Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

littlesmithAvatar border
TS
littlesmith 
Lilith : Sang Ibunda Para Demon
Gansis pernah denger soal Lilith? Lilith ini sosok yang sering muncul di berbagai mitologi, terutama Yahudi, Kristen, dan Mesopotamia. Di Mesopotamia, Lilith dikenal sebagai roh jahat yang tinggal di padang gurun dan sering dikaitkan dengan angin badai. Di teks Sumeria, dia digambarin sebagai makhluk yang serem dan sering bikin onar.

Spoiler for Pic 1:




Nah, kalau di tradisi Yahudi, Lilith punya cerita yang lebih kompleks. Di literatur rabinik seperti Talmud dan Midrash, Lilith jadi lebih terkenal. Ceritanya, Lilith adalah istri pertama Adam yang diciptain dari tanah yang sama dengan Adam. Karena ngerasa setara, Lilith nggak mau tunduk sama Adam. Karena nggak mau nurut, dia akhirnya ninggalin Taman Eden. Ada lagi cerita dari "Alfabet Ben-Sira" dari abad ke-8 sampai ke-10 Masehi yang bilang kalau Lilith kabur dari Adam dan jadi ibu dari demon-demon karena nggak mau balik ke Eden meskipun disuruh malaikat.

Lilith ini sering dilihat sebagai simbol kemandirian dan pemberontakan terhadap patriarki. Dia ninggalin Adam dan milih hidup mandiri di luar Eden. Dia juga sering dikaitin sama aspek gelap dan berbahaya dari seksualitas, dianggap mengancam bayi dan wanita yang baru melahirkan.

Pernah denger soal succubus? Succubus ini demon cewek yang suka datengin pria pas tidur buat berhubungan seksual. Mereka digambarin sebagai makhluk yang menggoda dan ngisep energi kehidupan dari korbannya, bikin korbannya jadi capek banget atau bahkan meninggal.

Spoiler for Pic 2:




Lilith dan succubus sering dihubungin dalam tradisi mitologi. Dalam beberapa teks Kabbalistik, Lilith disebut sebagai ibu dari semua succubi. Dia dianggap sebagai ratu dari demon-demon cewek yang suka menggoda dan merusak manusia. Succubi dilihat sebagai perpanjangan dari sifat Lilith yang menggoda dan berbahaya.

Lilith ini dianggap ngatur para succubi buat menggoda dan merusak manusia. Peran Lilith sebagai ratu succubi makin nunjukin dia sebagai simbol kemandirian dan pemberontakan terhadap norma-norma seksual yang ketat.

Di budaya populer, Lilith sering digambarin sebagai sosok yang kuat dan independen, kadang sebagai antihero atau bahkan pahlawan. Dia muncul di berbagai karya sastra, seni, dan media, sering dihubungin sama tema-tema feminisme dan pemberontakan terhadap patriarki. Lilith juga sering muncul sebagai pemimpin atau ratu succubi dalam cerita-cerita modern, makin memperkuat citranya sebagai simbol kekuatan seksual dan kemandirian.

Lilith adalah sosok yang penuh simbolisme dan makna di berbagai tradisi mitologi. Dari asal-usulnya di Mesopotamia sampai perannya di tradisi Yahudi dan hubungannya dengan succubi, Lilith tetap jadi figur yang kompleks dan menarik. Dia melambangkan kemandirian, pemberontakan, dan kekuatan seksual yang sering diabaikan atau ditindas dalam masyarakat patriarki. Di representasi modern, Lilith terus jadi simbol kuat bagi banyak orang yang mencari identitas dan kekuatan di luar norma-norma tradisional.

Sumber
Pengembangan pribadi dan [url=https://nationalgeographic.grid.id/read/133923748/benarkah-lilith-perempuan-istri-pertama-adam-dalam-mitologi-mesopotamia?page=all#:~:text=Lilith%20sudah%20dipandang%20sebagai%20iblis,yang%20mengerikan%20di%20Taman%20Eden.]Natgeo[/url]

Gambar
1, 2
sukhoipakfaAvatar border
lsenseyelAvatar border
blacklegsanjaiAvatar border
blacklegsanjai dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.1K
252
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.7KThread85.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.