terlalurizkyAvatar border
TS
terlalurizky
Bagaimanakah Bunyi Matahari Jika Kita Mampu Mendengarnya di Bumi?
emoticon-HaiHallo Gansisemoticon-Hai




Jadi gan, pagi ini kita menyaksikan matahari terbit, mendengar kicauan burung, suara alat makan yang berdentang, atau mungkin omelan dari tetangga sebelah 😁. Kita berbicara dengan orang lain secara normal dan mendengarkan musik kesukaan kita melalui berbagai perangkat.
    Banyak objek di sekitar kita menghasilkan suara. Manusia berbicara, hewan lain bersuara, pohon yang tumbang juga bersuara. Bahkan mesin ATM yang mengeluarkan uang dan teko air pun bisa bersuara kalau diempar ya kan gan😂.
      
Lalu kita melihat ke atas ….
Timbul pertanyaan, apa matahari sebenarnya juga mengeluarkan suara? Kalau iya, kenapa tidak terdengar?


Cekidot!!!
Mari gansis kita buka buku astronomi sejenak!



Diameter Matahari hampir mencapai 1,4 juta kilometer, atau setidaknya 109 kali diameter Bumi. Ukurannya yang sangat besar membuatnya mampu menampung sekitar satu juta planet seukuran Bumi jika Matahari merupakan bola yang kosong. Proses yang terjadi di dalam inti Matahari, yang memiliki suhu sekitar lima belas juta derajat Celcius, adalah fusi nuklir. Inti Matahari menggabungkan atom hidrogen menjadi helium, dan proses ini menghasilkan energi serta panas. Panas ini merambat dengan sangat lambat dari inti ke permukaan, sebelum akhirnya dilepaskan ke ruang angkasa.

Fusi nuklir yang terjadi di dalam inti Matahari adalah ... ya, mirip dengan apa yang mungkin kita bayangkan ketika mendengar kata "nuklir," yaitu ini:   


Ledakan nuklir itu sendiri bisa mencapai kekerasan suara sebesar 200 desibel. Dan ... itu hanya satu dari banyaknya. Meskipun dari sini kita melihat Matahari sebagai bola yang bersinar terang, tenang, dan damai, sebenarnya permukaan Matahari terlihat seperti ini: 



    Permukaan Matahari yang memiliki suhu sekitar enam ribu derajat Celsius ini memiliki formasi yang mirip dengan gelembung-gelembung. Satu gelembung bisa memiliki diameter yang hampir sama dengan Bumi. Terdapat spikula, yaitu ledakan-ledakan kecil yang berbentuk duri. Dan jangan lupakan prominensa, yaitu lidah api raksasa yang mampu membakar seribu Bumi dalam satu kali cambuk. Dengan ukuran bagian-bagian sebesar itu dan pelepasan energi setara dengan jutaan bom atom tiap detik, seharusnya Matahari terdengar sangat berisik, bukan?


      
Yap benar, Matahari memang luar biasa berisik, seperti jutaan bom atom 💣yang meledak terus-menerus selama lebih dari empat miliar tahun. Namun, untungnya, karena suara tidak dapat merambat di ruang hampa, yaitu di antariksa, maka kita tidak mendengar apa pun dari aktivitas bintang terdekat kita ini.

Jadi, kesimpulannya gan, bintang dan planet memang menghasilkan suara dari fenomena atau aktivitas mereka, namun kita tidak dapat mendengarnya karena gelombang suara tidak dapat merambat melalui ruang hampa. 🌤🌞


Semoga Bermanfaat gansis. THX udah mampir. Byeeemoticon-Hai

     Suka dengan thread kayak gini, kenapa nggak mampir kesini gan?



Spoiler for Sumber dan Referensi:









willz.smithAvatar border
b0c4h.n4k4lAvatar border
azhuramasdaAvatar border
azhuramasda dan 12 lainnya memberi reputasi
13
1.6K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.