• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • IIMS 2024: Chery Perkenalkan Tiggo 5X, Harga Dibawah Rp 300 Juta Sudah Dapat SUV

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
IIMS 2024: Chery Perkenalkan Tiggo 5X, Harga Dibawah Rp 300 Juta Sudah Dapat SUV
Quote:


Hallo Gan kembali lagi di lapak spesial IIMS 2024, salah satu event otomotif terbesar di tanah air ini resmi berakhir pada 25 Februari kemarin. Meski begitu, ada beberapa produk mobil yang menarik untuk dikulik. Setelah pada lapak sebelumnya kita banyak membahas mobil listrik, kali ini kita akan membahas mobil konvensional lagi. Btw tulisan ini bukan promosi ya Gan, tulisan dibuat agar Agan betah Ngaskus dan tidak bosan dengan pembahasan seputar gosip artis, Israel, harga beras naik, sengketa pemilu dll emoticon-Big Grin

Mobil yang akan dibahas adalah Chery Tiggo 5X, merupakan compact SUVatau disebut juga sebagai crossover, terserah Agan mau menyebutnya apa emoticon-Hammer (S) Chery merupakan manufaktur asal China yang menawarkam desain mobil yang menarik dan keren. Sebut saja Omoda 5 dan Omoda 5GT, yang desain eksteriornya tidak banyak ditemui pada mobil-mobil di Indonesia.

Sebenarnya Chery berencana mengenalkan Tiggo 5X di acara GIIAS 2023, tapi waktu itu mereka menundanya karena ingin menentukan harga yang sesuai. Baru pada IIMS 2024, mereka resmi memperkenalkan Tiggo 5X. Nama awal mobil ini sebenarnya adalah Tiggo 4 Pro. Tapi, pada event IIMS, Chery mengganti namanya.

Dari tampilan depan, mungkin tampangnya terkesan biasa saja Gan. Dan ini memang bukan desain terbaik dari Chery, jika Agan pernah mengetahui atau sudah membeli Omoda. Di depan ada lampu utama dengan LED proyektor serta ada gril yang besar dilengkapi dengan chrome. Desain gril ini mengingatkan kita dengan desain mobil lawas dari Hyundai dan Audi.

Quote:


Dilihat dari belakang desainnya pun juga tidak istimewa Gan, lampu remnya terlihat seperti LED, tapi aslinya cuma lampu bohlam biasa. Di bagian belakang ada wiper, defogger, spoiler, antena sirip hiu sampai kamera mundur. Di bagian atap sudah ada roof railserta sunroof. Mobil juga sudah dilengkapi kamera 360 derajat.

Beralih ke ban, yang memakai velg berukuran 16 inci. Dengan profil ban 215/65 R16. Profil 65 di velg 16 inci tentu akan membuat Agan percaya diri melibas jalanan yang rusak. Apalagi jika Agan tinggal di Pantura atau Lampung. Seain itu, roda depan dan belakang dilengkapi rem cakram dengan kaliper warna merah. Untuk ban yang dipakai Tiggo 5X adalah Chaoyang, merek ban yang penulis pun baru dengar emoticon-Peace

Bagian bagasi lumayan lega, apalagi dengan bentuk yang sedikit mengkotak di bagian belakang. Bagasinya sudah dilengkapi cover alias penutup, untuk menjaga privasi barang Agan. Bagi yang suka bawa barang over load, kursi di kabin penumpang bisa dilipat, meski tidak rata lantai.

Quote:


Beralih ke kabin depan, di bagian dashboard banyak memakai material empuk dengan jahitan warna merah, setirnya juga memakai lapisan kulit. Sama seperti mobil pada umumnya, ada USB untuk pengecasan serta ruang penyimpanan. Juga terdapat layar sentuh 10,25 inci untuk akses hiburan dan informasi. Tiggo 5X sudah kompatibel dengan Apple Car Play dan Android Auto. AC-nya sudah dual zone, sehingga temperatur suhu pengemudi dan orang di sampingnya bisa diatur.

