terlalurizkyAvatar border
TS
terlalurizky
Fakta Sejarah Yang Mengacaukan Persepsi Agan Terhadap Waktu!
emoticon-HaiHallo Gansisemoticon-Hai



       Sewaktu jaman ane masih sekolah menengah atas, ane sering ngobrol dengan kawan sekelas mengenai banyak hal salah satunya sejarah kerajaan di Indonesia yang memang timelinenya terasa agak kabur. Nggak banyak yang menduga gansis kalau Soeharto lebih tua daripada Martin Luther King Jr dan Anne Frank.

Berikut ini beberapa perspektif menarik tentang nusantara di masa lampau.masa lalu.

Cekidot!!!  


Sriwijaya, Majapahit, dan Indonesia





Bagi orang-orang yang hidup di zaman Majapahit pada abad ke-14, Kerajaan Sriwijaya yang ada pada abad ke-7 mungkin dianggap sebagai masa lampau yang jauh dan memiliki sejarah yang kuno, serupa dengan cara kita melihat Kerajaan Majapahit pada abad ke-14 pada zaman sekarang, yaitu abad ke-21. Meskipun kedua periode tersebut terpisah oleh periode waktu yang sama-sama panjang, yaitu 7 abad. 

Meskipun sisa-sisa Kerajaan Sriwijaya bertahan hingga abad ke-13, puncak kejayaan imperium tersebut sebenarnya terjadi tujuh abad sebelumnya. Banyak yang memiliki persepsi bahwa Sriwijaya tidak terlalu terpisah jauh dengan Majapahit. Namun, pada kenyataannya, cara Hayam Wuruk memandang Balaputra Dewa pada masanya memiliki jarak yang sama jauhnya dengan cara Joko Widodo memandang Hayam Wuruk pada zaman kita sekarangemoticon-Gila.


Ludwig Nommensen dan London Metro



Pada tahun 1850-an, kota London mulai membangun jaringan kereta bawah tanahnya yang pertama. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1863, kereta api bawah tanah ini dibuka untuk publik. Pada tahun 1890, kereta listrik mulai beroperasi, menjadi cikal bakal dari jaringan MRT London yang legendaris. Sementara itu, di Tanah Batak, Ludwig Nommensen mencapai suku Batak di pedalaman Toba yang belum terjamah dengan penginjilan pada tahun 1861. Melalui upayanya, ia juga turut berperan dalam "membebaskan" mereka dari praktik-praktik primitif seperti kanibalisme.

Dalam misi tersebut, Samuel Munson dan Henry Lyman dibunuh dan dimakan.
Meskipun demikian, hingga saat ini tidak ada bukti
yang menunjukkan bahwa suku Batak pernah melakukan praktek kanibalisme sebagai bagian dari budaya mereka. Kasus pembunuhan dan pemakanan terhadap Samuel Munson dan Henry Lyman memang terjadi, namun insiden tersebut terjadi di Lobu Pining sebagai bentuk penolakan terhadap kehadiran orang asing, dan masih terkait dengan kebrutalan pasukan Imam Bonjol di tanah Batak.



Artinya sewaktu di Nusantara, praktek kanibalisme masih ada di beberapa suku, sementara di London, mereka sudah memulai perencanaan untuk proyek transportasi canggih seperti MRTemoticon-Cape d... (S).


Ken Arok dan Universitas Cambridge





Pada saat Ken Arok naik takhta Kerajaan Singhasari pada tahun 1222 melalui intrik politik yang kompleks, yang melibatkan keris sakti Mpu Gandring dan pembunuhan Tunggul Ametung, Universitas Cambridge sudah berdiri di Inggris sejak tahun 1209. Beberapa tahun kemudian, pada tahun 1215, piagam pelopor Hak Asasi Manusia, Magna Carta, ditandatangani oleh Raja John dan menjadi cikal bakal Hak Asasi Manusia (HAM).


Pada masa Ken Arok, konsep dasar HAM sebenarnya sudah mulai muncul. Mungkin, jika diberi kesempatan, Ken Arok juga bisa kuliah di Cambridge ya gan.
Prof. Dr Ken Arok, Ph.D. betul – betul mencengangkan gan!emoticon-Ngakak (S)

     

Semoga bermanfaat, jika ada kata – kata yang salah TS mohon maaf


THX gansis udah mampir. Byeeeemoticon-Traveller



 

Suka dengan thread kayak gini, kenapa nggak mampir kesini gan?





Spoiler for Sumber dan Referensi:



 

sibuk.nyalegAvatar border
mikonenAvatar border
LucassniperAvatar border
Lucassniper dan 45 lainnya memberi reputasi
46
3.6K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.