Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Lahan Bisnisnya Terancam, Pengusaha Internet Lokal Minta Starlink Dihentikan!


Quote:





OPINI TS

Menurut opini TS, permintaan para pengusaha internet lokal untuk menghentikan layanan Starlink menunjukkan kekhawatiran yang mendalam terhadap masa depan bisnis mereka. Salah satu pengusaha, Bogi Witjaksono, menyoroti bahwa Starlink kini menawarkan layanan direct to cell, yang merupakan inovasi signifikan dalam industri telekomunikasi. Dengan teknologi yang belum dapat ditandingi oleh Telkom dan penyedia layanan internet lokal lainnya, kekhawatiran ini bukan tanpa alasan. Kehadiran Starlink bisa mengubah lanskap bisnis internet di Indonesia secara drastis.

Namun, ada sisi lain dari argumen ini yang perlu dipertimbangkan. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berpendapat bahwa pengusaha internet lokal seharusnya meningkatkan kemampuan bersaing daripada menghalangi masuknya teknologi baru. Luhut melihat kedatangan Starlink sebagai peluang untuk meningkatkan aksesibilitas internet bagi rakyat Indonesia, terutama di daerah-daerah terpencil yang selama ini sulit dijangkau oleh layanan internet konvensional.

Memang benar bahwa kompetisi yang sehat dalam industri teknologi dapat mendorong inovasi dan peningkatan kualitas layanan. Jika Starlink mampu menawarkan layanan internet yang lebih baik dan lebih murah, konsumen akan menjadi pemenang utama. Ini bisa mendorong penyedia layanan internet lokal untuk meningkatkan infrastruktur dan inovasi mereka, demi mempertahankan pangsa pasar. Pada akhirnya, ini bisa menguntungkan masyarakat dengan menyediakan lebih banyak pilihan dan harga yang lebih kompetitif.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa transisi ini akan membawa tantangan besar bagi pengusaha lokal. Mereka perlu melakukan investasi besar untuk mengimbangi teknologi baru dan meningkatkan kapasitas layanan mereka. Dukungan pemerintah dalam bentuk insentif atau kemudahan regulasi mungkin diperlukan untuk membantu para pengusaha ini beradaptasi dengan perubahan pasar. Selain itu, kolaborasi antara pemain lokal dan Starlink bisa menjadi solusi win-win yang memungkinkan teknologi baru diterapkan sambil tetap mempertahankan ekosistem bisnis lokal.

Secara keseluruhan, permintaan untuk menghentikan Starlink mungkin mencerminkan ketakutan akan perubahan yang cepat dan tidak terduga dalam industri telekomunikasi. Namun, daripada menghalangi kemajuan teknologi, fokus seharusnya pada bagaimana memanfaatkan inovasi ini untuk kepentingan bersama. Pengusaha internet lokal harus melihat kehadiran Starlink sebagai tantangan untuk berinovasi dan meningkatkan layanan mereka. Dengan pendekatan yang tepat, baik pemerintah maupun sektor swasta dapat bekerja sama untuk memastikan bahwa kemajuan teknologi membawa manfaat maksimal bagi seluruh masyarakat Indonesia.


Sumber Valid (baca baik-baik):
Link Referensi 1 , Link Referensi 2
suksesinambo008Avatar border
nadnosAvatar border
krukovAvatar border
krukov dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2.1K
62
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen JournalismKASKUS Official
13.3KThread5.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.