Khusus untuk jok pengemudi sudah elektrik pengaturannya. Mobil juga dilengkapi fitur ADAS (Advanced Driving Assistance System). Untuk jok penumpang pengaturan masih manual. Beralih ke kabin belakang, materialnya kembali memakai plastik, hal yang wajar pada mobil kelas compact SUV. Ada AC juga di belakang, tapi hanya ada satu soket untuk pengecasan. Di kabin belakang ini bisa muat sampai 3 orang.

Nah bicara soal harga nih Gan, ternyata cukup menarik. Karena tidak sampai Rp 300 juta. Chery menyediakan dua varian, yakni Tiggo 5X Classic dan Tiggo 5X Champion. Versi Classic yang merupakan versi termurah dihargai Rp 249 juta sementara versi Champion dihargai Rp 279 juta. Ini adalah harga spesial untuk event IIMS 2024. Dan setelah acara ini usai, masih belum diketahui apakah Chery akan tetap memakai harga IIMS atau harga normal ?

Mengutip artikel Chery Indonesia, harga normal Classic adalah Rp 269 juta sementara harga normal varian Champion adalah Rp 299 juta. Untuk versi entry level tidak dilengkapi sunroof serta fitur ADAS. Masih mengutip artikel yang sama, varian Classic dibekali mesin 1.5 L non turbo. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimal 112 HP dan torsi 138 Nm. Versi tertinggi dikabarkan akan dilengkapi bakal mesin 1.5 L turbo dengan tenaga mencapai 154 HP dan torsi 230 Nm. Kedua varian memakai transmisinya CVT dan dilengkapi penggerak roda depan (FWD).

Quote:


Tiggo 5X punya panjang 4,3 meter, lebar 1,8 meter, tinggi 1,6 meter, wheelbase 2,6 meter serta ground clearance 180 mm. Sementara itu, Tiggo 5X akan bersaing dengan arena Daihatsu Rocky, Toyota Raize, Kia Sonet sampai Honda WR-V. Sebagai gambaran bagi Agan, varian tertinggi Raize dibanderol sekitar Rp 305 juta, varian tertinggi Rocky dijual seharga Rp 272 juta. Untuk Sonet versi tertingginya dibanderol Rp 346 juta dan WR-V varian tertinggi dianderol sekitar Rp 324 juta.

Jika tidak ada promo, harga normal Tiggo 5X versi tertinggi (Champion) masih cukup bersaing Gan. Dengan harga normal Rp 299 juta, sudah dapat ADAS, rem cakram depan dan belakang, kamera 360 dll. Itu sudah merupakan penawaran bagus. Daihatsu Rocky versi tertingginya jadi yang paling murah di kelas ini, tapi Rocky ini tersedia dalam 11 varian, jadi ribet juga kalau mau memilih emoticon-Hammer (S)

Sementara dengan Raize, harganya pun mepet, enggak begitu jauh. Kalau Agan JDM garis keras, pasti akan pilih Raize dibanding Tiggo 5X. Sementara dengan Sonet dan WR-V harganya sangat terpaut jauh. Enggak tahu kenapa, pabrikan pembuat dua mobil ini suka pasang harga yang kelewatan kadang-kadang emoticon-PeaceUntuk versi Classic (entry level), harganya mepet dengan Toyota Agya GR Sport Two Tone yang dihargai Rp 256 juta. Bahkan dengan harga promo (Rp 249 juta), Agan pun sudah bisa bawa pulang sebuah SUV emoticon-Big Grin

Merek mobil China memang masih dapat stigma negatif di negara kita, yang rata-rata merupakan pemuja JDM garis keras. Tapi, jangan salah, mobil China (Mochin) sekarang sudah berbenah dengan meningkatkan kualitas serta berani menawarkan harga yang masuk akal. Bagaimana menurut Agan ? Kira-kira Tiggo 5X ini apakah cocok dengan selera kalian ? Silakan nanti berkomentar dibawah, sampai jumpa emoticon-Cendol (S)



---------------




Referensi Tulisan: Opini pribadi dan informasi spesifikasinya dari Chery Indonesia
Sumber Foto: sudah tertera
bang.toyipAvatar border
kevingiovanyAvatar border
stefanus.fak235Avatar border
stefanus.fak235 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.1K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.