rizuki77Avatar border
TS
rizuki77
Cara Mencegah Terjadinya Batu Ginjal Menurut Dokter Bobby




Penyakit batu ginjal menjadi salah satu penyakit yang banyak dialami oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Menurut Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), batu ginjal terbentuk dari materi padat dan keras menyerupai batu pada ginjal.

Faktanya penderita batu ginjal di Indonesia sebanyak 6 per 1000 penduduk menderita batu ginjal (Riskesdas, 2013). Kemudian penderita batu ginjal laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan.

Penyakit batu ginjal atau penyakit ginjal kronis menjadi salah satu penyebab kematian yakni urutan ke 27.

Batu Ginjal ini muncul akibat dari limbah yang ada dalam darah membentuk kristal hingga menumpuk pada bagian ginjal. Kemudian penyakit ini juga disebabkan karena  sedikitnya volume urin.

Dikutip dari Instagram @dr.bobbybicara bahwa semakin sedikit volume urin, maka semakin keruh warna urin, dan semakin mudah batu ginjal terbentuk.

Ada beberapa faktor lain yang berpengaruh terbentuknya batu ginjal dalam tubuh, sebagai berikut:

1. Olahraga berlebihan tanpa mengganti cairan atau hilangnya cairan berlebih akibat diare kronik.

Sumber Foto :https://unsplash.com/photos/15IePWtRnLU


2. Terlalu banyak konsumsi garam (sodium atau natrium atau monosodium glutamat).



3. Konsumsi makanan yang meningkatkan keasaman urin (daging merah). Urin yang lebih asam memudahkan terbentuknya batu ginjal.



4. Obesitas

Sumber Foto :https://unsplash.com/photos/J6g_szOtMF4


Bagaimana cara mencegah terjadinya batu ginjal? Untuk mencegah terbentuknya batu ginjal dalam tubuh ada cara utama yang perlu diperhatikan, yaitu kecukupan cairan dalam tubuh.

Cara paling mudah untuk menilai kecukupan air dalam tubuh, dilihat dari warna urin. Biasanya warna urin yang normal akan berwarna bening atau kuning pucat.

Namun sebaliknya jika warna urin kuning pekat dapat diartikan tubuh harus butuh banyak asupan cairan. Apabila cairan tercukupi, warna urin akan terlihat jernih atau berwarna kuning pucat.

Kemudian bagi yang telah terdiagnosa batu ginjal, solusi efektif yang harus dilakukan adalah minum air putih yakni minimal 2.5 liter per hari.

Tidak hanya minum air putih, anjuran lain yang harus diperhatikan yakni asupan makanan sehari-hari. Berikut beberapa cara untuk mencegah terjadinya batu ginjal, sebagai berikut:

1. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung oksalat

Salah satunya mengurangi konsumsi makanan yang mengandung coklat. Jika sering mengkonsumi coklat dan berlebihan, maka tubuh akan cenderung membentuk batu kalsium oksalat penyebab terjadinya batu ginjal.

Makanan yang kaya akan oksalat diantaranya ialah buah bit, bayam, coklat, the, dan beberapa jenis kacang. Hal ini perlu dikurangi agar mencegah terjadinya batu ginjal.

2. Konsumsi makanan yang rendah garam

Makanan menjadi penyebab utama terjadinya batu ginjal. Konsumsi makanan yang rendah garam juga menjadi cara efektif agar terhindar dari batu ginjal. Untuk takarannya, kurangi jumlah garam tak lebih dari 1500 mg per hari.

3. Konsumsi makanan berkalsium terpenuhi dengan baik

Apabila tubuh kurang asupan kalsium juga bisa meningkatkan kadar oksalat pada tubuh. Jika kadar oksalat tinggi, kemungkinan terjadinya batu ginjal juga akan tinggi. Namun dalam asupan kalsium pada tubuh juga mesti diperhatikan agar asupan kalsium yang dikonsumsi seimbang.

Itulah beberapa informasi cara mencegah terjadinya batu ginjal dalam tubuh. Hal yang paling penting yang perlu diperhatikan agar tubuh tetap sehat adalah pola makan, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.


azhuramasdaAvatar border
azhuramasda memberi reputasi
1
39
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
icon
22.5KThread13.4KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.