Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

danpratAvatar border
TS
danprat
Keuntungan Penerapan Strategi CRM bagi UKM
Halo agan-agan dan sista-sista yang bergerak di dunia UKM! Kalian pasti sudah nggak asing dong dengan istilah Customer Relationship Management (CRM)? Nah, kali ini ane mau bahas nih tentang keuntungan penerapan strategi CRM bagi UKM. Yuk, simak!

Pertama-tama, penerapan strategi CRM ini bisa bikin agan-agan dan sista-sista lebih mudah dalam menyampaikan kritik dan masukkan dari konsumen. Jadi, kalo ada konsumen yang ngasih saran atau komplain, agan-agan dan sista-sista bisa langsung merespon dengan baik. Nggak cuma itu, strategi CRM juga bisa memudahkan pencarian informasi jika konsumen membutuhkan bantuan. Jadi, agan-agan dan sista-sista bisa lebih cepat tanggap dalam membantu konsumen.

Selain itu, dengan menerapkan strategi CRM, agan-agan dan sista-sista bisa mendapatkan repeat order dari konsumen. Gimana caranya? Nah, dengan melayani konsumen dengan baik, mereka bakal puas dan kemungkinan besar bakal balik lagi beli produk atau jasa yang agan-agan dan sista-sista tawarkan. Jadi, loyalitas konsumen bisa terjaga dengan baik.

Ada beberapa contoh penerapan strategi CRM yang bisa agan-agan dan sista-sista lakukan. Misalnya, kalian bisa mengucapkan terima kasih kepada konsumen melalui aplikasi chatting atau memberikan ucapan ulang tahun kepada konsumen. Hal-hal kecil seperti itu bisa membuat konsumen merasa dihargai dan lebih tertarik untuk terus membeli dari agan-agan dan sista-sista.

Selain itu, agan-agan dan sista-sista juga bisa membuka nomor layanan konsumen. Misalnya, agan-agan dan sista-sista bisa membuka akun Whatsapp sebagai nomor layanan konsumen. Dengan adanya nomor layanan konsumen ini, konsumen bisa lebih mudah menghubungi agan-agan dan sista-sista jika ada pertanyaan atau masalah. Jadi, pelayanan agan-agan dan sista-sista bisa lebih terjamin.

Nah, itu tadi beberapa keuntungan penerapan strategi CRM bagi UKM. Jadi, jangan ragu buat menerapkan strategi ini ya, agan-agan dan sista-sista. Dengan strategi CRM, agan-agan dan sista-sista bisa melayani konsumen dengan baik, menjaga loyalitas konsumen, dan tentunya meningkatkan penjualan. Semoga sukses dengan bisnis UKM-nya ya!
0
22
0
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis UMKM
Bisnis UMKM
25.7KThread1.3KAnggota
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.