Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Resmi! ICC Akhirnya Minta 5 Tokoh Paling Berpengaruh di Israel-Palestina Dieksekusi












Resmi! ICC Akhirnya Minta 5 Tokoh Paling Berpengaruh di Israel-Palestina Dieksekusi
Resmi! ICC Akhirnya Minta 5 Tokoh Paling Berpengaruh di Israel dan Palestina Ditangkap dan Dieksekusi di Pengadilan untuk Mempertanggungjawabkan perbuatannya

Berbicara mengenai mahkamah internasional untuk kejahatan perang atau International Criminal Court ICC ini memang tidak sama seperti halnya lembaga hukum di suatu negara yang memiliki kepolisian untuk menindak para pelaku kriminal ya gansist, namun kinerja mereka juga tidak bisa dianggap remeh. Beberapa berhasil menangkap dan mengadili penjahat perang seperti saat tahun 1999 mereka melayangkan dakwaan kepada mantan presiden Serbia Slobodan Milosevic, Presiden Serbia Milan Milutinovic, Wakil Perdana Menteri Yugoslavia Nikola Sainovic, Kepala Angkatan Bersenjata Yugoslavia Dragoljub Ojdanic, dan Menteri Dalam Negeri Serbia Vlajko Stojiljkovic dan beberapa lainnya.

Yang pertama diadili dalam pengadilan adalah Radislav Krstic, seorang jenderal Serbia Bosnia, kemudian Slobodan Milosevic pada 12 Februari 2002 hingga Ratko Mladic dan Goran Hadzic, ditangkap pada pertengahan tahun 2011. Sekarang ICC pun dikabarkan resmi mengajukan permohonan surat penangkapan keatas 5 tokoh yang diduga paling berpengaruh terhadap meningkatnya tragedi kemanusiaan di Jalur Gaza dan wilayah perbatasan Israel selama waktu hampir mau setahun ini.


Quote:




Resmi! ICC Akhirnya Minta 5 Tokoh Paling Berpengaruh di Israel-Palestina Dieksekusi
Selain permintaan penangkapan terhadap dua tokoh paling terkenal di Israel tersebut, ICC pun mengumumkan telah meminta surat penangkapan terhadap kepala biro politik Hamas Ismail Haniyeh, pemimpin Hamas di Gaza Yahya Sinwar, serta Panglima Brigade al-Qassam Mohammed Diab al-Masri (dikenal sebagai Mohammed al-Deif).

“Hari ini saya mengajukan permohonan surat perintah penangkapan di hadapan Pra-Peradilan Kamar I Pengadilan Kriminal Internasional dalam Situasi di Negara Palestina," kata Jaksa ICC Karim Khan dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari situs web pengadilan tersebut, Selasa (21/5/2024) dikutip dari pemberitaan terbaru media sindonews.comdan bbc.com.


Quote:




Resmi! ICC Akhirnya Minta 5 Tokoh Paling Berpengaruh di Israel-Palestina Dieksekusi
Dalam hal ini, terlepas dari apa yang terjadi selanjutnya, penting bagi semua pihak untuk menghormati proses hukum yang sedang berlangsung. Kejahatan perang harus diusut tuntas dan para pelaku harus bertanggung jawab atas tindakan mereka. Semoga tindakan ICC ini dapat menjadi langkah awal menuju perdamaian dan keadilan di wilayah konflik ini.

Sedangkan dari pihak Hamas melalui pejabat seniornya, Sami Abu Zuhri memberikan respon lewat pernyataannya kepada Reutersjika surat penangkapan terhadap 3 pemimpin Hamas tersebut sama saja menyamakan korban dengan algojo, ini bisa mengakibatkan Israel semakin terang-terangan melakukan perang untuk pembasmian.

Adapun alasan dari jaksa ICC Karim Khan dalam penangkapan 5 tokoh paling berpengaruh di konflik tersebut khususnya untuk Israel adalah, mereka berniat menciptakan penderita yang luar biasa dan pembunuhan terhadap warga sipil. Karim menyebut, Israel sebagaimana layaknya negara lain di dunia ini, mereka berhak mengambil tindakan dalam melindungi rakyatnya, namun hak itu bukan berarti Israel terlepas dari tanggungjawabnya untuk mematuhi hukum humaniter internasional.


Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2

3
ardian76Avatar border
nadnosAvatar border
mamukahmadiAvatar border
mamukahmadi dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2.7K
79
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Citizen Journalism
Citizen JournalismKASKUS Official
12.8KThread4.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.