Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Sepele, Sejuta Manfaat Pisang Rebus yang Gen Z Juga Harus Tahu!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Sepele, Sejuta Manfaat Pisang Rebus yang Gen Z Juga Harus Tahu!


Anak Gen Z mungkin tidak mengenal baik makanan 'kampung' ini karena memang sekarang terbilang sulit sekali ditemui, sekalipun ada biasanya penjualnya sudah berusia setengah abad bahkan lebih, dalam gerobak biasanya juga ada jagung rebus, kedelai rebus, kacang rebus, timus, ubi merah dan lain sebagainya. Ada dua jenis penjual; pisang rebus dan penjual bajigur

Pisang rebus rasanya manis, dimakan saat masih hangat dan teksturnya cukup lembut saat dikunyah, memiliki cita rasa yang khas yang baik untuk penggajal perut lapar disaat darurat. Pisang rebus adalah variasi dari buah pisang yang dimasak dengan cara merebusnya dalam air hingga lunak. Proses memasak ini menghasilkan tekstur yang berbeda dari pisang yang segar.

Rupanya pisang rebus menjadi makanan yang populer dan sering dikonsumsi di berbagai belahan dunia, terutama di Asia Tenggara, karena enak mengenyangkan tapi juga bisa jadi hidangan makanan penutup atau camilan sehat (rendah kalori yang ideal).

Fakta yang cukup mengejutkan dari makanan 'kampung' ini kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Satu hal yang menarik untuk dicatat dari buah pisang adalah bahwa kandungan nutrisinya berubah sedikit saja selama proses pemasakan. Meskipun mungkin ada sedikit penurunan vitamin dan mineral tertentu, seperti vitamin C, pisang tetap menjadi sumber yang baik untuk berbagai nutrisi.

Nah, dari sumber yang saya baca memakan pisang rebus memiliki banyak keuntungan yang antara lain adalah:



Pertama. Sumber energi yang sehat dan bisa memperbaiki pencernaan. Pisang rebus mengandung karbohidrat kompleks yang memberikan energi tahan lama. Ini membuatnya menjadi camilan yang baik sebelum atau setelah berolahraga.

Kandungan serat yang tinggi dalam pisang rebus ternyata bisa membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mendorong pergerakan usus yang lancar dan mengurangi risiko sembelit.

Kedua. Menjaga kesehatan jantung dan bisa mengatur kadar gula darah. Pisang rebus mengandung kalium, mineral penting yang membantu menjaga tekanan darah normal dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Serat yang terkandung dalam pisang rebus itu bisa membantu mengontrol penyerapan gula dalam darah, yang bermanfaat bagi penderita diabetes untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.



Ketiga. Mendukung kesehatan mata dan menyediakan nutrisi penting. Pisang rebus mengandung vitamin A dan antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata, membantu menjaga penglihatan dan mencegah masalah mata terkait usia, setidaknya mencegah kondisi mata jadi lebih buruk. Colek@adolfsbasthian

Selain vitamin A, pisang rebus juga mengandung vitamin C, vitamin B6, mangan, dan magnesium, yang semuanya penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Keempat. Bisa mengurangi risiko kram otot dan bisa membantu menurunkan berat badan. Kandungan kalium dalam pisang dapat membantu mencegah kram otot yang umum terjadi setelah aktivitas fisik intensif, atau ketika akan berenang memakan pisang rebus lebih dahulu dalam keadaan hangat sangat baik mencegah kram otot.



Karena rendah kalori dan mengandung serat yang baik, pisang rebus dapat menjadi camilan yang memuaskan, mengenyangkan tanpa menambah banyak kalori ekstra bagi mereka yang melakukan diet sehat.

Kelima. Mampu menjaga kesehatan tulang dan bisa meningkatkan suasana hati. Kandungan nutrisi seperti magnesium dan mangan dalam pisang rebus membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah risiko osteoporosis. Nah!

Pisang juga mengandung triptofan, sejenis asam amino yang dapat membantu meningkatkan produksi serotonin dalam otak, yang dikenal sebagai hormon "bahagia", sehingga dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres.



emoticon-Hansip

Pesan saya: Jika kamu bertemu penjual pisang rebus atau bajigur belilah dagangan mereka (rata² usianya sudah tidak lagi muda) sekalipun kamu belum pernah mencobanya. Karena dengan membelinya kamu telah membantu ekonomi mereka, mencegah dari kepunahan ditelan zaman dari makanan tidak sehat dan tidak original.








Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini, Ref1, [Ref2, [ Ref3, Ref4 | img : Gugel  



Diubah oleh iskrim 11-04-2024 14:56
krisnaspAvatar border
pakdejossAvatar border
mancitybestAvatar border
mancitybest dan 17 lainnya memberi reputasi
18
1.1K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.