terlalurizkyAvatar border
TS
terlalurizky
Adanya "Teknologi Yang Hilang" Ternyata Memang Nyata, Bukan Hanya Mitos!
emoticon-UltahHallo Gansisemoticon-Ultah


     

Mungkin bukan hanya TS yang sering bertanya – tanya, apakah di dunia ini sebenarnya sudah pernah ditemukan teknologi yang canggih namun karena suatu alasan teknologi – teknologi tersebut bisa hilang. Berikut beberapa teknologi yang hilang dan ternyata memang ada bukan hanya mitos.

Cekidot!!!


1/ Roket Saturn V




Mustahil untuk membuat ulang Roket Saturn Vpada tahun 2020. Setiap industri memiliki apa yang disebut sebagai pengetahuan lokal atau keunikan lokalnya sendiri. Pengetahuan ini sangat penting bagi industri di mana komposisi produknya tidak pernah ditulis, entah karena sangat mendasar sehingga tidak layak untuk ditulis atau karena itu adalah sesuatu yang sulit untuk ditulis. Namun, pengetahuan ini hanya ada selama orang menggunakannya. 

Ada rumor yang menyatakan bahwa NASA telah kehilangan cetak biru (Cetak biru NASA mengacu pada dokumen atau rencana rinci yang merinci spesifikasi teknis, desain, dan prosedur pembangunan suatu proyek, seperti roket, pesawat ruang angkasa, atau misi antariksa.)  untuk roket Saturn V. Meskipun benar bahwa NASA tidak lagi memiliki kemampuan untuk memproduksi roket-roket ini, itu bukan karena kehilangan cetak birunya, melainkan karena kehilangan orang-orang yang memilikinya.


Roket-roket tersebut tidak bisa diproduksi secara sembarangan, karena tidak semua orang memiliki keterampilan untuk membuat roket hanya dengan mengandalkan cetak biru. Tanpa mereka, pengetahuan untuk membuat roket-roket ini hilang, karena tidak ada cetak biru yang dapat menyelesaikan semua detail secara menyeluruh. Dan ini terjadi pada roket yang dibangun 50 tahun lalu di masyarakat yang hampir 100% melek huruf. Bayangkan berapa banyak lagi pengetahuan lokal yang hilang karena orang-orang yang memiliki pengetahuan tersebut tidak mampu menuliskannya sama sekali.

2/Baja Damaskus



Baja Damaskus contohnya, baja Damaskus asli adalah paduan yang sekarang terlupakan dimana digunakan untuk membuat pedang. Kami percaya bahwa baja itu sendiri diimpor. Sesuatu terjadi untuk mengganggu jalur perdagangan, pandai besi harus mencari pekerjaan lain, dan pengetahuan mereka tidak diturunkan ke generasi berikutnya.



3/ Beton Romawi





Beton Romawimasih dianggap memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada beton modern hingga saat ini. Meskipun resepanya tertulis, tetapi selalu ada sesuatu yang terlewatkan. Orang Romawi rupanya menggunakan air asin untuk membuat beton, sebuah detail yang begitu penting bagi mereka sehingga tidak pernah dicatat secara tertulis.

4/Antikythera dan Baterai Bagdad


      
Ada dua teknologi kuno yang menarik perhatian: Mekanisme Antikythera, sebuah model komputer yang menunjukkan tampilannya saat pertama kali dibuat, dan Baterai Bagdad, serta mesin uap Heron of Alexandria. Keduanya merupakan produk dari para jenius yang luar biasa, namun tidak pernah berfungsi karena teknologi yang dibutuhkan untuk membuatnya berguna belum tersedia. Komputer ini dibangun oleh masyarakat yang belum memiliki konsep matematika desimal, apalagi biner. Mesin uapnya tidak dapat ditingkatkan karena keterbatasan metalurgi pada saat itu, sedangkan baterainya tidak memiliki sesuatu untuk dicolokkan.

    Akhirnya, banyak teknologi hilang karena penggunanya tidak sepenuhnya memahaminya.
Sayang sekali ya gan, pengetahuan mereka kemudian terlupakan oleh generasi mendatang yang malah menganggapnya sebagai takhayul semata.emoticon-Cape d... (S)


   Semoga bermanfaat, jika ada kata – kata yang salah TS mohon maaf


THX gansis udah mampir. Byeeeemoticon-Hai

 
Suka dengan thread kayak gini, kenapa nggak mampir kesini gan?

Sejarah Pengobatan Kanker Dari Masa Ke Masa 



Spoiler for Sumber dan Referensi:





scorpiolamaAvatar border
faawekwekAvatar border
LucassniperAvatar border
Lucassniper dan 21 lainnya memberi reputasi
22
3.9K
57
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.