Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
e-SIM Pengganti SIM Card Fisik yang Menguntungkan Kita, Ini Kelebihannya, Gan!


Evolusi kartu SIM (Subscriber Identity Module) seperti kita tahu telah melalui beberapa fase signifikan sejak pertama kali diperkenalkan pada awal 1990-an. Dimulai dari Kartu SIM besar (25 x 15 mm), Mini-SIM, Micro-SIM, Nano-SIM dan kini Embedded SIM (eSIM).

e-SIM (Embedded Subscriber Identity Module) adalah teknologi terbaru dalam industri smartphone yang menggantikan kartu SIM Card fisik dimana chip nya itu sudah terintegrasi langsung ke dalam perangkat keras komponen smartphone.

Salah satu keuntungan memiliki smartphone yang sudah tertanam e-SIM yang menggantikan kartu fisik adalah pengguna dengan mudah beralih antara operator seluler tanpa perlu mengganti kartu fisiknya, memberikan fleksibilitas yang lebih besar dalam manajemen jaringan, menarik bukan?

Jadi kalau menurut sumber yang saya baca keuntungan lain smartphone yang sudah tertanam e-SIM adalah sebagai berikut:



PERTAMA. Karena sudah tidak menggunakan SIM Card fisik maka pengguna tidak perlu lagi repot mencopot, mengganti atau menyimpan kartu SIM fisik, aktivasi kartupun bisa langsung dilakukan dari jarak jauh. Yang perlu dilakukan pengguna nanti hanya mengatur settingan manajemen perangkat operator lewat menu pengaturan smartphone mereka.

KEDUA. Buat pengguna yang sering berpergian keluar negeri juga diuntungkan karena tinggal mengubah operator sesuai negara tujuan tanpa memikirkan biaya roaming yang tinggi. Pengguna dengan cepat dan mudah mendaftar ke jaringan lokal begitu tiba di destinasi mereka. Mereka tinggal memilih dan membeli paket data langsung dari perangkat mereka tanpa perlu mencari dan membeli kartu SIM lokal baru.

KETIGA. Karena e-SIM tidak lagi berbentuk fisik terpisah dan tidak adanya lagi penampan slot maka desain perangkat smartphone akan lebih ramping dan lebih efisien dalam memaksimalkan ruang. Ini memungkinkan produsen kelak menyediakan lebih banyak fitur baru atau komponen tambahan dalam perangkat mereka.

KEEMPAT. Karena e-SIM tertanam secara langsung ke dalam perangkat, mereka tidak rentan terhadap kerusakan atau kehilangan seperti kartu SIM fisik yang mudah hilang atau rusak. Ini memberikan keamanan dan ketenangan tambahan bagi pengguna karena tidak perlu khawatir kehilangan akses ke jaringan mereka.



KELIMA. Kehadiran dan penggunaan eSIM jelas dapat membantu mengurangi limbah dari produksi kartu SIM fisik dan kemasannya yang sering kali dibuang setelah pengguna mengganti atau meng-upgrade perangkat mereka. Ini berkontribusi pada upaya perlindungan lingkungan.








Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini, Ref1, Ref2 | img : Gugel  



Diubah oleh iskrim 12-04-2024 11:10
aldo12Avatar border
septcemberAvatar border
ciecieeeeeeeeAvatar border
ciecieeeeeeee dan 21 lainnya memberi reputasi
22
2.3K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet KASKUS Official
10.8KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.