Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Nunggak Uang 50 Ribu, Murid di NTT Tak Boleh Ikut Ujian!

Sumber Gambar

Siswi SMA Negeri 2 Maumere, yang berasal dari Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), menghadapi situasi memilukan. Dia dilarang mengikuti ujian karena belum melunasi biaya sekolah sebesar Rp 50 ribu. Meskipun dia telah menyampaikan alasan bahwa orang tuanya belum memiliki uang, pihak sekolah tetap menuntut pembayaran terlebih dahulu1. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud NTT), Ambrosius Kodo, membenarkan kejadian ini dan menyatakan bahwa masalah tersebut telah diselesaikan oleh koordinator pengawas. Siswa yang bersangkutan akhirnya diizinkan mengikuti ujian kembali1. Situasi ini mengingatkan kita akan pentingnya memperhatikan kondisi finansial siswa dan memastikan bahwa pendidikan tetap dapat diakses oleh semua kalangan. 🌟

Biaya pendidikan di Indonesia telah menjadi isu yang kompleks dan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu faktor yang mempengaruhi tingginya biaya pendidikan adalah adanya kekurangan dana dalam sistem pendidikan publik. Meskipun pendidikan di Indonesia secara teori dianggap sebagai hak bagi setiap warga negara, namun kenyataannya, biaya pendidikan masih menjadi beban berat bagi banyak keluarga, terutama mereka yang berada di lapisan masyarakat menengah ke bawah.

Selain itu, biaya pendidikan tinggi di Indonesia juga cenderung meningkat secara signifikan dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk inflasi, biaya hidup yang semakin tinggi, dan kebutuhan akan fasilitas dan layanan pendidikan yang lebih baik. Kondisi ini menyebabkan semakin banyak mahasiswa dan keluarga yang kesulitan untuk memenuhi biaya pendidikan tinggi, terutama untuk perguruan tinggi swasta yang biayanya lebih tinggi dibandingkan dengan perguruan tinggi negeri.

Tidak hanya itu, ketidakmerataan dalam pendanaan pendidikan antara daerah juga menjadi masalah serius di Indonesia. Beberapa daerah di Indonesia masih menghadapi tantangan dalam penyediaan fasilitas dan tenaga pendidik yang memadai, serta akses terhadap pendidikan yang berkualitas. Hal ini mengakibatkan perbedaan yang signifikan dalam mutu pendidikan antara daerah yang memiliki sumber daya melimpah dan daerah yang kurang berkembang.

Akibat dari biaya pendidikan yang tinggi dan ketidakmerataan akses pendidikan, banyak anak muda di Indonesia yang terhalang untuk mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas. Kondisi ini berpotensi menghambat pembangunan manusia dan pertumbuhan ekonomi negara, karena akses pendidikan yang merata merupakan salah satu faktor kunci dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian serius dari pemerintah dan semua pemangku kepentingan untuk mencari solusi yang efektif dalam mengatasi masalah biaya pendidikan di Indonesia.

Link Referensi
wansong227943Avatar border
krukovAvatar border
hanifafathia210Avatar border
hanifafathia210 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
1.4K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
EducationKASKUS Official
22.5KThread13.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.