c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Harga Samsung Second Entry Level, Dari 500-900 Ribuan Ada Apa Aja Nih?




Hi sobat kaskus,

Kali ini kita akan bahas ponsel second, terutama kelas Samsung yang punya nama besar di dunia sebagai rajanya ponsel.

Samsung yang bermain di OS Android tentu punya lawan berat pasukan ponsel dari China, agar nasibnya tidak seperti Sony, LG, Sharp, atau Nokia dimana nama besar mereka tak sanggup bertahan ditengah perang ponsel saat ini, mereka pun merilis ponsel-ponsel entry level yang bisa menandingi keperkasaan pasukan ponsel dari China.



Tapi dari segi kualitas Samsung di ponsel entry level mereka sebenarnya sama dengan produk China, baik itu memakai chipset unisoc, mediatek, snapdragon atau exynos sama-sama berada di level bawah, yah tidak buat untuk main game berat cukup yang ringan-ringan saja dengan fitur mementingkan daily driver seperti medsos, chat dan sejenisnya.

Untuk kamera juga tak bisa dibilang mewah tapi cukuplah kalau sekeder untuk dokunentasi dipajang di medsos, tak terlalu berharap banyak untuk kelas entry level Samsung namun sesuai dengan kapasitas dompet agan bila sedang butuh ponsel harga miring.



Lantas, emang ada harga ponsel Samsung entry level second yang menyentuh 500 sampai 900 ribu saja?

Jawabnya tentu banyak, apalagi produk Samsung sudah lebih dulu menjadi Jawara dari series J hingga series S yang terkenal, namun kita akan membidik pasar yang lebih kekinian saja. Dimana series A dan M untuk entey level bermunculan, dengan tanpilan one UI yang lebih simple dan diakui nyaman oleh penggunanya.

Perlu di ingat range harga tergantung minus dari ponsel tersebut, semakin lengkap dan mulus maka harga semakin bagus.

Lalu ponsel apa saja yang masih worth it untuk di beli di tahun 2023 untuk kelas second dari Samsung ini?

Samsung A20 dan A20s



Samsung A20 dan A20s adalah dua varian ponsel yang dirilis oleh Samsung sekitar tahun 2019. Berikut adalah perbandingan antara keduanya:

Desain: Secara fisik, Samsung A20 dan A20s memiliki desain yang mirip. Keduanya memiliki layar Infinity-V display dengan bezel tipis dan poni di bagian atas layar untuk kamera depan.

Layar: Baik A20 maupun A20s dilengkapi dengan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1560 piksel). Layar ini memberikan tampilan yang cerah dan tajam dengan warna yang kaya.

Performa: A20 dan A20s memiliki perbedaan dalam hal performa. Samsung A20 ditenagai oleh prosesor octa-core Exynos 7884, sedangkan A20s menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 450 octa-core yang sedikit lebih baik dalam hal performa. A20s juga hadir dengan varian RAM yang lebih besar, yaitu 3GB atau 4GB, sementara A20 hanya memiliki 3GB RAM.

Kapasitas Penyimpanan: Samsung A20 memiliki kapasitas penyimpanan internal 32GB, sedangkan A20s hadir dengan pilihan 32GB atau 64GB. Kedua ponsel ini dapat diperluas melalui slot kartu microSD.

Kamera: Keduanya dilengkapi dengan sistem kamera belakang ganda. A20 memiliki kamera utama 13 megapiksel (f/1.9) dan kamera kedua 5 megapiksel (f/2.2) untuk depth sensing. A20s memiliki kamera utama 13 megapiksel (f/1.8) dan kamera kedua 8 megapiksel ultra-wide (f/2.2) dengan sudut pandang yang lebih lebar.

Baterai: A20 dan A20s keduanya memiliki baterai yang besar untuk daya tahan yang baik. A20 dilengkapi dengan baterai 4.000mAh, sedangkan A20s memiliki baterai 4.000mAh atau 4.300mAh tergantung pada varian tertentu. Keduanya mendukung pengisian daya cepat melalui port USB Type-C.

Sistem Operasi: Keduanya berjalan dengan sistem operasi Android. Namun, versi Android yang diinstal pada ponsel ini bisa berbeda tergantung pada waktu pembelian.

Untuk harga di pasaran second saat ini sekitar 500 hingga 900 ribu rupiah, tergantung kelengkapan dan minus ponsel tersebut.

