Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Lagi Rame Dibahas, Tangki Motor NMax Berkarat (Karma?)


Kasus rangka motor merek Honda sangat ringkih dan berkarat waktu lalu sempat viral dan kini seolah tenggelam seiring waktu berlalu. Sepeda motor Honda dengan rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) pun dibully banyak kalangan dan menjadi makanan empuk bagi kompetitornya.

Ketika Honda terlalu berhati-hati menyikapi dan mengedukasi ke konsumennya, para sales kompetitor pun seolah mendapat celah bagus untuk menjatuhkan lawan, bahkan dalam iklannya sendiri mereka terang-terang menjamin kualitas rangka motornya lebih tebal dan lebih kuat.

Dan kini ketika situasi dan kondisi mereda tiba-tiba muncul sebuah postingan yang sepertinya akan menjadi viral dan jadi pukulan balik dari Honda ke merek sebelah. Sebut saja nama populer motor ini adalah NMax keluaran Yamaha yang tangki bensinya ditemukan berkarat cukup parah!

Kontan saja beragam komentar netizen nimbrung di postingan akun Lowslowmotif dari yang mulai mengejek sampai ada yang menganalisa sebab musabab kenapa tangki motor NMax ini bisa berkarat padahal umur motor baru 9 bulan pakai.



Terlihat dalam video singkat itu lubang dan leher tangki bensin bagian dalam dipenuhi oleh karat, ini sungguh diluar nurul padahal tempatnya menyatu dengan bensin.

Kasus tangki bensin yang mudah berkarat sebetulnya bukanlah hal yang baru karena menurut saya ada beberapa faktor yang menyebabkan tangki motor bisa cepat berkarat dalam waktu singkat atau karena faktor usia kendaraan.

Dari beberapa sumber yang pernah saya baca tangki motor bisa berkarat itu itu karena beberapa faktor seperti : Karena tutup tangki sering tidak rapat sehingga udara bisa masuk dan terjebak di dalam tangki, ini menyebabkan karat cepat hadir terlebih tangki bensin seringkali tidak penuh.

Kedua, karena kualitas bahan bakar yang tidak sesuai standar. Beberapa jenis bahan bakar bisa meningkatkan risiko karat pada tangki, terutama jika mengandung kadar air yang tinggi dan bahan-bahan yang mengandung zat-zat atau kontaminan yang merusak (bensin oplosan).



Ketiga, motor jarang dipakai atau bekas kebanjiran. Motor diparkir lama tanpa sering dipanaskan di suhu ruangan dengan tingkat kelembaban tinggi, sering terkena air hujan atau rembesan air banjir ke celah tangki juga dapat mempercepat proses pembentukan karat pada tangki bensin.

Keempat, Kualitas tangki yang terbuat dari material yang kurang tahan terhadap korosi atau tidak dilapisi dengan pelindung korosi dapat lebih rentan terhadap karat.

Nah, kalau dilihat dari beberapa faktor diatas nomor berapa yang paling masuk akal? Mungkinkah Yamaha mengurangi kaulitas material tangki bensinnya demi meningkatkan kualitas rangkanya, entahlah.








Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini, Lowslowmotif | img : Lowslowmotif, gugel  



Diubah oleh iskrim 13-05-2024 13:35
nayeemnew12999Avatar border
xconvertagentAvatar border
coldspotAvatar border
coldspot dan 13 lainnya memberi reputasi
12
2.1K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.