Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mengatur Jam Tidur Itu Penting Saat Diperjalanan, Jangan Jadi Korban Berikutnya!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Mengatur Jam Tidur Itu Penting Saat Diperjalanan, Jangan Jadi Korban Berikutnya!


Sebelumnya saya turut berbela sungkawa atas terjadinya beberapa kasus kecelakaan menjelang dan selama lebaran ini disebabkan salah satunya karena supir yang mengantuk. Faktor kelelahan dan jam biologis tidur supir yang berubah membuat kondisi fisiknya jadi kacau, bahaya!


Quote:




Sering kita dengar himbauan lewat media digital dan tulisan dijalan terutama di jalan-jalan tol agar supir segera mengistirahatkan dirinya untuk beristirahat di tempat yang paling aman, rest area terdekat setiap 3 atau 4 jam sekali, tapi entah apa yang ada dalam fikiran mereka, inginnya cepat tapi malah terhambat.

Dari yang saya baca, gejala mengantuk itu respons alami tubuh karena kelelahan, tidur yang kurang dan istirahat yang tidak berkualitas. JANGAN REMEHKAN ALARM INI.

Ketika tubuh kita merasa mengantuk, itu adalah sinyal bahwa otak dan tubuh perlu istirahat untuk memperbarui diri. Sekarang banyak supir istirahat tapi dia malah sibuk dengan hapenya bukan mengistirahatkan otak, mata dan fisiknya! Jangan lagi dilakukan!



Tidur itu penting dan kalaupun belum mengantuk sebaiknya sedikit memaksakan diri dulu (terutama untuk penderita sakit jatung) untuk tidur sejenak saat dijam istirahat apalagi sedang melakukan perjalanan jauh tujuannya agar otak bisa beristirahat (menyegarkan informasi dan memperkuat koneksi sinaptik yang penting untuk pembelajaran jangka panjang).

Kalaupun tidak mengantuk, melakukan peregangan otot sangat perlu dilakukan. Selain tidur yang cukup kita juga perlu untuk memulihkan fisik dan mental. Tanpa istirahat yang cukup, kinerja kognitif akan menurun, responsiiftas berkurang dan risiko terjadinya kecelakaan atau kesalahan dalam mengambil keputusan tepat jadi meningkat.



Siklus tidur manusia terdiri dari dua tahap utama: tidur Non-REM (Rapid Eye Movement) dan tidur REM. Tidur Non-REM dibagi lagi menjadi empat tahap yang berbeda, sedangkan tidur REM terjadi dalam fase tidur yang lebih dalam dan ditandai dengan gerakan mata yang cepat. Ingat waktu istirahat jangan main hape tapi benar-benar berhenti sejenak melakukan aktifitas dan lakukan penetralisiran fikiran.



Usahakan tidurmu itu benar-benar berkualitas meski hanya sebentar, carilah tempat yang nyaman di udara terbuka, melakukan peregangan, jangan main hape, pejamkan mata dan beristirahatlah dengan tenang. Setelah itu kamu bisa berjalan kaki sebentar, melakukan ibadah shalat, makan minuman ringan dan barulah melanjutkan perjalanan kembali. Jangan lupa berdoa.








Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini, Ref1, Ref2, Ref3, Ref4, Ref5, Ref6| img : Gugel  



Diubah oleh iskrim 12-04-2024 02:11
pakdejossAvatar border
siimoehAvatar border
RyuDan2255Avatar border
RyuDan2255 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
944
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.