Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Naked Honda CB1000 Hornet dan Fireblade SP Muncul di EICMA 2023

juraganmixmogeAvatar border
TS
juraganmixmoge
Naked Honda CB1000 Hornet dan Fireblade SP Muncul di EICMA 2023



JAKARTA, DUNIAMOTOR.com – Sejak Honda melahirkan Honda CB250F sebagai motor naked dengan mesin “de-tuned” dari versi sport fairing-nya (CBR250), nama “Hornet” berlanjut hingga ke kelas 1.000 cc EICMA 2023.

Kali ini, versi 1.000 cc naked sport tersebut hadir bersama versi performa puncak CBR1000RR-R Fireblade SP terbaru.


Apa yang berbeda dari kembalinya desain tangki ala lebah (Hornet) Honda CB1000 Hornet dan Fireblade SP edisi sekarang?


Honda CB1000 Hornet adalah model perdana naked sport 1.000 cc Hornet mengembalikan nama seri naked “lebah”–Hornet yang terakhir digunakan di CB900F (2007) tetapi dengan kombinasi DNA Honda CB1000R (2016)–soalnya versi CB1000R 2018 beralih ke gaya neo cafe racer.




Tenaga mesin jelas lebih naik dibandingkan Honda CB1000R (2016), yani dari 109.44 HP. menjadi meningkat di Honda CB1000 Hornet yakni 147,51 HP.

Tetap dengan mesin yang dicomot dari versi performanya (Fireblade 2017), mesin “de-tuned” ditujukan agar dayanya kaya di putaran bawah (sayangnya hanya disebut bertorsi lebih dari 100 Nm).


Keunikan lainnya adalah kultur naked ganas yang justru mengingatkan pada lampu depan Kawasaki Z1000 Sugomi.


Motor dengan tiga mode berkendara dan koneksi smartphone ini memakai rangka twin-spar (delta box) baru yang dijanjikan memberikan kendali lebih mulus di tikungan mulus simultan dengan stabilitas.


Plus, suspensi depan upside down Showa SFF-BP dan belakang menggunakan monoshock Showa, didukung sepasang rem cakram 310 mm dengan kaliper rem Nissin 4 piston radial mount, dan belakang rem cakram tunggal dengan kaliper rem Nissin juga.


Bagaimana dengan Honda CBR1000RR-R Fireblade SP ? Nah, motor ini disebut dikembangkan dengan banyak masukan dari Honda Racing Corporation (HRC).




Hasilnya adalah perubahan dari hal desain, teknologi, dan juga performa. Misalnya, unsur aerodinamika baru mencakup winglet.

Setang juga disebut agak ditinggikan dan pijakan kaki agak diturunkan untuk mendukung handling.


Mesin 4 silinder segaris 1.000cc direvisi untuk mencapai tenaga maksimal yang naik nol koma lima menjadi 214,5 bhp pada 14.000rpm dan torsi puncak 113 Nm pada 12.000rpm.


Perubahan dihasilkan dengan perubahan rasio kompresi yang lebih tinggi, revisi timing katup, hingga poros engkol dan shaft yang lebih ringan.


Didukung sistem knalpot 4-2-1 Akrapovic, motor dengan rangka aluminium dipasangi suspensi Öhlins Smart Electronic Control ala MotoGP dan merupakan versi baru–generasi ketiga.


BACA:
Interkom Ramping Sena 50R Speaker Harman Kardon


jlampAvatar border
jlamp memberi reputasi
1
18
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.2KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.