Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mudik Kena Macet Padahal Udah Mau Sampai Tujuan, Pakai Tips ini Biar Cepat Sampai!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Mudik Kena Macet Padahal Udah Mau Sampai Tujuan, Pakai Tips ini Biar Cepat Sampai!


Pengalaman ini belum lama terjadi pada saudara sepupu saya dalam perjalanan dari Jakarta menuju Klaten, Jawa Tengah. Dia bersama keluarga berangkat naik mobil pribadi seperti biasa formasi lengkap ada orangtua, sebagai kakak pertama dan dua adiknya.

Dimalam takbiran dalam perjalanan masuk tol Transjawa sebetulnya situasi jalan tol cukup ramai tapi lancar sehingga jarak 538 km itu bisa ditempuh dalam 10 jam saja, istirahat sekali di rest area dan mengisi bensin 2 kali di Spbu dalam tol yang berbeda.



Semua senang dan bahagia karena papan bertuliskan keluar tol masuk kota Kartasura, Solo terlihat sangat jelas dan besar, tapi begitu masuk jalan propinsi mobil mereka mulai melambat, ikut merayap, jalan penuh sesak bergabung dengan kendaraan lain dari berbagai daerah dan angkutan lokal.

Bukan hal yang aneh dan mengagetkan sebetulnya karena situasi sedang dalam suasana malam takbiran, semua orang sibuk dengan urusan dan keperluannya masing-masing menyambut lebaran esok harinya.

Saudara sepupu saya yang tidak asing dengan daerah yang sedang dia lalui itu kemudian dia meminta izin kepada orangtuanya untuk naik ojek pangkalan saja, awalnya ditolak oleh keluarga, tapi karena mereka tahu saudara sepupu saya ini kenal daerah tersebut akhirnya mengizinkan. "Aku mau cepat istirahat dirumah, biar shalat Ied besok bisa segar," katanya.

"Kak, emang aman naik ojek pangakalan, nanti harganya nembak lagi..", kata adik perempuannya. "Kakak, kan sebelumnya buka aplikasi ojek online jadi tahu kisaran harganya berapa, lagian kakak nggak begitu asing dengan daerah sini."

Pakde, yang ayah orangtua saudara saya itu cuma bilang, "Ya, sudah tapi kamu nggak boleh bawa barang berharga dan yg mencolok mata, ya, cukup kantongi hp, uang receh, e-money dan tas ranselmu.. nanti ayah carikan ojek yang parkir ditempat terang, ingat catat plat nomor motornya."



Sekitar 10 menit berjalan ketemulah ojek pangkalan di dekat Spbu kiri jalan, saudara saya pun turun, setelah negoisasi ongkos ojek saudara saya pun lalu berpamitan dengan keluarga dimana mobilnya masih belum bergerak karena macet cukup panjang.

Perjalanan Kartosura ke Klaten sepanjang 28 km pun dilalui dengan cukup cepat, saudara sepupu saya berinisitif menggunakan Google Maps ALA WARGA LOKAL atau GUNAKAN PENGETAHUAN penduduk SEKITAR (GPS) yang jelas-jelas tahu jalan tikus, cara tercepat sampai tujuan. Dan benar saja tidak lebih dari 35 menit an saudara saya sampai kampung halaman.

"Halo, ayah.. aku sudah sampai rumah mbah uti nih, ayah sudah sampai mana?", "Kalau cek di GMaps masih 1.5 jam lagi," kata ayahnya.

Nah, itulah sekelumit tips kecil yang ternyata sangat berguna buat kita jadikan pilihan jika kita ingin cepat sampai tujuan disituasi seperti ini.








Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini | img : gugel  



Diubah oleh iskrim 14-04-2024 01:13
zvaxaqarAvatar border
jlampAvatar border
pakdejossAvatar border
pakdejoss dan 6 lainnya memberi reputasi
7
376
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.