harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
7 Potret Bersejarah Kelam yang Terjadi di Korea Utara!

Sumber Gambar

7 Sejarah Kelam di Korea Utara

Korea Utara, negara yang terisolasi di Asia Timur, dikenal dengan sejarah yang kompleks dan seringkali kelam. Berikut adalah 7 peristiwa bersejarah yang mencirikan kelamnya Korea Utara:

1. Perang Korea (1950-1953):


Sumber Gambar

  Salah satu peristiwa paling kelam adalah Perang Korea yang terjadi antara Korea Utara yang didukung oleh Tiongkok dan Uni Soviet melawan Korea Selatan yang didukung oleh Amerika Serikat dan sekutu. Konflik ini menyebabkan puluhan ribu kematian dan berakhir dengan pembagian semenanjung Korea.

2. Pembersihan Politik (1950-an dan seterusnya):


Sumber Gambar

  Pada 1950-an, pemimpin Korea Utara Kim Il-sung melancarkan kampanye pembersihan politik yang brutal. Ribuan orang dianggap sebagai musuh rezim dan dieksekusi atau diasingkan. Pembersihan ini menciptakan atmosfer ketakutan dan pengendalian penuh rezim terhadap rakyatnya.

3. Keluarga Kim dan Kultus Kepemimpinan:


Sumber Gambar

  Kelamnya sejarah Korea Utara tercermin dalam kultus kepemimpinan yang dibangun oleh keluarga Kim. Pemimpin dipuja secara ekstrem, dan keluarganya memiliki kendali absolut atas negara. Pelanggaran terhadap kehormatan keluarga Kim dapat berujung pada hukuman mati.

4. Krisis Kelaparan (1990-an):


Sumber Gambar

  Pada 1990-an, Korea Utara mengalami krisis kelaparan yang mengakibatkan kematian ratusan ribu orang. Krisis ini sebagian disebabkan oleh kebijakan ekonomi yang buruk dan keputusan pemerintah yang mengisolasi negara dari bantuan internasional.

5. Pengembangan Senjata Nuklir:


Sumber Gambar

  Keputusan Korea Utara untuk mengembangkan senjata nuklir telah menciptakan ketegangan tinggi di tingkat internasional. Serangkaian uji nuklir dan peluncuran rudal balistik telah menimbulkan keprihatinan dan sanksi dari komunitas internasional.

6. Pemusnahan Kepulauan Yeonpyeong (2010):


Sumber Gambar

  Pada 2010, Korea Utara memusnahkan pulau-pulau di Laut Kuning yang dihuni oleh warga sipil dan militer Korea Selatan. Tindakan ini meningkatkan ketegangan di Semenanjung Korea dan mengancam perdamaian di wilayah tersebut.

7. Penganiayaan dan Pelanggaran HAM:


Sumber Gambar

  Korea Utara sering dikritik karena pelanggaran hak asasi manusia yang sistematis. Pemusnahan kelompok etnis, pembatasan kebebasan berpendapat, serta kamp-kamp kerja paksa yang menyiksa dan merendahkan martabat manusia menjadi contoh kejamnya rezim di Korea Utara.

Sejarah kelam Korea Utara menciptakan gambaran negara yang tertutup, dikendalikan oleh kepemimpinan otoriter, dan diwarnai oleh ketidakpastian politik serta pelanggaran hak asasi manusia yang terus-menerus. Meskipun ada upaya untuk membuka dialog internasional, tantangan besar masih terjadi dalam mencapai perubahan positif di negara ini.


Sumber: Link Referensi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan

bukan.bomatAvatar border
pecintafemdomAvatar border
bigbabyirlAvatar border
bigbabyirl dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.8K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.