harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Banyak yang Gak Tahu, Ini Perbedaan Tornado dan Puting Beliung!

Sumber Gambar

Perbedaan Antara Angin Puting Beliung dan Tornado: Mengetahui Fenomena Cuaca yang Berbeda

Cuaca ekstrem seperti angin puting beliung dan tornado sering kali menjadi bencana alam yang menakutkan. Keduanya memiliki karakteristik yang serupa dalam hal kekuatan dan potensi kerusakan, namun sebenarnya ada perbedaan mendasar antara keduanya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi perbedaan antara angin puting beliung dan tornado, mulai dari bagaimana mereka terbentuk hingga dampak yang mereka timbulkan.

Angin Puting Beliung:
Angin puting beliung adalah sebuah fenomena cuaca yang terjadi ketika kolom udara berputar dengan cepat di sepanjang permukaan tanah. Angin puting beliung biasanya memiliki diameter yang lebih kecil dibandingkan tornado, dan biasanya terbentuk dari badai petir atau badai hujan.

Ciri-ciri Angin Puting Beliung:
1. Kekuatan Variabel: Angin puting beliung dapat memiliki kekuatan yang bervariasi, mulai dari yang lemah hingga yang sangat kuat.
2. Diameter Kecil: Biasanya memiliki diameter kurang dari satu kilometer, meskipun ada beberapa kasus di mana angin puting beliung dapat menjadi lebih besar.
3. Terbentuk dari Badai: Biasanya terjadi dalam konteks badai petir atau badai hujan.
4. Durasi Singkat: Biasanya berlangsung dalam waktu singkat, meskipun kerusakan yang disebabkannya bisa signifikan.

Tornado:
Tornado, di sisi lain, adalah pusaran udara yang sangat kuat yang membentang dari awan ke permukaan bumi. Mereka adalah salah satu fenomena cuaca paling destruktif di planet ini, sering kali menyebabkan kerusakan yang luas dan korban jiwa.

Ciri-ciri Tornado:
1. Rotasi Kuat: Tornado memiliki rotasi udara yang sangat kuat, sering kali mencapai kecepatan angin lebih dari 300 mil per jam.
2. Diameter Lebar: Meskipun beberapa tornado memiliki diameter yang kecil, yang disebut sebagai "tornado efisien," banyak tornado memiliki diameter lebih dari satu mil atau lebih.
3. Terbentuk dari Supercell Thunderstorms: Tornado sering kali terbentuk dalam badai super sel, yang merupakan badai petir yang sangat kuat dengan karakteristik rotasi.
4. Potensi Kerusakan Besar: Tornado memiliki potensi untuk menyebabkan kerusakan yang sangat besar terhadap properti dan nyawa.

Perbedaan Utama:
1. Ukuran dan Kekuatan: Salah satu perbedaan utama antara angin puting beliung dan tornado adalah dalam ukuran dan kekuatannya. Tornado cenderung lebih besar dan lebih kuat daripada angin puting beliung.
2. Terbentuk dari Badai yang Berbeda: Meskipun keduanya terkait dengan badai, angin puting beliung biasanya terbentuk dari badai petir atau badai hujan sementara tornado sering kali terbentuk dari badai super sel.

Kesimpulan:
Meskipun angin puting beliung dan tornado sering kali disamakan, keduanya adalah fenomena cuaca yang berbeda dengan karakteristik dan dampak yang berbeda pula. Memahami perbedaan antara keduanya penting untuk meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca ekstrem. Dengan pengetahuan yang tepat, kita dapat lebih siap dalam menghadapi ancaman dari kedua fenomena cuaca ini.


Sumber: Link Referensi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
satyagilangAvatar border
koi7Avatar border
krukovAvatar border
krukov dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.5K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.