rizuki77Avatar border
TS
rizuki77
Kisah, Kenangan, dan Kreasi Masak Rendang Pakis Bersama Emak



Gan, sis, kali ini ane mau cerita tentang kisah, kenangan, dan kreasi masak rendang pakis bersama emak nih. Jadi begini, dulu pas ane masih muda dan masih numpang hidup di rumah emak, ada satu resep rendang yang jadi favorit banget di keluarga ane. Itu rendang pakis, guys!

Emak ane emang jago banget masak rendang, apalagi yang versi pakis. Rasanya itu lho, menggoda banget. Buat yang belum tau, rendang pakis itu rendang dengan daun paku yang dikombinasikan dengan daging sapi. Hasilnya? Mantap abis, bro! Rendangnya punya aroma dan cita rasa yang khas, bikin lidah ngiler dan bikin makan jadi makin lahap.

Ngomong-ngomong masakan rendang merupakan makanan khas tradisonal asal Minangkabau. Tak hanya itu, makanan rendang pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia. Melansir dari Inspektorat Jenderal Kementerian Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bahwasanya masakan rendang jadi salah satu "World 's  50 Most Delicious Food"  oleh CNN International pada tahun 2011.
  
Ini membuktikan jika masakan khas tradisional Minangkabau bisa melenggang ke kancah internasional dan diakui kelezatannya. Saya selaku orang minang sangat bangga jika warisan budaya dan masakan Indonesia diakui di mata dunia.

Masakan rendang yang paling umum dikenal oleh masyarakat luas yakni rendang sapi. Biasanya rendang dimasak pada hari besar seperti Idul Fitri, Idul Adha, maupun acara adat dan pesta perkimpoian. Tidak hanya menggunakan daging sapi sebagai bahan utama tetapi bisa juga menggunakan daging ayam. Namun bahan selain daging bisa digunakan untuk membuat masakah rendang. Salah satunya adalah tumbuhan pakis.

Tiap kali emak masak rendang pakis, rasanya rumah langsung penuh dengan kehangatan. Aroma bumbu yang harum itu menyebar ke seluruh sudut rumah, bikin lapar saking enaknya. Apalagi pas masuk dapur, ada emak yang sibuk ngulek bumbu rendang dengan kesungguhan yang luar biasa. Itu momen yang selalu bikin ane kagum sama emak, kek tukang sihir aja!

Dan setiap kali masak rendang pakis, emak juga selalu cerita tentang kisah di baliknya. Dia bilang, resep ini diwarisin dari nenek moyang kita, jadi udah turun-temurun dari generasi ke generasi. Kayaknya itu yang bikin rendang pakis rasanya unik dan beda dari rendang lainnya.

Ngomong-ngomong soal kreasi, emak juga sering banget eksperimen sama resep rendang pakis ini. Kadang dia tambahin bumbu ini, kadang dia tambahin bumbu itu. Hasilnya? Selalu sukses dan selalu bikin ketagihan. Emak punya keahlian mengolah bumbu yang nggak ada duanya, agan dan sista. Bikin rendang pakis emak jadi juara deh!

Nah, itu tadi kisah, kenangan, dan kreasi masak rendang pakis bersama emak yang selalu jadi favorit keluarga ane. Makanya, jangan sampe kelewatan deh nyoba rendang pakis ini. Pasti bakal bikin ketagihan dan pengen lagi-lagi. Jadi, kapan kita masak rendang pakis bareng-bareng, agan dan sista? Ane siap ngebantuin, kok!


azhuramasdaAvatar border
lalilulusan467Avatar border
bukhoriganAvatar border
bukhorigan dan 2 lainnya memberi reputasi
3
14
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
LG ThinQ Community
LG ThinQ Community
icon
575Thread4.8KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.