1. Otak
Para ahli dari California tengah mengembangkan alat untuk ditanam di kepala sebagai pengganti hippocampus atau pusat penyimpanan memori di otak. Jika berhasil, alat ini diharapkan bisa membantu para lansia yang mengalami kemunduran fungsi otak misalnya pada penyakit Parkinson dan Alzheimer.



http://arunals.wordpress.com/2011/06...n-otak-buatan/

2. Telinga
Telinga buatan sudah ditemukan sejak 40 tahun yang lalu dan sudah dipakai oleh ribuan manusia yang memiliki masalah pendengaran. Alat tersebut berupa cohlea implant, yang fungsinya mengantikan cohlea atau rumah siput sebagai penerima rangsang bunyi untuk diteruskan ke otak.



3. Mata
Kebutaan yang dialami jutaan manusia di dunia dalam waktu dekat akan bisa diatasi dengan chip penangkap cahaya seperti yang dipakai dalam kamera digital. Chip tersebut sudah memasuki tahap akhir perkembangan dan akan segera diujicobakan dalam skala yang lebih besar.



4. Pankreas
Dalam waktu sekitar 5 tahun ke depan, pengidap diabetes bisa mengapatkan pankreas buatan sebagai pengontrol produksi insulin. Pankreas buatan berbahan logam yang ditanam di bawah tulang rusuk itu kini tengah memasuki tahap akhir pengembangan di De Montford University, Leichester.


http://rumahdiabetes.com/pankreas-bu...ra-diciptakan/

5. Tulang belakang
Pria Amerika berusia 26 tahun, Rob Summers adalah penderita kelumpuhan akibat kecelakaan parah yang dialaminya beberapa tahun lalu. Namun kini ia sudah bisa berjalan tanpa kursi roda, berkat implan elektroda yang ditanam di tulang belakangnya untuk menghasilkan sinyal perintah pada kaki.



6. Rahim
Pada bayi tabung, hanya pembuahan saja yang dilakukan di laboratorium. Kini para ahli reproduksi di New York tengah mengembangkan teknologi paling mutakhir yakni rahim buatan sehingga embrio bisa dikembangkan menjadi janin di laboratorium.


http://us.detikhealth.com/read/2010/...-di-luar-tubuh

7. Kulit
Perusahaan bioteknologi di Inggris, Intercytex berhasil menemukan teknologi kulit buatan untuk mempercepat penyembuhan luka. Teknologi ini berupa protein sintetis yang bernama fibrin, yang memungkinkan luka separah apapun di permukaan kulit untuk dapat menutup diri dalam waktu yang lebih cepat.


http://spectrum.ieee.org/biomedical/...-a-second-life

8. Darah
Salah satu kampus ternama di London, Imperial College di London memiliki sebuah 'pabrik darah' yang teknologinya mirip cara kerja sumsum tulang belakang. Pabrik yang mampu memproduksi darah dalam jumlah tak terbatas ini dikembangkan untuk mengatasi kelangkaan donor darah.


http://www.geekologie.com/2009/03/br...roducing_s.php

[url]http://health.detik..com/read/2013/10/31/153137/2400667/763/ilmuwan-rumania-ciptakan-darah-dari-air-garam-dan-protein-cacing-laut?l992205755[/url]

9. Otot
Jika salah satu kaki diamputasi, solusinya adalah kaki buatan seperti yang banyak dipkai para penyandang cacat fisik. Namun jika hanya satu otot yang rusak atau hilang, solusinya adalah otot buatan yang dibuat dari bahan polymer. Para ahli mengembangkan teknologi ini untuk menggantikan kerusakan pada katub jantung serta otot spinchter (katub di anus dan saluran sperma).



10. Kaki
Tidak seperti prostetik atau alat bantu gerak yang banyak dipakai, kaki palsu yang dikembangkan para ilmuwan di Amerika Serikat ini tidak cuma menopang tubuh tetapi bisa bergerak sendiri seperti kaki asli. Kaki palsu yang digerakkan dengan tenaga baterai dan dikendalikan oleh mikroprosesor ini pertama kali dibuat untuk para veteran perang Irak yang kehilangan kaki.



hmmm..kira2 harganya berapa yah emoticon-Mewek :




==========================

Bersyukurlah kita jika di karuniai Panca Indra yang sehat sehingga tidak memerlukan alat bionic di atas, karna itu jaga dan rawatlah dg baik emoticon-Blue Guy Smile (S)

.
.
.
kalo suka silakan di rate gan emoticon-I Love Kaskus (S)

Alhamdulillah jika ada yg kasih emoticon-Cendol (S) (barcen on emoticon-Blue Guy Peace)

===========================

comment pilihan :

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh Monte Carlo 31-10-2013 09:09
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
28.8K
542
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge Pictures
icon
69KThread10.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.