Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bus Pariwisata Tak Luput Dari Petaka, Mengapa Kita Tetap Membutuhkannya?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Bus Pariwisata Tak Luput Dari Petaka, Mengapa Kita Tetap Membutuhkannya?


Saya tidak tahu persis kapan pertamakali bus pariwisata hadir, karena sejak kecil saya sudah pernah melihat dan merasakan naik bus jenis ini. Dulu bus pariwisata itu kursi 3-3 dengan jok busa yang keras tegak dan sempit tanpa AC, tanpa toilet pernah saya rasakan, tidak senyaman seperti sekarang..

Bus pariwisata zaman sekarang banyak sekali pilihannya, dari yang kelas medium ekonomi sampai big bus lengkap dengan teknologi dan fasilitas modernnya. Dari harga sewa ratusan ribu sampai jutaan per harinya pun tersedia.

Namun kabar kurang mengenakan belum lama terjadi sebuah petaka bus pariwisata Trans Putera Fajar yang membawa puluhan pelajar SMK Lingga Kencana, Depok, Jawa Barat lalu tergelincir menewaskan 11 penumpang dilokasi kejadian, ini salah satu kasus yang pernah terjadi dan bukan sekali dua kali saja.



Meski begitu usaha jasa transportasi bus pariwisata seolah tetap berjalan dan tidak menyurutkan jumlah penumpang yang ingin menggunakan jasa transportasi bus pariwisata ini terlebih dimasa liburan sekolah atau hari besar lainnya bus pariwisata biasanya selalu penuh carteran.

Kita sadar bahwa tragedi bisa terjadi dimana dan kapan saja, faktor human errortermasuk kurangnya perawatan kendaraan patut kita waspadai dan jadi pelajaran agar kita lebih selektif memilih bus pariwisata yang benar-benar menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan penumpangnya.

emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!emoticon-Om Telolet Om!

Beberapa alasan mengapa orang masih mempercayakan bus pariwisata adalah pilihan yang tepat karena menurut saya adalah sebagai berikut:

PERTAMA
Faktor Efisiensi Biaya. Menggunakan bus pariwisata sudah pasti lebih ekonomis dibandingkan dengan menggunakan transportasi pribadi atau pesawat, terutama untuk perjalanan kelompok. Dengan daya tampung atau kapasitas penumpang yang lebih memadai dirasa sesuai dengan budget yang dikeluarkan.



KEDUA
Faktor Kenyamanan. Kita bisa dengan leluasa memilih kelas bus dengan budget yang sesuai. Bus pariwisata modern biasanya sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti kursi yang nyaman, AC, toilet, layar besar, dan kadang-kadang tersedia Wi-Fi serta hiburan lainnya, ini membuat perjalanan lebih menyenangkan.

KETIGA
Faktor Keselamatan. Operator bus pariwisata biasanya menyediakan bus yang lebih terjamin, berbeda dengan bus Akap yang cenderung kurang perawatan karena jam terbangnya terlalu tinggi. Bus pariwisata biasanya juga mempekerjakan pengemudi profesional yang berpengalaman, yang dapat meningkatkan keselamatan selama perjalanan.

KEEMPAT.
Faktor Hiburan. Menggunakan bus pariwisata kalau kita sadari ternyata bisa mengurangi stres dibandingkan dengan mengemudi sendiri, mengurangi faktor kelelahan, lebih bisa menghemat waktu, termasuk masalah seperti pengetahuan navigasi, lalu lintas, dan parkir.



KELIMA.
Faktor Sosial. Seperti kita tahu dengan menaiki bus pariwisata ternyata memungkinkan semua penumpang bisa bersosialisasi dengan sesama penumpang lainnya, bisa membuka kesempatan untuk membangun hubungan baru atau mempererat hubungan yang sudah ada, bahkan kita jadi bisa tahu sifat atau karakter seseorang didalam bus itu.

KEENAM.
Faktor Pengalaman. Banyak operator bus pariwisata yang menyediakan pemandu wisata yang dapat memberikan informasi dan cerita menarik tentang tempat-tempat yang akan dikunjungi, menambah nilai edukatif dan membuat pengalaman perjalanan jadi lebih tepat dan lebih praktis.


KETUJUH
Faktor Lingkungan. Tentu saja, karena bus pariwisata bisa mengangkut banyak orang sekaligus dalam satu waktu, tentu jadi mengurangi jumlah kendaraan berada di jalan, ketepatan waktu dan mengurangi emisi karbon per penumpang dibandingkan jika setiap orang menggunakan kendaraan pribadi.



Jadi menurut saya kelebihan-kelebihan ini menjadikan bus pariwisata masih menjadi pilihan yang menarik bagi banyak orang yang ingin bepergian dengan nyaman, aman, dan ekonomis. Setuju, gan?








Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini | img : Gugel  



Diubah oleh iskrim 14-05-2024 17:51
6666661234Avatar border
herisukasukaAvatar border
ciecieeeeeeeeAvatar border
ciecieeeeeeee dan 7 lainnya memberi reputasi
8
455
44
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread83.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.