Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Bahaya Lain Selain Microsleep, Wajib Baca (Jarang Dibahas Dimedia Lain)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Bahaya Lain Selain Microsleep, Wajib Baca (Jarang Dibahas Dimedia Lain)


Lelah saat berkendara bukan hal yang bisa dihindari manusia, hanya dengan istirahat adalah satu-satunya cara untuk mencegahnya agar tidak terjadi masalah yang lebih fatal. Salah satu tanda kelelahan itu adalah Microsleep, tertidur sekian detik tanpa sadar dengan masih memegang kemudi..

Orang yang mengalami Microsleep berpikir bahwa mereka tetap sadar padahal jauh dari fokus dan performa yang optimal. Gejala ini adalah respons otak terhadap kelelahan atau kurangnya tidur yang berkualitas. Selama Microsleep, aktivitas otak mengalami perubahan, dan ini bisa sangat berbahaya jika terjadi saat seseorang sedang mengemudi atau melakukan aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi, bisa menyebabkan kecelakaan!

Selain Microsleep ternyata ada bahaya lain yang mengintai pengemudi yang tidak kalah bahayanya dengan efek yang sama fatalnya jika kita tidak menyadarinya, yaitu Highway hypnosis adalah kondisi berbahaya dan terjadi akibat jenuh berkepanjangan sadar atau tanpa sadar dirasakan pengemudi, efeknya adalah hilang fokus dan menurunnya reflek mengemudi.

Menurut sumber yang saya baca, pengemudi yang mengalami gejala Highway hypnosis itu seolah mengemudi secara autopilot tidak sadar dengan sekitarnya, tanpa sadar dia sudah jauh melakukan perjalanan atau mengemudi dengan kecepatan tinggi dan baru tersadar jika ada teman atau orang lain yang bertanya atau menegurnya.



Pengemudi yang mengalami Highway hypnosis biasanya ditemukan saat melintas di jalan tol atau rute yang monoton dan berulang, di mana kondisi jalan dan pemandangan sekitar hampir sama sehingga mengurangi stimulasi mental pengemudi, selain itu pengemudi jadi lengah dan cenderung jadi kurang waspada.

Untuk mencegah pengemudi mengalami Highway hypnosis solusinya sama dengan Microsleep yakni istirahat di rest area atau mengganti dengan driver cadangan yang masih fit, tapi untuk penanganan sementara sambil mencari rest area pengemudi bisa menyetel musik sambil bernyanyi kecil, membuka jendela, mengunyah permen karet, berbincang dengan penumpang.

Nah, itulah pembahasan singkat mengenai Highway hypnosis yang jarang dibahas dimedia padahal sama penting untuk diketahui semua terutama para pengemudi yang melakukan perjalanan jauh dan monoton.

Semoga bermanfaat.








Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini, Ref| img : Ai  



Diubah oleh iskrim 14-04-2024 00:13
bayi.kafirAvatar border
herisukasukaAvatar border
krukovAvatar border
krukov dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.