mayavinAvatar border
TS
mayavin
Sangat Kecewa Pembelian Motor Listrik Polytron di Tokopedia

Saya membeli motor listrik Polytron Fox-R di Tokopedia dengan nomor invoice INV/20231003/MPL/3490591865 pada tanggal 3 Oktober 2023 dan unit baru dikirimkan pada 3 November 2023.


Yang bermasalah:
-Plastik standar samping sering nyangkut dan akhirnya patah
-Karet setang kiri longgar
-Sein kanan susah nyala
-Jok susah ditutup


Kronologi: Dari awal pengiriman unit tanggal 3 November 2023 kasus pertama (standar samping sering nyangkut diplastik) sudah terjadi, ada saksinya yaitu kurir yang mengantarkan (nomer hp kurir +6283838686541). Silakan ditanya ke kurir yang mengantarkannya kalau memang benar standarnya sering nyangkut diplastik penyangga.

Saya minta tukar unit saat itu tapi tidak diperbolehkan karena serial numbernya sudah tercatat. Waktu berjalan akhirnya plastik yang bikin nyangkut jadi patah, penyebabnya sudah jelas dari awal karena sering nyangkut. Permasalahan lain adalah karet setang yang longgar  dan sein kanan yang susah dinyalakan kecuali ditekan terlau kanan.

Selanjutnya adalah jok yang susah ditutup. Semua permasalahan diatas saya sudah laporkan ke call center polytron dan mendapatkan nomer laporan 051120231530539 Sempat ada kunjungan pada tanggal 7 November 2023 namun hanya mau "mencoba" memperbaiki masalah sebagian (masalah yang bagian sein) tapi saya tolak karena saya maunya satu case selesai dalam satu waktu.

Pada tanggal 16 November 2023 teknisi datang ke rumah untuk memperbaikinya, namun lucunya sparepart pengganti tidak sesuai sedangkan motor saya sudah DIBONGKAR. Saya ini beli motor baru ya, bukan motor bekas.

Tanggal 17 November 2023 motor dibawa teknisi dan itu tanpa tanda terima/surat jalan. 

Saya sangat kecewa dengan kualitas motor polytron maka saya memutuskan untuk tukar baru saja motornya, namun pihak polytron menolak dengan alasan data sudah masuk ke samsat. Lah kenapa main masukkan berkas ke samsat sedangkan transaksi belum selesai, masih ada tokopedia sebagai perantara.

Namun pihak polytron akhirnya menawarkan tukar unit dengan KTP yang berbeda dikarenakan ini motor subsidi, saya tetap menolak dan tetap ingin menggunakan nama saya bukan nama orang lain.

Pusat resolusi di tokopedia tetap berjalan dan tokopedia terus menghubungi pihak Polytron namun tidak ada tanggapan dan akhirnya pusat resolusi ditutup dengan pengembalian dana sebesar Rp.13.200.000,-. Saya juga sudah bayar sewa baterai sebesar Rp.200.000,- namun motornya saya tidak pakai dan uang sewa baterai belum dikembalikan, pihak tokopedia katanya menjanjikan untuk mengembalikannya tapi sampai surat ini dibuat saya belum menerimanya.

Disisi lain nama saya sudah tidak bisa lagi dipakai untuk pengajuan motor listrik subsidi, dari sini saya anggap polytron telah merampok hak subsidi motor listrik saya.

Poin yang paling saya sangat kecewa adalah:
-Kualitas motor listrik polytron sangat buruk
-Teknisi yang sangat amatir
-Polytron sama sekali tidak transparan dalam penjualan, kenapa main masukkan berkas saja ke samsat padahal masih ada tokopedia sebagai perantara
-Polytron telah mengambil hak subsidi motor saya.


Saya ini belanja melalui tokopedia supaya jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti ini mendapatkan perlindungan konsumen seperti tukar barang dengan mudah selama barang yang diterima rusak.

Jika memang tidak bisa, apakah ada pengecualian produk tertentu di tokopedia jika tidak bisa mengajukan tukar unit?

Seharusnya pihak tokopedia tidak memperbolehkan jualan motor listrik subsidi untuk menghindari hal yang seperti saya alami ini.
0
763
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.