Samsung M20



Samsung M20 adalah ponsel yang dirilis oleh Samsung sebagai bagian dari seri M mereka di tahun 2019. Berikut adalah beberapa informasi tentang Samsung M20:

Desain: Samsung M20 memiliki desain yang serupa dengan seri M lainnya. Ponsel ini memiliki layar Infinity-V display dengan bezel tipis dan poni di bagian atas layar untuk kamera depan.

Layar: Samsung M20 dilengkapi dengan layar TFT berukuran 6,3 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2340 piksel). Meskipun menggunakan panel TFT, layar ini masih mampu memberikan tampilan yang cukup baik dengan warna yang hidup.

Performa: Samsung M20 ditenagai oleh prosesor Exynos 7904 octa-core yang cukup mumpuni untuk tugas sehari-hari dan penggunaan multitasking. Ponsel ini juga hadir dengan pilihan RAM 3GB atau 4GB, yang memberikan performa yang baik untuk menjalankan aplikasi dan game.

Kapasitas Penyimpanan: Samsung M20 hadir dalam dua varian penyimpanan internal, yaitu 32GB dan 64GB. Keduanya dapat diperluas melalui slot kartu microSD hingga 512GB untuk menyimpan lebih banyak data dan file.

Kamera: Ponsel ini dilengkapi dengan sistem kamera belakang ganda. Kamera utamanya memiliki resolusi 13 megapiksel (f/1.9) dan kamera kedua beresolusi 5 megapiksel ultra-wide (f/2.2) dengan sudut pandang yang lebih lebar. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 8 megapiksel (f/2.0) yang mampu menghasilkan foto yang cukup baik.

Baterai: Salah satu keunggulan Samsung M20 adalah baterainya yang besar. Ponsel ini dilengkapi dengan baterai 5.000mAh, yang mampu memberikan daya tahan yang lama, sehingga pengguna dapat menggunakan ponsel ini sepanjang hari tanpa perlu sering mengisi daya.

Sistem Operasi: Samsung M20 berjalan dengan sistem operasi Android, dengan antarmuka pengguna Samsung Experience yang telah diperbarui. Ponsel ini juga mendukung fitur-fitur seperti Dual SIM, sensor sidik jari, dan pengisian daya cepat melalui port USB Type-C.

Samsung M20 menawarkan kombinasi yang baik antara harga yang terjangkau dan fitur-fitur yang cukup menarik seperti layar yang besar, baterai yang tahan lama, dan kamera ganda. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang populer di segmen ponsel dengan anggaran terbatas.

Untuk harga di pasaran second saat ini sekitar 500 hingga 900 ribu rupiah, tergantung kelengkapan dan minus ponsel tersebut.

Samsung A11



Samsung A11 adalah ponsel yang dirilis tahun 2020 oleh Samsung sebagai bagian dari seri A mereka. Berikut adalah beberapa informasi tentang Samsung A11:

Desain: Samsung A11 memiliki desain yang mirip dengan seri A lainnya. Ponsel ini memiliki layar Infinity-O display dengan bezel tipis dan punch-hole di bagian atas layar untuk kamera depan.

Layar: Samsung A11 dilengkapi dengan layar TFT berukuran 6,4 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1560 piksel). Meskipun menggunakan panel TFT, layar ini masih mampu memberikan tampilan yang cukup baik dengan warna yang cukup hidup.

Performa: Samsung A11 ditenagai oleh prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 450, yang cukup mumpuni untuk tugas sehari-hari dan penggunaan multitasking ringan. Ponsel ini juga hadir dengan RAM 3GB, yang memberikan performa yang memadai untuk menjalankan aplikasi dasar dan melakukan tugas-tugas sehari-hari.

Kapasitas Penyimpanan: Samsung A11 hadir dalam varian penyimpanan internal 32GB, yang dapat diperluas melalui slot kartu microSD hingga 512GB untuk menyimpan lebih banyak data dan file.

Kamera: Ponsel ini dilengkapi dengan sistem kamera belakang triple. Kamera utamanya memiliki resolusi 13 megapiksel (f/1.8), kamera kedua beresolusi 5 megapiksel ultra-wide (f/2.2) dengan sudut pandang yang lebih lebar, dan kamera ketiga beresolusi 2 megapiksel (f/2.4) untuk depth sensing. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 8 megapiksel (f/2.0) yang mampu menghasilkan foto yang cukup baik.

