terlalurizkyAvatar border
TS
terlalurizky
Kenapa Tidak ada Penggunaan Rompi Anti Peluru Pada Perang Dunia 2 ??
emoticon-UltahHallo Gansis emoticon-Ultah




Pernah gak sih gan nonton dokumentasi atau film bertajuk perang dunia baik perang dunia satu atau perang dunia kedua, kenapa kok pada film atau dokumentasi tersebut tidak ada yang menggunakan rompi anti peluru?

Padahal rompi anti peluru sangat berguna dalam medan pertempuran, selain meminimalisir kematian prajurit, rompi anti peluru bisa membuat tingkat percaya diri prajurit meningkat drastis.

Kenapa ya? yuk cari tahu.

Cekidot



Rompi Anti Peluru


Rompi anti peluru atau body armor merupakan pakaian zirah yang digunakan untuk melindungi bagian tubuh penggunanya seperti dada, punggung, dan perut. Perlindungan yang dapat diberikan rompi anti peluru adalah serangan proyektil atau ledakan granat.

Rompi anti peluru umumnya terbuat dari besi dengan tambahan bahan seperti keramik dan karbon dengan. Rompi anti peluru memiliki bobot 2 sampai 3 kg.

Rompi peluru mampu meningkatkan keselamatan penggunanya secara signifikant, TNI angkatan laut pernah melakukan uji tembak beruntun terhadap rompi anti peluru, yakni dengan menembakan SS2 V1 berkaliber 5,56 mm dengan jarak tembak 50 meter kemudian dilanjutkan dengan uji pistol Sig Sauver berkaliber 9 mm dengan jarak tembak 20 meter, setelah dilakukan uji ternyata rompi anti peluru tidak tertembus.

Tapi kenapa ya saat perang dunia pertama maupun kedua tidak ada prajurit yang menggunakannya?


Perang Dunia

Sebenarnya rompi anti peluru sudah ada sejak jaman perang dunia pertama gansis namun daya tahan dan bobotnya tidak sebagus rompi anti peluru jaman sekarang, contohnya Brewster Body Armor yang mirip kaleng sarden. Sayangnya pada saat itu bahan yang tersedia hanya plat logam yang tidak begitu bagus menyerap atau membelokan tembakan.


Brewster Body Armor juga membuat sang pengguna kesulitan dalam bergerak sehingga membuat . Namun, rompi anti peluru ini mampu menahan penetrasi senjata bermata ringan.

Kemudian saat perang dunia kedua berlangsung, pembuatan rompi anti peluru terutama inggris mengguankan bahan dasar logam  dan plat manganese , sehingga memiliki mobilitas yang lebih baik dibandingkan Brewster Body Armor.


Selain memiliki mobilitas yang lebih baik, rompi anti peluru buatan inggris ini mampu menahan 22 serangan berkaliber 0,45 jika ditembak dari kejauhan. Namun, tetap membuat sang prajurit pindah alam jika ditembak dari dekat.

Sayangnya saat perang mulai intens, pihak inggris memprioritaskan bahan - bahan seperti plat logam untuk pembuatan tank, artileri, peluru artileri sedangkan plat manganese digunakan untuk membuat senjata anti udara.

Kurang efisiennya rompi anti peluru kala itu ditambah kebutuhan tank dan artileri penggunaan rompi anti peluru tidak digunakan selama perang dunia berlangsung.


Nah itu ya gansis kenapa gak ada rompi anti peluru selama perang dunia berlangsung

Terimakasih sudah membaca 

BYEE

Suka dengan thread kaya gini? kenapa gak mampir kesini gan?



Spoiler for Sumber dan referensi:


servesiwiAvatar border
billy.ar15Avatar border
scorpiolamaAvatar border
scorpiolama dan 10 lainnya memberi reputasi
11
966
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.