atarisholikAvatar border
TS
atarisholik
Modus baru penipuan waspada lah..
Konten Sensitif
Ilustrasi penipuan


Selamat sore warga kaskus yg sudah semakin sepi..
Kali ini ts ingin berbagi pengalaman yang haru sajah ts alami..

Bicara soal modus penipuan dari jaman awal muncul hape nokia tulilulit sampe era hape dengan layar yg bisa di gulung gulung amat sangat beragam dan semakin canggih..

Kali ini ts akan bagikan 2 modus penipuan yg terbilang baru berdasarkan apa yg baru ts alami..

pertama
Sekitar dua minggu lalu ts menerima telpon dari nomer yg gk di kenal dengan awalan telpon rumah, dengan antusian ts angkat sapa tau ts dapet panggilan kerja, maklum lagi nganggur..

Ts langsung curiga karena begitu ts angkat ternyata telpon tersambung dengan mesin penjawab telpon semacam call center,
Loh kok aneh ya dia yg telpon kok kaya seolah ts yg nelpon ke call center,???
Mesin tersebut mengatakan kalo anda terhubung dengan layanan pelanggan telkom, disini ts makin curiga dan aneh ajah sebab ts sama sekali gk berlangganan produk telkom maupun telkomsel..
Lanjut si mesin bilang anda mendapat telpon karena ada tagihan yg belum di bayarkan, untuk info lebih jelals silahkan tekan satu untuk bebicara dengan customer service kami..
Karena ts uddh yakin ini penipuan jadi ts coba ikutin apa mau nya dia..
Setelah itu muncul nada tunggu dengan musik layak nya call center pada umum nya dan ts pun tersambung dengan org yg kata nya customer service telkom..
Kurang lebih begini percakapan ts dengan cs penipu

Cs: selamat siang saya nadia ada yg bisa di bantu..?

Ts: siang mba,

Cs: iya pak ada yg bisa di bantu?

Ts: gak ada sih org nomer ini yg telpon saya bukan saya yg nelpon

Cs: baik pak jika seperti itu berarti ada tagihan dari bapak yg belum di bayarkan, lanjut dia tanya apakah benar dengan bapak *****?

Nah disini ts bingung dia tau nama ane walopun itu cuma nama yg biasa ane pake di sosmed bukan nama ktp, tapi justru ts semakin yakin kalo ini penipuan.. maka nya lanjut ts kerjain sekalian..

Ts: yak benar..

Cs: baik bapak sebelum nya kami informasikan bahwa bapak memeliki tunggakan indohome selama dua bulan sebesar 1,3jt

Ts: (berlagak bingung) masa sih perasaan sya selalu bayar tepat waktu (padahal ts gk pake indohome)

Cs: iya bapak apabila tidak segera di bayarkan maka jaringan akan kami putus

Ts: waduh biasa nya kalo memang sya belum bayar ada petugas yg datang kerumah untuk penagihan..(ts ngarang)

Cs: benar bapak hanya sajah petugas kami sudah mencona mendatangi rumah bapak namun petugas kami kesulitan menemukan alamat bapak

Ts: nyasar gk petugas nya? Emang data alamat sya kurang lengkap? Kan sya waktu daftar ngasih ktp?

Cs: iya pak seperti itu makanya kita tagihkan via telpon

Disini ts ingin tau darimana dia bisa tau nama sosmed ts dan apakah si penipu ini tau alamat ts..

Ts: coba tolong sebutkan alamat saya biar sya cek takut nya petugas nya salah alamat..

Ce: nyebutim alamat di kota medan

Wkwkwkwk aseli jauh bingit ts beda pulau juga..

Ts: alamat sudah sesuai kok bisa gk ketemu,? Mungkin petugas nya kurang mgopie tuh

Ce: jadi gimana pak apakah bapak bersedia melakukan pembayaran segera?

Td: sya selalu bayar tepat waktu mba jadi gk mungkin ada tunggakan.. lagi pula nama saya bukan ***** yg mba sebut tadi dan saya juga bukan orang medan..
Jadi laen kali kalo mau nipu belajar yg rajin dulu yak..
Wwkwkwkw

Cs langsung nutup telpon nya..

Nah poin nya disini darimana si penipu bisa tau nama sosmed ts berikut nomer tlp ts??
Apakah ada yg jual beli data???

kedua
Sebetul nya hampir miriip dengan yg pertama dimana saat ts angkat tlp langsung nyambung ke mesin penjawab layanan call center
Kejadian ini baru sajah ts alami masiih anget..
Ada telpon masuk nomer tidak di kenal cuma kali ini nomer tlp dari provider indoshot..
Begitu ts angkat nyambung kwe mesin penjawab cuma kali ini dari pos indonesia kata nya ada paket punya ane yg bermasalah.. wkwkwk ane emang banyak pesen paket tapi ya kali market places mana yg pake kantor pos???
Ane udah yakin ini penipuan lagi ajah..
Untuk info lebih lanjut silahkan tekan 8 begitu bunyi nya..

Karena ane penasaran modus apa lagi yg mau di pake ini tukang tipu ane ikutin ajah..

Kurang lebih begini percakan ts dengan penipu kedua

Cs: selamat siang saya dona ada yg bisa di bantu..?

Ts: siang mba,

Cs: baik pak ada yg bisa di bantu?

Ts: ini saya di telpon kata nya ada paket sya yg bermasalah?

Cs: bisa tolong sebutkan nomer resi nya?

Ts: waduh justru sya gk tau yg mana yg bermasalah soalnya sdya ada beberapa pesen paket onlen..

Cs: kalo begitu bisa sebutkan nama yg tertera di paket..?

Disini ts salah jawab harus nya ts jawab pake nama sosmed ts tapi ts malah asal sebut nama ajah..

Mungkin karena nama yg ts sebut gk sesuai dengan data si penipu jadi lah si penipu langsung tutup tlpon nya karena ngerasa udah gagal buat nipu..


Kejadian ini membuat ts berpikir ini modus baru penipuaan dimana seloah kita menelpon ke call center mereka padahal kita yg di telpon..

Dan tentu sajah kalo yg di telpon kebetulan orang awam atau sedang tidak fokus bisa kena tipu juga..

Jadi buat para kaskuser sekalian berhati hati lah kalo terima telpon nomer gk di kenal mending gk usah di angkat, atau kalo takut nya penting silahkan di angkat tapi kalo langsung terhubung ke mesin penjawab otomatis yg kaya call center mending langsung di tutup lagi ajah..

Makin kesini makin beragam modus penipuan..
Maka tingkatkan kewaspadaan anda..

Dan jangan pernah membuat akun sosmed dengan data yg sebenarnya bahaya kalo kena penjualan data bisa di pakai oleh para penipu yg memanfaatkan kesempatan..

Sumur gambar gugel..

Sumur cerita pengalaman pribadi ts..
variolikesAvatar border
anjartriwibowoAvatar border
bukhoriganAvatar border
bukhorigan dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.