Baterai: Samsung A11 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.000mAh yang mampu memberikan daya tahan yang cukup baik. Dengan penggunaan yang normal, ponsel ini dapat bertahan sepanjang hari tanpa perlu sering mengisi daya.

Sistem Operasi: Samsung A11 berjalan dengan sistem operasi Android, dengan antarmuka pengguna One UI yang telah diperbarui. Ponsel ini juga mendukung fitur-fitur seperti Dual SIM, sensor sidik jari belakang, dan pengisian daya melalui port USB Type-C.

Samsung A11 menawarkan fitur-fitur dasar dengan harga yang terjangkau. Ponsel ini cocok untuk pengguna yang mencari ponsel dengan kinerja yang memadai untuk kebutuhan sehari-hari dan anggaran yang terbatas.

Untuk harga di pasaran second saat ini sekitar 500 hingga 900 ribu rupiah, tergantung kelengkapan dan minus ponsel tersebut.

Samsung A02



Samsung A02 adalah ponsel yang dirilis oleh Samsung tahun 2021 sebagai bagian dari seri A mereka. Berikut adalah beberapa informasi tentang Samsung A02:

Desain: Samsung A02 memiliki desain yang mirip dengan ponsel entry-level lainnya. Ponsel ini memiliki layar Infinity-V display dengan bezel yang cukup lebar dan poni di bagian atas layar untuk kamera depan.

Layar: Samsung A02 dilengkapi dengan layar PLS TFT berukuran 6,5 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Layar ini menawarkan tampilan yang cukup baik dengan warna yang lumayan, meskipun tidak sebaik layar Super AMOLED.

Performa: Samsung A02 ditenagai oleh prosesor Mediatek MT6739W, yang cocok untuk tugas sehari-hari dan penggunaan multitasking ringan. Ponsel ini hadir dengan RAM 3GB, yang memberikan performa yang memadai untuk menjalankan aplikasi dasar dan melakukan tugas-tugas sehari-hari.

Kapasitas Penyimpanan: Samsung A02 hadir dalam varian penyimpanan internal 32GB, yang dapat diperluas melalui slot kartu microSD hingga 1TB untuk menyimpan lebih banyak data dan file.

Kamera: Ponsel ini dilengkapi dengan sistem kamera belakang dual. Kamera utamanya memiliki resolusi 13 megapiksel (f/1.9) dan kamera kedua beresolusi 2 megapiksel (f/2.4) untuk depth sensing. Di bagian depan, terdapat kamera selfie 5 megapiksel (f/2.0) yang dapat menghasilkan foto yang cukup baik untuk penggunaan sehari-hari.

Baterai: Samsung A02 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh yang cukup besar untuk daya tahan yang baik. Dengan penggunaan yang normal, ponsel ini dapat bertahan sepanjang hari tanpa perlu sering mengisi daya.

Sistem Operasi: Samsung A02 berjalan dengan sistem operasi Android, dengan antarmuka pengguna One UI Core yang telah diperbarui. Ponsel ini juga mendukung fitur-fitur seperti Dual SIM, sensor sidik jari belakang, dan pengisian daya melalui port microUSB.

Samsung A02 adalah ponsel entry-level dengan fitur-fitur dasar yang cocok untuk pengguna yang mencari ponsel dengan anggaran yang terbatas. Meskipun tidak menawarkan kinerja atau fitur-fitur canggih, ponsel ini masih mampu menjalankan aplikasi dasar dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk harga di pasaran second saat ini sekitar 500 hingga 900 ribu rupiah, tergantung kelengkapan dan minus ponsel tersebut.

***



Walau ada lagi tapi tidak ane rekomendasikan yaitu Samsung A01, walau perfomanya didukung chipset Snapdragon 439 namun RAM yang diusung hanya berkapasitas 2GB saja.

Sedangkan untuk A03 rilis tahun 2022, ane rekomendasikan banget walau pakai chipset Unisoc T606 (12 nm) tapi lumayan kok ditunjang RAM 3GB atau 4 GB. Namun harga dibawah 900 ribu kemungkinan besar minusnya banyak hehehe...



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1, 2,3, 4, 5
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star











akunbaru889706412a12aImamu.muhaisseu
Imamu.muhaisseu dan 8 lainnya memberi reputasi
9
6.8K
46
Berikan Komentar
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.7KThread6.8KAnggota
Terlama
Berikan Komentar
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.